bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Good Bad Mother, Kisah Ibu yang 'Jahat'

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
The Good Bad Mother
3.7
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Hidup Jin Young Soon berubah pasca kematian suaminya yang tiba-tiba dan mencurigakan. Dalam keadaan hamil besar, Young Soon tetap bertekad untuk melanjutkan hidup.

Sebagai ibu tunggal, Young Soon mendidik putranya, Choi Kang Hoo, dengan cukup keras dan tegas. Dia ingin anaknya menjadi jaksa yang kelak bisa mengungkap kematian suaminya.

Dengan perjuangan yang panjang, Choi Kang Ho berhasil menjadi jaksa. Namun, sikapnya berubah menjadi dingin, bahkan tak mengakui Young Soon sebagai ibunya.

Hingga suatu ketika, dia mengalami kecelakaan dan ingatan serta kecerdasannya kembali ke masa kanak-kanak. Apa yang akan terjadi pada ibu dan anak ini? Simak sinopsis dan ulasan singkat The Good Bad Mother (2023) berikut ini!

Sinopsis

the good bad mother_Sinopsis_

Choi Hae Sik dan Jin Young Soon menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia sembari menyambut kelahiran putra pertama mereka. Suatu hari, peternakan babi milik Hae Sik terancam digusur untuk perhelatan Olimpiade.

Sebagai satu-satunya mata pencaharian keluarga, Hae Sik tidak mengizinkan hal tersebut terjadi. Dia melawan orang-orang dari Woobyeok Group yang datang, termasuk Ketua Song Woo Byeok demi mempertahankan peternakannya.

Tak lama dari itu, pada suatu malam peternakannya habis terbakar. Mendengar kesaksian dari beberapa tetangga yang melihat keganjilan, Hae Sik membawa peristiwa kebakaran tersebut ke pengadilan.

Namun, selama persidangan, para tetangga dan orang-orang dekatnya memberikan kesaksian yang berbeda; mereka berada di pihak Song Woo Byeok. Hasilnya, Song Woo Byeok pun dibebaskan dan peristiwa kebakaran yang terjadi dianggap sebagai kelalaian Hae Sik.

Tak puas dengan keputusan pengadilan, Hae Sik pantang menyerah mencari bukti lain yang menguatkan. Hae Sik kemudian mendapatkan pengakuan dari salah satu teman dekatnya yang sempat bersaksi di pengadilan bahwa dia diancam oleh Song Woo Byeok.

Secercah harapan muncul dan Hae Sik percaya diri menyerahkan bukti rekaman tersebut kepada jaksa Oh Tae Soo yang bertugas. Sayang, Oh Tae Soo ternyata juga sudah bekerjasama dengan Song Woo Byeok.

Sepulang dari menyerahkan bukti yang didapatnya, Hae Sik tewas dibunuh oleh Song Woo Byeok. Kematiannya dikaburkan sebagai bunuh diri karena tertekan dengan kasus kebakaran yang menimpa peternakannya.

Young Soon tak percaya suaminya melakukan hal seperti itu, tetapi upayanya mencari keadilan pun buntu. Wanita yang tengah hamil besar itu pun memutuskan untuk melanjutkan hidup di tempat baru bersama babi-babi miliknya yang tersisa.

Young Soon memindahkan peternakan dan rumahnya ke Desa Jouri seorang diri tanpa bantuan siapa pun. Dengan perut yang semakin besar, wanita tersebut tetap penuh semangat meneruskan usaha ternakan babi peninggalan suaminya.

Young Soon melahirkan bayi lelaki dengan bantuan para tetangga. Bayi lelakinya dinamai Choi Kang Ho. Tak berselang lama, salah satu tetangganya yang hamil besar, juga melahirkan. Jung Gum Ja melahirkan seorang bayi perempuan yang kemudian diberi nama Lee Mi Joo.

Young Soon membesarkan Choi Kang Ho seorang diri dengan didikan yang cukup keras. Kang Ho hanya tahu belajar karena ibunya sangat ingin dia menjadi jaksa. Young Soon ingin anaknya mencari tahu tentang bagaimana dan seperti apa suaminya meninggal.

Saking kerasnya didikan Young Soon, Kang Ho tidak berani makan terlalu kenyang karena bisa mengantuk yang akhirnya membuat dia tidak fokus belajar. Kang Ho juga tidak pernah ikut karya wisata bersama teman-teman sekolah karena bisa membuatnya bermalas-malasan belajar.

Suatu hari, ketika tes masuk ujian perguruan tinggi diadakan, Kang Ho tidak bisa mengikutinya karena menolong Mi Joo yang kecelakaan. Young Soon marah besar karena Kang Ho lebih mementingkan orang lain daripada pendidikannya. Pertengkaran antara ibu dan anak itu pun tak bisa dihindari.

Hari itu pun tiba, Choi Kang Ho akhirnya menjadi jaksa. Namun, tidak seperti harapan Young Soon, Kang Ho menjadi jaksa yang berhati dingin. Dia tidak peduli pada keadilan dan hanya bekerja untuk uang.

Secara mengejutkan dia justru bekerja untuk menyelamatkan reputasi Song Woo Byeok. Pemuda itu bahkan menerima permintaan Song Woo Byeok yang ingin menjadikannya anak angkat.

Kang Ho juga memacari Oh Ha Young, putri dari Oh Tae Soo yang berperangai buruk. Hal lain yang lebih mengejutkan adalah Kang Ho memperlakukan sang ibu dengan sangat dingin. Dia bersikap seolah tak pernah mengenal Young Soon.

Hingga suatu hari, saat Kang Ho mengunjungi Young Soon bersama Ha Young, pemuda itu mengalami kecelakaan. Kondisinya sangat memprihatinkan karena Kang Ho mengalami benturan hebat di kepala sehingga dia kehilangan kemampuan intelegensinya. Kecerdasan dan ingatan Kang Ho kembali ke masa-masa saat dirinya berusia tujuh tahun.

Bagaimana Young Soon menghadapi nasib putranya? Apakah dia bisa mendidik Kang Ho sekali lagi? Apakah Young Soon akan tetap keras dan tegas?

Suguhkan Hubungan Ibu-Anak yang Emosional

Suguhkan Hubungan Ibu-Anak yang Emosional__

Sesuai judulnya, The Good Bad Mother (2023), drama berjumlah 14 episode ini menawarkan cerita yang berfokus pada hubungan ibu dan anak, antara Jin Young Soon dan Choi Kang Ho. Keduanya menjalani kehidupan yang penuh perjuangan setelah kematian sang kepala keluarga yang misterius dan mencurigakan.  

Sebagai ibu tunggal, Young Soon mendidik Kang Ho dengan keras bahkan terkesan tak punya perasaan. Selama nonton drama ini, kamu bisa terbawa kesal karena melihat Kang Ho diperlakukan kasar oleh ibunya. Kamu akan ikut merasa sakit hati dan marah pada karakter Young Soon yang begitu keras terhadap anak sendiri.

Namun, perasaan itu tak lama kemudian berganti dengan iba dan nelangsa karena kita diingatkan kalau Young Soon menjalani hidup yang keras dan penuh air mata.

Di balik sikap kasarnya pada Kang Ho, Young Soon adalah seorang ibu yang terluka, yang tak tahu cara paling baik untuk mencintai putranya sendiri. Baginya mendidik dengan keras, akan membuat Kang Ho jadi pria yang kuat.

Hubungan ibu dan anak yang disuguhkan drama ini semakin emosional karena sikap dingin Kang Ho pada ibunya terjadi sebab alasan tertentu.

Melalui episode per episodenya, semakin jelas terlihat bahwa ibu dan anak itu tidak pernah benar-benar saling membenci. Keduanya sama-sama terluka dan mencoba saling melindungi satu sama lain dengan cara yang berbeda.

Plot Berisi Kejutan

Plot Berisi Kejutan di Sana-Sini__

Penulisan drama The Good Bad Mother (2023) patut diapresiasi. Dengan durasi satu jam lebih per episodenya, plot drama ini sangat menarik karena ada saja kejutan atau rencana tak terduga yang disertakan. Kamu bisa melihatnya mulai dari dua episode awal ketika Kang Ho bersikap dingin terhadap sang ibu.

Saat menontonnya kamu mungkin akan beranggapan bahwa sikap dingin tersebut adalah wujud kebencian Kang Ho karena dididik terlalu keras. Namun, anggapan itu sirna ketika motif sebenarnya mulai diungkap di episode yang lain.

Pada setiap konflik yang menyesakkan, drama The Good Bad Mother (2023) punya jawaban yang melegakan. Plot-nya disusun untuk membuat penonton berprasangka lebih dulu sebelum akhirnya mendapat jawaban yang cukup melegakan.

Penampilan Para Pemain yang Mengesankan

Penampilan Para Pemain yang Mengesankan__

Hal lain yang menarik perhatian dari drama The Good Bad Mother (2023) adalah kemampuan akting Lee Do Hyun sebagai Choi Kang Ho. Sang aktor yang tengah naik daun ini menunjukkan kualitas aktingnya dengan memerankan dua karakter sekaligus.

Pertama, Lee Do Hyun sebagai jaksa yang dingin dan jahat. Kedua, Lee Do Hyun sebagai anak berusia tujuh tahun yang terperangkap dalam tubuh pria dewasa. Dua-duanya dia bawakan secara meyakinkan dan membuat dua karakter tersebut ‘hidup’ di dalam ceritanya.

Selain Lee Do Hyun, aktris Ra Mi Ran juga tampilkan akting yang mengesankan sebagai ibu yang ‘jahat’ tapi sebenarnya penuh kasih. Duet Ra Mi Ran dan Lee Do Hyun sebagai ibu dan anak cukup membuat drama ini terasa emosional.

Ada pula Ahn Eun Jin, Kang Mal Geum, sampai dua aktor cilik, Ki So Yu dan Park Da On, yang sama-sama kompak memperlihatkan kemampuan akting yang luwes.

Dikemas dengan sinematografi yang apik lengkap beserta lanskap pedesaan yang asri, cerita The Good Bad Mother (2023) semakin terasa solid.

Drama ini tidak hanya sajikan kisah ibu dan anak yang emosional, tapi juga hubungan antara tetangga yang apa adanya serta upaya pembalasan dendam yang menarik dan akhirnya patut untuk ditunggu. Tertarik? Kamu bisa nonton drama ini melalui Netflix!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram