bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Swallow (2021), Penuh Drama Kehidupan

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Swallow
2.7
/5

Ada banyak permasalahan yang terjadi saat kita menjadi dewasa. Ditambah lagi jika kita hidup di perkotaan dengan lingkungan sosial yang tak mudah serta permasalahan kemiskinan yang banyak dirasakan orang-orang. Fenomena ini bisa kamu saksikan dalam film Swallow, sebuah film drama produksi Nigeria yang akan memperlihatkan bagaimana realita kehidupan di sana.

Melalui kisah seorang gadis bernama Tolani yang menjadi karakter utama film ini, kamu akan banyak menyaksikan peristiwa-peristiwa yang mungkin cukup terasa relate dengan kehidupanmu. Berikut review dan sinopsisnya!

Sinopsis

swallow-1_
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: Netflix
  • Sutradara: Kunie Afolayan
  • Pemeran: Deyemi Okanlawon, Niyola Eniola Akinbo, Chioma Chukwuka Akpotha

Film Swallow mengambil setting di Nigeria pada tahun 1985. Diceritakan Tolani adalah gadis yang berasal dari desa dan merantau menjadi karyawan bank di Lagos. Ia memiliki sahabat sekaligus teman sekamarnya yang bernama Rose. Mereka bekerja di perusahaan yang sama, namun berbeda departemen.

Kehidupan mereka sangatlah sederhana dan bisa dibilang cukup miskin. Mereka juga sering diperlakukan tidak adil di perusahaannya. Rose yang menjadi sekretaris manajer bernama Salako sering mengalami pelecehan seksual dan penghinaan. Namun ia tak memiliki kuasa untuk melaporkan hal itu. Pada akhirnya justru Rose memilih untuk keluar bekerja.

Setelah Rose keluar, Tolani dimutasi menjadi sekretaris untuk Salako. Dia juga sering mengalami pelecehan seksual dan diperlakukan tidak semestinya. Namun Tolani masih mencoba bertahan. Tak hanya kehidupan karirnya saja yang buruk, kehidupan percintaan Tolani pun tidak bernasib baik. Tolani sudah 3 tahun berpacaran denagn Sanwo, namun Sanwo belum juga menikahinya.

Sementara, Rose juga mulai kebingungan setelah ia keluar dari pekerjaannya. Ia tak lagi memiliki sumber pemasukan, sementara rumah yang mereka sewa akan jatuh tempo dan harus segera dibayar. Suatu hari,  Rose dan Tolani bertemu dengan sosok pria bernama OC yang tampak sangat kaya raya hingga mentraktir mereka sepasang sepatu.

Semenjak itu, Rose mulai dekat dengan OC agar bisa membayar uang sewa kamar mereka dan bisa tetap bertahan hidup. Setelah keduanya mulai dekat, Rose mengetahui jika OC bisa menjadi kaya karena menjalani bisnis penyelundupan narkoba. Rose yang membutuhkan uang kemudian tergiur dan menawarkan diri untuk bergabung dengan bisnis tersebut.

Rose akan menjalani misi menelan bungkusan narkoba dan terbang ke luar negeri lalu mengeluarkannya di toilet setelah sampai. Sementara Tolani juga semakin mengalami krisis keuangan setelah Sanwo ditipu oleh rekannya dan menghabiskan semua uang tabungan Tolani. Rose kemudian mengatakan pekerjaan asli OC pada Tolani.

Tolani kaget saat tahu jika OC adalah pengedar narkoba dan Rose akan menjalani misi berbahaya tersebut. Rose juga menawarkan Tolani untuk ikut melakukan hal itu agar keduanya bisa terlepas dari kemiskinan yang selama ini mereka rasakan.

Tolani sempat ingin mencoba dan berlatih menelan bungkusan narkoba, namun ia menyerah karena tidak bisa melakukannya dan teringat nasihat-nasihat orang tuanya selama ini. Rose pun akhirnya pergi ke luar negeri sendiri, sementara Tolani sudah berniat untuk cuti dari pekerjaan dan pulang sejenak ke kampungnya. Ia pun bisa mendapat cuti setelah sedikit memaksa Salako.

Namun rupanya Rose meninggal di perjalanan saat di pesawat. Bungkusan narkoba yang ditelannya terbuka sehingga membuatnya mengalami over dosis. Setelah Rose tewas, OC mengancam Tolani untuk pergi kabur agar identitasnya tak terungkap. Tolani pun pergi ke kampungnya dan menemui sang ibu untuk menceritakan semua kisahnya selama di kota.

Ibu Tolani pun tetap menerima Tolani dalam kondisi apapun. Tolani akhirnya memutuskan untuk tinggal di kampung. Beberapa hari berikutnya, Sanwo muncul di kampung tersebut untuk menemui Tolani. Ia mengatakan jika dirinya baru saja mendapat pekerjaan baru. Sanwo juga mengembalikan barang yang dulu ia pinjam dari Tolani. 

Sanwo rupanya  adalah pria baik-baik dan ingin tetap melanjutkan hubungan dengan Tolani. Tolani pun memaafkannya. Setelah keduanya berbaikan, Sanwo kembali ke Lagos untuk bekerja dan melakukan semua pesan Tolani untuk menjual sisa barang-barangnya.

Realita Kehidupan Sosial yang Sangat Relatable

swallow-2_

Film Swallow memiliki durasi yang cukup panjang, yaitu 128 menit. Namun cerita yang disajikan terasa begitu mengalir karena memperlihatkan bagaimana realita kehidupan sosial yang terasa begitu relatable. Alur cerita film ini mengangkat tema dan banyak peristiwa yang akan cukup sering kamu temui di kehidupan kamu sehari-hari sehingga kamu seolah menyaksikan kisah kehidupan yang nyata.

Film ini banyak menampilkan permasalahan-permasalahan seperti kemiskinan atau konflik yang terjadi di dunia kerja dan bagaimana para karakter-karakter ini menghadapinya. Kisah yang diceritakan tampak begitu sederhana namun terasa begitu realistis. Dari film ini juga kita bisa melihat permasalahan sosial yang terjadi di Nigeria pada kurun waktu tersebut.

Sinematografi dari film ini juga mendukung cerita tersebut. Bukan beauty shot atau keindahan yang banyak diperlihatkan, namun shot-shot yang memperlihatkan suasana kumuh atau kotor lah yang akan banyak kita lihat. Dari shot yang ditunjukan pada adegan awal saja, kita sudah bisa merasakan bagaimana semrawutnya kondisi kota yang menjadi setting tempat film ini.

Para Karakter Wanita yang Sulit Mendapat Keadilan

swallow-3_

Film Swallow didominasi oleh para pemeran utama wanita yang merupakan perempuan kulit hitam. Dari kisah yang dijalani oleh para karakter wanita dalam film ini, tampak jika Swallow ingin menceritakan mengenai bagaimana kaum perempuan di Nigeria dan mungkin juga negara-negara lainnya masih menjadi kaum yang rentan dan sulit mendapat keadilan.

Misalnya saja  seperti Tolani dan Rose yang sering mendapat pelecehan seksual dari bos mereka di kantor dan tak bisa melakukan apapun karena sebagai karyawan mereka tidak memiliki kekuasaan. Kisah lain bisa kita lihat saat OC menceritakan jika ia biasa menggunakan wanita-wanita yang terjerat kemiskinan untuk menjadi penyalur narkoba.

Dari kisah percintaan Tolani dan Sanwo pun kita bisa melihat bagaimana Tolani yang seorang perempuan sering kali dimanfaatkan oleh Sanwo. Dari semua perjalanan para pemeran utamanya, film Swallow seolah ingin memperlihatkan bagaimana para kaum wanita masih harus berjuang untuk bisa hidup setara dan mendapatkan hak-hak mereka.

Pesan-Pesan Moral dari Dialog Para Pemerannya

swallow-4_

Film Swallow juga dibuat dengan alur maju mundur yang mengisahkan saat Tolani masih kecil dan Tolani saat dewasa. Setiap kali Tolani mendapatkan masalah, scene film akan memperlihatkan adegan flashback saat Tolani masih kecil dengan konsep visual yang dibuat hitam putih. Pada setiap adegan flashback itu diperlihatkan saat Tolani mendengarkan nasihat-nasihat dan petuah dari orang tuanya.

Banyak pesan-pesan moral dan nasihat bijak mengenai kehidupan yang bisa kita dapatkan dari setiap adegan kilas balik antara Tolani dan kedua orang tuanya ini. Petuah-petuah dari adegan flashback ini seolah menjadi resolusi dari konflik yang dialami Tolani di scene sebelumnya.

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Swallow, film yang cukup relatable dan menggambarkan bagaimana permasalahan kehidupan orang dewasa. Apakah kamu sudah selesai menonton film ini? Adegan mana yang menurutmu paling relatable dengan hidupmu? Coba berbagi cerita di kolom komentar ya! Baca juga ulasan film drama lainnya di Bacaterus.com.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram