bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Oh My Lord, Kisah Cinta di Kota yang Cantik

Siapa bilang drama-drama low budget Cina tidak menarik? Sepertinya kamu belum menonton Oh My Lord (2022). Drama yang dibintangi oleh Ji Mei Han dan Luo Zheng ini, memiliki jalan cerita yang lucu meski berlatar zaman kerajaan.

Ditulis oleh Fresh Guo Guo, drama ini memiliki unsur romantis, aksi yang memukau dan politik yang mudah di pahami.

Uniknya, Oh My Lord (2022) mengisahkan sebuah kota yang seluruh penduduknya sangat menyukai kecantikan. Baik pria maupun wanita, bahkan para pemimpin di daerah tersebut sangat menjaga kecantikan mereka.

Hal ini juga yang mempertemukan Chen You You si pembuat kosmetik dengan Lord Qian Sui adalah seorang kasim kepercayaan Pemimpin Kota Fuxian.

Kira-kira bagaimana keduanya bisa bertemu dan bagaimana kisah cinta mereka di kota Fuxia? Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa membaca sinopsis dan review drama Oh My Lord (2022), hanya di bawah ini.

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama China Unrequited Love (2021)

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Historical, Comedy, Romance
  • Produksi: Guo Pai
  • Sutradara: -
  • Pemain: Ji Mei Han, Luo Zheng
  • Jumlah Episode: 15 Episode

Kota Fuxia memang berbeda dari kota lainnya, di sini semua orang sangat mementingkan yang namanya kecantikan. Baik itu pria maupun wanita, tua ataupun muda, semua orang sangat menjaga kecantikan wajah dan tubuhnya.

Bahkan bunga yang terlihat jelek tidak akan bertahan di kota ini, karena akan langsung disingkirkan oleh pemiliknya. Suatu hari seorang gadis bernama Chen You You (Ji Mei Han) sedang menjajakan barang dagangannya.

Gadis ini menjual berbagai produk kosmetik yang sedang diburu banyak orang, bersama dengan asistennya Xiao Yan (Zhu Mei Ji). Berkat bantuan sandiwara ayahnya, Chen You You berhasil menjual semua produk kosmetiknya yang dibeli oleh seorang pria kaya.

Berpikir hidupnya sangat mujur, tak lama setelah itu Chen You You, Xiao Yan dan ayahnya di bawa secara paksa ke kediaman Raja Xian (Martin Zhang). Pria satu ini memang bukan orang yang bisa dipandang sebelah mata.

Hal yang paling penting, Raja Xian adalah pria yang sangat mementingkan kecantikan. Obsesi Raja Xian pada kecantikan membuat semua orang kelabakan mencari setiap produk kosmetik yang diinginkannya.

Apalagi Raja Xian dulunya terpilih sebagai “Pria paling Tampan”, namun titel ini kini direbut oleh Kasim Qian Sui (Luo Zheng). Sialnya, kosmetik buatan Chen You You telah membuat wajahnya cacat yang membuat Raja Xian berniat menghukum mereka.

Namun belum sempat menghukum, Chen You You tidak sengaja melihat Kasim Qian Sui membunuh seseorang. Berpikir hal ini adalah kesempatan untuk menyelamatkan diri, siapa sangka Chen You You malah dinikahkan dengan Kasim Qian Sui.

Pengakuannya sebagai kekasih Qian Sui malah membuatnya masuk dalam penjara baru, yaitu penjara Qian Sui yang sangat dingin.

Pernikahan ini juga menjadi petaka bagi Qian Sui, pasalnya semua rencananya bisa gagal. Sebenarnya Qian Sui tengah menyelidiki kasus yang melibatkan mendiang keluarganya di masa lalu. Pria yang khas dengan sikap dingin dan arogan ini awalnya berusaha menyingkirkan Chen You You.

Namun lama kelamaan cinta malah tumbuh di hati mereka, berkat sikap You You yang polos dan jenaka. Meski saling mencintai, ternyata ada banyak rahasia diantara mereka yang membuat hubungan ini goyah.

Pertama Chen You You sebenarnya antek Raja Xian, ia diperintahkan melaporkan semua hal tentang Qian Sui untuk menjatuhkan pria itu. Chen You You tidak bisa menolak pekerjaan ini, karena ayahnya diancam akan dibunuh oleh Raja Xian.

Sementara Kasim Qian Sui juga merahasiakan mengenai identitas aslinya, yang ternyata ia adalah satu-satunya putra dari keluarga Bai.

Pria ini sedang mencari tahu mengenai rahasia di balik pembunuhan Pemimpin Kota oleh tabib Su yang masih menjadi misteri. Belum lagi gangguan dari Pangeran Kecil Qi Sheng Wen (Chen Ming Hao) dan Jiang Bi Han (Yang Yi Mo) memperumit hubungan mereka.

Drama Low Budget yang Tidak Bisa Diremehkan

Drama Low Budget yang Tidak Bisa Diremehkan

Oh My Lord (2022) menjadi salah satu drama Cina yang paling hits di iQiyi belakangan ini. Berkonsep web drama, tentu saja drama ini dibuat dengan budget yang sangat minim. Tak aneh kalau sebagai penonton, saya melihat berbagai kesederhanaan dalam drama ini.

Hebatnya, genre historical dalam drama ini, membuat segalanya terlihat lebih mewah dan menawan. Berbagai pakaian tradisional dengan warna-warna yang indah, membuat para pemainnya lebih menawan.

Kalau soal aksen, memang tidak terlalu detail, terutama soal pernikahan yang tidak menunjukkan kemewahan dan keramaian. Untuk makeup dan style dalam drama ini, bagi saya semuanya terlihat sangat indah.

Kalau untuk jalan ceritanya, sebenarnya saya kurang puas, karena semuanya dibahas dari kulit luarnya saja. Namun saya memahami, dengan durasi 30 menit dan 15 episode, memang sulit untuk membuat cerita yang dalam dan mendetail.

Tapi saya menyukai bagaimana hubungan Chen You You dan Qian Sui berjalan dengan flow yang santai dan tepat sasaran.

Masalah-masalah yang ada dalam drama ini juga memang kurang menjurus, jika konflik utamanya soal kematian Pemimpin Kota di masa lalu.

Namun berbagai konflik tambahan seperti kehadiran istri mendiang pemimpin kota, Pangeran Kecil hingga Jiang Bi Han memang pas. Konflik-konflik ini berdatangan dan mendukung development karakter pemeran utama dan pemeran pembantunya.

Meski tidak semua karakter memiliki pengembangan yang signifikan, tapi beberapa karakter di sekitar Chen You You dan Qing Sui sangat menjanjikan.

Sinematografi dalam drama ini juga cukup memanjakan mata, lalu dubbing-nya juga tidak terasa miss. Sementara untuk soundtrack dan background music yang digunakan, saya pikir semuanya sudah pas dengan teman historical yang romantis dan lucu.

Premis yang Klasik di Balik Plot yang Tidak Biasa

Premis yang Klasik di Balik Plot yang Tidak Bisa

Premis benci menjadi cinta, sepertinya memang menjadi kisah yang selalu saja memiliki banyak penggemarnya. Apalagi jika karakter pemeran utamanya sangat berseberangan, ada karakter dingin dan karakter kocak atau bodoh.

Sudah banyak drama yang mengandalkan hal tersebut dan berhasil mendapatkan kesuksesan selama penayangannya. Begitu juga dengan Oh My Lord (2022), drama ini mengandalkan premis yang klasik tersebut untuk kisah cinta Chen You You dan Kasim Qing Sui.

Daripada memasukan masalah politik atau kejahatan yang berat, penulis justru memasukan plot yang terasa fresh. Menjadikan Kota Fuxia sebagai kota yang mementingkan kecantikan, terdengar konyol namun unik.

Lalu, sedikit-sedikit memasukan masalah politik kerajaan antara Raja Xian dan Kasim Qian Sui. Biar makin greget, penulis juga memasukan orang ketiga dan keempat dalam hubungan Qian Sui dan Chen You You.

Orang ketiga dalam hubungan ini adalah Jiang Bi Han, gadis bangsawan yang diselamatkan oleh Kasim Qian Sui atas dasar balas budi.

Namun kebaikan Qian Sui malah diartikan berbeda oleh Jiang Bi Han, yang ternyata semua ini hanya khayalannya saja. Sementara orang keempat dalam hubungan ini adalah Pangeran Kecil Qi Shen Wen, yang secara gamblang menyatakan cintanya pada Chen You You.

Kedekatan mereka selama mencari resep kue, membuat Pangeran Kecil ingin menjadikan Chen You You sebagai miliknya.

Overall bagi saya cerita fiksi yang terasa aneh ini, malah bisa direalisasikan dengan baik oleh Fresh Guo Guo sebagai penulisnya. Ia juga bisa membuat kisah cinta Chen You You dan Qian Sui terasa mengalir hanya dalam empat hingga lima episode saja.  

Endingnya Gantung, Pertanda Adanya Musim Kedua?

Endingnya Gantung, Pertanda Adanya Musim Kedua

Salah satu yang paling saya sayangkan dari Oh My Lord (2022), drama ini diakhiri dengan ending yang menggantung. Sehingga sebagai penonton saya merasa heran, apakah drama ini memang dibuat dalam dua musim atau mereka sengaja mengakhirinya dengan banyak tanda tanya.

Padahal akting para pemeran utamanya sangat memukau dan memiliki kemistri yang sangat baik. Sebenarnya saya sudah beberapa kali melihat Luo Zheng memerankan karakter pria dingin tapi penuh kasih sayang. Contohnya di drama Nothing But You (2022) yang tayang lebih awal dan Cry Me A River of Stars (2021).

Setelah melihat penampilannya di web drama ini, saya merasa ada perubahan kualitas akting yang signifikan. Meski bukan penampilan terbaiknya, setidaknya saya bisa merasakan Luo Zheng sudah memahami karakternya sejak awal episode.

Sementara Ji Mei Han yang memeran Chen You You terlihat sangat manis dan penuh semangat. Saya menyukai gaya berbicara dan aktingnya, padahal saya baru pertama kali melihat penampilannya.

Karakternya berkembang dengan sangat baik, bahkan saya menyukai sikap dan pemikirannya yang lebih dewasa dibandingkan dengan awal drama. Namun ending menggantungnya yang tidak menjelaskan soal premis dan konflik utamanya, yaitu soal Pemimpin Kota yang tewas diracun.

Jadi saya berharap kejelasan soal musim kedua Oh My Lord (2022) bisa segera diumumkan kepada para penonton. Meski dibuat dengan budget yang pas-pasan, ternyata Oh My Lord (2022) menjadi drama menarik di awal tahun 2022.

Selain para pemeran utamanya yang tampil memukau, cerita fiksi ini terasa lebih fresh dengan berbagai terobosan cerita dan karakter baru. Menurutmu bagaimana? Jangan lupa membagikan jawabannya di kolom komentar di bawah ini.

Oh My Lord
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram