Sinopsis & Review Manifest S2, Mereka yang Dibayangi Kematian

Ditulis oleh Aditya Putra
Manifest S2
3.5
/5

Manifest season pertama bisa dibilang sukses mendapatkan perhatian di kalangan penonton. Menjawab permintaan penonton yang berharap akan adanya season kedua, tahun 2020 Manifest Season kedua dirilis. Sejak pertama kali kabarnya beredar, season kedua ini cukup ditunggu-tunggu.

Kalau kamu sudah menonton season pertama, kamu mungkin tahu kalau di season pertama itu yang mendominasi adalah pembahasan seputar sains. Ada teori lubang cacing, riset medis, sampai kajian fenomena alam yang mungkin berkaitan. Meski tentu ada bumbu-bumbu lain di sekitarnya seperti konspirasi, sampai lahirnya pengkultusan.

Bagaimana dengan season kedua? Simak sinopsis dan reviewnya di sini!

Sinopsis

manifest-s2-2_

Di season pertama, satu demi satu penumpang tewas. Kembalinya para penumpang bukan berarti mereka selamat sepenuhnya, hanya kematiannya saja yang tertunda. Para penumpang berusaha menebak, apa makna dari 'calling' yang mereka dapatkan. Bisa jadi, itu adalah hari kematian mereka.

Di season kedua, Michaela, Ben, dan Cal, masih berkutat dengan 'calling' yang mereka terima. Hal yang sama terjadi dengan para penumpang lain yang masih hidup. Bukan cuma para penumpang, melainkan orang terdekat mereka juga. Ben mendapat 'calling' untuk menemukan dua penumpang yang hilang, sementara istrinya, Grace, sedang hamil.

Saanvi masih konsisten dengan penelitiannya. Olive merasa sendirian karena dia satu-satunya keluarga yang nggak mendapat 'calling'. Karena itulah Olive menjadi rajin mengunjungi Church of the Returned.

Adrian menarik Olive untuk terlibat semakin dalam dalam kegiatan gereja yang dibentuknya. Ia berusaha membuat Olive menjadi bagian dari Believers, sebutan untuk pengikut gereja itu.

Masalah antara Michaela, Zeke, dan Jared masih berlangsung baik itu masalah personal tentang hubungan asmara mereka, juga masalah hukum yang dihadapi Zeke. Selain masalah hukum yang dihadapi para penumpang, masalah hukum juga datang dari Xers, kelompok yang kontra pada para penumpang.

Xers membuat lebih banyak masalah. Mereka juga menyerang Church of the Returned, sampai menyerang mobil Grace. Ben dan TJ berusaha membedah aksi-aksi Xers.

Mereka menyimpulkan kalau aksi-aksi itu terencana dengan baik dan membawa agenda tertentu. Jared memanfaatkan kenalannya untuk terhubung dengan sosok penting Xers, Simon White.

Ketegangan demi ketegangan akhirnya membuat para penumpang semakin memahami 'calling' yang mereka dapatkan. Olive dan TJ meneliti tarot Al-Zuras dan membagikan hasil penelitian mereka kepada Ben. Sementara itu, beberapa penumpang meninggal dalam sebuah insiden kebakaran.

Olive berkutat dengan teks-teks kuno untuk mencari petunjuk. Dia mencoba mencari petunjuk dari mitos Mesir kuno. Sementara itu, 'calling' yang dialami para penumpang semakin mengerikan.

Kekacauan-kekacauan pun terjadi antara mereka, nggak jarang 'calling' yang mereka terima membuat mereka harus berurusan dengan hukum.

Setelah sebagian penumpang akhirnya mati, siapa lagi yang akan mati di season ini? Bagaimana cara mereka menghadapinya? Season pertama mungkin menguras logika kita sebagai penonton. Season kedua ini, nggak cuma logika yang dikuras, tapi juga emosi. Kita dijejali dengan beragam konflik personal setiap karakter.

Sains dan Mitologi

manifest-s2-3_

Di season pertama bahasan tentang mitologi datang dari Olive, kembaran Cal. Ia mencoba mencari tahu makna dari simbol-simbol yang bertebaran di sekitarnya.

Akhir season pertama ditutup dengan Olive dan Ben yang berhasil mengartikan simbol-simbol yang mereka dapat. Simbol tersebut berubah menjadi sebuah tanggal yakni, 2 Juni 2024, tanggal kematian Cal, Ben, dan Michaela.

Untuk season kedua ini, unsur yang mendominasi bukan lagi sains, tapi mitologi. Simbol-simbol, dan teks-teks kuno lebih banyak dibahas

Banyak yang menganggap kalau serial ini sudah berubah menjadi drama keluarga dengan bumbu mitologi. Secara sinematografi, drama ini masih senada dengan season pertama. Hanya saja, adegan close-up menjadi lebih banyak.

Perkembangan Karakter

manifest-s2-4_

Penonton diajak untuk masuk ke lebih dalam ke kehidupan setiap karakter terutama perkembangan mereka, dan hari-hari yang mereka jalani setelah insiden itu. Zeke mendapat pendalaman yang lebih di season kedua ini. Nggak cuma perannya yang berada di antara Michaela dan Jared, tapi juga kehidupan personalnya sebelum penerbangan itu.

TJ Morisson, penumpang Montego Air Flight 828 yang nggak dapat porsi di season pertama, dapat porsi cukup banyak di season kedua. Ia membantu Olive dan Ben untuk mengumpulkan petunjuk mitologis. Di salah satu episode, TJ diceritakan berangkat ke Mesir untuk melanjutkan pendidikan dan memberikan petunjuk yang ia temukan.

Selain itu, konflik antara para penumpang dan para Xers pun semakin banyak ditampilkan. Kedua kelompok itu menjadi lebih sering bersinggungan, dan membuat teka-teki baru. Dalam beberapa episode, kita akan dibuat terkecoh tentang motif para Xers. Kita juga dibawa menebak-nebak tentang siapa berpihak kepada siapa.

Seperti di season pertama, Cal masih jadi karakter yang paling mencolok. Apalagi di season kedua ini, penampilan dan pola pikirnya pun sudah berkembang. Di season kedua ini, dia sudah mengetahui tanggal kematiannya. Adegan yang menampilkan Cal nggak sebanyak Ben dan Michaela, tapi kemunculannya selalu mencuri perhatian.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram