bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis The Gift Season 2, Menelusuri Dunia Lain

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 28 September 2021

The Gift season pertama diawali dengan misteri tentang simbol yang dilukis oleh Atiye. Cerita terus berkembang sampai diakhiri dengan penemuan sebuah pintu di kuil Gobekli Tepe oleh Atiye. Pintu itu ternyata menghubungkan dunia yang ditinggali pada saat ini dengan dunia pada masa lalu. Atau secara singkat, dunia paralel.

Keberadaan dunia lain dijadikan peluang bagi Atiye untuk mewujudkan keinginannya. Tapi tentu saja bukan hanya dia yang punya kepentingan untuk masuk ke dunia lain, ada orang lain yang punya misi berbeda bahkan rela melakukan apa saja demi niatnya tercapai. Mau tahu lebih lanjut? Kamu bisa menyimak review dan sinopsis The Gift Season 2 di sini!

Sinopsis

  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama, Psychological Thriller, Mystery, Science Fiction
  • Produksi: Netflix, OG Medya
  • Jumlah episode: 8
  • Sutradara: Ozan Aciktan, Gonenc Uyanik Ali Taner
  • Pemain: Beren Saat, Mehmet Gunsur, Metlin Akdulger, Melisa Senolsun, Basak Koklukaya

Di Gobekli Tepe, Atiye menggunakan kekuatannya untuk menghidupkan kembali Cansu yang dibunuh oleh Serdar. Ketika berusaha melakukannya, dia menemukan sosok Cansu di dunia yang lain. Dunia lain itu adalah dunia di masa lalu. Yang berbeda adalah Cansu yang dikenalnya di dunia, di dunia lain bernama Elif dan merupakan saudari dari Erhan.

Atiye pun mencoba mendalami lebih jauh dunia yang lain di dalam pintu di Gobekli Tepe. Ternyata orang-orang yang dikenalnya hidup di dunia yang lain tapi berbeda karakter. Yang mengejutkan adalah nggak ada satu pun yang mengenali Atiye. Penyebabnya adalah Atiye nggak pernah berada di dunia tersebut.

Di dunia yang lain, Atiye menemukan fakta baru tentang ayah dari Erhan yang di dunia nyata tewas tertabrak ternyata nggak demikian. Sementara ayah Atiye di dunia lain pernah menghilang selama satu hari. Hal itu dimanfaatkan oleh Serdar untuk mengadopsi Elif dan Erhan sebagaimana mereka adalah anak kandung sendiri.

Erhan yang ikut dengan Atiye semakin ingin memperdalam masa lalu yang sebelumnya nggak dia ketahui. Atiye mendukung keinginan pria yang mulai dicintainya itu. Tapi di sisi lain, letak Gobekli Tepe sulit untuk ditemukan. Padahal, di sana terletak sebuah pintu yang menjadi satu-satunya jalan bagi mereka untuk kembali ke dunia nyata.

Satu-satunya orang yang mengenali Atiye di dunia lain adalah ibunya sendiri. Bahkan sang ibu mendukungnya untuk menerima kekuatan yang diberikan agar bisa memberi manfaat pada dunia nyata. Padahal di dunia nyata, sang ibu punya pemikiran berbeda dan cenderung meminta Atiye untuk menjauhi segala kekuatan yang bersifat misteri.

Ibu dari Atiye mencoba untuk menghentikan penggalian situs Gobekli Tepe. Dia juga menyatakan akan memiliki seorang anak perempuan. Ucapan itu sayangnya nggak diterima dengan baik oleh orang-orang yang menganggapnya gila. Pasalnya, dia belum pernah menikah sama sekali apalagi mempunyai anak.

The Gift Season 2

Setelah menemui banyak orang di kehidupan nyata di dunia lain, Atiye bertemu dengan Serdar yang ternyata mengenali sosok Atiye. Serdar masih bekerja untuk sebuah organisasi rahasia dengan misi menggunakan Atiye agar bisa membawa istrinya kembali ke dunia nyata. Hanya saja, karakter Serdar yang dikenali di dunia nyata, berbeda dengan yang ada di dunia lain.

Keikutsertaan Erhan membawa polemik tersendiri. Atiye harus meyakinkannya bahwa dunia nyata dan dunia lain itu berhubungan. Dia memerlukan Erhan karena di dalam ramalan, Erhan adalah orang yang bisa menemukan pintu yang menghubungkan dua dunia. Sementara Atiye menjadi satu-satunya orang yang bisa membukanya.

Sempat nggak menyadari, Atiye akhirnya sadar bahwa dia sedang mengandung. Masalah semakin pelik karena ternyata di dunia lain para wanita hamil akan sekarat dan nggak ada bayi yang lahir di masa itu. Tanpa adanya angka kelahiran dan resiko akan sekarat yang bisa menyebabkan kematian, Atiye harus segera bisa keluar dari dunia lain.

Berhasilkah Atiye membawa kembali Cansu ke dunia nyata dan menyelamatkan bayi di dalam kandungannya? Kalau kamu sudah menonton season pertamanya, tentunya kamu nggak akan melewatkan season kedua ini. Kalau belum, sangat disarankan untuk menonton season pertamanya dulu supaya lebih mudah memahami alur cerita.

Dunia Paralel yang Menarik

Di akhir season pertamanya, The Gift dengan berani memberikan twist bahwa ada dunia paralel di balik pintu ruangan Gobekli Tepe. Tanpa banyak basa-basi, di season kedua dunia paralel itu langsung dijadikan sebagai fondasi utama pada plot. Alhasil, banyak karakter yang berubah dari segi nama maupun sifatnya.

Penggunaan konsep dunia paralel dan time loop merupakan langkah berani yang perlu diapresiasi. Nggak banyak yang menduga bahwa plot akan bergeser secara signifikan pada season kedua. Hal itu memunculkan kesan bahwa unsur misteri yang banyak digunakan di season pertama mulai diubah menjadi science fiction.

Bergesernya plot secara signifikan mungkin membuat sebagian orang terganggu. Tapi perjuangan Atiye dan Erhan di dunia lain tetaplah seru. Terutama dengan adanya resiko besar bahwa bayi yang dikandung Atiye nggak akan lahir di dunia lain dan kenyataan di dunia nyata bisa berubah sebagaimana dua dunia itu terhubung.

Pengembangan Beberapa Karakter yang Unik

Keberadaan dunia lain atau paralel digunakan dengan baik untuk mengemas ulang cerita tapi tetap masuk akal kalau melihat kembali cerita di season pertama. Karakter Atiye dan Erhan nggak ada perkembangan sama sekali, mereka tetap menjadi karakter utama. Lengkap dengan segala sifat dan tujuan mulia menelusuri dunia lain. Bedanya, Atiye sudah menyadari kekuatannya.

Karakter pertama yang mendapat pengembangan adalah ibu dari Atiye. Kalau di season pertama, dia merupakan sosok yang kolot dan kaku maka di season kedua dia pikirannya lebih terbuka. Karakter kedua yang mendapat pengembangan adalah Serdar. Menjadi antagonis dingin di season pertama, di season kali ini dia berubah drastis.

Dia digambarkan sebagai sosok humanis yang penyayang, berbeda jauh dengan kekejiannya di season sebelumnya. Selain itu, kalau sebelumnya motifnya mengejar Atiye nggak dijelaskan, maka di season ini mendapat titik cerah. Dia sangat terpukul akan kematian istrinya, untuk itulah dia bersedia bekerja sama dengan organisasi rahasia.

Subplot yang Lebih Tertata

Subplot yang Lebih Tertata

Di season kedua The Gift, subplot terasa jauh lebih tertata. Ada yang mengungkap apa yang terjadi pada ayah Erhan, motivasi Serdar, sampai keadaan nggak akan ada kelahiran di masa lalu. Subplot-subplot tersebut dikemas dengan cukup rapi dan nggak membuat kita kebingungan untuk mengikuti ceritanya.

Subplot yang tertata menjadi nilai plus season kali ini dibanding season sebelumnya. Terlalu banyak masalah yang ditumpuk dalam satu season membuat season pertama terasa rumit dengan banyaknya drama. Di season kedua, drama tetap ditampilkan tapi nggak sampai mengalihkan fokus utamanya yaitu misi yang diemban Atiye.

The Gift season kedua tampil mengejutkan dengan konsep dunia paralel. Setelah berhasil menarik banyak perhatian dengan unsur supranaturalnya, keputusan itu merupakan sebuah risiko besar. Hebatnya keputusan itu membuat serial ini terasa punya warna baru untuk penonton. Apa kamu setuju? Ayo nonton dulu, lalu bagikan pendapatmu di kolom komentar, teman-teman!

The Gift Season 2
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram