bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Nobody Sleeps in the Woods Tonight

Sinopsis & Review Nobody Sleeps in the Woods Tonight

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Anda penyuka film-film bergenri thriller atau slasher? Terpacu adrenalin saat melihat adegan-adegan melarikan diri dari pembunuh berdarah dingin? Maka film Polandia karya sutradara Bartosz M. Kowalski ini bisa dijadikan pilihan. Walau tidak menawarkan ide cerita yang baru, ia bisa dinikmati dan cukup menegangkan.

Film yang dimaksud berjudul Nobody Sleeps in the Woods Tonight. Berdurasi sekitar 102 menit, film yang dibintangi oleh Julia Wieniawa ini suguhkan adegan kejar-kejaran dan upaya melarikan diri dari ancaman dua sosok mengerikan. Seperti apa persisnya? Anda boleh menontonnya langsung tapi sebelum itu mari simak sinopsis dan review-nya lebih dulu! Lanjutkan membaca ulasan di bawah ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Rilis: 28 Oktober 2020
  • Genre: Thriller, Slasher, Misteri
  • Produksi: Akson Studio, Plan Zet, Polski Instytut Sztuki, Filmowej
  • Sutradara: Bartosz M. Kowalski
  • Pemeran: Julia Wieniawa-Narkiewics, Michal Lupa, Wiktoria Gąsiewska, Stanisław Cywka

Seorang tukang pos tua mengantar surat ke sebuah rumah. Di dalam rumah tampak wanita tua sedang menggilas baju berlumuran darah menggunakan papan cuci yang sudah usang. Dia terlihat berdarah dan keadaan rumah sangat berantakan. Tukang pos tersebut berkeliling memeriksa kondisi rumah karena mendengar suara erangan seseorang.

Saat berhasil membuka paksa sebuah lubang yang ditutupi papan, dia mencoba menolong sosok di dalam sana, tapi gagal. Pak pos tua itu pun berinisiatif mencari pertolongan. Namun, ketika hendak pergi, secara misterius kakinya ditarik dari dalam lubang tersebut. Alur cerita pun maju ke 30 tahun kemudian.

Rombongan remaja yang kecanduan terhadap teknologi dan gadget tiba di sebuah hutan untuk mengikuti perkemahan. Mereka semua diwajibkan menyerahkan alat komunikasi kepada penanggungjawab. Setiap peserta dipisahkan menjadi beberapa grup. Para remaja tersebut akan dikirim ke dalam hutan dan menghadapi apa pun di dalam sana.

Selama seminggu mereka tidak akan bersinggungan dengan teknologi, gadget dan media sosial. Sementara itu, di rumah yang 30 tahun lalu didatangi petugas pos, seorang wanita tua terlihat menyeret seekor lembu tapi kesulitan hingga akhirnya jatuh ke dalam ruang bawah tanah. Terlihat sebuah tangan penuh benjolan meraih kunci dan tak lama wanita tersebut tewas.

Cerita berlanjut ke markas perkemahan. Di sana, Iza (Gabriela Muskala) akan menjadi pemimpin bagi lima remaja yang terdiri atas tiga pria dan dua wanita. Mereka adalah Julek Rosiejka (Michal Lupa), Bartek Sokołowski (Stanisław Cywka), Daniel Czajka (Sebastian Dela), Aniela Turek (Wiktoria Gąsiewsk) dan Zosia Wolska (Julia Wieniawa).

Keenam orang tersebut akan berjalan selama tiga hari ke dalam hutan. Iza memperingatkan mereka untuk jangan berjauhan dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Perjalanan pun dimulai dan ke lima remaja tersebut saling berkenalan serta berinteraksi.

Julek diceritakan menemukan bangkai rusa saat sedang buang air kecil. Anggota grup pun berkumpul dan Iza curiga rusa tersebut dimangsa oleh karnivor berukuran besar. Saat anggota yang lain sedang memerhatikan bangkai itu, Zosia melihat ke arah pepohonan. Dia mendapati sesosok tangan menyeramkan bersembunyi di balik salah satu pohon. Tak lama mereka pun melanjutkan perjalanan.

Hari mulai gelap, Iza memimpin grup untuk membangun tendanya masing-masing. Daniel tampak tidak bisa tidur, dia pun pergi ke pinggir sebuah danau untuk merokok disusul oleh Aniela. Gadis itu lalu menggodanya dan mereka pun bercinta. Daniel tidak langsung kembali ke tenda. Pemuda itu diam-diam memainkan handphone yang berhasil dia sembunyikan.

Saking asyiknya, Daniel tidak menyadari seseorang yang misterius dan berbahaya mendekat dari arah belakang. Dia menyeret Daniel dan membantingkan tubuhnya ke pohon berulang kali. Pagi tiba dan seluruh anggota grup kebingungan mencari keberadaan Daniel. Iza dan yang lain mulai mencari pemuda tersebut ke arah danau, sementara Zosia mencarinya ke arah hutan.

Di sana dia menemukan bercak darah pada sebuah pohon. Zosia lantas memanggil anggota yang lain. Mereka lalu berkumpul dan memutuskan untuk berpencar mencari Daniel. Saat Iza, Zosia dan Julek mencari ke dalam hutan, Aniela dan Bartek bertugas menjaga tenda, berjaga seandainya Daniel kembali.

Tiga orang tersebut menemukan sebuah rumah wanita tua yang diceritakan di awal film. Mereka kemudian masuk dengan rasa was-was. Tidak ada siapa pun di sana, kecuali rumah yang sangat berantakan dan tidak terurus. Saat sedang menggeledah, ketiganya mendengar suara dari bawah rumah. Iza dan Zosia lantas masuk ke sana, sementara Julek menunggu di atas.

Benar saja, Zosia menemukan mayat Daniel sudah dalam keadaan setengah hancur sementara Julek mendengar seseorang datang. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah mereka akan selamat? Siapa sesungguhnya dua pria misterius dengan luka melepuh di sekujur tubuh?

Tidak Ada yang Istimewa dari Premisnya

Tidak Ada yang Istimewa dari Premisnya

Film Nobody Sleeps in the Woods Tonight tidak punya premis baru yang ditawarkan. Anda pasti sudah banyak menonton film pembantaian sejenis ini. Secara garis besar, ia bercerita tentang sekelompok remaja yang berkemah di hutan. Di sana mereka bertemu dengan dua pembunuh berdarah dingin yang memburu apa saja untuk dimakan.

Cerita selanjutnya, Anda pasti bisa menebak. Betul! Cerita berisi adegan-adegan menyelamatkan diri yang sudah pasti menegangkan. Mereka berlarian ke sana-ke mari, mencari cara untuk keluar dari hutan, sembari terus waspada dan diliputi rasa takut karena satu per satu di antara mereka tewas. Singkatnya, plot cerita film berbahasa Polandia ini mudah Anda tebak.

Terdapat Plot Twist

Terdapat Plot Twist

Walau alur cerita Nobody Sleeps in the Woods Tonight cukup mudah ditebak, Anda masih bisa menikmati film ini melalui beberapa plot twist-nya. Misalnya pada salah satu scene ketika Bartek lari menyelamatkan diri ke sebuah gereja. Di sana dia bertemu dengan seorang pendeta.

Dalam keadaan seperti itu, Bartek terlihat sebagai satu-satunya karakter yang akan selamat. Namun, yang terjadi selanjutnya, dijamin bisa mengejutkan Anda. Alih-alih bertahan hidup, dia justru menghadapi ancaman baru. Ancaman seperti apa yang dimaksud? Jawabannya bisa Anda temukan saat menonton film ini secara langsung!

Adegan Kekerasan yang Menjijikan

Adegan Kekerasan yang Menjijikan

Nobody Sleeps in the Woods Tonight memang menawarkan ketegangan serupa yang biasa diberikan oleh film-film ber-genre thriller pembunuhan. Namun, film ini punya sesuatu yang cukup mencolok dibanding yang lain, yaitu adegan kekerasan yang menjijikan. Dalam beberapa scene Anda akan melihat adegan saat bagian tubuh manusia dipotong atau dianiaya secara brutal.

Di awal-awal film, salah satu karakter seperti ditombak dari belakang kepala hingga tembus ke depan. Selanjutnya ada adegan kepala yang terpenggal, tangan terpotong, tubuh yang diparut menggunakan mesin, hingga tubuh terbelah dan mengeluarkan organ-organ di bagian dalam.

Selain itu, dua monster pada film Nobody Sleeps in the Woods Tonight juga divisualkan dengan sangat menjijikan. Mereka berbadan besar, lambat,  dan penuh benjolan melepuh di sekujur tubuh. Hal yang mereka tahu hanya makan, tidak peduli apakah daging manusia atau hewan.

Nobody Sleeps in the Woods Tonight juga menyuguhkan alur mundur, yaitu ketika menceritakan masa lalu dua monster haus darah tersebut. Mereka tinggal bersama sang ibu, walau hidup dalam kemiskinan, ketiganya saling mencintai. Hingga suatu hari, perjalanan hidup mereka berubah. Bagaimana? Apakah semakin penasaran dengan kelengkapan cerita film ini? Kalau begitu, Anda bisa menyaksikannya segera melalui Netflix! Selamat menonton!

Nobody Sleeps in the Woods Tonight
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram