bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Korea One Ordinary Day (2021)

Drama terbaru Kim Soo Hyun berjudul One Ordinary Day (2021) bersama aktor kelas A yang kawakan, Cha Seung Won, akhirnya tayang! Dibuat berdasarkan serial Criminal Justice (2008-2009), drama ini akan memuat ceritanya yang padat jadi 8 episode saja.

Disutradarai oleh Lee Myung Woo yang sebelumnya sukses dengan Backstreet Rookie (2020), One Ordinary Day (2021) sudah menjanjikan di dua episode awal.

Dari segi sinematografi dan tone, drama ini terasa sekali menyamai kualitas sebuah film. Kamu akan dipuaskan dari banyak hal, mulai dari kualitas akting, alur yang seru, skrip hingga penciptaan karakter. Seperti apa lengkapnya? Mari ikuti sama-sama ceritanya pada artikel berikut ini!

  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Thriller, Crime, Legal Drama
  • Produksi: Studio M, Chorokbaem Media, Gold Medalist
  • Sutradara: Lee Myung Woo
  • Pemeran: Kim Soo Hyun, Cha Seung Won, Kim Sung Kyu, Kim Hong Pa
  • Jumlah Episode: 8

Sinopsis

Kim Hyun Soo tak pernah menyangka malam indahnya bersama seorang gadis yang tidak dia kenal berakhir tragis. Pemuda itu mendapati sang gadis tewas setelah semalam bercinta dengannya.

Hyun Soo jadi tertuduh utama apalagi banyak bukti menyudutkannya. Di kantor polisi seorang pengacara berniat membantunya. Apakah Hyun Soo benar-benar tidak bersalah? Atau ada kejutan lain?

Episode 1-2

One Ordinary Day (2021)

Kim Hyun Soo menyusul teman-temannya liburan di sebuah villa setelah rencana kerja kelompoknya dibatalkan. Dia menggunakan taksi yang biasa ayahnya gunakan untuk bekerja.

Namuh, seorang gadis muda yang terlihat murung tiba-tiba naik begitu saja. Hyun Soo sudah menjelaskan kalau taksinya tidak sedang beroperasi, tapi dia tak mau dengar.

Alih-alih meninggalkannya, setelah sampai di tujuan, Hyun Soo malah menemaninya. Dia juga tidak menolak ketika diajak ke rumah gadis yang diketahui bernama Hong Guk Hwa itu. Guk Hwa tinggal sendiri di rumah yang besar. Sebelumnya dia tinggal bersama seorang teman, tapi mereka ribut besar dan temannya itu meninggalkan rumah.

Di rumah, Guk Hwa bermain-main dengan pisau hingga tanpa sengaja Hyun Soo melukai tangan gadis itu. Mereka minum-minum. Hyun Soo kembali diberi obat misterius untuk kedua kalinya tanpa menolak.

Mereka melanjutkan malam dengan bercinta. Menjelang dini hari, Hyun Soo terbangun di ruang tamu. Saat akan berpamitan dia kaget melihat Guk Hwa sudah tewas berlumuran darah.

Ketakutan dan panik, Hyun Soo bergegas kabur. Tak lupa dia membawa pisau yang semalam mereka gunakan untuk bermain-main. Seorang tetangga, pria paruh baya melihatnya kabur dengan tergesa-gesa.

Sial bagi Hyun Soo karena di jalan taksinya diperiksa polisi yang berpatroli. Sejurus kemudian Hyun Sop dicurigai sebagai tersangka pembunuhan sebab polisi juga menemukan pisau yang dia sembunyikan.

Berapa kali Hyun Soo membela diri, polisi tidak memercayainya begitu saja hingga seorang pengacara bernama Shin Joong Han yang sedang ada urusan di kantor polisi, menawarkan jasanya. Park Sang Beom, kepala polisi senior yang menangani kasus ini terkenal tenang dan detail. Dia terjun langsung ke TKP untuk memastikan semuanya.

Hari itu Sang Beom bertemu ayah tiri Guk Hwa, Cho Gang Pil, untuk meminta persetujuan otopsi. Hubungan ayah dan anak tiri itu canggung sejak kematian ibu Guk Hwa. Mereka tinggal terpisah.

Di kantor polisi Joong Han melarang Hyun Soo membuka mulut pada siapa pun. Tak lama kedua orangtua Hyun Soo menengok putranya di penjara. Hyun Soo meyakinkan mereka bahwa dia tidak membunuh. Pemuda itu melanggar larangan Joong Han.

Kasus ini akhirnya bocor ke media. Berkas Hyun Soo, yang sempat ditunda, akhirnya juga dilimpahkan ke kejaksaan. Jaksa Ahn Tae Hee bertugas menanganinya. Persidangan pun dilakukan dan hakim memutuskan Hyun Soo dipenjara.

Episode 3-4

One Ordinary Day Ep 3-4

Hyun Soo resmi ditahan. Joong Han menemui kedua orang tua pemuda itu dan bicara soal biaya yang diperlukan. Walau sudah mengurangi banyak dari standar tarifnya, ayah dan ibu Hyun Soo tetap kesulitan. Sementara itu kehidupan Hyun Soo di penjara tidak tenang karena dia diincar Geng Baekho.

Do Ji Tae, salah satu tahanan yang ditakuti sebab mengontrol penjualan ponsel, rokok dan sabu-sabu secara ilegal di penjara, menawarkan bantuannya. Keluarga Hyun Soo juga mendapat tawaran bantuan dari pengacara Park Mi Kyung, CEO dari firma hukum terkenal. Mereka tidak bisa menolak karena Mi Kyung menggratiskan jasanya.

Kyun Soo mulai bermasalah dengan Do Ji Tae karena dia melindungi salah satu napi yang menjual rokok tanpa seizinnya. Malam hari Kyun Soo terkejut ketika melihat teman satu selnya, yang kerap dipukuli Geng Baekho tewas gantung diri.

Dalam keadaan panik, Hyun Soo melarikan diri sehingga membuat dirinya dikejar dan dipukuli oleh petugas penjara. Hyun Soo kini berada di sel isolasi.

Tak lama dia dibawa ke kejaksaan untuk menjalani tes kejujuran atas ide An Tae Hee. Namun, tes kejujuran segera dibatalkan oleh Joong Han karena dia melihat Hyun Soo kesulitan dan dia tidak memenuhi syarat melakukan poligraf. Walau sudah bukan pengacara Kyun Soo, Joong Han masih terus melakukan penyelidikan.

Dia mendapatkan setumpuk riwayat pengobatan Guk Hwa di sebuah klinik rehabilitasi dan menjualnya pada Park Mi Kyung. Park Mi Kyung menggunakan berkas itu untuk bernegosiasi dengan An Tae Hee.

Mereka menggunakan berkas tersebut untuk membuat kesepakatan. Tuntutan hukuman untuk Hyun Soo yang semula 17 tahun, dikurangi jadi 10 tahun dengan syarat tidak mengajukan banding dan Hyun Soo bersedia mengakui pembunuhan itu.

Park Mi Kyung melakukan tugasnya meyakinkan Hyun Soo untuk menerima kesepakatan itu. Hyun Soo menyetujuinya. Namun di kesempatan terpisah, Joong Han menemui Hyun Soo.

Dia meminta pemuda itu untuk memikirkan kembali keputusannya. Dia minta agar Hyun Soo jujur terhadap keyakinannya; apakah dia mau dicap sebagai pembunuh untuk sesuatu yang tidak dia lakukan?

Tiba saat pengadilan, Hyun Soo menolak kesepakatan yang sudah dibuat dengan Mi Kyung dan Tae Hee. Dia ternyata tidak bisa bohong pada diri sendiri dan tetap teguh pada keyakinannya karena tidak membunuh Guk Hwa. Semua yang hadir terkejut, terutama Mi Kyung dan An Tae Hee.

Episode 5-6

One Ordinary Day Ep 5-6

Park Mi Kyung mundur setelah merasa dikhianati oleh pernyataan Hyun Soo, tapi dia membiarkan Soo Jin memegang kasusnya untuk alasan keuntungan. Soo Jin meminta bantuan Joong Han kembali. Di penjara Hyun Soo harus menerima siksaan dari Geng Baekho yang dipimpin Doo Sik.

Ji Tae memberinya bantuan tapi Hyun Soo harus rela bahunya cedera dan dibawa ke rumah sakit agar Ji Tae mendapatkan zat adiktif dalam perban yang dipakai membebat bahu Hyun Soo.

Sementara itu sidang Juri diputuskan untuk kasus Hyun Soo. Joong Han tidak punya pengalaman memenangkannya tapi dia percaya Hyun Soo bisa memenangkan hati juri di pengadilan.

Tae Hee berusaha keras meyakinkan juri bahwa Hyun Soo bersalah dan Joong Han melakukan sebaliknya. Tae Hee lantas mengusulkan juri untuk datang langsung ke TKP kepada Hakim. Hyun Soo tak ingin ikut tapi Joong Han membujuknya karena jika dia tidak ikut, juri bisa beranggapan lain.

Keadaan di penjara membingungkan Hyun Soo karena satgas narkotika melakukan inspeksi mendadak. Hyun Soo terlibat dalam pengedaran narkoba di lapas melalui perban yang dia pakai beberapa waktu lalu. Namun, pengaruh Ji Tae tampaknya sangat besar sehingga bisa membereskan semua.

Sementara itu Joong Han yang tidak menghadiri persidangan kedua tengah menyelidiki terduga lain. Dia menemui Hyo Jung, rekan Guk Hwa yang sempat bertengkar hebat dengan korban. Dia juga menemui Ki Jong, pemasok narkoba yang Guk Hwa konsumsi malam itu dengan Hyun Soo.

Joong Han juga menemui seorang pria yang terekam cctv membuntuti Guk Hwa dan Hyun Soo. Dia adalah seorang kurir yang pernah terlibat kekerasan seksual bernama Chul Ho. Joong Han menemuinya dan mengintimadasi Chul Ho sebagai tersangka.

Sementara itu suasana di pengadilan di luar kendali ketika Hyun Soo malah bersedia jadi saksi. Soo Jin yang mendampingi tidak bisa mencegah karena Hyun Soo merasa sudah cukup lama diam dituduh membunuh.

Hasilnya Hyun Soo dicecar banyak pertanyaan menyudutkan oleh Tae Hee. Posisinya yang di persidangan pertama cukup baik berkat bantuan Soo Jin kini berbalik.

Episode 7-8

Episode 7-8

Hyun Soo menunjukkan perubahan sikap menjadi lebih dingin dan terkesan tidak peduli pada apapun yang terjadi di pengadilan. Semua terjadi setelah Ji Tae memberinya masukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Di penjara Hyun Soo bahkan sudah mulai berani membalas dan menghajar Doo Shik.

Hyun Soo yang sudah memotong rambutnya kembali menghadiri persidangan. Joong Han menghadirkan beberapa saksi tapi kesaksian dari mereka berhasil dibantah Tae Hee.

Namun saksi yang terakhir, yaitu mantan istri Joong Han yang merupakan peneliti senior sekaligus dosen forensik, Hong Jung Ah, tampak berhasil menjabarkan bukti-bukti ilmiah yang kuat.

Bukti tersebut membuatnya yakin bahwa Hyun Soo besar kemungkinan bukan pembunuhnya. Alih-alih senang, Hyun Soo malah memperlihatkan ekspresi puas yang terkesan menyepelekan.

Di penjara, Hyun Soo menato lengannya. Dia mulai lebih dekat dengan Ji Tae. Hyun Soo bertanya apakah Ji Tae percaya dia bukan pembunuh Guk Hwa karena Hyun Soo mulai meragukan diri sendiri.

Hari persidangan selanjutnya, Joong Han berhasil tampil memuaskan. Dia bisa memojokkan Park Sang Bum karena menghilangkan salah satu barang bukti. Dia juga menghadirkan saksi lain yang pada malam itu berada di depan rumah Guk Hwa dan bertemu mereka, Seung Hun.

Seung Hun sudah beberapa lama menguntit dan mengambil foto di sekitar kediaman Guk Hwa. Dia juga sempat didenda karena ulahnya. Pada saat pengambilan keputusan, Joong Han memaksa tetap hadir walau penyakit gatalnya sedang parah.

Dia berhasil meyakinkan juri karena di antara 9 juri, 5 meyakini Hyun Soo tidak bersalah. Namun, putusan akhir tetap berada di tangan hakim. Sayangnya pengadilan tetap memvonis Hyun Soo bersalah dan menghukumnya penjara seumur hidup.

Hyun Soo terlihat pasrah. Dia juga tidak ingin banding. Sedih, satu-satunya teman Hyun Soo di penjara, Ji Tae, tewas dibunuh Doo Sik. Di sisi lain Joong Han tidak kehilangan harapan. Dia tetap yakin Hyun Soo tidak bersalah. Joong Han lantas mendesak Seung Hun buka suara soal foto-foto yang dia ambil di sekitar kediaman Guk Hwa.

Sejumlah foto yang dia dapat mengarahkannya pada pembunuh sebenarnya. Dia adalah Park Chan Yul, dokter rehabilitasi yang sempat Joong Han temui untuk mendapatkan laporan pengobatan Guk Hwa beberapa waktu lalu.

Guk Hwa ternyata sempat menjalin hubungan dengannya tapi setelah tahu Chan Yul sudah beristri, wanita tersebut meninggalkannya dan membuat Chan Yul murka.

Joong Han menyampaikan kabar bahagia ini pada Hyun Soo. Jaksa Tae Hee juga merevisi tuduhan dengan tetap memuji-muji kinerjanya sendiri. Akhirnya Hyun Soo bebas dan dapat berkumpul kembali dengan keluarga walau dengan kepribadian yang tidak sama lagi.

Dipenjara Sehabis Bercinta

Dipenjara Sehabis Bercinta

Datangnya kesialan tak pernah diduga. Dia bisa terjadi dalam waktu beberapa jam saja. Seperti pada hidup seorang pemuda bernama Kim Hyun Soo yang malam itu hanya ingin menyusul temannya bersenang-senang tapi harus berakhir di penjara.

Drama yang merupakan remake dari serial Inggris berjudul Criminal Justice (2008-2009) ini bercerita tentang kesialan pemuda tersebut serta kekalutannya karena dituduh melakukan pembunuhan seorang gadis.

Tuduhan itu tertuju padanya karena dia adalah orang terakhir yang menghabiskan waktu dengan si gadis yang diketahui bernama Guk Hwa. Episode pertama One Ordinary Day (2021) diisi dengan adegan-adegan yang akan membuatmu kesal, geram sekaligus kasihan.

Pasalnya setelah bercinta dengan seorang gadis yang tidak dia kenal, dalam waktu beberapa jam, pemuda polos atau entah bodoh itu berakhir di penjara.

Kim Soo Hyun dan Cha Seung Won Satu Frame!

Kim Soo Hyun dan Cha Seung Won Satu Frame!

Bagi penonton drama yang mengutamakan kualitas akting selain alur cerita, jajaran pemain jadi pertimbangan tersendiri. Dalam hal ini One Ordinary Day (2021) tidak akan mengecewakanmu! Tentu saja karena menyandingkan Kim Soo Hyun dan Cha Seung Won dalam satu frame jelas jaminan kualitas.

Aktor beda generasi tersebut langsung tampil bersama di episode dua. Mereka memainkan peran sebagai pesakitan dan seorang pengacara yang terkesan sembarangan tapi diperhitungkan.

Interaksi mereka di dalam penjara sangat memuaskan, termasuk dari segi skrip dan chemistry. Cha Seung Won sebagai pengacara menjadi satu-satunya orang yang bisa diandalkan Hyun Soo; yang terlihat putus asa dan bingung.

Alur Cepat Bikin Gregetan dan Penasaran

Alur Cepat Bikin Gregetan dan Penasaran

One Ordinary Day (2021) dibuat hanya sebanyak 8 episode. Gak heran kalau alurnya terasa cepat. Dua episode pertama kita sudah dibawa masuk ke konflik utama tanpa banyak nyimpang-nyimpang ke sub-konflik terlalu jauh. Sepanjang episode pertama kita akan dibuat gregetan karena kepolosan Hyun Soo yang tidak bisa menolak segala macam permintaan Guk Hwa.

Di akhir episode satu tensi terasa ‘panas’ karena adegan dewasa Kim Hyun Soo dan Guk Hwa. Akting Kim Soo Hyun sendiri sangat meyakinkan dalam memperlihatkan ekspresi takut, kebingungan dan putus asa. Alhasil alur sukses bikin gregetan sekaligus penasaran karena pembunuh sebenarnya masih belum terungkap. Sangat menarik untuk terus diikuti kelanjutannya!

Kehidupan Keras Hyun Soo di Penjara

Kehidupan Keras Hyun Soo di Penjara

Siap-siap sesak nonton One Ordinary Day (2021) episode 3 dan 4 karena kehidupan keras yang harus dijalani Hyun Soo di penjara dimulai! Adegan saat dia diarak lalu digantung sampai hampir mati oleh para napi yang dibiarkan petugas penjara benar-benar bikin marah. Belum lagi scene saat lengannya disilet diam-diam oleh Geng Baekho, rasanya ikutan perih.

Kyun Soo tidak hanya mengalami kekerasan dari napi tetapi dia juga dipukuli oleh sipir karena coba melarikan diri sebab mendapat serangan panik setelah teman satu selnya ditemukan gantung diri. Bagian-bagian yang menampilkan kehidupan Hyun Soo di penjara di dua episode ini, mengandung kekerasan sehingga perlu hati-hati dan bijak saat menontonnya.

Walau cukup tebal meng-highlight kehidupan Hyun Soo di penjara yang tersiksa, episode 3 dan 4 tidak ketinggalan mempertontonkan adegan emosional saat Hyun Soo tetap teguh pada pendiriannya bahwa dia tidak bersalah.

Hubungannya dengan Joong Han pun tak kalah dramatis karena walau sudah tidak jadi pengacaranya, Joong Han masih mau bersusah payah untuk Hyun Soo. Kira-kira apakah kamu bisa menebak siapa pembunuh Guk Hwa?

Terduga Lain Dimunculkan

Terduga Lain Dimunculkan

One Ordinary Day (2021) tersisa dua episode lagi. Sejauh ini karakter Hyun Soo belum ada perkembangan berarti. Nonton dia diperlakukan buruk di penjara dan dipojokkan di pengadilan tetap berhasil bikin ikut frustasi.

Perkembangan justru terjadi di bagian lain, karena di dua episode ini ada beberapa karakter baru mulai dimunculkan. Mereka adalah para terduga lainnya yang memiliki kemungkinan sebagai pembunuh Guk Hwa.

Kejelian Joong Han selama menginvestigasi kediaman Guk Hwa dan menemukan terduga-terduga itu menyelamatkan alur yang mulai membosankan. Pasalnya selama beberapa episode ke belakang kita terus disuguhi adegan-adegan menyesakkan dari Hyun Soo yang tertekan dan tersiksa, baik di penjara atau di pengadilan.

Kejutan dari Karakter Soo Jin

Kejutan dari Karakter Soo Jin

Satu lagi yang menarik dari dua episode ini yaitu kejutan dari karakter Soo Jin; pengacara magang yang sempat meragukan tapi ternyata bisa diandalkan. Kasus Hyun Soo adalah kasus pertamanya tetapi dia bisa menghadapi para saksi dan membalikkan keadaan dengan tenang.

Karakternya yang seperti tidak memiliki tendensi apa pun, tidak bias dan tidak ambisius tapi tertarget mengimbangi Jaksa Tae Hee yang menggebu-gebu menjebloskan Hyun Soo ke penjara.

Kesempatan untuk menyelamatkan Hyun Soo rasanya terbuka lebar di tangan Joong Han dan Soo Jin. Di antara karakter lain yang bikin emosi, Soo Jin menyelamatkan plot sehingga tidak terlalu terasa frustasi.  

Perjuangan Joong Han Tak Kenal Lelah

Perjuangan Joong Han Tak Kenal Lelah

Drama One Ordinary Day (2021) akhirnya selesai. Perjalanan 8 episode yang melelahkan, terutama bagi Joong Han karena dia berjuang seperti tidak mengenal lelah untuk menyelamatkan Hyun Soo dari dakwaan. Sampai di episode terakhir, kamu akan melihat Joong Han terus berusaha yang terbaik.

Di dua episode terakhir pula, Joong Han memperlihatkan sisi manusiawinya, sisi putus asa dan tertekan karena kasus terasa buntu. Dia mendapatkan semangatnya kembali setelah sang mantan istri memintanya untuk tidak menyerah pada apa pun, termasuk kasus Hyun Soo.

Karakter Joong Han konsisten dari episode awal hingga akhir. Keyakinannya pada Hyun Soo juga tidak berubah sedikit pun.

Bagian ini jadi salah satu yang emosional yang bisa kamu lihat di episode penutup One Ordinary Day (2021), karena di saat banyak orang memperlakukan Hyun Soo sebagai pembunuh yang sesungguhnya, Joong Han tetap pada keyakinannya.

Perubahan Sikap Hyun Soo

Perubahan Sikap Hyun Soo

Drama yang mengangkat tema hukum ini memuat banyak hal bermanfaat. Kamu akan mendapat informasi mengenai tata cara bersikap di pengadilan, penyelidikan satu kasus, hingga pengumpulan bukti dari satu kejahatan.

Lebih jauh, drama ini memperlihatkan dampak dari sistem pengadilan, sistem penyelidikan dan lapas yang buruk, yaitu trauma bagi korban salah tangkap, seperti yang terjadi pada Hyun Soo.

Di dua episode terakhir karakter Hyun Soo mengalami perkembangan. Pemuda yang polos dan tidak berdaya itu mulai berani membela diri dari orang-orang yang mengganggunya di penjara. Dia juga menunjukkan sikap tidak peduli selama proses pengadilan akibat lelah dan terpukul oleh keadaan yang tidak bisa dikendalikan.

Sikap Hyun Soo yang berubah seperti itu adalah bentuk pertahanan diri dari berbagai kemungkinan buruk lainnya. Perubahan pada diri Hyun Soo di episode 7 dan 8 ini menjadi penutup yang meninggalkan pelajaran tersendiri.

Akhirnya One Ordinary Day (2021) bukan hanya drama mengenai hukum dan kriminal, ia juga drama tentang kehidupan atau slice of life yang ajarkan banyak hal. Bagaimana? Apakah masih ragu untuk nonton?

One Ordinary Day
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram