Sinopsis & Review The Tale of Nokdu, Penyamaran Anak Raja

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
The Tale of Nokdu
4
/5

Cerita-cerita berlatar zaman kerajaan menjadi salah satu genre drama Korea terfavorit. Drama-drama Sageuk tersebut penuh dengan intrik, plot twist dan menguras emosi. Ditambah setting tempat yang ditata sedemikian rupa hingga menampilkan suasana Korea zaman dahulu, membuat penonton terbawa ke masa lalu.

Di antara sekian banyak drama Korea dengan latar sejarah, The Tale of Nokdu memiliki jalan cerita yang menarik dan cukup ringan. Secara garis besar, drama yang tayang akhir tahun 2019 lalu ini bercerita mengenai seorang putra raja yang harus “disembunyikan”. Agar dapat bertahan hidup dan mengetahui rahasia-rahasia yang selama ini disimpan, dia harus menjadi seorang wanita.

Sudah terbayang serunya? Bagaimana Nokdu menjalani perannya sebagai seorang wanita? Rahasia besar apa yang disembunyikan darinya? Guna mendapatkan “bocoran” yang lebih lengkap, simak uraian pada artikel di bawah ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis The Tale of Nokdu
*

Jeon Nok Du (Jang Dong Yoon) tinggal bersama ayah serta kakak lelakinya di pulau yang kecil. Nok Du dibesarkan dengan aturan yang ketat. Sejak kecil, sang ayah tidak mengizinkan Nok Du sekolah atau pergi dari pulau. Padahal, Nok Du adalah seorang anak yang pintar.

Perlakuan ayahnya tersebut tentu membuat Nok Du penasaran. Keinginan untuk melihat keadaan dunia luar setiap hari dia rasakan. Hingga suatu ketika, terjadi peristiwa yang membuat hidupnya berubah. Tanpa dia ketahui siapa dan mengapa, ayah dan kakak lelakinya tewas diserang sekelompok penyerang wanita.

Berbekal kemampuannya memainkan pedang, Nok Du selamat dan mengejar salah satu pembunuh tersebut. Kejadian itu membuat Nok Du akhirnya sampai ke daratan utama; sebuah dunia baru yang dia dambakan selama ini.

The Tale of Nokdu 1
*

Pengejaran terhadap pembunuh tersebut membawa Nok Du ke sebuah kota bernama Hanyang. Belum berhasil menangkap targetnya, di tengah perjalanan Nok Du malah dituding akan membunuh raja. Dia lalu dijebloskan ke dalam penjara bersama orang-orang dengan niat sama.

Di dalam penjara, Nok Du bertemu dengan Dong Dong Joo (Kim So Hyun) yang ketika itu menyamar jadi laki-laki. Belakangan diketahui bahwa Dong Joo lah yang sesungguhnya ingin membunuh raja karena dendam pribadi.

Setelah dilepaskan dari penjara, kejutan lain menghadang Nok Du. Putra raja tersebut dikejar-kejar oleh seseorang yang ingin menghabisinya. Nok Du yang berhasil menipu si pembunuh lalu berusaha mengikutinya.

Perjuangan melarikan diri dari kematian akhirnya membawa putra raja itu singgah di sebuah desa yang ditinggali para janda. Di desa itulah jejak pembunuh keluarganya menghilang.

Ada alasan khusus mengapa desa tersebut ditinggali hanya oleh para janda. Mereka adalah para istri yang kehilangan suaminya karena perang. Mereka lalu dipaksa untuk melakukan bunuh diri sebagai simbol menjaga kehormatan keluarga.

Desa yang dihuni para janda tersebut ternyata terlarang bagi laki-laki. Untuk mengetahui siapa pembunuh keluarganya dan  apa alasan mereka, Nok Du lantas mencari cara agar dapat masuk ke sana.

The Tale of Nokdu 2
*

Apa cara yang dipilihnya? Ya! Lelaki itu menyamar menjadi seorang wanita bernama Nyonya Kim.

Setelah berhasil masuk ke desa tersebut, Nok Du terkejut karena di sana dia bertemu kembali dengan Dong Dong Joo. Seseorang yang dikenalnya sebagai pria, ternyata adalah gadis cantik. Sementara karena penyamaranya, Dong Joo tidak mengenali Nok Du sebagai lelaki yang ditemui di penjara.

Dong Joo tinggal di desa itu sebagai calon gisaeng atau wanita penghibur. Gadis tersebut terpaksa melakukan hal itu sebab tidak memiliki tempat tinggal setelah kematian kedua orangtuanya dalam peristiwa penyerangan.

Sebagai calon gisaeng, Dong Joo sama sekali tidak memiliki bakat dalam berkesenian. Namun, gadis yang canggung dan pemarah tersebut pandai membuat aneka macam benda.

Menjelang berakhir, terkuak bahwa Nokdu memanglah putra kandung dari Raja Gwanghae. Namun sedihnya, Nokdu adalah anak yang tidak diinginkan. Bahkan Raja Gwanghae memerintahkan Nokdu yang diangkat jadi pengawal pribadi untuk membunuh putranya.

The Tale of Nokdu 3
*

Saat memerintahkan hal itu Raja belum mengetahui bahwa orang yang diperintah untuk membunuh anaknya adalah anaknya sendiri. Raja Gwanghae menginginkan kematian putranya sendiri karena alasan yang serakah.

Dia tidak ingin anaknya hidup sebab menurut sebuah ramalan, anaknya lah yang akan mengambil alih tahta kerajaan. Mengetahui kenyataan itu, kebencian Nokdu pada ayahnya semakin menjadi. Dia pun memutuskan bergabung bersama kelompok Cha Yool Mu (Kang Tae Oh). Tujuan kelompok tersebut adalah untuk menurunkan sang Raja dari singgasananya.

Lalu berhasilkah Nokdu melengserkan ayahnya? Bagaimana reaksi sang Ratu mengetahui hal mengejutkan ini?

Baca juga: 15 Drama dan Film Korea Terbaik Tentang Kerajaan

Drama Saeguk yang Dikemas Ringan

Drama Saeguk yang Dikemas Ringan
*

Drama Saeguk, sebutan untuk drama bergenre sejarah Korea, identik dengan kisah yang rumit, penuh air mata serta tipu daya dari orang-orang yang haus kekuasaan. Unsur politik menjadi bumbu paling kuat di setiap episodenya. Tak jarang membuat penonton ikut gemas dan lelah dengan trik yang disuguhkan.

Namun, sensasi-sensasi seperti itu tidak disajikan secara bold dalam Tale of Nokdu. Anda bisa menikmatinya dengan santai, sebab dibanding cerita Saeguk yang lain, drama ini cukup ringan. Komedi-komedi dan kelucuan mudah ditemukan dalam tiap episode.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram