Sinopsis & Review Film Anime Spirited Away (2001)

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Spirited Away
4.7
/5

Bagi penggemar anime atau budaya Jepang pasti sudah tidak asing dengan karakter Kaonashi atau dikenal juga dengan No-Face. Ketika Halloween tiba, banyak orang cosplay menjadi Kaonashi yang merupakan salah satu karakter unik dan cukup ikonik di film anime Spirited Away.

Spirited Away  atau yang dalam bahasa Jepang dikenal dengan Sen to Chihiro no Kamikakushi (千と千尋の神隠し) ini merupakan salah satu film animasi Studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki yang sukses. Kesuksesan film animasi ini terbukti dengan pendapatan yang dicapai mencapai $ 395,8  juta.

Tidak hanya pendapatan yang menakjubkan, tetapi film ini juga berhasil mendapatkan banyak penghargaan dan menjadi film terbaik yang pernah dibuat. Tidak hanya itu, para kritikus film juga memuji film animasi ini.

Nah, dari pada penasaran berikut ini sinopsis dan review dari film anime Spirited Away yang wajib banget kamu tonton!

Baca juga: 10 Film Anime Terbaik yang Dibuat oleh Studio Ghibli

Sinopsis

Sinopsis

Seorang gadis berusia 10 tahun Chihiro (Hiiragi Rumi) dan orang tuanya sedang diperjalanan menuju ke rumah baru mereka. Ayahnya yang memiliki kebiasaan mengambil jalan pintas malah membuat mereka tersesat dan tiba di depan sebuah terowongan yang misterius.

Ayah dan ibunya turun dari mobil dan berjalan pergi menuju ke terowongan misterius tersebut. Chihiro yang tadinya tidak akan mengikuti orang tuanya yang pergi menuju terowongan itu akhirnya ikut pergi karena takut.

Tapi ketika sampai di ujung terowongan, tampak sebuah desa yang tak berpenghuni namun ayahnya mencium aroma makanan di desa tersebut.

Lalu mereka mengikuti arah aroma makanan itu. Dan sampailah mereka di sebuah kedai makanan tapi tidak terlihat pemilik kedai tersebut.

Sementara ayah dan ibunya makan makanan yang tersedia di kedai itu, Chihiro pergi sendiri berkeliling di desa itu dan sampailah ia di sebuah pemandian air panas dan berjumpa dengan Haku (Irino Miyu) seorang anak laki-laki.

Karena terkejut, Haku memperingati Chihiro untuk segera pergi meninggalkan tempat tersebut sebelum matahari terbenam.

Chihiro yang merasa aneh dengan peringatan dari Haku tetap mengikuti saran yang diberikan. Namun, belum sempat Chihiro pergi meninggalkan tempat itu, hari sudah mulai gelap.

Mulai bermunculan makhluk aneh dan ketika sampai ke kedai dimana ayah dan ibunya makan, orang tua Chihiro telah berubah menjadi babi. Chihiro yang masih berusaha untuk pergi ke tempat tersebut sudah terlanjur terjebak oleh sebuah danau yang besar.

Di sana ia juga melihat banyak monster yang bermunculan dan ia berhadap kalau yang  ia alami hanyalah sebuah mimpi. Belum selesai ia berharap terbangun dari mimpi, tubuhnya mulai menghilang dan ia semakin ketakutan.

Chihiro yang merasa ketakutan bersembunyi dan berhasil ditemukan oleh Haku. Haku menjelaskan kepada Chihiro cara supaya ia bisa bertahan di dunia roh.

Ia harus mendapatkan pekerjaan di pemandian air panas tempat Haku bekerja. Haku menyuruh Chihiro untuk bertemu dengan Kamaji dan harus terus meminta pekerjaan.

Kamaji lalu meminta Lin (Yoomi Tamai) yang merupakan salah satu pekerja di pemandian itu untuk mengantarkan Chihiro kepada Yubaba (Mari natsuki). Yubaba adalah seorang penyihir pemilik tempat pemandian air panas “Ayuya”.

Karena Chihiro bersikeras untuk mendapatkan pekerjaan disana, akhirnya Yubaba mempekerjakan Chihiro dan membuat sebuah perjanjian. Lalu Yubaba mengganti nama Chihiro menjadi “Sen”  yang diambil dari salah satu kanji nama aslinya Chihiro.

Haku memperingati Chihiro agar ia tidak melupakan nama aslinya. Karena kalau ia sampai lupa nama aslinya, Chihiro tidak bisa kembali ke dunia asalnya sama seperti Haku yang tidak ingat nama aslinya.

Kemudian Chihiro mulai bekerja di pemandian, tapi para pekerja lain bersikap dingin kepada Chihiro, hanya Lin dan Kamaji yang bersikap baik kepada Chihiro.

Saat Chihiro mulai bekerja, ia melihat salah satu roh yang berdiam diri di luar pemandian. Roh yang sempat ia lihat juga di jembatan ketika pertama kali sampai bersama Haku di pemandian. Lalu Chihiro membukakan pintu pemandian dan mempersilahkan roh tersebut untuk masuk.

Suatu ketika, ada salah satu pengunjung pemandian yang memiliki aroma yang sangat tajam. Karena sudah sampai di depan pemandian, Yubaba pun tidak bisa menghentikan pengunjung tersebut dan memerintahkan Chihiro untuk melayani pengunjung tersebut.

Dengan sepenuh hati Chihiro membantu pengunjung yang awalnya dianggap ‘roh bau’ itu hingga bersih kembali. Bahkan setelah bersih, roh itu bukanlah ‘roh bau’, tapi arwah dari sungai yang tercemar.

Sebagai bentuk terima kasih dari roh tersebut, Chihiro mendapatkan sebuah kue herbal yang ia sebut dengan dango. Dan berkat kerja kerasnya tersebut, Chihiro mulai diterima oleh pekerja lainnya.

Salah satu roh yang yang melihat kejadian itu pada malam harinya menggoda salah satu pekerja dan memberikan tiruan emas seperti yang diberikan oleh roh bau.

Dengan iming-iming emas tiruan itu, roh tersebut menelan pekerja yang tergoda tersebut. Sementara para pekerja lain sibuk karena godaan emas yang diberikan oleh roh tersebut.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram