bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Film Love, Guaranteed, Menggugat Dating App

Sinopsis & Review Film Love, Guaranteed, Menggugat Dating App

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 24 Maret 2021

Seiring perkembangan zaman, cara mencari pasangan mengalami pergeseran. Dari yang zaman dahulu perlu nongkrong untuk mencari lawan jenis sampai minta dikenalkan pada teman, berubah lebih sederhana. Ya, kehadiran aplikasi kencan atau dating app membuat keinginan seseorang untuk mencari pasangan bisa jauh lebih mudah.

Dengan menggeser layar HP kemudian berlanjut chat, maka kita tinggal mencari kecocokan dengan orang yang dikehendaki. Walau terkesan lebih mudah, tapi nggak semua orang bisa mendapatkan jalan yang mulus. Sebagian tetap mengalami kendala dan gagal mendapatkan pacar. Hal itu yang mendasari cerita dari film Love, Guaranteed. Seperti apa review dan sinopsisnya?

Sinopsis

review film love guaranteed_Sinopsis
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Komedi Romantis
  • Produksi: Off Camera Entertainment, Industry Entertainment
  • Sutradara: Mark Steven Johnson
  • Pemain: Rachael Leigh Cook, Damon Wayans Jr. Caitlin Howden, Jed Rees

Sebuah dating app dirilis dengan iming-iming janji yang meyakinkan. Penggunanya akan mendapatkan cinta sejati dalam 1.000 kali kencan. Rasanya dari 1.000 orang yang ditemui, akan ada minimal seseorang yang dianggap sebagai cinta sejati. Janji yang walau terhitung relatif tapi masih bisa dikatakan aman. Di sisi lain, siapa pula yang niat untuk berkencan dengan 1.000 orang?

Susan Whitaker merupakan seorang pengacara yang karirnya nggak juga mengalami peningkatan yang pesat. Padahal dia sudah rela memberikan pendampingan kepada orang-orang kurang mampu yang tersangkut masalah hukum. Belum lagi kerelaannya untuk membela kepentingan umum yang nggak begitu menguntungkannya secara komersil.

Susan mendapatkan kasus dari klien yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Sang klien berjanji untuk membayar dengan jumlah yang nggak sedikit. Bahkan kalau pun dia kesulitan, dia tetap akan melakukan segala cara asalkan didampingi oleh Susan. Sayangnya, bayaran itu nggak kunjung datang dan keberuntungan belum berpihak pada Susan. 

Kondisi keuangan yang semakin terhimpit membuat Susan nggak berdaya. Sampai-sampai barang-barang di kantornya harus diambil oleh pihak debitur karena dia nggak mampu membayar hutang. Sampai suatu saat, dia didatangi oleh seorang pria yang bernama Nick Evans dan rela membayarnya dalam jumlah besar.

Nick Evans adalah seorang personal trainer yang kehidupan percintaannya kurang mujur. Dia menjadi pengguna Love, Guaranteed bahkan membayar uang langganan untuk mendapat fitur-fitur utama. Dia menemui Susan karena setelah hampir mencapai 1.000 kali berkencan, dia belum juga menemukan cinta sejatinya, sesuatu yang dijanjikan aplikasi tersebut.

Susan yang terhimpit secara finansial mengiyakan permintaan Nick. Ditemani dua karyawannya, dia berusaha mencari cara agar sang klien punya modal yang cukup untuk menggugat Love, Guaranteed di pengadilan. Hanya saja tugas mereka nggak mudah karena aplikasi itu merupakan aplikasi kencan terbesar dan dipimpin oleh Tamara Taylor, seseorang yang berpengaruh.

 Supaya bisa memahami kasus, Susan bahkan menggunakan Love, Guaranteed. Tamara mengundang Nick dan Susan ke kantornya untuk berdamai. Tawaran berupa uang 100.000 dollar supaya kasus nggak sampai pengadilan ditolak dan memilih untuk bertarung di pengadilan dalam beberapa pekan ke depan.

Susan mencari wanita yang pernah berkencan dengan Nick. Sementara itu, mereka berdua semakin sering bertemu dan hubungannya semakin mendekat. Hal itu berhasil difoto oleh pengacara lawannya dan dapat digunakan untuk menyerang balik argumen Susan di pengadilan.  Apa yang akan mereka lakukan? Bisakah mereka memenangkan gugatan melawan Love, Guaranteed?

Terinspirasi dari Cerita Nyata

review film love guaranteed_Terinspirasi dari Cerita Nyata

Plot dalam film Love, Guaranteed terasa relevan dengan kehidupan zaman sekarang. Banyak orang yang menggunakan dating app untuk mencari pasangan. Kemudahan menjadi alasan yang paling sering dikemukakan. Pasalnya, untuk bisa berkenalan dengan orang yang match dengan kita, kita bisa tinggal menggunakan fitur chat.

Siapa sangka plot di film ini terinspirasi dari cerita nyata. Rachael Leigh Cook yang bukan hanya bertindak sebagai aktris tapi juga produser terinspirasi dari gugatan pada sebuah perusahaan bir. Gugatan itu dilayangkan seseorang karena merasa sudah dibohongi oleh iklan yang menyatakan bir-nya dibuat dari air Pegunungan Rocky.

Cook merasa bahwa janji di iklan bisa saja mengelabui. Maka dari itu dia membuat sesuatu yang lebih bisa diterima oleh orang banyak yaitu drama percintaan. Ketika syuting film ini bahkan ia mendaftar di dating app untuk melihat siapa saja yang cocok dengannya. Hal itu dia lakukan demi kepentingan riset, supaya filmnya terasa dekat dengan penonton.

Visual yang Menyenangkan

review film love guaranteed_Visual yang Menyenangkan

Film bergenre komedi romantis selain membutuhkan cerita yang lucu dan menghibur juga membutuhkan visualisasi yang tepat. Akan terasa aneh kalau film dengan genre tersebut ditampilkan dalam palet berwarna abu atau gelap yang akan membuat penonton merasa terlalu kelam. Jauh dari harapan akan mendapat hiburan.

Love, Guaranteed menyajikan visual yang menyenangkan. Dari mulai lokasi set, warna kostum, sampai make-up dibuat terlihat seperti musim semi atau panas. Warna-warna menyenangkan itu membuat kesan ceria bisa lebih mudah ditangkap oleh penontonnya. Bahkan kalau ditonton sekilas saja akan terasa seperti film yang tayang menjelang Hari Valentine.

Menggunakan Formula Lama

review film love guaranteed_Menggunakan Formula Lama

Love, Guaranteed menggunakan formula lama film bergenre komedi romantis. Dua orang dengan latar belakang berbeda tapi bersama-sama untuk sebuah urusan kemudian menjadi jatuh cinta. Nggak ada plot twist atau kejutan yang mengubah jalan cerita. Bisa dikatakan film ini terasa klise kalau dilihat dari alur ceritanya.

Walau klise, tapi bukan berarti film ini jelek. Bagi yang menyukai hiburan ringan dan nggak perlu memutar otak, film ini bisa jadi pilihan tepat. Jalan cerita yang sekilas mudah tertebak bisa diobati dengan adegan-adegan menggemaskan. Apalagi ketika Susan dan Nick ternyata menyimpan ketertarikan pada satu sama lain.

Chemistry Damon Wayans Jr. dan Rachael Leigh Cook

review film love guaranteed_Chemistry Damon Wayans Jr. dan Rachael Leigh Cook

Chemistry dua karakter utama merupakan keharusan yang nggak bisa ditawar lagi dalam film yang mengangkat tema percintaan. Akan terasa hambar kalau dua karakternya bermain tanpa benar-benar terlihat tertarik atau mencintai satu sama lain. Untuk urusan chemistry, Damon Wayans Jr. sebagai Nick dan Rachael Leigh Cook sebagai Susan dapat menampilkannya dengan baik.

Rachael Leigh Cook harus menjadi Susan, pengacara yang berusaha keras untuk mendapatkan karir yang hebat. Apalagi karirnya sebagai pengacara ternyata belum berhasil secara finansial. Hal itu membuat dia melupakan urusan percintaan, bahkan cenderung skeptis dan nggak begitu percaya pada cinta. 

Nick justru berbeda, dia sekilas nggak terlihat sebagai pria yang serius dan cenderung mata duitan dengan ingin menggugat Love, Guaranteed. Tapi dibalik itu semua, ternyata dia orang yang sangat tulus dan hanya berharap bisa mendapatkan cinta. Perbedaan sifat dia dan Susan itu menjadi bumbu utama di dalam film.

Damon Wayans Jr. dikenal sebagai aktor yang banyak membintangi film dan serial bergenre komedi. Di film ini, dia mendapat porsi yang pas untuk menimbulkan kelucuan dan adegan menggemaskan bersama Rachael. Nggak ada yang terlalu dominan dan itu bisa membuat kita lebih memahami kedua karakternya dengan baik.

Love, Guaranteed merupakan tipe tontonan yang bisa jadi pilihan tepat ketika kita nggak mau terlalu banyak berpikir. Cerita yang ringan, menggemaskan, dan menghibur merupakan alasan utamanya. Di tengah pandemi yang banyak menyisakan kekhawatiran, mungkin film ini bisa sedikit memberi hiburan dengan jalan ceritanya yang klise tapi bisa membuat tersenyum.

Kamu pernah menggunakan dating app? Kalau pernah, film ini akan terasa lebih dekat. Banyak adegan-adegan di film yang mungkin pernah kamu alami juga. Segera luangkan waktumu untuk menonton filmnya teman-teman! Kalau ingin berbagi kesan setelahnya, sudah ada kolom komentar yang disediakan, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram