bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drakor The Penthouse Season 3 (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 13 September 2021

Drama fenomenal yang selalu meraih rating tinggi sejak musim pertama, melanjutkan ceritanya hingga musim ketiga. The Penthouse Season 3 (2021) yang direncanakan tayang 12 episode, hadir menjadi 14 episode.

Konflik semakin bertambah tapi kelogisan alur cerita tetap sulit diterima. Meski begitu bagi penonton setianya, drama ini tetap bikin penasaran, terutama dengan nasib Joo Dan Tae dan Seo Jin yang jahatnya gak masuk akal.

Dimulai dengan kematian Logan Lee karena ledakan yang diotaki Joo Dan Tae, di musim ini beberapa karakter utama tewas secara berurutan. Dihadirkan dengan karakter-karakter baru, The Penthouse Season 3 (2021) berupaya untuk membuat penonton tidak bosan. Benarkah demikian? Simak sinopsis dan ulasannya berikut ini, yuk!

Sinopsis

The Penthouse Season 3 (2021)_
  • Tahun Rilis: Juni 2021
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Studio S (SBS), Chorokbaem Media
  • Sutradara: Park Soo Jin
  • Pemeran: Lee Ji Ah, Kim So Yeon, Eugene, Um Ki Joon
  • Jumlah Episode: 14

Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon), Lee Kyu Jin (Bong Tae Gyu), dan Ko Sang Ah (Yoon Joo Hee) benar-benar tersiksa berada di penjara. Sementara Kang Ma Ri (Shin Eun Kyung) bisa beradaptasi dengan baik karena kemampuan memijatnya.

Ma Ri bahkan mendapat camilan dari pimpinan di sel. Di ruangan berbeda Cheon Seo Jin (Kim So Yeon) mendapat perlakuan khusus saat bertemu dengan pengacaranya.

Dari pengacaranya pula Seo Jin mendengar bahwa sang ibu menjual Yayasan Cheong A dan pembelinya adalah Shim Su Ryeon (Lee Ji Ah).

Di tempat berbeda Shim Su Ryeon mendengar cerita Joo Seok Kyung (Han Ji Hyun) yang sedang berbahagia sebab hanya perlu mendapatkan rekomendasi kepala sekolah untuk dapat tiket gratis ke Universitas Musik Seoul.

Namun, Su Ryeon membebaskan Seok Kyung agar tak perlu bernyanyi lagi, apalagi itu hanya obsesi Joo Dan Tae. Sayangnya gadis itu tampak tak suka dengan pendapat Su Ryeon dan tetap berkeinginan masuk universitas tersebut.

Tak lama Joo Seok Hoon (Kim Young Dae) dan Bae Ron Na (Kim Hyun Soo) datang bergabung. Seok Hyung tak suka karena ibunya ternyata juga mengundang Ro Na.

Ro Na rupanya tidak berencana untuk melanjutkan kuliah. Hari-harinya sudah disibukkan dengan bekerja. Seok Hoon kaget dan kecewa mendengar itu, apalagi dari mulut Seok Kyung.

Malam itu Seok Kyung cemburu melihat Su Ryeon yang menurutnya lebih baik pada Ro Na. Di toilet, Ro Na mengembalikan uang pemberian Su Ryeon, tapi wanita itu menolak. Su Ryeon ingin menggantikan peran Oh Yoon Hee (Eugene) selama dipenjara.

Sama seperti Seok Hoon, Su Ryeon ingin melihat Ro Na tetap bernyanyi. Rupanya percakapan mereka didengar Seok Kyung. Emosi yang sudah ada di hati Seok Kyung semakin memanas setelah mendengarnya. Di tahanan, Ha Yoon Cheol (Yoon Jong Hoon) mengasah sebuah sikat gigi untuk membunuh Joo Dan Tae.

Dan Tae sendiri hari itu dipindahkan ke ruangan yang ternyata malah satu ruangan dengan Ha Yoon Cheol. Lelaki itu habis-habisan disiksa oleh sesama tahanan. Hal yang tak jauh berbeda menimpa Seo Jin; setelah sebelumnya mendapat perlakuan khusus, kali ini Seo Jin harus merelakan itu karena ada banyak komentar negatif di internet.

Masih emosi karena tak diizinkan bertemu pengacaranya, Seo Jin berlaku menantang pemimpin di selnya. Akibat hal itu Seo Jin babak-belur. Di tempat berbeda Logan Lee (Park Eun Seok) menemui seseorang yang tampaknya menaruh dendam pada Joo Dan Tae.

Anehnya orang tersebut memanggil Dan Tae dengan nama Baek Jun Ki. Dia mengatakan bahwa Dan Tae atau Baek Jun Ki telah membunuh kedua orangtuanya lalu membawa kabur aset keluarga mereka.

Logan mengabarkan jika Baek Jun Ki masih hidup di Korea tetapi menggunakan nama Joo Dan Tae; nama dari pria tersebut. Dia tampak marah mendengar hal itu karena bagaimana mungkin Baek Jun Ki berubah jadi Joo Dan Tae.

Di sel, Ha Yoon Cheol mencoba membunuh Joo Dan Tae karena sudah menyakiti Ro Na; putri kandungnya. Namun, Dan Tae berhasil selamat karena sipir segera datang.

Seluruh penghuni sel dan sipir bekerjasama memojokkan Joo Dan Tae atas permintaan Logan Lee. Untuk mengatasi ini Dan Tae memerintahkan Sekretaris Jo (Kim Dong Kyu) untuk menyuap sipir paling berpengaruh di sana.

Tak lama seorang sipir datang memberinya koran berisi pesan tersembunyi yang mengabarkan tentang keberadaan Logan. Dan Tae yang amat dendam padanya, merasa mendapat kesempatan untuk menghabisi Logan Lee.

Sebelum itu, Dan Tae berkelahi hebat dengan Ha Yoon Cheol dan membuat perutnya tertusuk. Petugas segera datang dan mengamankan lokasi serta membawa Dan Tae yang terluka pergi. Lalu, akankah Dan Tae selamat? Apakah luka tersebut bagian dari rencananya?

Alur Semakin Penuh Konflik

Alur Semakin Penuh Konflik_

The Penthouse Season 3 (2021) melanjutkan ‘kegilaan’ di dua musim sebelumnya. Alur yang sudah penuh dengan intrik, di musim ketiga semakin penuh konflik. Kerakusan Joo Dan Tae dalam menguasai aset-aset milik Seo Jin jadi salah satu konflik baru. Perseteruan mereka membuat drama ini rasanya semakin panjang.

Selain berurusan dengan Logan dan Shim Su Ryeon, di musim ini Dan Tae juga harus putar otak mengakali Seo Jin. Hampir setiap episode, ada saja kejutan yang gak masuk akal.

Persaingan antara tiap-tiap karakter tidak henti-henti sampai mendekati episode akhir. Setiap karakter tidak mengalami perkembangan yang berarti, kecuali Kang Ma Ri dan putrinya.

Karakter Baru yang Mengejutkan di Awal

Karakter Baru yang Mengejutkan di Awal_

Musim ketiga The Penthouse (2021) akan membawamu berkenalan dengan beberapa karakter baru. Beberapa sudah sedikit dibocorkan di akhir musim kedua dan lainnya benar-benar baru dan mengejutkan. Pasalnya salah satu karakter baru di musim ini adalah bagian dari masa lalu Joo Dan Tae.  

Joo Dan Tae yang selama dua musim ke belakang dikenal sebagai pengusaha sukses yang rakus dan ambisius, rupanya punya rahasia kelam. Di musim ini Dan Tae bertemu seseorang di masa lalu; sesuatu yang dia kubur dalam-dalam dan tak ingin diketahui oleh siapa pun.

Sayangnya, karakter baru ini ternyata gak membawa dampak apa pun untuk alur The Penthouse Season 3, apalagi bagi kehancuran Dan Tae secara keseluruhan. Karakter baru ini malah menambah masalah karena ternyata sama-sama rakus.

Kemunculannya cukup menghebohkan di awal karena penonton dibuat optimis oleh si karakter ini; berharap dia dapat membawa karma untuk Dan Tae. Ternyata sama saja, semakin ke belakang, semakin gak ada gunanya.

Karakter Utama Terbunuh

Karakter Utama Terbunuh_

Bicara The Penthouse (2021), sama dengan bicara tentang kematian-kematian para tokohnya. Bedanya, di drama ini, para tokoh tersebut bisa tiba-tiba dimunculkan kembali.

Sampai pada musim ketiga, ‘tradisi’ menghidupkan kembali karakter yang sudah tewas masih dipakai. Karakter Logan Lee yang diceritakan tewas terkena ledakan bom yang dipasang Joo Dan Tae, ternyata berhasil diselamatkan oleh Seo Jin.

Berbeda nasib dengan Logan Lee, karakter Oh Yoon Hee yang selama ini menjadi main character drama ini diceritakan tewas. Kematiannya menyulut dendam, amarah serta konflik dan intrik baru yang lumayan membosankan.

Selain kematian Yoon Hee, kamu juga akan dikejutkan oleh tewasnya Shim Su Ryeon, Joo Dan Tae, Ha Yoon Cheol, Cheo Seo Jin dan Logan Lee di episode-episode terakhir. Habis!

Nonton The Penthouse Season 3 (2021) kita harus menurunkan standar dalam hal kelogisan cerita. Pasalnya semakin lama, jalan ceritanya semakin gak masuk akal.

Hanya, kemampuan akting pemainnya memang sangat meyakinkan, terutama Kim So Yeon yang pas sekali berperan sebagai wanita jahat dan serakah. Selain itu drama ini juga punya sinematografi yang lumayan serta pilihan tone yang tidak terlalu gelap. Masih penasaran dengan kelanjutannya?

Selain membahas Penthouse 3, kami juga pernah mengulas drama ini di dua musim sebelumnya, bisa baca artikel Review Drama Penthouse 1 dan Review Drama Penthouse 2 ini.

The Penthouse Season 3
Rating: 
2.8/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram