bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Supergirl S1, Saatnya Pahlawan Wanita Beraksi

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 13 September 2021

Bagaimana jika seorang wanita yang terlihat biasa-biasa saja ternyata punya kekuatan luar biasa? Apalagi jika kekuatan tersebut bisa digunakan untuk menyelamatkan banyak orang. Apakah anggapan bahwa wanita adalah makhluk yang lemah akan berubah? Seharusnya berubah, terutama setelah Anda menonton Supergirl Season 1, 2, 3 hingga seterusnya.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari seorang wanita bernama Kara. Dia adalah pekerja yang tampil dengan rambut dikuncir ekor kuda dan berkacamata. Namun, dia punya beberapa rahasia yang mengejutkan. Salah satunya fakta bahwa dia adalah sepupu dari Superman dan punya kekuatan yang sama dengannya. Ingin tahu dengan keutuhan cerita serial ini? Lebih baik baca sinopsis serta ulasannya berikut ini!

Sinopsis

supergirl s1_Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 26 Oktober 2015 – 18 April 2016
  • Genre: Fantasi, Superhero
  • Jumlah Episode: 20
  • Pemain: Melissa Benoist, Mehcad Brooks, Chyler Leigh, Jeremy Jordan 
  • Sutradara: Glen Winter, Dermott Downs, Thor Fruedenthal, Kevin Tancharoen, Jesse Warn, Larry Teng, Karen Gaviola, Steve Shill, Jamie Babbit, John Showalter, Lexi Alexander, Chris Fisher, Nick Gomez, Adam Kane
  • Produksi: Warner Bros. Television

Superman dan Supergirl dikirim ke Bumi sebelum kehancuran Krypton. Ledakan planet memaksa kapal Kara keluar jalur dan masuk ke Phantom Zone selama 24 tahun sebelum akhirnya mendarat di Bumi. Kal kini menjadi superhero bernama Superman di Metropolis, sementara Kara dalam perawatan Danvers di National City karena ketika itu dia baru berusia 12 tahun. 

Belasan tahun kemudian Kara yang sudah bekerja sebagai karyawan di CatCo Worldwide Media mengungkapkan kekuatannya sebagai seorang vigilante pada rekan kerjanya, Winn Schott (Jeremy Jordan). Penyamaran Kara sebagai wanita berkekuatan super terbongkar ketika secara spontan dia menyelamatkan Alex, kakak angkatnya dari kecelakan pesawat.

Peristiwa tersebut direkam dan membuat sosoknya terkenal. Beruntung identitasnya masih samar sebab wajahnya tidak terlihat dengan jelas. Di sisi lain, saudara angkat perempuan Kara yang bernama Alex (Chyler Leigh) bekerja di Department of Extranormal Operations (DEO) dan bekerja untuk menyelidiki aktivitas/keberadaan Alien di bawah kepemimpinan Hank Henshaw (David Harewood).

Kara mengetahui bahwa di Bumi ini ada ratusan alien yang sebagian besar berasal dari penjara yang dikelola oleh sang ibu, Alura (Laura Benanti). Kara menarik perhatian sesosok alien bernama Vartox dan mampu mengalahkannya, walau pada akhirnya alien tersebut bunuh diri. 

Cerita berlanjut ketika James Olsen (Mehcad Brooks), salah satu rekan kerjanya mengatakan bahwa Kal mengirim dirinya untuk menjaga Kara dan memberi jubah baru. Sementara itu, Vartox’s superior diturunkan menjadi Astra In-Se, saudara kembar Alura, dengan keinginan menaklukkan Bumi.

Sebuah kecelakaan serius terjadi pada Kara. Setelah itu Kara meminta Winn dan James untuk membantunya menyempurnakan keterampilan, sementara Hank dan Alex melatih Kara secara ekstensif. Kara lantas mengetahui ada sesosok alien dari spesies Hellgrammite yang melarikan diri dari Fort Rozz. Dia berada di Bumi untuk mencari makanan berbasis klorin.

DEO lalu mempersiapkan penyergapan untuk menangkap alien tersebut. Sayangnya dia berhasil kabur dengan menculik Alex serta membawanya ke Astra. Alex digunakan sebagai umpan untuk menjebak Kara. Saat Kara dan Astra bertarung, Hank melukai Astra menggunakan pisau Kryptonite, sementara itu Alex berhasil membunuh Hellgrammite.

Kara sudah menjadi lebih kuat daripada yang dibayangkan Astra. Dia lantas berpikir untuk menunda rencananya. Alex kemudian memberikan Kara interactive artificial of ALura’s consciousness. Di sisi lain, Cat memaksa James untuk melakukan wawancara dengan Supergirl. Kara bersedia melakukan itu agar James tidak dipecat dari pekerjaannya. Di sini, sebuah rahasia juga sepertinya dimiliki Hank sebab dari matanya keluar sinar merah.  

Ketika melakukan wawancara dengan James, tanpa sengaja Kara mengungkapkan bahwa dirinya adalah sepupu Superman. Sehabis mengatakan itu, dia diserang oleh Reactron yang berusaha membunuh Kara sebagai wujud  balas dendamnya pada Superman. 

Gagal menyerang Kara, Reactron pergi ke LORD Technology labs dan menculik Makxell Lord. Kara kemudian mengetahui mengapa Reactron menaruh dendam pada sepupunya. Hal ini disebabkan oleh kejadian di masa lalu ketika reaktor Superman hancur dan membunuh istri Reactron.

Lalu apa lagi kira-kira masalah yang akan dihadapi Kara? Bisakah superhero wanita ini mengatasinya? Tidak usah khawatir karena serial Supergirl Season 1 sudah bisa disaksikan di Netflix!

Wanita Juga Bisa Jadi Superhero

supergirl s1_Wanita Juga Bisa Jadi Superhero

Selama ini kita terbiasa menyaksikan superhero pria beraksi melawan kejahatan, tidak banyak superhero diceritakan berjenis kelamin wanita. Melalui serial Supergirl Season 1 ini rasa penasaran Anda terjawab. Karakter Supergirl yang merupakan seorang wanita berkekuatan super patut diidolakan layaknya Superman atau tokoh superhero pria lainnya.

Sosok wanita yang selama ini identik sebagai makhluk lemah, tidak punya kekuatan yang bisa diperhitungkan, terpatahkan oleh kehadiran Kara. Datang dari tempat yang sama dengan Superman, dia sama-sama kuat untuk bisa melumpuhkan dan mengalahkan musuh. 

Melalui kemampuan-kemampuan yang berasal dari Krypton, Kara bisa menyelamatkan nyawa banyak orang. Superhero wanita ini tidak kalah mengagumkan ketika dia menunjukkan kekuatannya, seperti saat dia terbang dengan kecepatan yang super. 

Pahlawan Wanita Selayaknya Wanita

supergirl s1_Pahlawan Wanita Selayaknya Wanita

Tidak hanya mempertontonkan kemampuan Kara ketika menjadi superhero, serial ini juga turut memperlihatkan sisi lain Kara sebagai seorang wanita biasa. Anda akan melihat kesehariannya sebagai seorang pekerja biasa, termasuk wanita yang bisa jatuh cinta pada lawan jenisnya, dan sosok wanita yang menyayangi keluarga.

Pada beberapa scene, Anda akan ikut menyadari bahwa Kara punya perasaan spesial pada sosok James Olsen. Sayangnya ketika itu Olsen sudah memiliki kekasih bernama Lucy Lane, adik dari Lois Lane, padahal Olsen diam-diam juga punya perasaan yang sama.

Serial Supergirl Season 1 pun memperlihatkan kehidupan kerjanya sebagai karyawan CatCo, termasuk hubungan dengan sang bos yang perfeksionis. 

Cerita Mudah Dipahami

supergirl s1_Cerita Mudah Dipahami

Ketika sebuah serial atau film berangkat dari komik atau novel, beberapa orang beranggapan bahwa untuk mengerti jalan ceritanya, siapa pun yang mau menonton harus membaca komik atau novelnya terlebih dahulu. Anggapan tersebut tidak berlaku pada Supergirl Season 1 dan musim selanjutnya. Perjalanan Kara di sini sangat mudah dipahami, sekalipun Anda tidak membaca komiknya terlebih dahulu.

Dari awal, ketika Kara dan Kal dikirim ke Bumi, hingga perjalanan Kara menjadi superhero dikemas secara asyik sehingga tidak membingungkan bagi masyarakat awam. Pengenalan karakternya pun tidak dibuat rumit, termasuk para musuhnya. Sebagian besar musuh Kara mudah diidentifikasi karena mayoritas adalah bekas tahanan Fort Rozz.

Kisah Kara dalam menghadapi penjahat pun selalu berganti per satu episodenya, sehingga tidak akan menyulitkan Anda untuk mengingat-ingat musuh yang mana yang sedang dihadapi Kara. Namun, bagaimana pun tetap ada satu penjahat utama yang membuat jalan cerita bertambah menegangkan.

Kejutan dari The Flash

supergirl s1_Kejutan dari The Flash

Selain menyinggung nama Lois Lane, sebagai kakak dari Lucy Lane atau kekasih Olsen, Supergirl Season 1 juga punya kejutan dengan menghadirkan The Flash secara tidak terduga. DC Comics memang cenderung lebih unggul dalam mengekspansi para tokohnya untuk saling “mampir” ke cerita tokoh yang lain tanpa merusak jalan cerita. 

Diceritakan bahwa The Flash secara tidak sengaja tersesat ke dunia Kara ketika dia melakukan perjalanan antar-universe. Saat baru tiba dari Earth-3, The Flash menyelamatkan Kara yang jatuh dari gedung CatCo.

Persinggungan antara dua karakter DC Comics tersebut terasa lucu, apalagi ketika Barry Allen membisikkan nama-nama Green Arrow, Atom, Black Canary dan Zoom serta pahlawan lain pada Kara yang seketika berubah bingung.

Bukan hanya itu, The Flash juga dikisahkan membantu Supergirl mengalahkan musuh yang hadir di episode tersebut. Kerjasama antara dua superhero ini menampilkan jalinan chemistry yang cocok. Pasti penasaran kan pada episode berapa mereka berkolaborasi?

Khusus bagi Anda penggemar serial atau film bertemakan superhero. Supergirl Season 1 layak masuk daftar judul yang akan dan harus ditonton! Pasalnya cerita tentang pahlawan wanita tidak terlalu banyak, sehingga serial ini pasti cukup berbeda. Daripada semakin penasaran, Anda bisa mengagendakan untuk menontonnya sendiri! Tertarik? Selamat menonton!

Supergirl Season 1
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram