bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review The Uncanny Counter, Para Pemburu Roh Jahat

Sinopsis & Review The Uncanny Counter, Para Pemburu Roh Jahat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 Mei 2021

Siapa sangka seorang remaja laki-laki yang bermasalah dengan kakinya sehingga dia tidak bisa berjalan sempurna, menjadi salah satu Counter atau pemburu roh jahat? Bergabung bersama anggota lain, So Mun harus segera beradaptasi dengan tugasnya yang baru; menghadapi roh jahat yang kekuatannya bukan main-main.

Para Counter dalam drama The Uncanny Counter siap menangkap roh jahat untuk Anda dan membersihkan dunia dari hal-hal buruk. Menyamar sebagai pengelola kedai mie, mereka punya kekuatan yang menakjubkan.

Ingin tahu seperti apa perjalanan So Mun, Mo Tak, Ha Na dan Mae Ok? Anda bisa menontonnya langsung setelah membaca sinopsis serta ulasannya berikut ini. Mari simak bersama!

Sinopsis

review the uncanny counter_sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 28 November 2020 – 24 Januari 2021
  • Genre: Fantasi, Misteri, Thriller 
  • Jumlah Episode: 16
  • Pemain: Jo Byung Gyu, Yoo Jun Sang, Kim Se Jeong, Yeom Hye Ran 
  • Sutradara: Yoo Seon Dong
  • Produksi: Neo Entertainment

So Mun (Jo Byung Gyu) dan dua orangtuanya sedang berkendara sembari merencanakan liburan sebelum sebuah truck besar menabrak mereka dan menewaskan kedua orangtua So Mun. Kedua orangtua So Mun adalah anggota kepolisian. Sebelum tabrakan, ayah So Mun mendapat telepon dari rekan sesama detektif untuk berhati-hati sebab ada yang ingin menghabisi nyawanya.

Tujuh tahun kemudian, So Mun tumbuh sebagai remaja yang baik hati. Kakinya mengalami cacat akibat kecelakaan tersebut. Dia tinggal bersama kakek dan neneknya yang sudah pikun. Di sisi lain, para pekerja sebuah kedai mie terlihat bergegas menuju satu lokasi. Mereka adalah Ga Mo Tak (Yoo Jun Sang), Do Ha Na (Kim Se Jeong) dan Choo Mae Ok (Yeom Hye Ran), dan satu pria lainnya bernama Jang Cheol Joong (Sung Ji Ru). 

Rupanya mereka mendeteksi kehadiran roh jahat level tiga. Sesampainya di lokasi, perkelahian antara Cheol Joong dan roh jahat tidak bisa dikendalikan. Counter terkuat itu pun akhirnya kalah dan tewas, sementara roh jahat berhasil kabur. Kematiannya membuat Wi-gen (Mun Sook) harus mencari tubuh baru.

Wi-gen adalah pemimpin Yung, yaitu batas antara dunia dan akhirat. Dia terkejut ketika dirinya bisa masuk ke tubuh So Mun, seorang yang tidak sedang dalam keadaan koma.

So Mun yang sedang berjalan dengan dua orang temannya, Kim Woong Min (Kim Eun Soo) dan Im Joo Yeon (Lee Ji Won), tiba-tiba merasa seperti dimasuki sesuatu. Tubuhnya melayang dan jatuh ke tanah. Keanehan pun mulai dirasakan siswa sekolah menengah tersebut.

Dalam keadaan tak sadarkan diri, Wi-gen mendatanginya. Dia menjelaskan semua hal terkait menjadi seorang Counter. Wi-gen memberinya kesempatan berpikir. So Mun boleh mempertimbangkan penawaran darinya, apakah dia bersedia menjadi Counter atau tidak.

So Mun menolak dengan alasan tidak ingin berakhir tragis seperti Cheol Joong sebab dia masih punya kakek dan nenek. Namun, tak lama keputusannya berubah.

Di sisi lain, Shin Hyuk Woo (Jung Won Chang) tidak henti merusak sahabatnya, Kim Woong Min. Melihat hal tersebut So Mun tidak bisa tinggal diam. Anak yang dikenal lemah itu secara mengejutkan bisa membela diri dan membalas perlakuan Hyuk Woo, sampai-sampai membuat Hyuk Woo marah dan berencana membalas dengan lebih keras.

Menjalani peran baru sebagai seorang Counter atau pemburu roh jahat, So Mun dilatih oleh para Counter senior, seperti Ga Mo Tak dan Do Ha Na. Meski kekuatan fisik seorang Counter tiga kali lipat lebih besar daripada manusia biasa, semua tetap perlu dilatih. So Mun juga diajarkan bahwa kekuatan yang dimilikinya tidak boleh dipakai untuk membalas dendam dan melukai orang lain.

Kini, keempat Counter sudah siap menangkap para roh jahat. Mereka adalah Ga Mo Tak, Do Ha Na, Mae Ok dan So Mun. Masing-masing  memiliki kelebihan dan kekuatan. Sebut saja Mo Tak yang kuat dan Do Ha Na yang mampu mendeteksi keberadaan roh jahat bahkan dari jarak ratusan kilo. Ha Na juga bisa membaca ingatan orang lain hanya dengan menyentuhnya.

Selanjutnya ada Mae Ok, Counter yang punya kekuatan menyembuhkan seseorang dan So Mun yang siap membantu membuat sketsa roh jahat dengan kemampuan menggambarnya. Mereka jadi kekuatan yang saling membutuhkan dan ketika bersatu akan sangat mengancam keberadaan para roh jahat di luar sana.

Di antara empat Counter hanya So Mun yang dirasuki dalam keadaan sadar, sisanya dimasuki arwah Yun dalam keadaan koma. Lalu bagaimana aksi mereka menangkap para roh jahat? Saksikan pengalaman So Mun dan kawan-kawan dalam mempertaruhkan keselamatan guna menjalankan tugas dalam The Uncanny Counter.

Dibuat Berdasarkan Serial Webtoon

review the uncanny counter_Dibuat Berdasarkan Serial Webtoon

Kisah dan narasi bersifat fantasi dalam drama The Uncanny Counter merupakan adaptasi dari sebuah webtoon berjudul Kyeongirowoon Somoon atau Amazing So Mun atau juga Amazing Rumot. Novel internet tersebut ditulis oleh Jang Yi dan dipublikasikan melalui Daum Webtoon mulai 23 Agustus 2018.

Dalam cerita yang dimuat oleh webtoon tersebut, tokoh utama cerita ini berpusat pada So Mun. Dia seorang anak laki-laki yang lumpuh yang dengan sebuah keajaiban menjadi bagian dari sekelompok Counter bersama anggota lainnya. Jadi tidak heran jika webtoon tersebut diberi judul Amazing So Mun. 

Raih Rating Tertinggi

review the uncanny counter_Raih Rating Tertinggi

Jika Anda masih ragu untuk memulai episode satu drama ini, perlu diketahui bahwa The Uncanny Counter berhasil meraih rating tertinggi sepanjang sejarah OCN. Saluran penayangan berbagai judul drama terkenal ini menjadi network resmi, selain Netflix, yang menayangkan The Uncanny Counter. 

Selama penayangannya, rating TUC terus naik hingga puncaknya meraih rating sebesar 11 % pada episode terakhir. Angka tersebut menjadi prestasi tersendiri bagi OCN. Meski sempat turun karena pergantian penulis naskah di episode 12, drama ini kembali naik menjelang berakhir. Penulisan naskah yang semula dikerjakan oleh Yeo Ji Na digantikan oleh Kim Sae Bom akibat perbedaan pandangan.

Meski demikian, secara keseluruhan hal tersebut tidak memengaruhi keutuhan jalan cerita. Selama ini OCN selalu menayangkan drama-drama fenomenal yang berkualitas, antara lain Strangers From Hell (2019), Tell Me What You Saw (2020), The Guest (2018), Save Me 1-2 (2017 dan 2019), Rugal (2020), Kill It (2019), Voice 1-3 (2017 – 2019) dan Search (2020). Di antara drama-drama itu, The Uncanny Counter unggul secara rating.

Superhero dari Manusia Biasa

review the uncanny counter_Superhero dari Manusia Biasa

Para Counter bukan sekadar menangkap roh jahat. Dalam menjalankan tugasnya, secara tidak langsung, mereka juga menyelamatkan nyawa seseorang. Roh jahat yang masuk dalam tubuh inang, selalu dalam posisi siap membunuh. Pasalnya mereka butuh memangsa roh korban untuk menjadi semakin kuat.

Oleh karena itu, tidak berlebihan jika Counter kita sebut sama dengan superhero. Mereka juga diminta untuk tidak menggunakan kekuatannya guna membalas dendam atau membunuh seseorang. Sikap seorang pahlawan, bukan? Sebelum dan sesudah menjadi Counter, mereka adalah manusia biasa. Bedanya ketika menjadi pemburu roh jahat, ingatan mereka tentang masa lalu dihilangkan. 

So Mun sebagai Counter yang paling muda dan baru, cukup berbeda dari anggota lainnya. Dia tidak dipilih ketika koma, sehingga ingatannya masih tetap utuh. Namun, itu tidak menghilangkan kenyataan bahwa So Mun adalah manusia biasa. Dia anak muda yang rapuh dan berhati hangat. Hidupnya hanya untuk sang nenek dan kakek. Dia siswa biasa yang tak bisa banyak bergerak tanpa bantuan tongkat.

Drama dan Pelajaran Berharga

review the uncanny counter_Drama dan Pelajaran Berharga

Latar belakang para Counter menjadi salah satu bagian paling manusiawi dalam drama ini. Berjalan dengan genre fantasi, keberadaan karakter-karakter tersebut menjadi penyeimbang bahwa The Uncanny Counter punya sisi lain yang bersifat nyata. Hasilnya, drama ini bukan sekadar fantasi thriller, melainkan mengandung banyak drama dan pelajaran berharga.

Sepanjang menonton episode demi episodenya, Anda tidak hanya mengikuti mereka bertarung melawan roh jahat, melainkan lebih dari itu. Pengemasannya dilakukan dengan sangat pas sehingga menjadi sebuah tontonan yang menarik dan mengharukan.

Mengikuti perjalanan para Counter menangkap roh jahat akan membawa Anda pada cerita-cerita tentang hidup yang tidak pernah diduga sebelumnya. Terutama mengenai dendam, rasa sakit di masa lalu, dan keadilan. Semakin penasaran? The Uncanny Counter bisa Anda saksikan di Netflix! Agendakan untuk menontonnya segera ya!

The Uncanny Counter
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram