bacaterus web banner retina

Review dan Sinopsis Only Mine, Kabur dari Pacar yang Posesif

Saat seseorang baru memulai hubungan dengan kekasih barunya, mungkin semua akan tampak indah. Namun bagaimana jika kemudian kita mengetahui sifat asli pasangan yang nyatanya tidak sebaik apa yang kita kira?

Hal ini yang dialami Julie, tokoh utama dalam film Only Mine. Kebahagiaannya bersama sang kekasih ternyata hanya bertahan sebentar saja, karena setelah itu Julie menyadari sikap kekasihnya yang begitu posesif. Bagaimana kelanjutan ceritanya? Berikut review dan sinopsisnya!

Sinopsis

only-mine-1_

Film Only Mine mengisahkan tentang seorang gadis bernama Julie Dillon yang tinggal di bekerja di sebuah kota kecil menjadi pelayan café sembari menunggu pendaftaran kuliahnya. Suatu hari, Julie yang berkendara dengan cepat saat berangkat kerja. Ia kemudian diberhentikan oleh Opsir David Barragan, seorang petugas polisi baru di kota tersebut.

Di pertemuan itu mereka saling berkenalan hingga David pun mendatangi café tempat Julie bekerja. David sendiri merupakan penduduk baru di kota tersebut, namun ia mengenal dekat Chief Dood, kepala polisi kota yang dulu berteman baik dengan ayahnya. Julia dan David kemudian semakin dekat dan mereka pun akhirnya berpacaran.

Pada masa awal-awal pacaran, hubungan Julie dan David tampak begitu bahagia. Julie sudah membawa David ke rumahnya dan bertemu ibunya. David juga mengajak Julie ke pondok warisan ayahnya yang terletak di ujung kota. Namun semakin lama, David semakin memperlihatkan sifatnya yang posesif dan berlebihan pada Julie.

Tanpa alasan apa pun, David sering cemburu dan mencurigai Tomas, rekan kerja Julie di café. David juga sering marah dan khawatir jika Julie tak mengangkat teleponnya. Bahkan saat Julie tengah menjaga anak sahabatnya, Suzanne, David menyusulnya dan mengatakan jika ia mencemaskannya. Julie yang mulai takut dengan sikap David pun perlahan menjauh.

Namun David tak mau berpisah dari Julie. Ia selalu menyusul kemana pun Julie pergi. Julie bahkan sampai meminta tolong pada Chief Dood agar memerintahkan David menjauhinya. Puncaknya, David menyusup ke halaman rumah Julie untuk menemuinya.

Ia mengatakan bahwa Julie tak boleh berpisah dengannya, David juga mulai memberi ancaman menggunakan alat tajam yang ada di kebun.

Hal tersebut semakin membuat Julie paranoid dan ketakutan. Ia sering membayangkan jika David tiba-tiba datang dan hendak melukainya. Melihat hal itu, Tomas mengizinkan Julie untuk libur bekerja sejenak. Julie kemudian pergi dan mencari seorang wanita bernama Alicia yang sempat disebut David sebagai mantan kekasihnya.

Saat ditemui, Alicia tampak ketakutan mendengar nama David dan ia pun tak mau menceritakan apa pun. Julie kemudian kembali pulang, namun di tengah jalan mobilnya ditabrak oleh mobil David.

David kembali mengancam bahwa ia bisa membunuh Julie jika ia tak mau kembali dengannya. David kemudian membawa Julie dengan mobilnya ke sebuah wilayah perbukitan yang jauh dari kota.

Di pinggir perbukitan dekat pondoknya tersebut, David meminta Julie untuk menikah dengannya. Saat David lengah, Julie berusaha lari ke hutan. David mengejarnya dan mulai menembakinya hingga Julie terluka parah dan tak bergerak di hutan. David kemudian meninggalkannya dan kembali ke kota seolah tidak terjadi apa-apa.

Berita hilangnya Julie pun tersebar dan pihak kepolisian melakukan pencarian. Mereka juga dibantu oleh Sersan John Miller dari divisi penyidikan kriminal yang datang dari kepolisian pusat. Sersan Miller cukup mencurigai David, namun David berusaha menutupi kejahatannya hingga akhirnya ia terpojok dan kabur dari kota.

David bersembunyi di pondok milik ayahnya. Namun rupanya Julie yang entah bagaimana caranya bisa bertahan berhasil menyusup ke pondok milik David. Di sisi lain, Chief Dodd juga menyergap David di luar pondok. Saat disergap, David justru menyerang dan menembak Dood. Ia kemudian kembali masuk ke pondok, namun Julie sudah ada di dalam.

Julie akhirnye berhasil membunuh David. Sementara di luar, Dood yang terluka sudah memanggil para polisi lain untuk datang. Bantuan pun berdatangan. Julie akhirnya selamat dan kembali bertemu dengan ibunya.

Diangkat dari Kisah Nyata Laura Kucera

only-mine-2_

Alur cerita film berdurasi 87 menit ini yaitu mengenai seorang gadis yang nyaris kehilangan nyawanya akibat kekasih yang terlalu posesif.

Kisah seperti ini tampak begitu mengerikan, namun rupanya apa yang dikisahkan dalam film Only Mine ini adalah kisah yang diangkat dari peristiwa nyata. Termasuk juga mengenai bagaimana sosok Julie bisa bertahan meski sudah berusaha dibunuh oleh David.

Pada bagian akhir cerita, para karakter pendukung memberikan testimoni dalam sebuah wawancara yang menyatakan kekagumannya pada Jolie karena ia bisa bertahan hidup meski telah berusaha dibunuh dan ditinggalkan berhari-hari di dalam hutan oleh David. Adegan kemudian ditutup dengan Julie yang mengatakan bahwa dirinya bisa bertahan hidup.

Karakter Julie Dillon ini nyatanya diambil dari sosok seorang wanita bernama Laura Kucera. Pada bagian ending film, ditampilkan sebuah narasi mengenai sosok Laura Kucera ini. Laura Kucera merupakan seorang gadis yang pada tahun 1995 mengalami peristiwa naas dan nyaris terbunuh, namun dirinya bisa bertahan dan tetap hidup.

Setelah mengetahui bahwa cerita dalam film Only Mine ini merupakan cerita yang diangkat dari kisah nyata, film ini terasa semakin seru kan?

Alur Maju Mundur dengan Selingan Wawancara

only-mine-3_

Ada konsep yang cukup unik pada film Only Mine ini. Film ini diceritakan dengan alur maju mundur dimana pada beberapa adegan disisipkan dengan adegan wawancara para karakter filmnya.

Selayaknya orang diwawancara, para karakter dalam film ini akan berbicara ke arah kamera dengan angle medium shot khas para narasumber yang diwawancara dan menceritakan tentang kasus Julie.

Adegan semacam wawancara ini tampaknya ditampilkan untuk menguatkan kisah dalam film Only Mine yang diangkat dari kisah nyata ini.

Selain itu, alur maju mundur yang digunakan dalam film ini juga membuat kita akan ikut penasaran mengenai apa yang terjadi pada Julie selanjutnya. Terlebih lagi di awal film, diperlihatkan bagaimana Julie yang seolah sudah meregang nyawa di hutan.

Pesan untuk Para Perempuan

only-mine-4_

Kisah nyata mengenai Laura Kucera yang kemudian diadaptasi menjadi cerita Julie dalam film Only Mine ini memiliki pesan yang cukup penting, terutama bagi para kaum perempuan. Dari kisah yang dialami Laura atau pun Julie, para wanita diajak untuk semakin berhati-hati pada orang yang baru dikenalnya karena tindak kejahatan semacam ini bisa menimpa siapa saja.

Dari apa yang dilalui Laura atau Julie, kita juga bisa mengambil pesan mengenai bagaimana para perempuan sebenarnya bukanlah kaum yang lemah. Nyatanya, mereka bisa tetap bertahan dan menang meski sudah disakiti hingga nyaris dibunuh.

Narasi di bagian akhir film ber-genre thriller ini pun begitu jelas menyampaikan pesan mengenai kekuatan tak terduga dari sosok perempuan.

Itulah review dan sinopsis dari film Only Mine, film mengenai seorang wanita yang berusaha keluar dari hubungannya yang toxic dengan kekasih posesif. Mungkin diantara kamu punya pengalaman yang hampir mirip dengan apa yang dialami Julie? Kamu boleh bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!

Only Mine
Rating: 
2.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram