bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Soundtrack #1, Memendam Cinta pada Sahabat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Soundtrack #1
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Bersahabat sejak lama dengan lawan jenis, mustahil tidak ada benih-benih cinta yang tumbuh. Itulah yang dirasakan Han Sun Woo pada Lee Eun Soo; sahabat yang sudah bersamanya selama hampir 20 tahun.

Empat tahun lalu, perasaan itu muncul begitu saja. Sun Woo yang sudah memahami Eun Soo juga dianggap cocok sebagai pasangan oleh kenalan mereka.

Namun, Eun Soo tidak berniat menjalin asmara dengan sahabatnya sendiri. Dia tak ingin kehilangan jika suatu saat mereka putus. Sejak itu Sun Woo memendam perasaan sendirian.

Bagaimana kelanjutan kisah dua sahabat ini? Apakah Park Hyung Sik bisa mendapatkan Han So Hee? Simak perjalanan mereka dalam Soundtrack #1 (2022)!

Sinopsis

Lee Eun Soo bersedih karena lagu ciptaannya ditolak sang komposer idola. Menurut komposer itu, lagu Eun Soo kurang beremosi dan tidak menunjukkan perasaan sedih atas cinta sepihak.

Mengadu pada Sun Woo, Eun Soo jadi tahu kalau sahabatnya itu pernah sedih karena jatuh cinta sendirian. Eun Soo pun meminta bantuan Sun Woo untuk memperbaiki lagunya.

Episode 1

Episode 1

Lee Eun Soo selalu memercayakan urusan foto kepada Han Sun Woo, sahabatnya yang merupakan seorang fotografer. Menurut Eun Soo, hasil foto Sun Woo selalu bisa memperlihatkan sisi-sisi tercantik pada dirinya.

Eun Soo yang tiga tahun ini menulis lagu tanpa nama harus kembali kecewa karena lagu baru ciptaannya ditolak Kang Woo Il, sang komposer yang sudah lama jadi idolanya. Menurut Woo Il untuk ukuran lagu patah hati karena cinta sepihak, karya Eun Soo terlalu ceria.

Tidak ada emosi dalam lirik atau musiknya. Eun Soo lantas meminta diberi kesempatan untuk memperbaikinya dalam waktu dua minggu.

Sementara itu Sun Woo membuat Yoon Dong Hyun kesal karena dia berniat membatalkan pameran fotonya. Sun Woo merasa foto-foto yang dia hasilkan seperti palsu sehingga memilih menunda daripada memamerkannya.

Sepulang menemui Woo Il, Eun Soo mengadu pada Sun Woo kalau lagunya ditolak. Dari obrolan itu Eun Soo baru tahu kalau sahabat yang sudah bersamanya selama 19 tahun tersebut pernah merasakan cinta sepihak.

Eun Soo tiba-tiba punya ide mengajak Sun Woo tinggal bersama. Dia membutuhkan emosi Sun Woo untuk membantunya menciptakan lagu.

Setelah sempat menolak, Sun Woo memutuskan setuju dengan ajakan Eun Soo. Dua minggu sebelum keberangkatannya mereka akan tinggal bersama. Ingatan Sun Woo kembali ke empat tahun lalu ketika dia mulai merasakan jatuh cinta pada Eun Soo.

Hari itu Sun Woo berencana mengungkapkan perasaannya, tapi belum sempat mengatakan apa pun Eun Soo sudah lebih dulu berkata kalau dia tidak ingin menjalin hubungan dengan Sun Woo karena jika suatu saat putus, mereka akan kehilangan satu sama lain. Sun Woo pun memendam perasaannya sampai kini.

Episode 2

review soundtrack #1 Episode 2__

Eun Soo terbangun dalam keadaan kaget setelah samar-samar mendengar Sun Woo mengatakan sesuatu. Dia yang semula tidur memeluk Sun Woo langsung menjauhkan badannya. Mereka tampak sangat kikuk pagi itu.

Eun Soo mendadak menerima panggilan telepon dari Kang Woo Il saat bersama Sun Woo. Alhasil, mau tidak mau Eun Soo mengajaknya untuk membicarakan projek lagu yang sedang dia garap. Pada pertemuan tersebut sikap Sun Woo sungguh kekanakan. Dia memperlihatkan kecemburuan yang tak beralasan.

Pertemuan untuk membahas pekerjaan pun sempat terganggu. Sebelum mengakhiri rapat, Woo Il bisa merasakan kalau Sun Woo mengalami cinta sepihak. Akibat sikap Sun Woo yang kekanakan, Eun Soo kesal. Keduanya bertengkar tapi tak lama kembali berbaikan.

Sesampainya rumah, mereka kaget karena ibu Eun Soo sudah ada di sana. Ibu Eun Soo yang baru belajar membaca tarot meminta Sun Woo memilih tiga kartu.

Saat dua kartu pertama dibuka ramalan mengatakan bahwa Sun Woo sedang mencintai seseorang dengan tulus dan dalam. Namun, ketika kartu terakhir dibuka, ekspresi wajah ibu Eun Soo mendadak berubah. Dia sepertinya tahu untuk siapa cinta Sun Woo yang tulus dan dalam itu.

Eun Soo tanpa direncanakan membuka laptop Sun Woo karena Dong Hyeon memintanya mengirimkan beberapa file yang ada di sana.

Sementara Sun Woo mandi, Eun Soo kaget mendapati ada banyak foto dirinya yang diambil sembunyi-sembunyi di laptop sahabatnya itu. Sun Woo yang baru selesai mandi, mematung melihat Eun Soo dalam posisi sedang melihat-lihat isi laptopnya.

Episode 3

Review Soundtrack Episode 3__

Sun Woo mendapat kabar kalau fotografer kelas dunia yang juga favoritnya tertarik untuk menggelar pameran bersama. Berbeda dengan Dong Hyeon yang antusias, Sun Woo malah bingung. Kebahagiaan lain menghampiri Eun Soo ketika dia diajak Kang Woo Il bertemu dan makan malam bersama penyanyi terkenal yang akan menyanyikan lagu ciptaannya, Jay Jun.

Eun Soo membagi berita bahagia itu dengan Mari dan Gyeol Han. Dari mereka, Eun Soo yang sudah curiga dengan perasaan Sun Woo akhirnya mendapat petunjuk kalau Sun Woo memang menyukainya. Namun, Eun Soo tak ingin menyakiti sahabatnya itu karena dia begitu berarti.

Malam saat Eun Soo bertemu Sun Woo, keduanya membahas soal Jennifer. Mereka kompak pura-pura bodoh seolah Jennifer adalah sosok nyata. Sun Woo mengaku sudah menyukai Jennifer sejak 8 tahun lalu. Selain ibunya hanya dia yang percaya dan mendukungnya. Pemuda itu berencana akan memberi tahu Jennifer.

Saat makan malam bersama Jay Jun terungkap kalau Woo Il sebenarnya mengagumi talenta Eun Soo dan menyukainya secara pribadi. Selesai makan malam bersama, Woo Il mengajak Eun Soo minum Wine berdua.

Woo Il tidak menyiakan kesempatan itu untuk mengutarakan perasaannya. Namun, dia juga tidak terburu-buru dan bersedia memberi waktu.

Sun Woo gelisah karena Eun Soo belum juga pulang padahal sudah larut malam. Dia mencari sahabatnya itu dan melihat Eun Soo sedang berdua dengan Woo Il di bar Wine. Alih-alih pergi, Sun Woo sengaja bergabung. Kecanggungan antara dua lelaki itu memuncak ketika Woo Il mengatakan dia sudah memberi tahu Eun Soo tentang perasaannya.

Pasca kejadian tersebut Sun Woo sulit dihubungi. Eun Soo menemui Dong Hyeon untuk mencarinya. Dari Dong Hyeon, akhirnya Eun Soo tahu kalau sahabatnya itu akan pergi ke Amerika dan berkeliling Eropa untuk pameran foto setidaknya selama satu tahun.

Hari keberangkatan Sun Woo pun tiba. Mereka seperti sepakat untuk tidak menunjukkan kesedihan dalam bentuk apa pun. Diam-diam Eun Soo sangat kehilangan dan teringat masa-masa sedih ketika Sun Woo menjalani wajib militer.

Dia akhirnya bisa merasakan sedihnya cinta sepihak. Sun Woo sendiri merasa Eun Soo memberi harapan pada Woo Il sehingga tak ada alasan untuk membuatnya terluka.

Episode 4

Review Soundtrack #1 Episode 4__

Beberapa waktu setelah kepergian Sun Woo, Eun Soo mendapat kesempatan menciptakan lagu untuk penyanyi favoritnya. Berita bahagia itu dia kabarkan pada Sun Woo melalui pesan-pesan yang dikirimkan. Bagaimana pun mereka masih sering berkomunikasi walau terhitung jarang.

Eun Soo mulai sibuk dengan proyek barunya, begitu pula Kang Woo Il selaku produser. Di tengah kesibukan itu, Woo Il menyempatkan diri meminta Eun Soo jadi kekasihnya. Namun, Eun Soo menolak secara halus. Dia tidak merasakan getaran walau sudah dekat dan kenal cukup lama dengan Woo Il.

Sampai di rumah, Eun Soo melihat boneka milik Sun Woo. Seketika dia mengira Sun Woo pulang diam-diam. Sejurus kemudian dia dikejutkan oleh kemunculan ibunya yang tiba-tiba. Eun Soo lantas meminta sang ibu membacakan tarot untuknya.

Dari sana Eun Soo mendapat keyakinan untuk mengikuti hatinya, apalagi setelah dia menemukan sebuah kalung dan catatan Sun Woo yang disimpan di boneka tersebut. Pikiran Eun Soo semakin tertuju pada Sun Woo hingga suatu hari saat berhenti di depan toko bunga, dia terkejut melihat Sun Woo keluar dari sana.

Eun Soo tidak sedang bermimpi karena Sun Woo memang pulang ke Korea untuk sepuluh hari. Namun, selama di Korea, Sun Woo sibuk dengan urusannya. Sun Woo juga terlihat dekat dengan adik kelas yang membantunya. Kedekatan mereka membuat Eun Soo cemburu, apalagi dia menguping kalau adik kelas Sun Woo menyukai sahabatnya itu.

Tak ingin kehilangan, Eun Soo mengesampingkan semua ketakutannya. Dia lalu meminta Sun Woo menyelesaikan bait lagu terakhir. Eun Soo menyampaikan rasa bersalahnya karena membiarkan Sun Woo memendam perasaan selama 8 tahun. Pasalnya, dia yang baru sebentar saja sudah tersiksa.

Tanpa banyak bicara Sun Woo melanjutkan bait terakhir lagu ciptaan Eun Soo dengan kalimat bahwa dia mencintainya. Dua sahabat itu tidak lagi takut kehilangan dan sama-sama bahagia memasuki hubungan baru yang lebih dari sahabat.

Memendam Cinta pada Sahabat Sejak Lama

Memendam Cinta pada Sahabat Sejak Lama

Tayang di Disney+, drama Korea yang dibintangi Park Hyung Sik dan Han So Hee turut meramaikan chart drama-drama romance di awal-awal tahun 2022.

Soundtrack #1 yang hanya akan menemuimu sebanyak 4 episode ini bercerita tentang dua orang sahabat lama, yaitu Han Sun Woo dan Lee Eun Soo, yang sudah bersama-sama hampir 20 tahun.

Anggapan bahwa persahabatan antara lelaki dan perempuan adalah sesuatu yang mustahil karena salah satunya pasti memendam perasaan, dibuktikan drama ini. Sun Woo memendam perasaannya pada Eun Soo selama empat tahun belakangan.

Konflik pada Soundtrack #1 (2022) dimulai ketika Eun Soo sudah lebih dulu membatasi kemungkinan menjalin hubungan dengan Sun Woo karena alasan sentimental.

Dari cerita di episode perdana, premis drama ini terhitung sederhana dan cheesy, ringan tapi juga memotret pengalaman romantis banyak orang.

Pengemasannya pun cantik dengan pengambilan gambar yang estetik. Paling penting chemistry antara Park Hyung Sik dan Han So Hee nyaman untuk dilihat.

Karakter Han So Hee yang Berbeda

Karakter Han So Hee yang Berbeda

Jika kamu sudah mengikuti Han So Hee sejak drama fenomenal The World of The Married (2020) lalu melihatnya dalam Nevertheless (2021) hingga My Name (2021), karakter yang dimainkan aktris ini cenderung gloomy, pendiam dan tidak banyak bicara.

So Hee piawai sekali memperlihatkan ekspresi wajah yang tenang dan muram. Pada Soundtrack #1 (2022) kamu akan melihatnya tampil beda!

Sebagai Lee Eun Soo, karakter Han So Hee kali ini terlihat lebih punya bermacam-macam emosi. Dia tidak hanya murung atau bingung, melainkan juga ceria dan banyak bicara.

Sesekali kamu juga akan melihat dia berlaku manja pada Park Hyung Sik sebagai lawan mainnya. Menariknya, So Hee luwes berakting sebagai gadis muda yang penuh semangat dan emosi seperti itu.

Sejak episode perdana, drama ini sudah mengajak kita masuk ke sajian utamanya. Penampilan Park Hyung Sik sebagai sahabat Han So Hee yang diam-diam memendam perasaan juga sama baiknya. Dia bisa melepaskan karakter Jun Yi Hyun yang sangat melekat pasca kesuksesan Happiness (2021).

Perasaan Sun Woo yang Semakin Transparan

review soundtrack #1 Episode 2_Perasaan Sun Woo yang Semakin Transparan_

Kurang dari dua minggu tinggal bersama Eun Soo, Sun Woo sudah kesulitan menutupi perasaannya. Dia semakin transparan. Di episode dua kamu akan menyaksikan tingkah Sun Woo yang kekanakan karena cemburu tidak beralasan. Di sini tampak jelas hanya Sun Woo yang belum menyadari kalau orang-orang di sekitarnya sudah tahu tentang perasaannya.

Orang pertama yang menyadari hal itu adalah composer idola Eun Soo yang dicemburui padahal tidak melakukan apa pun. Orang kedua adalah ibu Eun Soo dan orang ketiga adalah Eun Soo sendiri.

Scene ketika Eun So menemukan foto-foto dirinya di laptop Sun Woo jadi part paling crucial di episode minggu ini. Kelanjutannya memang masih rahasia dan kita harus menunggu satu minggu lagi untuk mengetahuinya. Namun, rasanya kita bisa menebak kalau Eun Soo mulai tahu isi hati sahabatnya.

Bicara mengenai apakah Eun Soo tahu atau tidak mengenai perasaan Sun Woo, di episode pertama sebenarnya sudah tersirat kalau dia menyadarinya. Di awal-awal episode satu minggu lalu ada salah satu scene yang menunjukkan kalau Eun Soo mengetahuinya. Di sana da sempat terlihat bicara sendiri seolah sedang bicara pada Sun Woo.

Eun Soo menyadari, menunggu sekaligus bingung mengapa Sun Woo tidak juga mengakui perasaannya. Bagaimana pun mengenai kepastian perasaan seseorang Eun Soo butuh penegasan, termasuk dari sahabatnya sendiri.

Perasaan yang Terhalang Kekhawatiran

Review Soundtrack Episode 3_Perasaan yang Terhalang Kekhawatiran_

Menjelang episode terakhir, Soundtrack #1 (2022) semakin menunjukkan konflik perasaan yang njlimet antara Sun Woo dan Eun Soo. Sebenarnya mereka bisa menyelesaikan masalah dengan cepat tetapi memilih jalur memutar yang menyakitkan.

Pada episode ini kamu masih akan melihat dua orang yang bergelut dengan pikiran dan kekhawatirannya sendiri. Sebuah sikap yang dipilih untuk menjaga persahabatan belasan tahun tapi tanpa sadar melukai masing-masing dari dalam.

Eun Soo yang akhirnya tahu perasaan Sun Woo memilih menghindar, sementara Sun Woo yang punya penafsiran sendiri tentang Eun Soo dan Woo Il juga pasrah dan mundur.

Kamu akan ikut merasakan perasaan mendalam sekaligus kebimbangan mereka. Di sisi lain, ada perasaan geregetan karena kekhawatiran keduanya tanpa disadari justru membuat masing-masing terluka.

Dalam plot yang semakin intens, chemistry Park Hyung Sik dan Han So Hee terasa lebih kuat. Mereka sukses saling memperlihatkan perasaan yang dalam hanya melalui sorot mata.

Kamu bisa merasakannya melalui perubahan ekspresi Sun Woo dan Eun Soo ketika membicarakan Jennifer atau ketika mereka saling bicara santai tapi sebenarnya menahan sesuatu.

Sun Woo dan Eun Soo Memasuki Hubungan Baru

Review Soundtrack #1 Episode 4_Sun Woo dan Eun Soo Memasuki Hubungan Baru_

Soundtrack #1 (2022) menyelesaikan ceritanya di episode 4 dengan sangat manis. Kita disuguhi akhir yang bahagia karena melihat Sun Woo dan Eun Soo akhirnya bersama-sama sebagai kekasih. Mereka tidak lagi takut dan khawatir saling kehilangan karena kenyataannya menahan perasaan lebih menyakitkan.

Eun Soo yang di awal episode tidak tahu rasa sakitnya menahan cinta sendirian, akhirnya kewalahan di episode ini. Gadis manis yang semula membatasi perasaannya pada sahabat sendiri itu, tidak bisa lagi menahan hatinya. Dibumbui dengan cemburu dan rasa bersalah, Eun Soo bertambah yakin bahwa Sun Woo adalah pria terbaik untuknya.

Eksekusi adegan terakhirketika mereka akhirnya tidak lagi menghindar dan menyangkal perasaan masing-masing juga manis sekali. Eun Soo yang merupakan seorang pencipta lagu meminta Sun Woo meneruskan bait terakhir sebagai jawaban atas perasaannya.

Walau hanya empat episode, Soundtrack #1 (2022) berhasil menyajikan sebuah cerita cinta yang mainstream dengan pengemasan yang manis dan menarik.

Sinematografinya juga cantik, chemistry antara Park Hyung Sik dan Han So Hee juga terasa solid. Mereka sangat pas berlakon sebagai sepasang sahabat yang saling memendam dan menyangkal perasaan masing-masing.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram