Sinopsis dan Review Anime Shingeki no Kyojin Season 1 (2013)

Ditulis oleh Siti Hasanah
Shingeki No Kyojin
3.7
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Di tahun 2009 yang lalu, Attack on Titan versi manga mulai diterbitkan. Karya Hajime Isayama yang mengisahkan perjalanan Eren Jaeger dan Mikasa Ackerman ini mendapat sambutan yang meriah di Jepang dan luar Jepang, termasuk di Indonesia.

Pada 2016 yang lalu, penjualan manga-nya berhasil tembus sebanyak 60 juta eksemplar, dihitung dari selama tujuh tahun perilisannya.  Attack On Titan versi anime pun mendapat sambutan yang tidak kalah meriah.

Kisah dalam anime ini musim pertama ini berfokus pada Eren Jaeger dan Mikasa Ackerman yang berusaha untuk masuk ke Resimen Penyelidik demi mencegah Titan masuk ke tembok dan memakan manusia di dalamnya. Mereka digembleng dapat pelatihan menjadi kadet. Simak sinopsis dan review-nya di bawah ini!

Baca Juga: Sinopsis dan Review Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2

Sinopsis

attack on titan
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action, Drama, Fantasy, Mystery 
  • Jumlah Episode: 25
  • Produksi: Wit Studio 
  • Pengisi Suara: Yuuki Kaji, Yui Ishikawa, Marina Inoue
  • Sutradara: Tetsurou Araki 

Eren Jaeger adalah putra tunggal dari seorang ayah yang berprofesi sebagai dokter terkenal di sebuah kawasan khusus yang dipisahkan oleh tembok tinggi. Ibunya adalah seorang wanita lembut yang begitu menyayangi Eren.

Di keluarga Yeager, tinggallah seorang anak perempuan bernama Mikasa yang dibesarkan oleh Grisha, ayah Eren, setelah kedua orang tuanya dibantai oleh penculik. 

Eren dan keluarga tinggal di sebuah tembok benteng setinggi 50 meter yang memisahkan masyarakat dari dunia luar. Berbeda dari orang kebanyakan yang tinggal di sana, Eren punya keinginan untuk melihat dunia di luar sana yang konon menyimpan banyak hal.

Eren merasa tinggal di balik tembok tak ubahnya seperti menjalani hidup sebagai hewan ternak. Suatu hari, desa yang 100 tahun terakhir ini berada dalam suasana damai didera bencana.

Para Titan menghancurkan tembok dan memburu warga. Mereka yang tidak sempat melarikan diri harus meregang nyawa dilahap Titan. Ibu Eren salah satu yang dimakan Titan dan sialnya Eren melihat kejadian nahas itu dengan mata kepalanya sendiri. 

Korban akibat Titan itu tidak kurang dari 10 ribu orang, termasuk warga sipil dan prajurit. Sejak saat itu, warga hidup dalam teror. Waktu berlalu dan keinginan Eren untuk menjadi prajurit Resimen Penyelidik semakin kuat.

Apalagi ia didorong oleh dendam atas kematian ibunya yang tragis. Eren, Mikasa, dan Armin mendaftarkan diri sebagai calon prajurit. Mereka mulai dari Resimen Garnisun. 

Eren, Mikasa, Armin dan ratusan prajurit baru lainnya dilatih selama tiga tahun sebelum akhirnya dinyatakan lulus dan Pelatihan Korps baru. Tidak lama setelah mereka lulus ujian kenyataannya datang: Titan datang dan menyerang kembali ke masyarakat. Ini seperti Deja vu. 

Mereka diserang habis-habisan sehingga tembok yang dibangun untuk melindungi manusia dari serangan Titan kehilangan fungsinya.

Tembok berhasil dijebol oleh Titan Zirah sehingga Titan Kolosal dapat masuk dan mengacak-acak isi di dalam tembok. Mereka memakan manusia yang ditemuinya, termasuk Eren. Armin melihat sendiri bagaimana tubuh Eren terpotong oleh gigitan Titan. 

Di tengah keadaan yang kacau, muncul Titan berperilaku abnormal. Titan bermata hijau dan berkuping lancip ini malah menyerang Titan-Titan itu dengan brutal. Mikasa menyadari bahwa Titan ini berperilaku berbeda. Dan Armin selanjutnya yang menyadari hal tersebut. 

Kejutan muncul saat diketahui bahwa Eren keluar dari tubuh Titan bermata hijau itu. Sejak saat itu Eren dipandang sebagai monster yang perlu diwaspadai. Kubu resimen pun terpecah, ada yang menerima Eren sebagai bantuan tambahan yang berguna untuk melawan Titan, sebagian menganggap bahwa Eren adalah ancaman. 

Beruntung sidang pengadilan memutuskan bahwa Eren bukanlah sebuah ancaman dan ia berada di bawah pengawasan Resimen Penyelidik.

Secara tidak langsung, keinginan Eren untuk bergabung dengan pasukan idolanya itu terwujud, hanya saja dengan cara yang tidak diduga. Mulai saat ini perjalanan Eren sebagai manusia berkekuatan Titan pun dimulai. 

Premis dan Alur Cerita yang Menarik 

attack on titan

Attack on Titan diperkenalkan pertama kali dalam format manga. Lalu, berhasil menjadi salah satu manga yang disukai. Penggemar kisah Eren dan Mikasa ini pun tidak kalah banyak. Meskipun bukan premis yang baru dan cukup mainstream, namun pesona Eren dan perjuangannya mampu menarik hati penggemar. 

Bagi sebagian penggemar, angka penjualan yang besar itu bukanlah hal besar yang harus diperhatikan. Namun, di sini perlu kita akui bahwa Isayama membuat kisah yang menakjubkan.

Ia membuat tragedi menjadi sebuah kisah menarik dan menyentuh. Dari episode pertama, kita sudah diperlihatkan bagaimana Eren marah bercampur sedih melihat ibunya dibunuh Titan. 

Alur cerita dan karakter tokoh menjadi hal yang diunggulkan. Kisahnya mulai mengalami eskalasi ketika Eren dan Mikasa digembleng di Pelatihan Keprajuritan. Dari sana bibit-bibit kekuatan Eren mulai terlihat. Eren tidak sama seperti yang lainnya.

Dalam pelatihan, Eren tampak ceroboh dan lemah. Ia kalah cemerlang dari Mikasa yang menguasai banyak skill dan daya tahan tubuh yang kuat. 

Tapi remaja itu punya tekad dan semangat yang kuat. Ia juga cepat dalam mempelajari sesuatu. Saat ia kalah dalam latihan pertarungan tangan kosong dengan Annie Leonhart, tanpa ada yang menyadarinya, Eren diam-diam mempelajari gaya bertarung rekannya itu. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram