bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama School 2013, Penuh Bintang Drakor

Drama School Series sering disebut-sebut sebagai salah satu drama yang banyak melahirkan aktor dan aktris berbakat. Aktor dan aktris ‘lulusan’ drama School biasanya menjadi lebih dikenal. Sebelum nama Kim Yohan, Kim Sejong dan Jang Dong Yoon melejit, nama-nama seperti Gong Yoo, Kim Rae Won, Jang Hyuk, Jo In Sung, Lee Soo Jung, Ha Ji Wo, dan Lee Dong Wook semakin dikenal berkat drama ini. 

Di School Series kelima, School 2013 giliran Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin kecipratan popularitas setelah membintangi drama ini. Keduanya adalah fokus dalam drama coming of age ini. Para pemain muda ini beradu peran dengan senior mereka, Jang Nara dan Daniel Choi. Seperti apa kisah Lee Jong Suk dan Woo Bin di drama ini? Bacaterus sudah siapkan sinopsis dan ulasan singkatnya di bawah ini.

Sinopsis

school-2013-5_

Korea dikenal sebagai negara yang sangat memperhatikan pendidikan. Persaingan mendapat nilai tinggi di sekolah sangat ketat. Demi tidak ketinggalan pelajaran, murid-murid sekolah biasanya mengikuti bimbingan selepas jam pelajaran. Itulah potret pendidikan di Negeri Ginseng itu.

Namun, bagi Go Nam Soon (Lee Jong suk) bisa lulus SMA dengan nilai pas-pasan juga sudah baik. Ia tidak peduli dengan nilainya yang penting absensi bagus dan nilai tidak kurang. Jadi, ia tinggal menunggu ijazah dan kelulusan Lalu, setelah lulus mau apa? Pemuda itu tidak punya cita-cita.

Nam Soon bersekolah di SMA Seung Ri, SMA paling rendah dari segi nilai dan paling buruk kualitas pendidikannya. Sekolah ini isinya berandal semua. Termasuk Nam Soon sendiri. Di kampung halamannya ia punya julukan “Tsunami” yang mengisyaratkan ia adalah seseorang yang ditakuti.

Sebetulnya Nam Soon adalah anak baik. Hanya saja ia tumbuh sendiri karena orang tuanya sibuk masing-masing dan hidup dengan tanpa tujuan. Ia punya sahabat yang sudah seperti saudara sendiri, Park Heung Soo (Kim Woo Bin).

Persahabatan yang terjalin sekian lama menjadi retak akibat salah paham dan keegoisan masing-masing, sampai akhirnya kedua berpisah. Nam Soon hidup dengan membawa perasaan bersalah pada Heung Soo, sedangkan Heung Soo sendiri menyimpan dendam karena merasa ditinggalkan.

Rupanya takdir mempersatukan mereka kembali di SMA Seung Ri, bahkan keduanya sekelas. Masa lalu mereka pun terkuak. Perang dingin, saling mendiamkan dan saling menyakiti mewarnai hari-hari Nam Soon dan Heung Soo di sekolah.

Butuh waktu lama dan proses yang panjang untuk bisa saling memaafkan.  Dalam proses forgiveness mereka, peran Guru Jung In Jae (Jang Na Ra) dan Guru Kang Se Chan (Choi Daniel) sangat besar. Duo guru yang awalnya tidak akur ini terus berusaha merangkul kedua murid bermasalah tersebut.

Kesabaran Jung In Jae banyak membantu murid-murid kelas 2-2, terutama Nam Soon dan Heung Soo menemukan cita-cita mereka.

Akting Para Pemeran yang Matang

school-2013-2_

Saat Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin bermain dalam drama ini, nama mereka belum setenar saat ini. School 2013 memang bukanlah drama pertama mereka. Lee Jong Suk sebelumnya pernah membintangi Prosecutor Princess dan Secret Garden dan mendapat peran kecil.

Sedangkan Kim Woo Bin muncul di drama Vampire Idol dan A Gentleman’s Dignity. Karena peran-peran kecilnya, Sutradara Lee Eung Book dan Lee Min Hong menggaet mereka untuk bergabung dalam proyek School 2013.

Mempercayakan posisi pemeran utama pada aktor muda yang belum banyak pengalaman memang cukup riskan. Apalagi keduanya bukanlah aktor, melainkan model.

Namun, mata elang dua sineas jenius ini berhasil menemukan bakat luar biasa Jong Suk dan Woo Bin selain berjalan di panggung peragaan busana.

Kolaborasi Woo Bin dan Jong Suk menghadirkan chemistry yang bagus dan akting yang matang sebagai dua remaja yang menyimpan konflik batin berkepanjangan sekaligus harus menghadapi persoalan hidup yang rumit.

Selain itu, para pemeran lainnya seperti Park Se Young, Ryu Hyo Young dan Kwak Jung Wook berhasil mencuri perhatian lewat peran masing-masing. Mereka adalah scene stealer terbaik yang bikin mata penonton enggan lepas di setiap kemunculannya.

Mengangkat Sisi Lain dari Kehidupan Remaja

school-2013-3_

Salah satu kunci kesuksesan dari School 2013 adalah kisahnya yang lekat dengan kehidupan sehari-hari kebanyakan orang, terutama remaja seusia Nam Soon dan Heung Soo. Persahabatan, persaingan di sekolah, konflik antar teman dan persoalan pelik lainnya sering kita jumpai di kehidupan nyata.

Namun, School 2013 lebih menyoroti sisi lain dari kehidupan di usia tanggung. Sutradara seolah ingin menunjukkan bahwa di belahan bumi lain, anak-anak remaja mengalami masa sulit sejak usia muda. Mereka harus membagi waktunya untuk bekerja paruh waktu demi bertahan hidup dan sekolah.

Selain itu, pertemanan di masa itu juga tidak sepenuhnya indah. Anak-anak ini mengalami pergolakan batin yang berat karena keadaan dan tekanan orang dewasa. Dari keseluruhan School Series, konflik yang diangkat dari drama ini terasa lebih kelam.

Apalagi tidak ada bumbu romansa yang dilibatkan. Konflik semuanya berputar pada Nam Soon dan Heung Soo serta perjuangan Bu Guru Jung in Jae dan Kang Se Chan yang ingin melihat anak didik mereka menjalani hidup dengan baik.

Berharap Jung In Jae Adalah Sosok Guru di Kehidupan Nyata

school-2013-4_

Sisi lain yang disoroti dalam School 2013 adalah pendidikan. SMA Seung Ri adalah sekolah dengan nilai terendah di Kota dan murid-muridnya kebanyakan bermasalah. Banyak yang memandang sebelah mata pada murid-murid yang bersekolah di sana. Guru-guru pun hampir serupa.

Jung In Jae yang ditugasi menjadi wali kelas 2-2 memandang sekolah ini dengan berbeda, terutama anak-anak kelas 2-2. Guru muda itu melihat dari sudut lain keunikan dan potensi setiap anak-anak yang sering kali disepelekan dan merangkul mereka.

Nam Soon dan Heung Soo sudah merasakan perhatian yang tulus dan kepedulian dari Bu Guru ini. Setelah penolakan demi penolakan diterimanya, akhirnya keduanya mau membuka hati pada guru satu ini.

Nam Soon dan Heung Soo bukanlah salah dua murid yang menolaknya. Song Ha Kyung (Park Se Young) juga adalah salah satu yang mengabaikannya. Teman sekelas Nam Soon ini melihat wali kelasnya hanya buang-buang waktu memberikan perhatian lebih pada kelas 2-2.

Ia merasa sikapnya mengganggu tujuannya belajar. Yang ada di pikiran Ha Kyung adalah belajar dan mendapat nilai bagus. Ia tidak peduli hal lainnya lagi. Sayangnya, ambisi membawanya pada kejatuhan dirinya sendiri.

Jung In Jae kemudian mendekatinya dan membantunya bangkit dari rasa kecewanya. Tidak mudah mengubah pandangan anak keras kepala ini. Butuh waktu sampai ia bisa memahami maksud nasihat Jung In Jae. 

Kalau semua guru bisa mempunyai pandangan yang sama dengan Jung In Jae, rasanya sekolah bisa jadi tempat belajar yang nyaman meskipun tidak semua fasilitas lengkap. Ketulusan hatinya menguatkan para murid yang serba kekurangan agar tidak merasa rendah diri dengan keadaan.

Jung In Jae mengajarkan kita bahwa menjadi guru yang baik itu sulit. Tidak semua orang mau menerima dan senang dengan keberadaan kita. Sistem pendidikan di sekolah yang dipenuhi intrik membuat perjuangan In Jae lebih berat.

Namun, ia ingin murid-muridnya mendapat hak yang sama terlepas dari situasinya. Ia juga berharap anak-anak yang masih akan bertumbuh itu bisa mendapatkan kenangan manis layaknya anak-anak remaja seusianya.

School Series mengadopsi cerita yang berbeda di setiap serial-nya. Jadi, jangan heran jika kita mendapati tokoh dan alur yang tidak sama mulai dari School pertama yang tayang di tahun 1999, sampai School 2021. Narasi yang berbeda di setiap episodenya membuat School Series dinantikan oleh para pecinta drama. Para bintang-bintang muda menampilkan kemampuan aktingnya yang ok.

Nah, di antara School Series yang sudah dirilis, tokoh yang manakah favoritmu? Kim So Hyun dan Nam Joo Hyuk di School 2015? Kim Sejong dan Jung Hyun dan Jang Dong Yoon di School 2017? Atau idol yang baru terjun ke dunia akting, Kim Yo Han dan Cho Yi Hyun di School 2021?

School 2013
Rating: 
4.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram