bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review My Senpai is Annoying (2021)

Dikenal juga dengan judul Senpai ga Uzai Kouhai no Hanashi (先輩がうざい後輩の話), merupakan anime romance-comedy yang diadaptasi dari serial manga karya Shiro Manta.

Pada 1 Juli 2020 serial anime ini mulai diproduksi oleh Doga Kobo dengan sutradaranya Itou Ryouta dan Yoshimi Narita sebagai penulis skripnya. Pada 10 Oktober 2021 anime ini mulai ditayangkan di Jepang dan termasuk ke dalam anime musim gugur 2021. Lisensi di Asia Selatan dan Asia Tenggara dipegang oleh Muse Communication.

Bagi yang tertarik menonton anime ini bisa menyaksikannya di channel YouTube Muse Indonesia dan situs resmi iQIYI. Tapi, tidak ada salahnya, sebelum menonton kalian bisa baca dulu sinopsis dan review anime My Senpai is Annoying (2021) yang telah dirangkum oleh Bacaterus di bawah ini.

Sinopsis

Anime ini menceritakan tentang kisah Igarashi yang merupakan seorang wanita muda pekerja keras di kantornya. Ia selalu berhadapan dengan seniornya, Takeda, yang kerap mengganggu dirinya. Tapi lama kelamaan Igarashi menyadari hubungannya dengan Takeda semakin dekat. Igarashi pun mencoba hidup seimbang antara pekerjaan, kehidupan dan cinta.

Episode 1-6

SINOPSIS_

Futaba Igarashi, seorang pekerja wanita muda yang memiliki tubuh chibi bekerja di perusahaan Itomaki Trading sebagai seorang sales. Igarashi tidak begitu menyukai Takeda, seniornya yang memiliki tubuh besar, tertawa keras dan selalu menggoda dirinya bahkan terlihat seperti memperlakukan dirinya sebagai anak kecil.

Igarashi melakukan sebuah kesalahan pada pekerjaannya, tapi ia segera memperbaiki kesalahan tersebut dan membuat kliennya merasa senang dan menyetujui proposal baru yang dibuatnya. Untuk merayakan keberhasilannya tersebut, Takeda mengajak Igarashi pergi minum-minum.

Karena penasaran dengan sikap baik Takeda, Igarashi menanyakan apakah ia menyukai dirinya dan ketika mabuk ia tidak sengaja mengatakan bagaimana kalau ia menjadi istri Takeda.

Pada keesokan harinya, Igarashi menjelaskan maksud sebenarnya dari perkataan kemarin, tapi Takeda malah menertawakan Igarashi karena terlihat lucu ketika mabuk. Igarashi menyimpulkan kalau Takeda tidak melihat dirinya sebagai seorang wanita, sehingga ia mencari cara agar bisa terlihat sebagai wanita dewasa di mata Takeda.

Secara diam-diam Kazama ternyata menaruh rasa suka kepada Sakurai, hal tersebut mulai direspon baik oleh Sakurai. Sementara itu Takeda menangkap seorang laki-laki mesum di kereta yang hendak mengambil foto pakaian dalam milik Igarashi.

Melihat Takeda yang melindungi dirinya, Igarashi pun menjadi merasa kagum dan menghormati sikap Takeda yang bergitu baik dan perhatian pada dirinya.

Musim dingin dan Natal hampir tiba. Di perusahaan, Igarashi dan Sakurai bertugas menjadi Santa tahun ini. Memikirkan Takeda yang selama ini telah banyak membantu, Igarashi mempertimbangkan untuk memberikannya sebuah hadiah. Namun, pekerjaan pada hari itu sangat sibuk sehingga Igarashi tidak sempat memberikan hadiah kepada Takeda. 

Pada kesempatan berikutnya ketika pulang kerja, Igarashi memberanikan diri untuk memberikan hadiah kepada Takeda, kemudian Takeda juga memberikan hadiah Natal untuk Igarashi. Di lain tempat, Sakurai dan Kazama semakin dekat.

Meski masih malu-malu, Kazama semakin memperlihatkan rasa sukanya kepada Sakurai. Keesokan harinya, karena takut dasi yang diberikan oleh Igarashi kotor, Takeda meminta izin untuk memajangnya saja, tapi Igarashi menyuruhnya untuk memakai dasi tersebut.

Igarashi tidak bisa masuk kerja karena sakit flu. Karena khawatir, Takeda pergi menjenguknya lalu membuatkan makanan untuk Igarashi.

Sebagai ucapan terimakasih, Igarashi menemani Takeda membeli smartphone, karena sampai sekarang ia masih menggunakan handphone jadul. Namun, Takeda belum terbiasa menggunakan smartphone, sehingga ia agak kesulitan ketika menggunakannya.

Pada hari berikutnya, giliran Takeda yang sakit flu. Sebagai bentuk balas budi, Igarashi datang menjenguk dan membuatkan makanan untuk Takeda. Setelah Takeda sembuh, ia mengatakan pada rekan kerjanya yang lain tentang masakan yang dibuat oleh Igarashi. Mendengar hal tersebut, rekan kerjanya tidak berhenti menggoda Igarashi.

Hari Valentine semakin dekat. Igarashi mempersiapkan coklat untuk rekan kerjanya dan tentu saja untuk Takeda. Kazama secara tidak sengaja melihat Sakurai jalan bersama dengan Yuuto dan membuatnya salah paham, sehingga ia tidak berkonsentrasi ketika bekerja. Pada hari Valentine, Igarashi memberikan coklat khusus untuk Takeda yang tidak terlalu menyukai makanan manis. 

Sementara itu, Sakurai memberikan coklat yang berbeda kepada Kazama. Namun awalnya ia mengira itu hanyalah coklat tradisi, mengingat kemarin ia melihat Sakurai berjalan dengan seorang laki-laki.

Sakurai pun lalu menjelaskan, kalau laki-laki tersebut adalah Yuuto, adik laki-lakinya dan kesalahpahaman pun terselesaikan. Kazama bahkan tersenyum lebar ketika bertemu dengan Igarashi yang membuat orang-orang tidak percaya.

Igarashi dan Takeda ternyata lahir ditanggal yang sama, jadi mereka saling memberikan bunga sebagai hadiah ulang tahun. Tiba-tiba kakek Igarashi datang, dan ketika melihat Takeda disamping cucunya, ia marah dan bertengkar dengan Takeda.

Hal yang tidak terkira terjadi di hari berikutnya, karena memiliki hobi yang sama mereka saling bertanding dan akhirnya akur. Lalu, Kakek menceritakan ketika ia membesarkan Igarashi.

Saat White Day, Kazuma memberikan macaron kepada Sakurai. Sementara Takeda mengajak Igarashi makan bersama dan secara tidak sengaja bertemu kembali dengan kakeknya Igarashi di toilet.

Ketika kembali menemui Igarashi, Takeda menghentikan tiga orang laki-laki yang menggoda Igarashi. Tak hanya itu, kakek pun ikut menyingkirkan laki-laki itu. Dan kemudian mereka bertiga makan bersama.

Episode 7-8

EPISODE 7-8_

Teringat kenangan masa SMP, Igarashi dan Natsumi dulu pertama kali bertemu ketika Igarashi tersesat menuju sekolah barunya. Ia mengikuti Natsumi yang mengenakan baju seragam yang sama, namun ternyata Natsumi tidak masuk sekolah dan malah masuk ke tempat game dan membuat Igarashi kesal.

Para pekerja mengadakan sebuah pesta di sebuah taman sambil menikmati bunga sakura yang sudah bermekaran. Sementara itu, Natsumi bertemu dengan Yuto yang sedang berlatih lari untuk maraton. Natsumi mengatakan kalau sekarang ia hanya senang berlari sambil teringat kata-kata penyemangat dari Igarashi ketika SMP.

Di tempat lain, Igarashi menceritakan kisahnya ketika bertemu dengan Natsumi kepada Takeda. Igarashi bercerita kalau dulu ia masuk ke klub menggambar karena suka menggambar. Sampai suatu ketika, ia diejek oleh teman sekelasnya dan mengatakan kalau gambarnya jelek dan ia tidak cocok masuk klub menggambar.

Natsumi kesal mendengarkan perkataan tersebut, sehingga ia memukul laki-laki yang meledek Igarashi. Setelah kejadian itu, Igarashi dan Natsumi mulai berteman baik, meskipun terkadang mereka terlihat seperti kucing dan anjing. Kemudian belakangan Natsumi mengetahui kalau Yuto akhirnya bergabung klub basket dan merasa senang.

Golden Week telah tiba. Igarashi berencana untuk bersih-bersih di apartemennya dan melakukan kegiatan hobinya. Sementara Kazama mengajak Sakurai kencan ke akuarium, setelah melihat Sakurai menolak pria lain. Kemudian, Kazama membayangkan kalau ia sedang berada di dalam sebuah permainan karena bingung harus bereaksi seperti apa.

Di sana, Kazama dan Sakurai melihat pertunjukan lumba-lumba. Tapi tidak disangka ada seekor lumba-lumba yang wajahnya mirip dengan Kazama dan membuat Sakurai tertawa terbahak-bahak.

Ketika akan pulang, Sakurai digoda oleh dua lelaki saat Kazama tidak bersamanya. Kembali dari membeli hadiah, Kazama langsung mengajak lari Sakurai untuk menghindari dua laki-laki tadi.

Di tempat lain, Takeda tiba-tiba datang ke apartemen Igarashi setelah mendengar suara Igarashi yang gemetar di telepon. Takeda yang tidak memiliki rencana khusus pada Golden Week, langsung menemani Igarashi, mulai dari menonton dan makan bersama. Hari ini merupakan hari yang menyenangkan bagi mereka berdua dan yang lainnya.

Episode 9-10

episode 9-10_

Sakurai mengundang Igarashi ke pantai, tapi Igarashi tidak tahu kalau Sakurai ternyata mengundang Takeda dan Kazama. Sakurai, Yuuto, Igarashi, Natsumi, Takeda dan Kazama semuanya bersenang-senang di pantai, kemudian menginap di suatu penginapan.

Sebelum tidur, Igarashi digoda oleh Natsumi dan Sakurai karena melihat kedekatan antara Igarashi dan Takeda. Kemudian pada pagi harinya, Sakurai digoda oleh Takeda yang membuat Sakurai dan Kazama tersipu malu. Pada siang harinya, mereka kembali bersenang-senang di pantai sebelum sore harinya kembali pulang.

Sakurai mengkhawatirkan berat badannya sehingga ia mulai melakukan diet dan berolahraga. Di tempat lain, Kazama melatih Yuuto bermain basket dan berjanji akan melatihnya lagi pada keesokan harinya. Esoknya, Sakurai ikut melihat latihan basket Yuuto dan Kazama. Ketika istirahat, Takeda, Igarashi dan Igarashi ikut bermain basket bersama.

Namun, latihan basket berakhir dengan kacau dan permainan pun dihentikan karena sudah sore. Ketika akan pulang, semuanya memutuskan untuk pergi ke pemandian air panas. Namun hanya Yuuto, Igarashi, Takeda dan Natsumi yang pergi ke sana. Sementara Sakurai dan Kazama pergi berdua dan makan berdua.

Episode 11-12

episode 11-12_

Perusahaan tempat Igarashi bekerja melakukan sebuah pesta akhir tahun dan menceritakan tentang kegiatan yang akan dilakukan pada akhir tahun tahun dan tahun baru.

Igarashi menghabiskan malam tahun baru bersama dengan Natsumi, sementara Sakurai mengundang Kazuma ke rumahnya, sedangkan kakek Igarashi pergi memancing bersama teman-temannya.

Pada awal tahun baru, Igarashi bersama Natsumi pergi ke kuil untuk berdoa di tahun baru. Di sana, ia melihat Takeda dan dengan sengaja meninggalkan Igarashi agar bisa berduaan bersama Takeda. Mereka lalu pergi makan ke kedai ramen langganan Takeda.

Ketika sedang makan ramen, Igarashi melihat siaran televisi yang menyiarkan acara Hatsumode (kunjungan pertama pada saat tahun baru ke kuil).

Di siaran televisi tersebut ia melihat Kazama dan Sakurai yang ternyata secara diam-diam telah memfoto Igarashi dan Takeda, yang menyebabkan Igarashi kesal. Igarashi lalu menyusul kembali ke kuil dan memukuli Kazama. Karena Kazama terluka, Sakurai merawat Kazama yang jatuh pingsan setelah dipukuli oleh Igarashi.

Pada hari pertama kerja di tahun baru, Takeda berhasil mendapatkan sebuah proyek besar untuk perusahaannya, sehingga membuat bangga direktur dan rekan kerjanya yang lain.

Melihat kesuksesan Takeda, beberapa rekan kerja wanitanya mengajak ia untuk merayakan pesta. Tapi hal tersebut membuat Igarashi merasa sedih, karena biasanya setiap hari ia selalu bekerjasama dengan Takeda.

Untuk melepaskan penat, ia akhirnya minum di kedai sendirian. Namun hal tersebut tetap membuat dirinya merasa kesepian karena tidak ada Takeda di sampingnya.

Kemudian ketika minum sendiri, ia teringat pertama kali ia bekerja dan pertemuan pertamanya dengan Takeda. Dari awal Igarashi sudah kesal pada Takeda karena selalu menganggap dirinya seperti anak kecil, begitu juga dengan rekan kerja lainnya.

Mengenang hal tersebut, membuat ia rindu kepada Takeda karena selalu bersama. Ketika ia diganggu oleh pengunjung yang lain yang sudah mabuk berat, tiba-tiba Takeda datang kesana dan membuat Igarashi salah tingkah.

Kisah Futaba igarashi Wanita Pekerja Keras yang Lucu

KISAH FUTABA ITARASHI_

Setiap episode anime ini berdurasi selama 23 menit. Secara garis besar, anime ini lebih banyak menceritakan tentang kehidupan Igarashi di kantor.

Karakter Igarashi ini digambarkan sebagai wanita yang lucu dengan badan yang bisa dibilang chibi atau kecil. Apalagi jika dibandingkan dengan lawan mainnya, Takeda yang memiliki tubuh besar, akan terlihat jelas sekali perbedaannya.

Karena badannya yang kecil dan imut, Igarashi sering digoda oleh rekan kerjanya, termasuk Takeda, sehingga membuat Igarashi semakin kesal terutama kepada Takeda, karena ia selalu diperlakukan layaknya anak kecil.

Dan yang membuat Igarashi sering digoda adalah karena responnya yang sangat menggemaskan, tapi mungkin bagi Igarashi hal-hal yang dilakukan oleh teman-temannya itu terkadang menyebalkan.

Meski memiliki tubuh yang kecil, Igarashi ini bisa dibilang pekerja keras dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Salah satu contohnya ketika ia melakukan kesalahan, ia berjuang memperbaikinya dan bahkan membuat pekerjaan itu lebih baik lagi.

Cerita Ringan dan Menggemaskan

CERITA RINGAN_

Secara keseluruhan, anime ini sangat menghibur dengan kisah comedy-romance-nya yang mungkin ada juga di dunia nyata. Apalagi ditambah dengan cerita yang sangat mudah dicerna, karena memiliki alur yang ringan dan kebanyakan menceritakan kehidupan para karakter yang ada di perusahaan.

Selain itu anime ini memiliki sinematografi yang lucu dan juga menggemaskan. Penggambaran perubahan emosi dan intonasinya juga sangat jelas. Apalagi ketika scene Igarashi yang digoda oleh teman-temannya, termasuk Takeda, itu sangat lucu dan menghibur sekali. Kira-kira bagaimanakah kelanjutan kisah Igarashi?

Side Story yang Tak Kalah Menarik dan Manis

SIDE STORY_

Menariknya lagi anime ini tidak hanya fokus pada cerita inti, tapi menceritakan juga side story yang tak kalah menarik dan menggemaskan dari cerita intinya. Seperti kisah selingan karakter Sakurai dengan Kazuma yang biasanya selalu diselipkan di antara beberapa scene.

Kisah romansa mereka berdua pun memberikan warna lain yang membuat ceritanya semakin menarik dan bahkan cukup ditunggu-tunggu. Apalagi ketika Sakurai yang selalu menggoda Kazuma karena tahu kalau Kazuma tertarik kepada dirinya, begitu juga sebaliknya.

Baik Sakurai maupun Kazuma juga merupakan dua karakter yang selalu menggoda Igarashi di kantor. Mereka selalu terlihat bahagia ketika menggoda Igarashi, walaupun Igarashi merasa canggung dan kesal ketika digoda oleh mereka.

Kenangan Masa Lalu

KENANGAN MASA LALU_

Di anime ini, kita diperlihatkan tentang kenangan masa lalu Igarashi dan Natsumi yang mulai bersahabat sejak SMP. Awalnya Igarashi merasa segan dan kesal kepada Natsumi. Perawakan Natsumi ketika SMP sudah terlihat dewasa dan terlihat ‘jutek’. 

Tapi sebenarnya Natsumi ini orang yang baik dan mudah tersentuh dengan kata-kata Igarashi. Natsumi bahkan rela membela Igarashi ketika diledek oleh murid laki-laki teman sekelasnya. Dan setelah kejadian itu, mereka mulai bersahabat.

Walau persahabatan antara Igarashi dan Natsumi ini bagaikan kucing dan anjing, karena terkadang keduanya selalu merasa kesal ketika digoda oleh satu sama lain. Tapi sebenarnya, mereka merupakan teman yang saling mendukung satu sama lain.

Kisah Cinta yang Mulai Bersemi

KISAH CINTA YANG BERSEMI_

Kita juga akan diperlihatkan perkembangan hubungan antara Igarashi dengan Takeda. Walaupun sebenarnya Takeda tidak menyatakan cinta, tapi ia semakin sering mengatakan suka pada beberapa hal yang Igarashi utarakan. Meski tersipu malu, Igarashi sebenarnya menyukai semua hal itu.

Apalagi ketika Takeda datang ke apartemen milik Igarashi setelah mendengar suara dirinya yang terkesan mengkhawatirkan. Bahkan Takeda rela menemani Igarashi menonton acara hewan lucu, bermain game dan memberikannya boneka, lalu makan bersama.

Tidak hanya perkembangan Igarashi dan Takeda saja, kita juga diperlihatkan hubungan Kazuma dan Sakurai yang terlihat semakin akrab walaupun masih sembunyi-sembunyi dari rekan kerjanya.

Cerita anime ini tentunya semakin menarik dengan adanya sentuhan visualisasi dan ekspresi para karakter yang semakin menggemaskan tanpa terkesan lebay.

Hubungan yang Semakin Akrab

hubungan semakin akrab_

Pada episode 9 dan 10, diperlihatkan kalau hubungan antara Igarashi, Takeda, Sakurai, Kazama, Natsumi dan Yuuto semakin akrab. Mereka pergi ke pantai dan menghabiskan waktu liburan bersama. Kemudian, mereka juga bermain basket dan bersenang-senang.

Lucunya, pada episode ini Igarashi dan Sakurai menampakkan ekspresi cemburu ketika mengetahui Takeda sempat makan bersama di kedai ramen. Sementara Sakurai merasa cemburu ketika ia melihat Kazama terlalu memperhatikan Natsumi atau tidak sengaja berinteraksi dengan Natsumi.

Igarashi masih malu-malu kalau harus mengakui perasaan sukanya pada Takeda, sehingga ia sering digoda oleh Natsumi dan Sakurai karena merasa lucu dengan ekspresi yang dikeluarkan. Sementara Sakurai mulai memberanikan diri untuk menunjukan rasa suka dan rasa cemburunya kepada Igarashi.

Kita juga masih akan disuguhi dengan visualisasi yang memukau. Dengan alur cerita yang masih ringan ditambah ekspresi yang lucu dari Igarashi dan lainnya itu membuat ketika menonton bisa terhibur. Untuk menonton anime ini bisa dilakukan dengan santai, karena memang ceritanya yang ringan.

Akhir Cerita yang Menggantung

alur cerita menggantung_

Hingga episode terakhir anime ini masih memperlihatkan sinematografi yang baik, dengan visual para pemainnya yang lucu ditambah alur cerita yang cukup ringan. Secara keseluruhan memperlihatkan kehidupan sehari-hari dari pemain utamanya, Igarashi, yang bekerja dan juga beberapa pemain pendukung lainnya.

Untuk para pemainnya sendiri, dari episode awal hingga akhir memperlihatkan sebuah perkembangan baik dari dunia pekerjaannya maupun urusan pribadi.

Walaupun sampai akhir untuk kisah cinta Igarashi terbilang memiliki ending yang menggantung karena tidak ada kepastian apakah akhirnya mereka berpacaran atau tidak. Begitu juga dengan cerita cinta dari side story-nya, tidak ada kepastian sampai akhir cerita.

Dan yang membuat semua semakin kurang jelas dan terasa menggantung adalah perkataan dari Takeda. Takeda mengatakan kalau ia akan selalu berada disisi Igarashi dan melindunginya selama Igarashi belum memiliki orang yang bisa diandalkan untuk melakukan hal-hal tersebut. Kalau menurut kalian bagaimana? Apakah mereka akhirnya berpacaran atau statusnya masih belum jelas?

Secara keseluruhan menurut saya, anime ini cocok ditonton bagi yang ingin menonton anime romance-comedy dengan cerita yang ringan, lucu, menggemaskan dan juga menghibur.

Selain anime ini, masih banyak anime dengan cerita yang tak kalah menarik, untuk membacanya kalian bisa langsung simak sinopsis dan review anime lainnya yang ada di Bacaterus.

My Senpai is Annoying
Rating: 
2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram