bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Zombie The Dead Don’t Die

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 22 Juli 2021

The Dead Don’t Die tampil meyakinkan dengan jajaran cast yang sudah veteran di dunia seni peran. Mereka adalah Bill Murray, Adam Driver, Tilda Swinton, Chloē Sevigny hingga Selena Gomez. Namun, bagaimana dari segi cerita? Film yang disutradarai oleh Jim Jarmusch ini menceritakan invasi zombie ke pemukiman warga karena posisi bulan yang aneh.

Mereka muncul satu per satu dari kuburan lalu mulai memangsa manusia yang ditemuinya. Premisnya sangat umum, formula yang digunakannya pun biasa saja, tapi justru ini yang membuat The Dead Don’t Die membuat penasaran. Daripada rasa ingin tahu Anda semakin besar, mari baca sinopsis dan ulasannya terlebih dulu berikut ini!

Sinopsis

Sumber: filmexposure.ch
  • Tanggal/Tahun Rilis: 14 Mei 2019
  • Genre: Komedi, Horor, Zombie Invasion
  • Produksi: Kill the Head
  • Sutradara: Jim Jarmusch
  • Pemeran: Bill Murray, Adam Driver, Tilda Swinton, Chloē Sevigny

Film dimulai dengan scene yang menangkap sebuah area pemakaman lengkap dengan suasananya yang menyeramkan di sebuah pedesaan bernama Centerville. Tak lama sebuah mobil polisi terlihat melintas. Di dalamnya ada dua anggota polisi yang sepertinya sedang berpatroli, yaitu Cliff Robertson (Bill Murray) dan Ronnie Peterson (Adam Driver).

Keduanya berbincang sembari fokus memerhatikan keadaan di sekitar. Tiba-tiba mereka merasa ada sesuatu yang aneh karena cuaca di luar tampak masih cukup terang padahal jam sudah menunjukkan pukul 20.00 waktu setempat. Walau begitu mereka tetap melanjutkan berpatroli.

Sementara itu, di sebuah café orang-orang terlihat sedang bersantai sambil mendengarkan berita bahwa Bumi sedang mengalami sebuah pergeseran poros dari kutubnya. Akibatnya terjadi perubahan alam yang tidak biasa dan hal tersebut mulai bisa dirasakan di mana-mana. Keanehan yang dirasakan Cliff dan Ronnie rupanya juga disadari oleh orang-orang yang ada di café. Mereka menyadari bahwa ini sudah malam tapi keadaan di luar masih tampak seperti siang.

Keganjilan berlanjut saat di sebuah televisi tersiar berita yang mengabarkan bahwa hewan-hewan milik warga dilaporkan bertindak aneh, yaitu melarikan diri dan lebih agresif. Hal yang sama dikeluhkan oleh seorang peternak bernama Miller (Steve Buscemi) yang bingung dengan perilaku anjingnya karena ia tiba-tiba melarikan diri ke dalam hutan, disusul oleh sapi dan hewan ternak lain miliknya.

Di tempat lain, terlihat seorang perempuan yang mengenakan pakaian bela diri sedang memainkan samurainya di sebuah tempat yang persis dengan area peribadatan. Perempuan tersebut diketahui bernama Zelda Winston (Tilda Swinton). Sehari-harinya, Zelda merupakan seorang pengurus sebuah rumah duka. Zelda dianggap aneh oleh banyak warga karena penampilannya persis seperti seorang ahli bela diri Jepang. Dia juga mengubah salah satu ruangan di rumah dukanya menjadi bernuansa Jepang.

Selesai berlatih samurai, Zelda sempat melihat ke arah ruang penyimpanan mayat yang kebetulan berada sebelahan dengan ruang latihannya tadi. Dia melihat ada yang aneh karena salah satu tangan jasad yang ada di sana, yang sudah ditutupi oleh kain putih terlhat keluar. Perempuan itu pun kembali memasukkan tangan tersebut ke bawah kain penutup.

Gelap pun akhirnya tiba tapi bulan yang diperlihatkan menunjukkan cahaya yang tidak biasa. Ia tampak kuning pucat dengan cahay ungu di sekelilingnya. Tiba-tiba sebuah tangan terlihat keluar dari salah satu makam. Tak lama dua sosok zombie terlihat berjalan menuju ke arah café. Mereka berhasil memasuki café dan menggigit dan memakan Fern (Eszter Balint) dan Lily (Rosal Colon) yang sedang bersih-bersih karena bersiap untuk pulang.

Para zombie yang sudah puas membunuh Fern dan Lily terlihat tertarik pada teko kopi yang ada di meja bar. Salah satu dari mereka lalu meminumnya dan tampak menikmati hingga berputar-putar. Zombie yang satu lagi pun ikut meminum kopi tersebut dan terlihat tersenyum karena puas.

Pagi hari yang mendung pun tiba dan orang-orang sudah berkumpul di café tempat Fern dan Lily diserang zombie; termasuk petugas polisi Cliff. Cliff yang masuk dan melihat keadaan sungguh bingung karena mendapati dua jasad dalam keadaan mengenaskan. Kondisi jasad yang sedemikian rupa bahkan membuat petugas Mindy Morrison (Chloē Sevigny) mual dan muntah.

Sumber: separonyolong.com

Dalam keadaan serba bingung, petugas polisi Ronnie mengatakan bahwa ini merupakan ulah para zombie yang mulai bangkit. Perkataan Ronnie buru-buru ditepis Cliff, yang sebenarnya juga masih ragu. Di sisi lain terlihat tiga orang remaja, Zoe (Selena Gomez), Jack (Austin Butler) dan Zach (Luka Sabbat) sampai di sebuah motel milik Danny Perkins (Larry Fessenden).

Di sana ketiganya bertemu dengan dua petugas polisi Cliff dan Ronnie yang sedang berbincang tentang pembunuhan yang baru saja terjadi. Ronnie sendiri berinisiatif mengingatkan para remaja tersebut untuk menutup pintu rapat-rapat saat malam tiba dan jangan berkeliaran di luar motel. Para remaja tersebut menanggapinya dengan bercanda dan berseloroh bahkan tertawa bahwa mereka juga takut jika diserang zombie.

Selesai berurusan di motel, Ronnie mengajak Cliff memeriksa sebuah area pemakaman yang berusia cukup tua untuk memastikan apakah pemakaman itu terkait dengan pembunuhan di tempat mereka. Keduanya turun dan memeriksa area pemakaman tersebut. Cliff yang masih ragu tiba-tiba terperosok ke sebuah makam yang berlubang. Perasaan Cliff langsung tidak enak dan mereka memutuskan segera pergi dari sana. Akibat kejadian tersebut Cliff mulai sedikit memercayai asumsi Ronnie mengenai kehadiran zombie.

Cliff mulai memikirkan cara untuk membunuh para zombie tersebut jika suatu saat bertemu dengan mereka. Gelap pun tiba dan zombie yang keluar dari makam bertambah banyak. di motel, Danny terlihat masih berada di luar karena hendak memberi makan kucingnya. Aneh, kucingnya tiba-tiba menghilang. Bisa menebak bagaimana nasib Danny selanjutnya? Apakah dia juga akan tewas seperti Fern dan Lily?

Zombie Klasik yang ‘Lucu’

Sumber: cultofmonster.com.au

Premis The Dead Don’t Die sangat sederhana. Ia sejenis film zombie klasik yang sudah pasti alurnya begitu-begitu saja. Jumlah judul film zombie sekarang ini sudah sangat banyak. Kebanyakan para zombie dalam film-film itu ‘dihadirkan’ dengan latar belakang virus, wabah, hasil penelitian yang gagal hingga membuat manusia jadi pemangsa manusia lainnya, atau konflik-konflik berpenjelasan ilmiah lainnya.

Namun, di sini, Anda tidak akan menemukan itu semua, karena para zombie di film ini benar-benar jadul. Mereka adalah orang-orang mati yang bangkit dari kubur karena posisi bulan yang berbeda dari biasanya. Jika Anda berharap ada penjelasan njlimet dari kehadiran mereka, bersiap saja kecewa karena film zombie satu ini dibuat dengan sederhana.

Jim Jarmusch bukan tidak mampu membuat sebuah cerita film zombie yang fenomenal, tidak terlupakan dan dibicarakan banyak orang. Namun, dia seperti punya agenda tersendiri dengan film ‘lucu’nya ini. Ia terlihat sengaja membuat penonton atau penggemar film-film zombie kecewa karena dari segi alur, konflik, memang tidak ada yang istimewa.

Banjir Bintang yang Timbulkan Pertanyaan

Sumber: georgeousga1.blogspot.com

Keanehan dalam film The Dead Don’t Die pada akhirnya bukan pada alur, konflik, pengembangan karakter atau hal esensi lain yang tersaji dalam filmnya sendiri, melainkan untuk apa film ini dibuat? Mengapa dibuat dengan ‘resep’ seperti ini? Kehadiran para bintang seperti Bill Murray, Adam Driver dan Tilda Swinton bukan berarti tidak mampu membuat film ini berkesan, melainkan justru menimbulkan tanda tanya baru.

Mengapa mereka mau bermain di sebuah film yang jika dibandingkan dengan film-film mereka yang lain, The Dead Don’t Die sangan ‘ajaib’? Kehadiran mereka dalam film ini jadi terasa sebagai rekreasi saja, terutama dari kebosanan karena sudah terlalu sering memainkan karakter-karakter menarik dalam film yang berkualitas. Itu saja.

Namun, sebagai para profesional, penampilan Bill, Adam dan Tilda sangat luwes. Duet maut antara Bill dan Adam dalam film ini beberapa kali memercik tawa melalui interaksi natural mereka. Sementara itu, Tilda tetap dengan ekspresi mukanya yang misterius. Apalagi pada akhir film karakter ini diceritakan dijemput oleh sebuah UFO. Sempurna anehnya!

Perilaku Zombie yang Ajaib

Sumber: ft.com

Sebagai film komedi The Dead Don’t Die meletakkan unsur komedi pada perilaku para zombie. Zombie di film sejenis, hanya akan fokus pada memburu manusia, mengigit lalu memakannya. Mereka tidak tertarik dengan apa pun selain itu.

Namun pada film ini, Anda akan melihat ulah mereka yang ajaib karena suka kopi, datang ke sebuah toko mainan bahkan memainkan olahraga. Mereka diperlihatkan melakukan aktivitas yang disukai saat hidup. Di mana lagi bisa lihat zombie minum kopi lalu tersenyum selain di film ini?

The Dead Don’t Die merupakan sebuah film zombie klasik tapi di saat bersamaan ia terasa baru. Keberanian sang sutradara membuat film ‘kodian’ semacam ini ditambah para pemain bintang yang terlibat lebih menarik daripada jalan cerita film itu sendiri.  Jika Anda penasaran, boleh segera menontonnya! Selamat menyaksikan!

The Dead Don't Die
5.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram