bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film The Parent Trap, Si Kembar Cerdik

The Parent Trap merupakan sebuah film bergenre romantis komedi yang rilis di tahun 1998 silam. Film ini sendiri ditulis oleh Nancy Meyers dan Charles Shyer yang keduanya sama-sama memproduksi dan menyutradarai film ini juga. Film The Parent Trap sendiri merupakan film remake berjudul sama yang tayang sebelumnya di tahun 1961. 

Film ini dibintangi oleh banyak artis dan aktor ternama seperti Lindsay Lohan, Dennis Quaid dan Natasha Richardson. Lindsay Lohan memerankan dua karakter sekaligus yakni anak kembar yang sudah jauh terpisah setelah perceraian orang tuanya. Hingga satu kali mereka dipertemukan kembali dan kisah mereka berlanjut super seru dan manis.

Baca Juga: 20 Film Disney Terbaru untuk Ditonton Bersama Keluarga

Sinopsis

The Parent Trap_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 1998
  • Genre: Romance, Comedy, Family
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Nancy Meyers
  • Pemain: Lindsay Lohan, Dennis Quaid, Natasha Richardson, Elaine Hendrix

Pada tahun 1986, Nick Parker (Dennis Quaid) dan Elizabeth James (Natasha Richardson) bertemu di kapal pesiar Queen Elizabeth 2. Pertemuan itu membuat mereka saling jatuh cinta dan akhirnya menikah. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak kembar bernama Hallie dan Annie (Lindsay Lohan). Namun sayang, pernikahan mereka tak bertahan lama.

Setelah perceraian, Nick diberi hak asuh atas Hallie dan membesarkannya di California di mana Nick memiliki kebun anggurnya sendiri sesuai dengan apa yang diharapkannya. Sementara itu, Elizabeth membesarkan Annie di London di mana dia bekerja sebagai desainer gaun pengantin, sesuai juga dengan apa yang Annie harapkan.

11 tahun kemudian di tahun 1998, Hallie dan Annie dikirim ke kamp musim panas oleh kedua orangtuanya tanpa tahu kalau mereka akan bertemu. Sebelum mengenal satu sama lain, Hallie dan Annie bersaing secara ketat untuk sebuah games yang berujung dengan kekacauan hingga mereka harus dipisahkan berdua di rumah isolasi.

Awalnya mereka kaget karena mereka punya wajah yang serupa, namun mereka pikir itu hanya kebetulan saja sampai dimana Hallie dan Annie menyadari sesuatu bahwa mereka sebenarnya adalah saudara kembar yang sudah terpisah lama sekali karena perceraian Ayah dan Ibu mereka. Hallie ingin sekali melihat Ibunya begitu juga dengan Annie yang ingin bertemu Ayahnya.

Setelah bertukar foto dan banyak informasi, mereka mantap untuk bertukar posisi. Ini berarti Hallie akan pergi ke London sebagai Annie dan Annie akan pergi ke California sebagai Hallie. Mereka benar-benar membuat penampilan masing-masing sama persis sehingga sulit dibedakan oleh orang tua mereka sendiri. Misi bertemu orang tua mereka pun dijalankan.

Sesampainya di London, Hallie terharu bahagia karena akhirnya bisa bertemu Elizabeth, Ibunya. Ia juga bertemu dengan kepala pelayan, Martin (Simon Kunz) dan kakek mereka, Charles (Ronnie Stevens). Sementara itu, di California, Annie bertemu dengan Ayahnya, Nick, juga pengasuh keluarga mereka, Chessy (Lisa Ann Walter).

Setelah puas bertemu dan mengobrol dengan orang tua mereka masing-masing, sebuah kabar buruk akhirnya tersiar. Nick akan segera menikah lagi dengan seorang wanita muda berumur 26 tahun bernama Meredith Blake (Elaine Hendrix) yang hanya tertarik pada kekayaan Nick saja. Annie pun menelepon Hallie mengabari hal tersebut.

Annie mencoba untuk membujuk Hallie untuk membawa ibu mereka ke California supaya bisa menggagalkan rencana pernikahan Nick dan Meredith, tetapi Hallie menolak karena ia masih kangen dengan Ibunya tersebut.

Keadaan jadi semakin kacau. Annie kini berjuang seorang diri untuk tidak memberikan restu apapun tentang pernikahan Ayahnya. 

Sementara itu, memperhatikan bahwa “Hallie” mengalami banyak perubahan, tutur katanya yang tiba-tiba jadi baku dan anjingnya sendiri tidak mengenalinya.

Akhirnya Annie mengaku pada Chessy apa yang sebenarnya terjadi bahwa dia adalah Annie bukan Hallie. Disaat yang sama, Nick memberi tahu anaknya itu bahwa dia akan menikahi Meredith, Annie kecewa.

Annie akhirnya kembali menelepon Hallie untuk memberi tahu dia tentang pernikahan yang segera dilangsungkan. Saat menelepon, Hallie kepergok oleh Kakeknya, ini membuat ia mengaku kalau sebenarnya dia adalah Hallie bukan Annie.

Baik Chessy dan Kakeknya juga Martin yang mengetahui segalanya, sepakat untuk merahasiakannya dari Nick dan Elizabeth.

Namun akhirnya Elizabeth tahu kalau sebenarnya ia adalah Hallie, bukan Annie. Akhirnya Elizabeth dan Hallie sepakat bahwa mereka perlu pergi ke California untuk menyetujui ulang hak asuh bersama atas si kembar antara masing-masing orang tua. Si kembar akhirnya mengatur pertemuan Ayah dan Ibunya itu di sebuah hotel di California. 

Tanpa sengaja, mereka akhirnya bertemu satu sama lain. Elizabeth juga bertemu Meredith dan mengetahui bahwa dia dan Nick akan menikah.

Malam harinya, si kembar mengatur makan malam di kapal pesiar untuk Nick dan Elizabeth, seperti waktu dulu pertama mereka bertemu. Nick dan Elizabeth setuju bahwa Hallie akan pergi ke London selama Natal dan Annie akan menghabiskan Paskah di California. 

Namun sayang, keduanya memutuskan untuk tidak melanjutkan hubungan mereka, Annie dan Hallie sedih bukan main. Saat hari H Elizabeth dan Annie akan kembali ke London, si kembar menolak, mereka ingin berkemah bersama secara lengkap terlebih dulu. Alih-alih ikut kemah, Elizabeth malah mengundang Meredith untuk mengetahui sikap anak-anaknya.

Annie dan Hallie ngamuk bukan main, mereka akhirnya membuat serangkaian lelucon pada  Meredith, sehingga Meredith murka dan menunjukan sifat aslinya.

Ia bahkan mengancam akan mengirim si kembar ke Swiss untuk dimasukan ke asrama. Melihat itu Nick jadi mengurungkan niatnya menikah dengan Meredith dan lebih memilih anak-anaknya. 

Saat kembali ke rumah, Nick agak lega karena bebas dari Meredith. Dia menunjukkan koleksi anggur miliknya pada Elizabeth termasuk anggur yang mereka minum di pernikahan mereka. Keduanya menyadari bahwa mereka masih jatuh cinta, dan akhirnya bersatu kembali dalam pernikahan di atas kapal Queen Elizabeth 2. 

Annie dan Hallie

The Parent Trap_Annie&Hallie (Copy)

Memerankan dua gadis kembar sekaligus sudah pasti bakal menjadi PR besar untuk artis yang memerankannya. Pasalnya, naskahnya menjadi double karena memerankan peran ganda.

Ini membuat audisi dilakukan secara super selektif. Akhirnya lebih dari 1.500 artis muda mengirimkan kaset audisi untuk peran tersebut termasuk Scarlett Johansson, Mara Wilson, Michelle Trachtenberg, dan Jena Malone.

Namun akhirnya perang ganda Annie dan Hallie jatuh kepada Lindsay Lohan. Pilihan Nancy Meyers untuk bekerjasama dengannya ternyata merupakan jackpot.

Selain Lindsay berhasil memerankan peran ganda tersebut dengan sangat baik, Lindsay pun menjadi sorotan para kritikus film yang mengatakan film The Parent Trap tidak akan ‘hidup’ apabila dia tidak ada didalamnya.

Ibu Tiri

The Parent Trap_Stepmom (Copy)

Tidak lengkap sepertinya kalau dalam sebuah cerita mengenai keluarga bahagia, plot nya berjalan adem ayem saja. Akhirnya didatangkanlah seorang Ibu Tiri yang super licik karena hanya ingin menikmati kekayaan dari peran utama saja. Sebenarnya plot seperti ini sudah banyak di pasar film. Banyak film yang punya plot serupa.

Meski demikian, cerita tentang Ibu Tiri yang notabenenya selalu menyusahkan dan berujung dengan semua karma buruk menimpanya; masih laku di pasaran.

Rasanya puas sekali melihat villain seperti Meredith dalam film ini akhirnya jatuh setelah semua orang protagonis mau bangkit menyerang balik dan akhirnya peran antagonis kalah dan menghilang.

Adaptasi Novel

The Parent Trap_Novel (Copy)

Selain merupakan film remake, ternyata film The Parent Trap diadaptasi dari sebuah novel berjudul Lottie dan Lisa (Das doppelte Lottchen) asal Jerman yang rilis di tahun 1949. Novel itu ditulis oleh Erich Kästner.

Pada tahun 1961 film, skenario tentang dua gadis kembar yang tertukar dan bertemu lagi itu ditulis oleh David Swift yang akhirnya dipakai juga oleh Nancy Meyers dengan beberapa revisi.

Hasilnya fantastis! Begitu film The Parent Trap dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 29 Juli 1998, film ini berhasil mengumpulkan keuntungan total sebesar $ 92,1 juta dari biaya produksi yang hanya $15 juta.

Film ini juga menjadi hit di Box Office dan juga menerima ulasan positif dari para kritikus. Jadi tidak heran kalau Bacaterus berani memberi skor 4/5 bukan?

The Parent Trap
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram