bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Pretty Man S1, Kehidupan Tragis Anak Haram

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 30 Agustus 2021

Terlahir sebagai anak haram dengan wajah yang sangat tampan, ternyata bukanlah hal yang menyenangkan. Inilah yang dirasakan oleh Lu Ji Nian, meski tampan ia harus kehilangan sosok ayah dan ibu dalam hidupnya. Meski begitu Xu Jian Mu adik tirinya begitu menyayanginya, sayangnya ibunya Han Run Cu begitu sangat membenci Lu Jin Nian.

Kisah hidup Lu Jin Nian yang sangat menyedihkan ini terangkum dalam drama berjudul Pretty Man. Drama ini diambil dari webtoon berjudul “Bringing the Nation’s Husband Home” karya Ye Fei Ye yang sukses di pasaran. Drama yang mendapatkan rating 7.2 di My Drama List ini ternyata mendapatkan cukup banyak kritikan tapi dramanya lumayan sukses.

Lalu bagaimana kehidupan Lu Jin Nian yang menyedihkan ini? Kamu bisa membaca informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Sinopsis

Sinopsis & Review Pretty Man S1, Kehidupan Tragis Anak Haram 1
  • Tanggal Penayangan: 15 Januari – 7 Februari 2018
  • Genre: Drama Romantic
  • Jumlah Episode: 28 Episode
  • Pemain: Sierra Li, Dylan Xiong, Jerry Yu, Zhao Yao Ke, His Tien, Tiffany Zhong, Tian Xin
  • Sutradara: Gary Sing, Tian Shao Bo
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures, 1CM

Liu Ji Nian adalah anak yang sangat pendiam dan cenderung penyendiri. Meski begitu tidak ada seorangpun yang membantah bahwa ia sangatlah tampan. Hingga di suatu hari yang turun hujan, Liu Jin Nian di pertemukan dengan Qiao An Hao. Cinta pada pandangan pertama ini semakin berkembang semenjak keduanya dipertemukan di sekolah yang sama.

Di sisi lain kehidupan Lu Jin Nian cukup sulit, pasalnya ia terlahir dari wanita yang dianggap sebagai selingkuhan. Ia bahkan hidup terpisah dari ayahnya semenjak ibunya meninggal dunia, itu semua karena ibu tirinya Han Run Cu. Tapi ada satu orang yang sangat menyayangi dan mendukungnya yaitu Xu Jia Mu, adik tiri Lu Jin Nian.

Keduanya bersekolah di sekolah yang sama, Xu Jia Mu yang memiliki kepribadian lebih cerah selalu berusaha mendekati kakaknya. Lu Jin Nian sebenarnya ingin membangun batas, namun pada akhirnya ia justru begitu menyayangi adiknya ini.

Sejak masa sekolah Qiao An Ha dan Lu Jin Nian sudah saling menyukai, sayangnya karena sabotase Han Run Cu keduanya harus berpisah. Demi menyelamatkan perusahaan, Han Run Cu menjadikan Lu Jin Nian pengantin palsu menggantikan putranya Xu Jia Mu yang koma.

Tapi hal yang tidak di sangka-sangka datang ketika Qiao An Hao mengandung anak Lu Jin Nian. Han Run Cu yang kesal membuat skenario agar Qiao An Hao keguguran, tapi hal ini akhirnya diketahui oleh Lu Jin Nian.

Marah, Lu Jin Nian yang sudah sukses membuat perusahaan ayahnya di ambang kebangrutan. Di sisi lain Lu Jin Nian dan Qiao An Hao akhirnya bisa bersama dan membalaskan sakit hati mereka pada han Ru Cu.

Drama yang Menyedihkan dan Cukup Tragis

Sinopsis & Review Pretty Man S1, Kehidupan Tragis Anak Haram 3

Saat saya menonton drama ini, hal yang paling dirasakan adalah rasa sedih yang mendalam. Pasalnya Karakter Lu Jin Nian di drama ini memiliki kehidupan yang cukup tragis dan sulit untuk dijalani.

Hidup sebatang kara ketika ibunya meninggal dunia dan ayahnya tidak bisa memberikannya perhatian. Selain itu ibu tirinya yang jahat, benar-benar tidak membiarkannya untuk hidup dengan nyaman.

Saat ia mulai mendapatkan kebahagian ketika merasakan jatuh cinta, hal ini pun dihancurkan oleh ibu tirinya. Ia menyabotase dan membuat skenario seakan wanita yang dicintai Liu Jin Nian justru mencintai adiknya yaitu Xu Jia Mu. Tak puas membuat kehidupan Liu Jin Nian hancur saat berada di puncak karirnya sebagai seorang aktor.

Ibu tirinya membuat ia harus menikah dengan wanita yang ia cinta, tapi sebagai pengganti adiknya yang sedang koma. Bahkan anak yang dikandung oleh Qiao An Hao dibunuh dengan mudahnya oleh sang ibu tiri. Semua ini karena kebencian Han Run Cu kepada ibu Li Jin Nian yang dianggap telah mengganggu rumah tangganya.

Liu Jin Nian yang sejak usia muda sudah hidup susah, tentu memiliki luka dalam hatinya. Dalam hal ini Dylan Xiong berhasil memberikan gambaran rasa sakit dan depresi dengan baik, apalagi tatapan penuh cintanya pada Sierra Li yang berperan sebagai Qiao An Hao sangat baik. Dylan Xiong berhasil men-deliver perasaan seorang anak yang tidak bisa mengungkapkan perasaannya.

Baca juga: Drama Mandarin Romantis yang Bakal Bikin Senyum Sendiri

Akting yang Memukau dari Para Pemainnya

Sinopsis & Review Pretty Man S1, Kehidupan Tragis Anak Haram 5

Sebelumnya saya sudah menyinggung soal akting Dylan Wang dan Sierra Li yang sangat baik. Dylan Xiong dengan wajahnya yang rupawan, berhasil menunjukkan rasa frustasi dan depresi yang dialami Lu Jin Nian dengan sangat baik. Tidak banyak berbicara tapi raut wajahnya berbicara sangat banyak dan hal ini cukup menyentuh hati.

Bagaimana Lu Jin Nian menahan semua perasaannya dan hinaan yang ia dapat dari ibu tirinya. Meski begitu Lu Jin Nian tetap memiliki sisi lembut pada Qiao An Hao dan Xu Jia Mu. Pengendalian emosi Lu Jin Nian sangat baik, tapi sebagai manusia ia beberapa kali kehilangan kontrol hingga membuat Qiao An Hao yang berstatus sebagai istri adiknya mengandung anaknya.

Sierra Li juga berhasil memberikan kesan wanita yang penuh semangat tapi memiliki sikap yang polos. Hal ini terlihat ketika masa sekolah Qiao An Hao yang selalu terlihat riang dan begitu polos. Caranya mendekati Lu Jin Nian dengan malu-malu, terlihat sangat manis. Perubahan karakter Qiao An Hao terlihat saat di penghujung dramanya, dimana ia menjadi lebih kuat dan ambisius.

Karakter lainnya yang menurut saya sangat menarik adalah Han Ru Cu yang diperankan oleh Hsin Tien. Pasalnya karakternya benar-benar sangat menyebalkan dan sangat mementingkan dirinya sendiri. Ia membuat anak orang lain untuk menikah dengan pria pengganti anaknya. Ia juga rela melakukan pekerjaan kotor untuk membunuh janin dan mencelakai Qiao An Hao.

Tujuannya satu yaitu membuat hidup Lu Jin Nian si anak haram dari suaminya menderita. Tapi di sisi lain saya tahu bahwa ia adalah ibu yang sangat menyayangi anaknya. Hanya saja sifat tamak dan egoisnya membuatnya menjadi seorang pembunuh berdarah dingin.

Overall saya sangat menyukai bagaimana para pemain drama Pretty Man season 1 ini bisa men-deliver karakter masing-masing. Sejak awal drama saya tidak merasakan adanya karakter yang kurang maksimal atau masih mencari-cari kenyamanan. Semuanya memerakan karakter dan memberikan akting yang cukup baik sejak awal.

Hujan Kritikan karena Berbeda dengan Webtoon

Sinopsis & Review Pretty Man S1, Kehidupan Tragis Anak Haram 7

Seperti yang sudah dibahas di pembukaan, drama Pretty Man (2018) ini ternyata diadaptasi dari webtoon ternama karya Ye Fei Ye. Webtoon populer berjudul “Bringing the Nation’s Husband Home” yang sudah di baca hingga 84.9 juta readers. Tentu saja pembuatan versi dramanya memang sangat di tunggu-tunggu oleh penggemar webtoon hits ini.

Tapi hal yang sering terjadi ketika mengangkat adaptasi dari novel atau webtoon, penyajiannya yang terkadang tidak sesuai ekspektasi fans. Hal ini sepertinya terjadi pada drama Pretty Man season 1, pasalnya meski populer drama ini dihujani cukup banyak kritikan. Dari orang-orang yang sudah membaca versi webtoon, drama ini dinilai kurang membuat mereka puas.

Pasalnya ada banyak momen penting dalam webtoon yang tidak ditampilkan dalam drama. Apalagi hal yang paling banyak di kritik adalah endingnya yang sangat menggantung. Ending season pertama ini banyak sekali di kritik karena terasa tidak sesuai dengan webtoon.

Saya sendiri belum pernah membaca versi webtoon-nya, tapi untuk dramanya saya sangat suka dengan cerita yang diangkat. Plotnya juga cukup rapi dan plot twist yang diberikan membuat drama ini makin bergejolak. Tapi memang ending-nya agak mengagetkan, karena ending yang harusnya bahagia justru diakhiri dengan ending menyedihkan.

Pretty Man (2018) sebenarnya bukan drama yang berat untuk di tonton, hanya saja cukup menguras emosi. Saya sendiri menyukai bagaimana drama ini bisa mengembangkan plotnya dan tidak keluar dari premis ceritanya sejak awal.

Pretty Man Season 1
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram