bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Serial Ratched, Kengerian di Rumah Sakit Jiwa

Sinopsis & Review Serial Ratched, Kengerian di Rumah Sakit Jiwa

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 24 Maret 2021

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) merupakan tempat untuk para pasien yang mempunyai gangguan kejiwaan. Di sana, para pasien dirawat agar kondisi kejiwaannya berangsur pulih. Ada banyak metode penyembuhan yang ditempuh. Seiring berjalannya waktu, metode tersebut terus berkembang seiring dengan berbagai penelitian yang dilakukan.

Menjadi perawat di RSJ bukanlah pekerjaan mudah. Tugas menjaga, merawat, memberi obat dan motivasi pada pasien dibebankan pada pundak mereka. Ratched bercerita tentang hal tersebut. Tapi bukan hanya perawat biasa yang ditampilkan, melainkan yang datang dengan misi sendiri yang nggak lazim. Seperti apa review dan sinopsisnya? Siap-siap untuk menyimaknya di sini, ya!

Sinopsis

Review ratched_Sinopsis
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Thriller Psikologis, Drama
  • Perusahaan Produksi: Further Films, Lighthouse Management + Media, Ryan Murphy Television
  • Sutradara: Evan Romansky
  • Pemain: Sarah Paulson, Finn Wittrock, Cynthia Nixon, Jon Jon Briones, Charlie Carver
  • Jumlah episode: 8

Mildred Ratched adalah seorang perawat yang tiba di Northern California untuk melamar di RSJ bernama Lucia State Hospital pada tahun 1947. RSJ tersebut merupakan tempat dilaksanakannya berbagai macam metode pengobatan untuk pasien dengan gangguan kejiwaan. Bahkan beberapa metodenya masih baru dan sedang dalam masa percobaan.

Di tahun yang sama, Edmund Tolleson melakukan pembunuhan pada empat orang pendeta. Menurut pengakuannya, salah satu korban adalah ayahnya sendiri. Setelah enam bulan dalam masa pelarian, dia akhirnya berhasil ditangkap polisi. Alih-alih masuk penjara, dia mendapat kesempatan untuk diuji kondisi kejiwannya selama 120 hari di Lucia State Hospital.

Ratched berhasil mendapat posisi sebagai perawat di Lucia State Hospital dengan memanipulasi kepala rumah sakit, Dr. Hanover. Gubernur California, George Willburn, datang untuk melihat kondisi rumah sakit yang akan didanainya. Ratched berbuat ulah dengan menyuntik pasien sampai mengalami gangguan kemudian menyelamatkannya. 

Nggak cukup sampai di situ, dia juga menghasut pasien untuk bunuh diri di ruang Dr. Hanover. Pasien itu berhasil diselamatkan oleh Ratched yang langsung dipercaya oleh Dr. Hanover. Ratched mengunjungi pendeta Andrews, salah satu korban Edmund dan saksi dari kejadian mengerikan. 

Dia membujuk pendeta Andrews untuk berbicara pada Dr. Hanover mengenai kejadian yang dia saksikan. Pendeta Andrews setuju dan ikut bersama Ratched ke sebuah motel. Di sana, kesaksiannya direkam oleh Ratched. Setelah berbicara, Ratched menyuntiknya sampai mengalami katatonia. Hal itu dilakukan Ratched untuk melindungi Edmund, yang diakui sebagai saudaranya.

Seorang pembunuh bayaran bernama Wainwright ditugaskan oleh Lenore Osgood untuk membunuh Dr. Hanover. Lenore merasa sang dokter bertanggungjawab atas metode pengobatan gagal yang menyebabkan sang anak kehilangan tangan dan kakinya. Upaya pertamanya nggak membuahkan hasil. Ratched kemudian setuju membantu Dr. Hanover untuk sembunyi.

Diam-diam Edmund berhubungan dengan perawat Dolly. Dr. Hanover kembali mencoba metode pengobatan baru, kali ini dengan air mendidih. Ratched mulai sering bertemu dengan ketua kampanye Gubernur Willburn, Gwendolyn. Dia mulai merasa suka pada wanita tersebut. Sementara itu, Wainwright diselundupkan masuk ke dalam RSJ untuk melaksanakan tugasnya.

Upaya Wainwright gagal setelah dipukul oleh Dr. Hannover yang langsung memasukannya ke tub berisi air mendidih. Ratched menghubungi Osgood untuk mencari Hanover seorang diri. Ratched kemudian berusaha memanipulasi Dr. Hanover lagi agar menjadikannya kepala perawat. Di sisi lain Ratched menyuruh Edmund untuk berpura-pura gila agar nggak dieksekusi dengan kursi listrik.

Osgood melarikan diri dari rumah sakit bersama Dolly setelah menembak Gwendolyn. Sementara itu, Ratched setuju untuk membantu Osgood menyingkirkan Dr. Hanover. Upaya Ratched membantu Edmund diketahui oleh perawat lain yaitu Bucket. Pelarian Edmun nggak berjalan mulus karena dia berhasil ditangkap kembali dan akan segera dihukum dengan kursi listrik.

Gwendolyn kehilangan pekerjaannya tapi berhasil membina hubungan dengan Ratched. Mereka berdua meminta agar Edmund nggak dihukum kursi listrik, melainkan Ratched sendiri yang akan menghabisinya dengan cara humanis. Apa yang sebenarnya dituju oleh Ratched? Berhasilkah dia menyelamatkan Edmund?

Mengerikan Secara Psikologis

Review ratched_Mengerikan Secara Psikologis

Serial Ratched bukanlah tipe serial untuk semua orang. Banyak adegan yang bisa membuat kita sebagai penonton merasa nggak nyaman. Lobotomi, direndam di air mendidih, menggunakan ice pick untuk mengoperasi merupakan beberapa contoh paling sederhana. Memang pada zaman itu, pengobatan terhadap gangguan kejiwaan seringkali dieksplorasi dengan metode-metode baru.

Untuk sebuah serial yang mengusung genre thriller, kita akan dibuat ngeri secara psikologis. Kondisi gangguan kejiwaan terlihat bukan hanya dialami pasien, tapi juga para pegawai di Lucia State Hospital. Selain itu para karakter digambarkan nggak sempurna, nyaris nggak ada yang mutlak protagonis maupun antagonis.

Banyak Plot Kosong

Review ratched_Banyak Plot Kosong

Dalam menciptakan suasana menyeramkan dan mengganggu, bisa dibilang Ratched berhasil melakukannya. Penderitaan pasien di Lucia State Hospital digambarkan dengan tepat berkat kegilaan Dr. Hanover bereksperimen berbagai metode pengobatan. Ditambah dengan para perawat yang diam-diam punya agenda masing-masing.

Kekurangan dalam serial ini adalah banyaknya plot kosong. Edmund nggak diberi kesempatan menjelaskan motifnya membunuh empat orang pendeta. Selain itu, Gubernur Willburn yang mendanai RSJ pun terkesan terlalu mengintervensi untuk menghukum Edmund. Walau begitu, mungkin jawaban-jawaban itu akan muncul di season berikutnya.

Kostum yang Memanjakan Mata

Review ratched_Kostum yang Memanjakan Mata

Mengambil latar di tahun 1947, serial Ratched punya cara sendiri dalam memanjakan mata. Bertolak belakang dengan banyaknya adegan yang dapat mengganggu pikiran, secara visual serial ini sangat enak dilihat. Gaya rambut para pemain serta pencahayaan dibuat seakan-akan kita masuk ke lorong waktu dan hidup di masa itu.

Kostum para pemain di serial ini dibuat berwarna. Nggak cerah tapi cukup untuk membuat mata kita dimanjakan sebelum benar-benar memasuki cerita yang gelap. Walau begitu, kekurangan terletak pada interior Lucia State Hospital. Untuk ukuran RSJ, interior Lucia State Hospital malah terkesan seperti interior hotel.

Karakter Ratched yang Kompleks

Review ratched_Karakter Ratched yang Kompleks

Untuk ukuran karakter, Mildred Ratched benar-benar dibuat kompleks. Di satu sisi dia seperti antagonis yang ingin melepaskan Edmund dari hukuman mati. Kemudian terlibat konspirasi untuk menyingkirkan Dr. Hanover. Di sisi lain, dia dianggap malaikat oleh Charlotte, salah satu pasien yang ditolongnya melarikan diri karena akan direndam dalam air mendidih oleh Dr. Hanover.

Sulit untuk mengucapkan kata humanis dalam menggambarkan karakter Ratched karena kepribadiannya yang bertolak belakang. Tapi, itu pula yang menjadi kekuatan dari serial ini. Banyaknya jalan cerita yang sulit ditebak ditambah dengan berbagai kegilaan semua karakternya, membuat kita penasaran.

Karakter Ratched di serial ini nggak begitu saja memuaskan semua orang. Sejatinya Ratched merupakan karakter yang diadaptasi dari buku One Flew Over Cuckoo’s Nest. Dibanding di buku, karakter di serial ini banyak yang merasa terlalu kelam. Terlalu banyaknya adegan yang dianggap brutal dibanding pendalaman karakter.

Kalau suka serial yang jalan ceritanya bisa berubah di luar perkiraan, Ratched adalah pilihan yang tepat. Hanya saja perlu menyiapkan mental karena banyaknya adegan yang bisa mengganggu pikiran bagi yang belum terbiasa. Atau mungkin untuk menambah bekal supaya mengenal Ratched, bisa menyaksikan dulu film One Flew Over Cuckoo’s Nest yang dibintangi Jack Nicholson.

Namanya juga thriller, cara menikmatinya pasti beda dengan drama. Apa kamu berani nonton serial ini sampai tamat? Ditonton beramai-ramai bersama teman mungkin akan lebih seru. Minimal, kamu nggak akan merasa ngeri sendirian. Kalau kamu kuat menyelesaikan serial ini, coba bagikan pengalamanmu di kolom komentar, teman-teman. 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram