bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Serial Lucifer Season 5 Part 1 (2020)

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 19 September 2021

Siapa yang nggak pernah mendengar nama Lucifer? Sosok yang digambarkan dalam kitab suci sebagai iblis itu justru tampil sebagai sosok yang membela kebenaran di Los Angeles dalam serial Lucifer. Walau karakternya berbeda jauh tapi Lucifer di serial tetaplah Lucifer yang berasal dari neraka, lengkap dengan kemampuan luar biasanya.

Season keempat Lucifer ditutup dengan membuat penggemarnya geregetan. Masalahnya, Lucifer yang mencintai Chloe harus kembali ke neraka demi mencegah iblis-iblis untuk datang ke bumi. Di season kelima, masalah Lucifer akan lebih pelik. Seperti apa review dan sinopsis Lucifer Season 5 Part 1? Kamu bisa menyimaknya di sini, teman-teman!

Sinopsis

  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Fantasy, Drama, Comedy
  • Produksi: Jerry Bruckheimer Television, DC Entertainment, Warner Bros Television
  • Jumlah episode: 8
  • Sutradara: Eagle Egilsson, Sherwin Shilati, Claudia Yarmy, Viet Nguyen, Sam Hill
  • Pemain: Tom Ellis, Lauren German, Kevin Alejandro, D.B. Woodside, Lesley-Ann Brandt

Dua bulan setelah Lucifer pergi ke neraka, Chloe dan Maze dipasangkan untuk menyelesaikan kasus pembunuhan. Lucifer bepergian selama ribuan tahun menggunakan hell loop dan bertemu dengan korban-korbannya di neraka. Mengetahui ada pembunuhan di Los Angeles, dia langsung berupaya membantu.

Lee Garner merupakan korban pembunuhan. Chloe merasa nggak perlu dibantu oleh Maze dalam bekerja. Ketika mengunjungi saudara perempuan dari Lee, Chloe diserang. Tanpa disangka Chloe dibantu oleh Lucifer. Di tempat lain, Amenadiel mengambil alih Lux beserta dengan semua bandar narkoba.

Untuk kedua kalinya, Chloe dibantu lagi oleh Lucifer. Tapi Chloe melihat sosok Lucifer berbeda dengan yang dikenalnya. Lucifer ini lebih memilih untuk memberikan ketakutan pada korbannya. Ternyata pria yang membantu Maze itu mengaku sebagai Michael, saudara kembar Lucifer. Amenadiel pergi ke neraka untuk memberi tahu Lucifer mengenai keberadaan Michael.

Lucifer kembali ke bumi dan mengatakan bahwa Chloe adalah kiriman spesial dari Tuhan. Hal itu membuat Chloe nggak menentu. Mereka berdua kemudian bekerja sama untuk menyelesaikan kasus pertunjukan yang menggunakan karakter mereka. Maze kecewa karena Lucifer nggak membawanya ke neraka.

Michael dan Lucifer akhirnya berhadapan. Michael mengatakan bahwa dia berhasil membawa Lucifer kembali ke dunia. Mereka bertarung dengan diakhiri Lucifer menggunakan pedang milik Maze untuk melukai wajah Michael. Hal itu dilakukan agar Michael nggak menirukan sosok Lucifer lagi. Michael nggak kehabisan akal, dia membocorkan rahasia Lucifer pada Maze.

Lucifer didatangi Trixie yang datang membawa sebuah cincin. Di tahun 1946, Lucifer pernah bertemu dengan Lilith, ibu dari Maze. Lucifer menemukan cincin milik Lilith yang dicuri. Sebagai gantinya, dia meminta anak-anak Lilith untuk membantunya melawan pasukan dari surga. Lilith mengorbankan hidupnya dengan memasukkannya pada cincin yang diberikan pada Lucifer.

Maze meminta agar cerita ini nggak diberitahukan pada keturunannya agar Lucifer tetap mempunyai kekuatan. Trixie menceritakan kejadian Lucifer dengan Lilith pada Maze yang mengiming-imingi dengan uang. Maze menemui Reno dan Nevada untuk bertemu dengan Lilith. Sayangnya pertemuan itu nggak berhasil membuat mereka akur.

Chloe masih nggak mau menerima hal-hal yang berkaitan dengan Tuhan. Sementara itu, Lucifer mengajaknya menyelidiki pembunuhan seorang biarawati. Karena saksi yang lain ragu untuk membantu, Amenadiel turun membantu Lucifer. Chloe akhirnya mengetahui kenapa dia lebih spesial dari Amenadiel. Dia bahagia bahwa Lucifer bersedia mempunyai kerentanan ketika bersamanya.

Lucifer dan Chloe menyelidiki kasus pembunuhan seorang DJ. Ternyata ada salah sasaran, yang seharusnya jadi korban adalah DJ Karnal, mantan dari Chloe. Hal itu membuat Lucifer cemburu. Untuk menyelesaikan kasus ini, Chloe butuh bantuan dari Ella, Maze dan Linda sementara Lucifer bersama Dan, Jed, Amenadiel mencoba menenangkan Charlie agar berhenti menangis.

Pagi hari setelah tidur bersama Lucifer, Chloe menyadari bahwa dia sudah mengambil kekuatan Lucifer. Hanya saja kekuatan itu cuma bisa digunakan oleh Lucifer. Michael menipu Dan dengan membuat Lucifer terlihat jahat. Michael menyatakan bahwa dia bisa memberi pengampunan pada Dan yang membuat Dan menembak Lucifer.

Ketika itu, Chloe dan Lucifer tengah menyelidiki kasus pembunuhan berantai. Lucifer berhasil membalas dendam pada Dan. Chloe merasa bahwa yang berhasil ditangkap adalah tiruan dari pembunuh aslinya. Sementara itu, Michael berhasil membujuk Maze untuk melawan Lucifer yang dibantu oleh Amenadiel.

Plot dan Subplot yang Tertata Rapi

Plot utama yang coba ditampilkan dalam Lucifer Season 5 Part 1 adalah keberadaan saudara kembar Lucifer yaitu Michael. Michael berusaha membawa kembali Lucifer ke dunia dan terus mengusiknya. Plot tersebut dikembangkan sepanjang season dengan disertai subplot tentang investigasi kasus-kasus kriminal di Los Angeles.

Kasus kriminal di season ini lebih dari satu tapi hebatnya subplot tersebut ditata dengan rapi. Kasus-kasus kriminal yang ada pun bukanlah kasus yang sederhana sehingga ada potensi mengaburkan plot utama. Tapi subplot itu nggak mengganggu plot utama dan tetap menjadi fokus tersendiri. Buktinya sampai episode akhir, konflik berhasil dibangun dengan klimaks yang menarik.

Visualisasi Cantik

Serial Lucifer erat hubungannya dengan visualisai yang gelap sebagaimana kebanyakan adegannya dilakukan di malam hari. Tapi di season kelima, terasa ada perbedaan mengenai visualisasinya. Di season kali ini Los Angeles terlihat lebih berwarna begitu juga dengan klub malam milik Lucifer.

Ada episode ketika Lucifer mengunjungi Lilith dengan berlatar New York di tahun 1946. Gambar dibuat menjadi hitam-putih. Konsep timeloop di tengah season macam ini kalau nggak dikemas dengan baik akan membuat penonton kaget karena adegan yang meloncat. Untungnya, Lucifer bisa menyuguhkan transisi yang mulus.

Selain setting tempat yang mendapat perubahan, ada juga visualisasi dari para korban kejahatan yang bisa dikemas lebih dramatis. Ada buket mawar yang menyertai seorang korban wanita. Ada juga DJ yang tewas tapi diangkat badannya seakan-akan sedang crowdsurfing. Detil-detil kecil macam ini membuat serial ini terlihat lebih spesial dengan menampilkan sesuatu yang baru.

Baca juga: Film dengan Sosok Anti-Hero Terbaik Sepanjang Masa

Humor yang Tetap Segar

Serial Lucifer bukan hanya menyajikan unsur supranatural atau mistis dengan investigasi tindakan kriminal. Banyak juga unsur humor yang disertakan dalam setiap episodenya. Kesan Lucifer yang seharusnya kelam dan angker sebenarnya bertolak belakang dengan gaya humor di serial ini. Tapi itu bukan masalah besar mengingat humor yang ditampilkan sangatlah menghibur.

Di episode keenam, ada adegan ketika Amenadiel kesulitan untuk membuat anaknya, Charlie, berhenti menangis. Datanglah Lucifer yang terpaksa harus ikut menenangkan sang anak. Cara yang dipilih pun terbilang konyol yaitu Lucifer menunjukkan wujudnya yang menyeramkan barulah Charlie berhenti menangis.

Romansa Lucifer dan Chloe

Nggak lengkap rasanya kalau membahas Lucifer tanpa membahas romansa antara Lucifer dan Chloe. Hubungan keduanya menjadi hal yang sangat disukai oleh penggemarnya. Di season kelima part pertama ini pun ada porsi khusus yang menyoroti bagaimana perkembangan hubungan kedua orang tersebut.

Di season kali ini, Chloe menjadi orang yang diuji karena ketidakhadiran Lucifer. Dari yang awalnya bisa melalui masalah itu, sampai ternyata dia sadar kalau dia membutuhkan sosok Lucifer. Apalagi ada sosok yang sama dengan penampilan Lucifer yang datang membantunya. Dengan menggunakan instingnya, dia menyadari bahwa itu bukanlah Lucifer yang dia kenal.

Lucifer terbilang cukup berhasil membuat tontonan menarik walau sudah berjalan sepanjang lima season. Pengembangan karakter dan cerita yang terus dieksplor dengan baik merupakan kuncinya. Season kelima part pertama ini dibuat menggantung ending-nya dengan kedatangan sesuatu yang dikenal oleh Lucifer, Michael, Dan sekaligus Amenadiel.

Jawaban tentang siapa orangnya baru bisa diketahui kalau menonton serial ini. Jadi, kamu harus meluangkan waktumu buat nonton kalau ingin tahu jawabannya. Kapan lagi nonton serial fantasi, kriminal, dan komedi dalam satu tontonan yang segar dan menghibur? Setelah nonton, bagikan ulasanmu di kolom komentar, yuk!

Lucifer Season 5 Part 1
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram