bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Scoob! Reboot Pertama Setelah 50 Tahun

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 11 September 2021

Wah, siapa yang tidak tahu animasi bertemakan misteri dengan anjing sebagai sahabat setianya ini. Rasa-rasanya mereka sudah menemani dan menghibur beberapa generasi apalagi dengan komedi khas dialog antara Shaggy dan Scooby. Film animasi 3D Scoob! dijadwalkan tayang pada 15 Mei 2020. Namun karena pandemi film ini ditayangkan secara on demand di tanggal yang sama.

Film ini merupakan reboot dari serial film ‘Scooby-Doo’, nyaris setelah 50 tahun sejak animasi legendaris ini pertama kali tayang di layar televisi. Film feature dari serial klasik ‘Scooby-Doo, Where Are You!’ ini pilih mengusung cerita superhero didalamnya. Semakin penasaran seperti apa jadinya? Ini dia ulasan film-ya dari Bacaterus, yuk, simak bersama.

Sinopsis

Sinopsis & Review Scoob! Reboot Pertama Setelah 50 Tahun 1
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Animasi, Fantasi, Misteri
  • Sutradara: Tony Cervone
  • Produksi: Warner Animation Group
  • Pengisi Suara: Frank Welker, Will Forte, Gina Rodriguez, Zac Efron,  Amanda Seyfried

Pertemuan pertama kali bagi Shaggy dan Scooby yang membuat keduanya menjadi sahabat. Awalnya Shaggy sedang menikmati waktunya bermain di sebuah pantai. Saat ia tengah membuat istana pasir, sampai seekor anjing coklat tiba-tiba menghampirinya.

Shaggy memberikan anjing tersebut makanan, sayangnya seorang polisi menghampiri mereka dan mengatakan bahwa tidak seharusnya anjing tanpa pemilik berada di pantai. Shaggy pun berdalih bahwa anjing tersebut adalah miliknya, sang polisi yang tak langsung percaya menanyakan nama lengkap anjing coklat itu.

Scooby Dooby Doo, adalah nama anjing yang spontan Shaggy berikan pada anjing tersebut. Setelah itu, keduanya bersahabat dan bergabung dengan kelompok para detektif muda yang bernama Mystery Inc. Bersama dengan Fred, Daphne, dan Velma yang memecahkan berbagai kasus misteri. Sampai saat Simon Cowell menawarkan investasi pada tim dengan syarat tanpa Shaggy dan Scooby.

Shaggy dan Scooby yang kecewa pun pergi, singkat cerita mereka bertemu dengan dua Superhero yaitu Blue Falcon dan Dee Dee Skyes juga anjingya Dynomutt. Ikut pergi bersama, ternyata mereka malah dikejar oleh criminal super Dick Dastardly yang ingin menangkap Scooby sebagai bagian dari rencananya dibalik tiga tengkorak Ceberus.

Mereka pun sepakat untuk mencari tahu bersama apa yang diinginkan Dastar dari Scooby. Fred, Daphne dan Velma mencari Scooby, mendapat kabar keduanya diculik oleh sinar biru Velma memeriksa robot rusak di tempat kejadian. Ia mendapatkan hasil bahwa robot tersebut milik Dastar, dengan catatan kejahatannya yang mencuri artefak ceberus dan mecuri catatan silsilah sekelompok anjing.

Blue Falcon dan Dee Dee terlibat perdebatan mengenai lokasi tengkorak ceberus selanjutnya mereka pergi ke Rumania bukan ke Gurun Gobi. Sesampainya di Rumania dan mulai mencari, pesawat Dastar datang dan menyerang mereka, ia pun berkata bahwa ia telah mendapatkan tengkorak kedua dari Gurun Gobi. Tak berhasil menculik Scooby, Dastar menculik Fred dan yang lainnya.

Dibantu robot penyedot debu milik Dastar, ketiganya berhasil keluar dari kurungan dan melihat rencana Dastar. Mereka menghubungi Shaggy dan yang lainnya untuk menginformasikan lokasi tengkorak ceberus ketiga. Ketiganya lalu mengetahui rencana Dastar yang ingin pergi menuju Gerbang Dunia Bawah untuk mencuri harta karun Alenxander the Great.

Sinopsis & Review Scoob! Reboot Pertama Setelah 50 Tahun 3

Namun hanya Alexander dan anjingnya Paritas yang dapat membuka gerbang itu termasuk keturunannya. Dastar membeberkan tujuannya pada mereka bahwa ia ingin menyelamatkan anjingnya, Muttley. Daster menyamar menjadi Fred untuk mengelabui Shaggy dan menculik Scooby. Rencananya berhasil, ia membawa Scoob ke Athens.

Disaat bersamaan Fred dan yang lainnya berhasil diselamatkan, namun sayangnya saat hendak menyusul Dastar pesawat Falcon telah dirusak. Tak habis akal mereka menambahkan sayap pesawat Falcon pada mobil Fred. Tiba di Athens, Dastar telah menyatukan ketiga tengkorak Ceberus dan membuka gerbang, arwah Ceberus muncul dan menyerang.

Dastar masuk dan menyelamatkan Muttley. Fred dan Velma pergi ke gerbang untuk mencari cara menutup gerbang. Sementara Shaggy, Scoob, dan Daphne mengalihkan perhatian Ceberus. Disemangati Dynomutt, Blue Falcon akhirnya membantu melawan Ceberus. Menemukan cara menutup gerbang, dengan ditutup oleh telapak tangan dua sahabat sejati.

Shaggy mengorbankan dirinya untuk menutup gerbang dari dalam, sedangkan Scoob menutup gerbang dari luar. Seketika semua bangunan menghilang termasuk Shaggy. Sementa kedua superhero berhasil menangkap Dastard an Muttley. Mystery Inc sedih kehilangan teman mereka, namun muncul patung Alexander The Great dan Paritas, dari sanalah Shaggy kembali.

Reboot Pertama dalam 50 Tahun

Sinopsis & Review Scoob! Reboot Pertama Setelah 50 Tahun 5

Sebenarnya rencana membuat reboot film ini sudah diumumkan oleh Warner Bros Pictures pada 17 Juni 2014. Serial film animasi Scooby-Doo ini kemudian ditulis oleh Randall Green. Lalu di tahun 2015 tepatnya pada 17 Agustus, Tony Carvone dipercaya untuk menggarap proyek film animasi tersebut dengan naskah oleh Matt Lieberman.

Film ini ditunggu sejak animasi terakhir yang dibuat tahun 1994 dan live action yang tayang di layar lebar tahun 2004. Selain itu film ini juga pertama kalinya diceritakan pertemuan kisah antara Shaggy dan Scooby. Penggemar serial ini pasti sangat rindu dengan interaksi dua sahabat ini ya.

Dibuat dengan tetap mempertahankan gaya klasik dari seri original-nya, menghidupkan kembali karya Hanna-Barbera. Scoob! memberikan sentuhan modernisasi dari sisi animasi. Film ini digadang-gadang sebagai pembuka dari cinematic universe milik studio Hanna-Barbera.

Alur dan Skenario Mitologi

Sinopsis & Review Scoob! Reboot Pertama Setelah 50 Tahun 7

Tak seperti cerita dari serial Scooby-Doo lainnya dimana pemecahan misteri benar-benar difokuskan pada Mystery Inc, ‘Scoob!’ memiliki karakter pahlawan yang turut membantu dan meramaikan. Scooby-Doo yang menjadi tokoh kunci dalam konflik, misteri artefak dan tengkorak Ceberus, juga aksi dari superhero dan supervillain yang saling memburu agaknya dijadikan rangka utama dalam cerita.

Namun sayangnya, ketiganya tidak terhubung dengan baik dan mengurangi unsur misteri dan teka-teki yang biasanya dihadirkan menonjol dalam serial Scooby-Doo. Hal itulah yang membuat alur dan plot mungkin dirasa membingungkan dan berbelit termasuk selebritis cameo sebagai investor yang menjadi penyebab perpecahan anggota Mystery Inc.

Meski begitu ‘Scoob! masih menarik untuk ditonton menghabiskan waktu di rumah.  Menyelipkan cerita tentang mitologi Yunani didalamnya, membantu film ini mengembalikan sentuhan misterinya. Mengambil plot masa depan dengan semua teknologi dan kemudahan, ‘Scoob!’ mempertahankan tampilan groovy dan komedi khasnya lewat dialog Shaggy dan Scooby.

Menyiratkan Makna Persahabatan

Sinopsis & Review Scoob! Reboot Pertama Setelah 50 Tahun 9

Geng Mystery Inc memang tergabung sedari mereka kecil hingga dewasa, menjadikan kelima-nya bersahabat, terlebih untuk Shaggy dan Scooby. Film ini memberikan kisah tentang makna persahabatan yang kuat, persahabatan sejati yang tak bisa dikalahkan oleh apapun. Seperti saat geng terpecah dan kerjasama tim sulit didapatkan.

Hingga mereka bersatu kembali dan misteri pun bisa terpecahkan. Penyampaian pesan dalam film dibuat dengan cukup unik, ketika Shaggy kecewa karena kalung Scoob yang ia berikan diganti dengan kostum superhero yang ternyata tak berarti setelah robek. Kemudian pengorbanan Shaggy yang pergi untuk mengunci gerbang Underworld, juga momen dimana Shaggy memasangkan kembali kalung miliki Scoob.

Baca juga: Film Terbaik Tentang Persahabatan Anjing dan Manusia

Melibatkan jajaran aktor kelas atas sebagai pengisi suara, rupanya belum berhasil membuat film ‘Scoob!’ menjadi lebih diminati. Kolaborasi dari enam penulis sekaligus mungkin membuat film ini menjadi overplotted. Namun seperti yang dikatakan, film ini masih layak untuk kamu tonton, terlebih lagi jika kamu penggemar yang merindukan serial ini.

Semoga referensi film kali ini membantu kamu memberi informasi lebih. Tidak sampai disini, Bacaterus masih punya banyak referensi film dan drama yang bisa kamu baca lho. Jika kamu punya kritik dan saran mengenai artikel ini, kamu boleh menuliskannya di kolom komentar ya.

Scoob!
Rating: 
3.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram