bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Serial The Protector Season 1

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 September 2021

Apa jadinya jika selama ini ada satu rahasia besar yang tersimpan di dalam diri Anda? Rahasia tersebut akan mengubah hidup karena dengan itu Anda bisa melindungi banyak orang. Hal seperti inilah yang terjadi pada Hakan Demir. Pemuda berusia sekitar 20 tahunan yang tidak punya pekerjaan tetap tersebut harus menerima takdirnya sebagai Pelindung Terakhir.

Perjalanan Hakan menerima takdirnya yang membingungkan bisa Anda nikmati dalam serial original Netflix dari Turki, The Protector Season 1. Serial yang pertama kali tayang pada 14 Desember 2018 ini akan memuaskan para pencinta serial bertemakan kekuatan super. Penasaran? Mari simak lebih dulu sinopsis serta ulasannya berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Rilis: 14 Desember 2018
  • Genre: Action, Science Fiction, Fantasi, Supernatural
  • Produksi: Netflix, O3 Medya
  • Sutradara: Can Evrenol, Umut Aral, Gönenç Uyanık
  • Pemeran: Çağatay Ulusoy, Cankat Aydos, Hazar Ergüçlü, Okan Yalabık
  • Jumlah Episode: 10

Seperti pagi-pagi biasa, Hakan (Çağatay Ulusoy) bersama sepupunya Memo (Cankat Aydos), yang suka berjudi, menjalani rutinitas. Memo dengan urusannya dan Hakan pergi ke toko barang antik milik ayah angkatnya , Neşet, yang terletak di sebuah bazar tua. Hakan bercita-cita untuk memindahkan toko tersebut ke lokasi yang lebih strategis.

Sebelum sampai di tokonya, Hakan bertemu seorang wanita peramal, dia mengatakan bahwa lelaki berusia 20 tahun itu akan menghadapi sesuatu yang besar. Di sisi lain, Faysal Erdem (Okan Yalabık) dan perusahaannya bersiap memenangkan tender untuk merestorasi Hagia Sophia.

Menurutnya melakukan hal tersebut adalah satu kehormatan sebab Hagia merupakan warisan Istanbul yang paling berharga. Erdem bukan orang sembarangan. Dia adalah orang terkaya di Turki. Erdem terlihat turun dari helikopter pribadinya untuk kemudian menghadapi banyak reporter yang mencari informasi terkait tender yang akan dihadapinya.

Pengusaha tersebut didampingi oleh asistennya, Leyla Sancan (Ayça Ayşin Turan) untuk menghadapi beberapa pertanyaan yang mulai ramai. Sementara itu, Hakan menyelesaikan pekerjaannya mengantarkan karpet pesanan seorang turis wanita ke sebuah hotel.

Selesai mengantarkan karpet, Hakan spontan ikut wawancara kerja yang dibuka oleh perusahaan Erdem. Dia mengambil formulir dan ikut mengantri bersama para pencari kerja lainnya. Dia pun bertemu Leyla untuk diwawancara. Namun, sesuai tebakan, Hakan gagal diterima kerja karena tidak memiliki gelar sarjana dan dianggap tidak menguasai bahasa asing.

Sesaat sebelum meninggalkan gedung, Hakan menyelamatkan seorang gadis kecil dari insiden lampu hias yang jatuh dari atas. Sikapnya mendapat pujian dari orang-orang di sekitar, dan Erdem melihat kejadian itu dari kejauhan. Sesampainya di toko, Hakan kembali berdebat dengan Neşet perihal perluasan bisnis. Hingga seorang pelanggan wanita datang mencari sebuah baju ajaib dari zaman Kesultanan Utsmaniyah.

Wanita tersebut menunjukkan motif baju yang dimaksud. Seketika Neşet mengatakan bahwa dia tidak memilikinya. Namun, Hakan merasa melihat barang tersebut di ruang bawah tanah di toko mereka. Sang ayah terus mengatakan sebaliknya. Wanita itu mengatakan akan membayar mahal untuk baju yang dia cari lalu pergi dan meninggalkan kartu nama.

Pemuda tersebut yakin pernah melihatnya di ruangan bawah tanah, dia pun ingin mencarinya, tapi hal itu ditentang oleh Neşet. Sejurus kemudian, lelaki paruh baya tersebut terlihat menelepon seseorang dan mengatakan bahwa waktunya sudah tiba.

Tak lama Memo datang membawa barang-barang dan mengatakan bahwa mereka sudah diusir dari tempat tinggal karena tak membayar sewa. Hakan bingung karena uang sewa sudah dia letakkan di atas meja. Dalam keadaan terjepit, Hakan teringat pada wanita yang tadi siang mendatangi toko ayahnya. Bersama Memo dia pun bergegas mencari dan menemukan baju tersebut.

Hakan, Memo dan wanita itu pun lantas bertemu untuk melakukan transaksi, tapi secara mengejutkan Neşet datang menggagalkannya. Secara brutal dan tiba-tiba, dari arah depan seseorang berusaha menembak mereka. Neşet berusaha menyelamatkan Hakan tapi sayang dia sudah lebih dulu tertembak.

Pemuda itu bergegas membawa sang ayah ke rumah sakit tapi Neşet menolak dan meminta dibawa ke tempat salah satu temannya bernama Fatih. Sambil terus menahan sakit dan dalam keadaan sekarat, sang ayah mengatakan bahwa dia harus menjelaskan sebuah kebenaran pada Hakan. Sementara itu, Hakan terus melajukan kendaraannya dengan panik. Lalu, ada rahasia apa di balik baju itu? Apakah Hakan berhasil menyelamatkan ayah angkatnya?

Serial Turki dengan Premis Menarik

Serial Turki dengan Premis Menarik

Jika Anda terbiasa menyaksikan serial Turki bergenre drama dan percintaan, The Protector Season 1 akan memberikan suguhan berbeda. Serial ini punya premis menarik yang akan menghibur penyuka genre-genre supernatural, fantasy dan action.

Sesuai judulnya, The Protector, serial ini punya premis mengenai perjalanan serta pertempuran panjang yang harus dihadapi seorang pelindung terakhir. Sang pelindung yang dimaksud adalah seorang pemuda biasa yang sudah kehilangan kedua orang tua sejak kecil. Dia yatim piatu yang selama ini tidak menyadari kekuatan yang ada pada dirinya.

Perannya sebagai Pelindung Terakhir diceritakan sangat berat karena nyawa seluruh warga Turki ada di tangannya. Sesuatu yang dia hadapi bukan sembarangan, melainkan Immortal terakhir yang menaruh dendam sejak zaman dahulu. Menarik? Tentu saja!

Plot Cerita Terbangun Apik

Plot Cerita Terbangun Apik

Perjalanan seorang Hakan dalam serial ini sudah bergejolak sejak episode pertama. Seorang pemuda tanpa uang, tiba-tiba dihadapkan pada kenyataan yang selama ini dirahasiakan darinya. Siapa menyangka dirinya yang tak tahu apa pun, rupanya adalah seorang The Protector. Perubahan emosi Hakan terus naik dari episode satu. Dari mulai dia mengantar karpet hingga panik dan sangat berduka ketika kehilangan ayahnya.

Konflik utama dalam serial The Protector Season 1 disampaikan melalui plot yang cepat, apik dan tidak bertele-tele. Anda sudah bisa masuk ke dalam ceritanya sejak episode satu. Menonton serial ini Anda tidak akan dibuat penasaran lebih lama. Ditambah reaksi Hakan yang bingung dengan jati diri sesungguhnya juga cukup realistis, sehingga jalan cerita tidak terasa mengada-ada.

Fiksi dan Muatan Sejarah

Fiksi dan Muatan Sejarah

Hagia Sophia, Mehmed II, dan penaklukkan Konstantinopel menjadi beberapa elemen sejarah yang turut disinggung dalam serial ini. Anda akan dibawa melihat sebuah serial yang memuat fiksi sekaligus sedikit menyinggung sejarah sebagai latar belakangnya, entah latar belakang tempat atau peristiwa.

Keberadaan Hagia Sophia dalam serial Turki yang satu ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Berdasarkan faktanya, bangunan tersebut merupakan tempat ibadah yang dibangun pada 537 M hingga 1453 M. Mulanya Hagia Sophia merupakan katedral Ortodoks sebelum pada 1204 hingga 1261 diubah menjadi Katedral Katolik Roma oleh Pasukan Salib Keempat di bawah Kekaisaran Latin Konstantinopel.

Pada 1453 M bangunan tersebut beralih fungsi menjadi masjid. Hal ini terjadi pada masa Kesultanan Utsmani. Muatan sejarah dalam The Protector Season 1 bukan hanya tentang Hagia Sophia, melainkan juga Mehmed II. Keterkaitan tersebut terangkum dalam sebuah narasi yang mengatakan bahwa The Protector adalah orang yang dipilih langsung oleh Mehmed karena kemampuan, kekuatan dan kesucian jiwa yang dimilikinya.  

Akting dan Visual Pemain yang Tidak Mengecewakan

Akting dan Visual Pemain yang Tidak Mengecewakan

The Protector Season 1 bukan hanya punya premis menarik, tapi juga dimainkan oleh para bintang dengan kemampuan akting yang bagus serta tampilan fisik yang sedap dipandang. Berperan sebagai Hakan, Çağatay Ulusoy, bisa dengan pas menunjukkan ekspresinya, terutama ketika dia berada pada situasi yang membingungkan saat mengetahui fakta soal Sang Pelindung.

Kemampuan akting Ulusoy sebagai karakter utama serial ini tidak akan mengecewakan Anda. Belum lagi tampilan visualnya juga tampan dengan mata yang indah. Selain Ulusoy ada Hazar Ergüçlü dan Ayça Ayşin Turan yang masing-masing berperan sebagai Zeynep dan Leyla. Keduanya tampilkan akting yang bagus dan tentu saja cantik.

Secara keseluruhan The Protector Season 1 memenuhi syarat sebagai tontonan yang seru dan menarik. Apalagi jika Anda suka dengan serial-serial berlatar belakang sejarah atau hal-hal bersifat kekuatan supernatural. Jadi tunggu apa lagi? Selamat menyaksikan dan terhanyut dalam perjalanan Hakan menyelamatkan seisi kota!

The Protector Season 1
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram