Sinopsis & Review Pinocchio, Drama Seputar Media & Pembunuhan

Ditulis oleh Syuri
Pinocchio
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Jae Myung harus kehilangan keluarga bahagianya karena pemberitaan media yang salah. Tubuh ayahnya belum ditemukan dalam insiden kebakaran, namun telah dicap sebagai tersangka atas tewasnya kru pemadam kebakaran. Hal itu membuat keluarga Jae Myung terus dirundung oleh seluruh warga Korea Selatan.

Ibunya yang tertekan nekat bunuh diri sambil membawa adiknya, Ha Myung. Namun, dia tidak tahu kalau Ha Myung diselamatkan oleh seorang kakek yang pikun, Choi Gong Phil. Ha Myung diadopsi, namanya diganti menjadi Choi Dal Po dan kini hidup di sebuah pulau kecil.

Cucu kakek Gong Phil, Choi In Ha, yang menjadi 'keponakan' Dal Po, ternyata anak reporter Song Cha Ok. Reporter itulah yang telah membawakan berita yang berisi asumsi tentang ayah Dal Po.

Dal Po yang diam-diam telah jatuh hati kepada In Ha menjadi dilema. Dia membenci ibu In Ha, tapi dia juga menyayangi In Ha. Lalu, bagaimana kelanjutan kisah mereka? Yuk, baca sinopsis dan review-nya dari Bacaterus berikut ini.

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2014-2015
  • Genre: Romance, Drama, Comedy, Family
  • Produksi: iHQ
  • Sutradara: Jo Soo Won, Shin Seung Woo
  • Pemeran: Lee Jong Suk, Park Shin Hye, Kim Young Kwang, Lee Yu Bi, Nam Da Reum, Roh Jeong Eui, Jin Kyung, Kim Kwang Kyu, Kim Young Hoon, Im Byung Ki, Yoon Seo Hyun, Lee Seung Ho, Lee Pil Mo, Min Sung Wook
  • Jumlah episode: 20

Ki Ha Myung muda (Nam Da Reum) memiliki keluarga yang bahagia. Ayahnya, Ki Ho Sang (Jung In Gi) adalah seorang kapten regu pemadam kebakaran. Dia masih memiliki ibu (Jang Young Nam) dan kakak yang bernama Ki Jae Myung (Shin Jae Ha). Namun, kebahagiaan keluarga kecil ini berakhir.

Semua itu karena ada kejadian kebakaran di suatu gedung. Pemadam kebakaran yang dipimpin oleh Ki Ho Sang lah yang datang ke lokasi tersebut. Namun, terjadi ledakan yang menewaskan semua kru pemadam kebakaran.

Seorang reporter bernama Song Cha Ok (Jin Kyung) menggiring opini bahwa Ho Sang yang dinyatakan hilang pada saat melakukan misi penyelamatan kebakaran lah penyebab kematian para anak buahnya. Berita tersebut membuat keluarga Ki terus menerus disudutkan oleh publik.

Ibu Ha Myung yang merasa tertekan dan putus asa memutuskan untuk bunuh diri. Dia terjun ke laut dengan mengajak Ha Myung. Jae Myung, sang kakak, menjadi sebatang kara. Dia merasa sangat kecewa dan terluka, serta menyalahkan media, khususnya Cha Ok.

Namun, ada yang Jae Myung tidak ketahui. Bahwa adiknya, Ha Myung, diselamatkan oleh Choi Gong Phil (Byun Hee Bong), seorang kakek yang mengalami demensia. Dia mengganti nama Ha Myung menjadi Choi Dal Po, serta menganggap Ha Myung merupakan Dal Po, anaknya yang sebenarnya sudah meninggal bertahun-tahun lalu.

Choi Dal Pyung (Shin Jung Geun) bersama anaknya, Choi In Ha, memutuskan pulang ke rumah ayahnya karena telah bercerai dengan istrinya. Ketika baru saja tiba di rumah Gong Phil, dia merasa kebingungan dengan kehadiran 'kakak' barunya sekaligus 'paman' baru bagi In Ha.

Dal Po pun menceritakan kalau dia sudah diadopsi secara resmi oleh Choi Gong Phil dengan bantuan hakim dan kepala desa setempat. Dal Po memohon untuk tetap mengijinkan dia menjaga Gong Phil sampai keadaannya membaik.

Dalam kehidupannya bersama keluarga Choi, 'Dal Po 'akhirnya mengetahui kalau In Ha adalah putri Cha Ok, reporter yang menyebabkan keruntuhan keluarganya. Namun, dia berusaha bersikap seperti biasa di hadapan In Ha.

Di sekolah, Dal Po terkenal dengan sebutan Zero, karena nilainya selalu nol. Namun, satu kali dalam kompetisi, Dal Po menang dan mengalahkan Ahn Chan Soo (Lee Joo Seung), juara pertama di sekolah. Semua orang di sekolah menduga Dal Po curang, namun In Ha yakin kalau Dal Po tidak bohong, untuk membuktikannya In Ha mencari segala bukti dan mengumpulkannya.

Di saat yang berbeda, Dal Po mengikuti kompetisi di televisi dengan melawan Chan Soo yang mampu menjawab dengan baik pertanyaan dari pembawa acara. Dal Pyung melihatnya melalui televisi di pasar, dan menelpon ayahnya untuk mencari tahu apakah ayahnya menonton televisi atau tidak.

In Ha (Park Shin Hye) yang teringat menyimpan bukti kepintaran Dal Po di kamarnya, bergegas pulang kerumah. Namun, terlambat, sang kakek sudah melihatnya.

Gong Phil sangat terkejut, karena Dal Po anak kandungnya tidak mungkin sepintar Dal Po yang selama ini hidup bersamanya. Dia pun teringat kalau anak aslinya telah meninggal, dan Dal Po ini bukanlah anaknya. Akan tetapi, dia berpura-pura tidak mengetahui kebenaran ini.

Setelah lulus SMA, In Ha mengikuti tes wawancara di sebuah stasiun televisi. Sebelumnya, dia mengirimkan SMS ke nomor yang dia yakini milik ibunya. Pada akhirnya nanti diketahui kalau nomor itu milik Seo Beom Jo (Kim Young Kwang).

Kemudian, sesampainya di tempat tes, ternyata ibunya menjadi salah satu pewawancaranya. Cha Ok sengaja mempersulit In Ha, sehingga In Ha gagal dalam wawancara tersebut.

In Ha pulang kerumah dengan kecewa. Dal Po menyemangati In Ha, dan membuat In Ha merasa lebih baik. Di saat yang bersamaan, ayah In Ha bisa melihat kalau Dal Po menyukai In Ha. Dia pun mengatakan pada Dal Po untuk bisa menjaga jarak dengan anaknya.

Pada sebuah kesempatan, Dal Po dan In Ha mengikuti wawancara untuk posisi reporter media. Namun, karena In Ha tidak meyakini apa yang dilaporkan dalam tes tersebut, dia jadi cegukan dan tidak bisa berhenti. Para pewawancara pun menilai In Ha kurang cocok jika menjadi reporter. Tapi, Dal Po terus berusaha sehingga dia dan In Ha diterima sebagai reporter.

Dal Po akhirnya mengetahui keberadaan ayah kandungnya yang selama ini dinyatakan hilang, namun sayangnya dalam kondisi sudah meninggal. Saat Dal Po ingin mengambil jenazah ayahnya, dia terlambat karena seseorang sudah mengambilnya lebih dulu. Ternyata Jae Myung, kakak Dal Po yang sudah mengambil jenazah ayah mereka. Namun, mereka berdua belum dipertemukan.

Stasiun TV tempat Cha Ok bekerja sedang mengalami krisis, sehingga mereka membutuhkan In Ha sebagai seorang reporter yang tidak bisa berbohong untuk mengatasi situasi tersebut. In Ha pun setuju untuk bekerja di sana.

In Ha memberanikan diri mengungkapkan perasaannya kepada Dal Po. Meski Dal Po tahu In Ha tidak berbohong karena tidak cegukan, akan tetapi, Dal Po berpura-pura kalau In Ha berbohong. Karena, dia ingat pesan ayah In Ha untuk menjauhi anaknya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram