bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Review & Sinopsis Film The Mess You Leave Behind (2020)

Review & Sinopsis Film The Mess You Leave Behind (2020)

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 9 Maret 2021

Seiring dengan mendapatkan pekerjaan baru, biasanya kita juga akan akan mendapatkan semangat baru. Akan ada rekan-rekan kerja baru, lingkungan baru, dan tentu saja tantangan baru. Di balik itu, tersirat juga kekhawatiran tentang proses adaptasi yang mungkin nggak berjalan seperti yang diharapkan. Itulah sebabnya sesuatu yang baru nyaris selalu sepaket dengan semangat baru.

Selain keluarga, guru adalah orang yang paling berpengaruh akan pekembangan seseorang. Banyak orang bermimpi ingin menjadi guru karena dianggap mulia dan menyenangkan. Sayangnya, Raquel mengalami cerita yang berbeda. Pekerjaan barunya malah memberi dia banyak misteri. Seperti apa misterinya? Inilah review dan sinopsis serial The Mess You Leave Behind.

Sinopsis

Sinopsis

  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Mystery, Thriller
  • Produksi: Vaca Films
  • Jumlah episode: 8
  • Dibuat oleh: Carlos Montero
  • Sutradara: Carlos Montero, Silvia Quer, Roger Gual
  • Pemain: Inma Cuesta, Barbara Lennie, Tamar Novas, Aron Piper, Roberto Enriquez

Raquel Valero sedang mengalami masa-masa sulit karena ibunya baru saja meninggal. Hanya Tere, temannya yang memberi dia dukungan sementara yang lain menilainya bertingkah aneh dan gila. Apalagi dia sering mendapat mimpi yang aneh tentang sang ibu, banyak orang-orang di sekitarnya yang merasa dia mulai nggak waras karena sering berhalusinasi.

Untuk mengobati kesedihan, dia memutuskan untuk pindah ke kampung halaman sang suami, German Araujo. Kebetulan German ingin pulang untuk memulihkan bisnis restoran keluarganya yang sedang jatuh. Restoran keluarga itu mungkin akan bangkrut kalau nggak segera ditangani. Hal itu yang membuat German menjadi sibuk dan membuat Raquel merasa sendirian.

Di sana, Raquel mendapat pekerjaan baru sebagai guru sastra di sebuah SMA. Kepindahan Raquel ke tempat baru ternyata nggak mengobati kesedihannya. Di hari pertamanya mengajar, dia mendapat ancaman pembunuhan di balik poster orang yang menghilang. Gambar di poster itu ternyata adalah guru yang pernah mengajar di sekolah yang sama.

Hari-hari selanjutnya, Raquel harus menghadapi murid-murid yang nakal. Ada Mauro yang bertindak sebagai pemimpin untuk murid-murid yang membangkang. Ada Roi yang tertutup, Iago yang agresif dan Nerea yang berani menyuarakan pendapatnya. Raquel yang sedang nggak baik-baik saja, kini harus ditambah menghadapi mereka membuat masalah di kelas.

Raquel akhirnya tahu kalau dia adalah guru sastra pengganti Viruca yang meninggal tiga minggu sebelumnya. Penyebab meninggalnya disebut-sebut karena bunuh diri. Informasi berbeda didapat Raquel dari Mauro, suami Viruca yang mengajar di sekolah itu. Mauro meyakini bahwa istrinya meninggal karena dibunuh, meski dia belum bisa membuktikan apa-apa.

Raquel mulai dibayang-bayangi oleh kematian Viruca. Dia mulai mencari tahu apa penyebab meninggalnya. Perlahan-lahan dia mulai menemukan banyak kejanggalan di tempat barunya. Orang-orang yang ditemuinya punya rahasia masing-masing dan punya kemungkinan terlibat atas kematian Viruca.

Mauro ingin menunjukkan sebuah dokumen yang dianggapnya punya peran atas kematian sang istri. Sebelum itu terlaksana, sebuah kekacauan terjadi. Tomas, ayah dari Iago muncul dan menyatakan anaknya baru saja dipukuli. Dia ingin Mauro dipecat dan mengancam akan membuat kehebohan dengan memberi tahu koran lokal setempat tentang pemukulan itu.

Nggak cuma itu, Raquel juga mulai mendapat pesan dari nomor yang nggak diketahui. Orang itu seperti tahu hubungan Raquel dan sang suami sedang bermasalah. Raquel punya hubungan gelap dengan Simon, teman dari German. Bahkan pengirim pesan itu mulai berani mengancam dan memeras. Raquel mulai melakukan penyelidikan pada murid-murid yang dicurigainya.

Bukan hanya Raquel yang mendapat teror, tapi juga Simon. Sang pengirim mulai bermain dengan pikiran Raquel yang sering berhalusinasi. Sementara itu, Mauro memberi kunci untuk masuk ke apartemen Viruca. Di sana, Raquel menemukan HP milik Viruca yang disembunyikan. HP itu juga yang akan membuka satu per satu tabir yang ada.

Diadaptasi dari Buku

Diadaptasi dari Buku

Serial The Mess You Leave Behind merupakan adaptasi dari buku yang berjudul sama karya Carlos Montero. Carlos juga yang menjadi pembuat sekaligus salah satu sutradara dalam serialnya. Sebelum serial ini, Carlos juga pernah membuat serial bergenre drama dan mystery yang sukses berjudul Elite. The Mess You Leave Behind berfokus pada kehidupan orang-orang dewasa di sekolah.

Pemilihan Carlos yang merupakan penulis menjadi salah satu sutradara membuat serial ini begitu tertata dari segi cerita. Para karakter digambarkan dengan rinci, unsur misterinya dibuat seimbang dan berhasil membuat penonton penasaran. Peran dua sutradara lainnya pun berhasil membuat serial lebih berwarna dan membuatnya berbeda dibanding karya Carlos sebelumnya.

Dua Timeline Berbeda yang Dikemas dengan Apik

Dua Timeline Berbeda yang Dikemas dengan Apik

The Mess You Leave Behind diceritakan dengan dua timeline berbeda. Pertama adalah di masa kini ketika Raquel mulai menjadi guru menggantikan Viruca. Timeline kedua berada di masa beberapa pekan sebelumnya ketika Vicura masih hidup dan menjalani profesinya sebagai guru sastra. Kedua timeline itu dieksekusi dengan rapi.

Cara membagi dua timeline berbeda dibuat dengan sangat ideal. Kita sebagai penonton nggak akan dibuat bingung mengikuti jalan cerita walau berada dalam dua waktu yang berbeda. Bahkan adegan yang membuat gemas adalah bagaimana cerita di masa lalu dibuka secara perlahan di tiap episodenya. Berhasil bikin penonton terus menebak-nebak.

Plot yang Seru

Plot yang Seru

Kita mungkin nggak asing lagi dengan plot seseorang yang berasal dari profesi tertentu beraksi menjadi detektif untuk memecahkan misteri. The Mess You Leave Behind pun menawarkan formula serupa. Uniknya, setiap karakter punya rahasia masing-masing yang bisa membuat masalah semakin pelik. Singkatnya, nggak ada protagonis yang sempurna.

Penggambaran karakter untuk bisa masuk ke dalam plot di serial ini terbilang lengkap. Raquel yang mengalami masalah personal dan berselingkuh, German yang kecanduan narkoba, Viruca yang berselingkuh dengan Tomas serta Mauro yang punya motif cemburu yang kuat. Karena karakter dan lokasi yang nggak terlalu banyak, cerita bisa digali lebih dalam.

Tempo Lambat tapi Nggak Membosankan

Tempo Lambat tapi Nggak Membosankan

Bergenre mystery dan thriller nggak bikin The Mess You Leave Behind bergantung pada adegan yang membuat jantung berdetak cepat. Justru ketegangan itu didapat karena para karakternya punya masalah masing-masing. Pemerasan dan ancaman pembunuhan, lebih diandalkan ketimbang jumpscare atau efek suara yang bikin kaget.

Bisa dibilang serial ini berjalan dengan tempo yang lambat. Tapi tempo lambat bukan berarti membosankan. Tempo lambat dibuat untuk memberi kesempatan para karakternya menyajikan masalah yang seolah ada di luar masalah utama, padahal bisa juga berhubungan. Hal itu memacu kita untuk lebih teliti mengamati bagaimana motif para karakter yang dicurigai.

The Mess You Leave Behind merupakan serial misteri dan thriller yang punya cara sendiri untuk membuat kita penasaran. Delapan episode pun nggak akan terasa karena misterinya pun disebar secara merata. Suka film yang bikin gregetan? Jangan lewatkan serial ini. Setelah nonton, jangan sungkan untuk berbagi kesan di kolom komentar, teman-teman!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram