bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Pokémon: Mewtwo Strikes Back Evolution

Seorang ilmuwan menemukan dan mengeksploitasi sebuah fosil dari Pokémon mitos legendaris yang dikenal dengan Pokémon Mew. Kemudian mereka memanfaatkan fosil tersebut dan menciptakan Pokémon baru yang mereka sebut dengan Mewtwo.

Ketika tersadar, Mewtwo meragukan asal usul, alasan dia diciptakan dan oleh siapa dia diciptakan. Mewtwo mulai membenci manusia yang menciptakannya. Mewtwo berusaha membalas dendam dan menyebutnya sebagai makhluk terkuat.

Kemudian, Mewtwo mengundang para pelatih Pokémon terhebat yang ada di dunia. Namun, hidup para Pokémon yang menghadiri undangan tersebut terancam.

Akankah Satoshi dan Pikachu dapat menangani tantangan dari Mewtwo? Dan apakah Mewtwo dapat menemukan makna baru bagi hidupnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan Bacaterus berikut ini.

Baca juga: 10 Pokemon Paling Legendaris yang Wajib untuk Ditaklukkan

Sinopsis

Review Pokémon Mewtwo Strikes Back Evolution_sinopsis_

Para ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Fuji melakukan sebuah penelitian mengenai Pokémon mitos yang legendaris. Dr. Fuji telah disewa oleh Sakaki untuk membuat kloning sebagai senjata baru untuk menguasai dunia. Dr. Fuji mencoba membuat kloning dari Pokémon legendaris Mew.

Beberapa tahun kemudian, Mewtwo hasil dari kloning Pokémon Mew terbangun. Namun, Mewtwo marah karena tidak menerima alasan yang diberikan oleh Dr. Fuji.

Mewtwo kemudian melepaskan kekuatannya sehingga menghancurkan laboratorium tempatnya terbangun dan membunuh Dr. Fuji beserta rekan-rekannya.

Tak lama, Sakaki muncul di hadapan Mewtwo dan mengajaknya bekerjasama menguasai dunia. Mewtwo pun diasah kemampuannya oleh Sakaki. Tapi setelah tersadar kalau dirinya hanya dimanfaatkan, Mewtwo melarikan diri. Ia pergi ke Pulau Baru dan merencanakan balas dendamnya pada manusia.

Scene beralih pada Satoshi, Takeshi dan Kasumi yang berjalan-jalan di sekitar pulau. Satoshi sangat semangat untuk melakukan petualangan baru bersama teman-temannya. Tapi, dia merasa kelaparan dan ingin segera makan. Takeshi pun kemudian membuatkan makanan untuk mereka bertiga. 

Namun, tiba-tiba datang orang asing yang menantang Satoshi untuk menguji kekuatan Pokémon. Dengan senang hati, Satoshi menerima tantangan tersebut dan dengan mudah mengalahkan Pokémon lawan. 

Saat sedang menyantap makanan, tiba-tiba datang Pokémon yang mengantarkan sebuah undangan untuk Satoshi dan teman-temannya. Sementara tak jauh dari tempat Satoshi berada, tim Rocket memperhatikan mereka dari kejauhan.

Mewtwo mengundang para pelatih Pokémon terhebat yang ada di dunia untuk datang ke Pulau Baru. Beberapa pelatih Pokémon yang diundang adalah Satoshi, Takeshi dan Kasumi. Namun, saat mereka sampai di pelabuhan Old Shore Wharf, terjadi sebuah badai yang menyebabkan perahu tidak bisa diberangkatkan.

Kemudian Takeshi dan teman-teman menaiki perahu yang dibawa oleh Tim Rocket yang menyamar. Tapi, perahu yang mereka tumpangi terbawa arus sehingga Takeshi dan yang lain menggunakan Pokémon mereka untuk mencapai Pulau Baru.

Setibanya di Pulau Baru, Takeshi dan teman-temannya dipandu oleh seorang wanita yang muncul dari hologram undangan. Tak lama, para pelatih yang diundang pun bertemu dengan Mewtwo. Kemudian terungkap kalau wanita yang ada di hologram itu adalah Joy yang telah diculik dan dikendalikan oleh Mewtwo.

Mewtwo menantang para pelatih Pokémon untuk melawan kloning Pokémon yang telah diciptakannya. Sementara itu, tim Rocket diam-diam mencapai Pulau Baru.

Mereka kemudian menemukan laboratorium tempat Mewtwo membuat kloning Pokémon. Tapi, mereka tidak sadar kalau selama perjalanan telah diikuti oleh Mew.

Kloning Pokémon yang diciptakan Mewtwo dengan mudah mengalahkan Pokémon asli. Kemudian Mewtwo merebut paksa Pokémon yang ada di sana dan Pikachu pun termasuk sasarannya. Tujuan Mewtwo adalah membuat sebanyak mungkin kloning Pokémon.

Satoshi mengejar Pikachu yang telah dibawa ke lab tempat kloning. Dengan sekuat tenaga, Satoshi berusaha menghancurkan mesin kloning dan membebaskan Pokémon yang telah ditangkap.

Satoshi kemudian memimpin para Pokémon yang telah bebas untuk menghadapi Mewtwo dan kloningan para Pokémon tadi.

Saat Satoshi berusaha melawan Mewtwo, muncul Mew dihadapan mereka. Mewtwo kemudian menyadari kalau Mew adalah asal usul dirinya. Kemudian Mewtwo pun menantangnya untuk membuktikan siapa yang paling unggul.

 Nostalgia Anime Pokémon

Review Pokémon Mewtwo Strikes Back Evolution_Nostalgia Anime Pokémon_

Bagi anak tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan anime Pokémon. Menonton film Pokémon: Mewtwo Strikes back Evolution ini membuat saya bernostalgia dengan seri animenya. Seperti diketahui kalau film ini merupakan sebuah remake dari seri anime Pokémon (1998).

Tentu saja ada perbedaan dengan seri aslinya, terutama dari visualnya yang ditampilkan dalam versi 3D. Mulai dari para Pokémon sampai latar tempatnya terlihat ‘hidup’ dan memanjakan mata. Sampai ke pertarungan para Pokémon pun terlihat cukup mulus. 

Walaupun ada sedikit minus dari visualnya yang terlihat sedikit kaku. Apalagi jika dibandingkan dengan versi seri anime dimana para karakternya terlihat lebih berekspresi.

Film yang berdurasi sekitar 96 menit ini cukup mengobati rasa rindu dengan tingkah lucu Pikachu dan tentu saja tim Rocket yang selalu saya nantikan. Tim Rocket ini menurut saya selalu saja bisa menghibur dengan kekonyolan yang mereka buat, sehingga membuat jalan cerita semakin menarik. 

Makna Kehidupan yang Sesungguhnya

Review Pokémon Mewtwo Strikes Back Evolution_Makna Kehidupan yang Sesungguhnya_

Pada saat para kloning Pokémon bertempur, hanya klon dari Meowtwo yang tidak bertarung. Klonnya itu menyadari kalau mereka bertempur hanya akan saling menyakiti satu sama lainnya.

Satoshi yang melihat pertempuran antara Mewtwo dan Mew pun mencoba menghentikannya. Tapi Satoshi berakhir menjadi batu karena terkena serangan dari mereka berdua.

Adegan saat Pikachu mencoba membangunkan Satoshi yang menjadi batu ini cukup membuat saya terharu, karena terlihat sekali kalau Pikachu merasa sedih.

Setelah Mewtwo melihat kejadian tersebut, akhirnya dia sadar akan makna kehidupan yang selama ini dia cari. Dia pun menghentikan pertempuran antar Pokémon kemudian menghapus ingatan menyedihkan bagi manusia dan Pokémon. Tapi, dia akan selalu mengingat kejadian yang telah menyadarkannya itu. 

Happy Ending

Review Pokémon Mewtwo Strikes Back Evolution_Happy Ending_

Dan akhir cerita dari film Pokémon: Mewtwo Strikes Back Evolution (2019) pun berakhir dengan happy ending. Dengan kembalinya para pelatih Pokémon ke pelabuhan Old Shore Wharf, kemudian perawat Joy pun telah kembali ke pusat kesehatan Pokémon.

Bahkan, badai besar yang sebelumnya terjadi pun menghilang begitu saja. Di akhir cerita, diperlihatkan kalau seolah-olah tidak pernah ada kejadian pertarungan dengan Mewtwo.

Lucunya, disaat para pelatih Pokémon yang lain telah kembali ke tempat semula, tim Rocket tetap berada di Pulau Baru. Tapi, mereka terlihat sangat menikmati waktu mereka di sana.

Nah, itulah ulasan dari Pokémon: Mewtwo Strikes Back Evolution (2019). Bagaimana? Sudah cukup mengobati rasa rindu kalian pada seri anime Pokémon? Kalau ingin maraton menonton Pokemon, sebaiknya mampir ke artikel Urutan Pokemon Anime Series yang Benar ini dulu.

Oh iya, jangan lupa untuk menonton sampai kredit selesai ya, karena ada sedikit cuplikan akhir cerita dari Mewtwo, Mew beserta kloningan Pokémon yang lainnya.

Pokémon: Mewtwo Strikes Back Evolution
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram