bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Live Action L: Change the World

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 23 Juli 2021

L: Change the World adalah spin-off dari serial film Death Note. Penggarapan film ini tidak lagi di sutradarai oleh Shunsuke Kaneko, melainkan disutradarai oleh Nakata Hideo. Meskipun demikian, film ini tidak kalah dengan dua serial film sebelumnya. Bahkan film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 3,1 miliar Yen.

Film ini juga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, baik penghargaan untuk filmnya dan juga untuk pemain utamanya Kenichi Matsuyama. Serial ini menceritakan hari-hari terakhir hidup L (Kenichi Matsuyama) setelah pertarungan bersama Light atau Kira (Fujiwara Tatsuya) selesai. Berikut ini ulasan review dan sinopsis filmnya.

Sinopsis

review film L change the world_sinopsisSumber: hulu.jp
  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Suspense, Thriller
  • Produksi: Warner Bros. Japan
  • Sutradara: Nakata Hideo
  • Pemeran: Kenichi Matsuyama, Mayuko Fukuda, Narushi Fukuda

Cerita dimulai dengan flashback kejadian ketika akhirnya kasus Kira terungkap dan akhirnya ia meninggal di tangan Shinigami Ryuk. Namun, disaat yang bersamaan Watari (Shunji Fujimura) meninggal karena namanyanya dituliskan dalam death note.

Sepeninggalan Watari, L pun seorang diri menyelesaikan beberapa kasus yang tersisa yang ada di file milik Watari di sisa 23 hari hidupnya. Setelah semua kasus selesai ia tangani, kemudian sebuah ‘hadiah’ yang ditujukan kepada Watari datang.

Sementara itu diceritakan kalau ada seorang anak laki-laki yang selamat dari tragedi virus yang menyebar di suatu desa di Thailand yang diselamatkan oleh F yang merupakan salah satu agen yang ditugaskan oleh Watari untuk menyelidiki sesuatu disana.

Anak laki-laki itu merupakan anak yang pendiam, tapi ia merupakan anak yang sangat jenius terutama dalam matematika. Awalnya anak laki-laki itu sulit untuk didekati, namun perlahan akhirnya ia bisa membuka dirinya dan mengikuti L. 

Tak lama setelah kedatangan anak laki-laki tersebut, L kembali mendapatkan kunjungan dari seorang gadis bernama Maki (Mayuko Fukuda) yang memberitahunya jika ia membawa sesuatu dari ayahnya yang meninggal dengan cara yang mengerikan, L dipinta untuk pergi menjumpai Watari.

Disaat yang berdekatan itu L pun menyadari tentang terjadinya sebuah konspirasi untuk memusnahkan manusia dengan diciptakannya sebuah virus mematikan yang sudah menelan banyak korban di desa kecil yang ada di Thailand. 

Virus tersebut diciptakan oleh Dr. Kimiko Kujo (Kudou Youki) yang ternyata virus tersebut belum memiliki obat penawarnya. Dr Kujo mengincar Maki, karena menyadari kalau Maki membawa sebuah catatan tentang vaksin yang telah ditemukan oleh ayah Maki.

Dengan waktu yang terbatas, L bersama dengan anak laki-laki dan Maki pergi melarikan diri dan berusaha untuk mencari cara membuat vaksin untuk virus itu. Akankah L berhasil menyelesaikan masalah tersebut dalam 6 hari terakhir hidupnya?

Flashback Death Note

Dalam film spin-off ini akhirnya kita akan mengetahui bagaimana cara L menyelesaikan kasus Kira. Dan kenapa akhirnya ia menuliskan namanya sendiri dalam buku death note. Meskipun kasus Kira terpecahkan, tapi penggemar akan cukup sedih ketika melihat Watari harus meninggal dalam serial sebelumnya serta L yang menuliskan namanya sebagai nama terakhir yang ada pada death note

Langkah yang diambil oleh L setelah kasus Kira selesai dengan membakar death note merupakan cara yang baik karena mencegah death note jatuh ke tangan orang-orang yang sama seperti Kira.

Munculnya Kasus Baru yang Menegangkan

Nah, dalam serial ini tidak lagi diceritakan tentang death note, tapi justru muncul masalah lain yang juga tak kalah menegangkan dari kasus Kira. Dimana munculnya sebuah virus yang mematikan dan sengaja diciptakan untuk memusnahkan manusia yang lemah.

Kasus baru ini meskipun berbeda dengan kasus Kira, tapi memiliki sebuah motif yang mirip. Dimana para pelaku kejahatan ingin membuat dunia baru yang menurut mereka bisa menjadi dunia yang lebih baik dan akan menjadikan dunia yang ideal menurut para pelakunya. 

Near, Sosok Anak Laki-laki yang Pandai dan Menggemaskan

review film L change the world_Near, Sosok Anak Laki-laki yang Pandai dan MenggemaskanSumber: forumla.de

Near (Narushi Fukuda), adalah nama yang diberikan oleh L kepada anak laki-laki yang selamat dari tragedi terjadinya penyebaran virus di Thailand. Contoh beberapa kepandaian Near yang diperlihatkan pada film ini adalah ketika ia bisa mengingat nomor telepon dan juga pesan yang harus disampaikan kepada Watari.

Kemudian ada juga ketika ia bisa menyelesaikan sebuah tugas yang diberikan oleh ayahnya Maki. Tidak hanya pandai, tapi ia juga menggemaskan. Ya, walaupun dia jarang sekali berbicara, tapi tingkah dan gerak-geriknya akan membuat penonton gemas. Apalagi ketika ada adegan dia ikut menangis bersama Maki, yang ntah kenapa membuat ia jadi ikut menangis kala itu.

Maki dan Tugas dari Sang Ayah

Maki ini sebetulnya merupakan seorang anak gadis yang baik dan ceria. Tapi semenjak ia menyaksikan kematian ayahnya yang mengerikan, ia sangat merasakan kehilangan dan ia dipenuhi dengan rasa dendam kepada Dr. Kujo.

Nah, semenjak kejadian itu ia bahkan bisa dibilang anak yang cukup nekat. Salah satu kejadian nekatnya adalah ketika ia dengan sengaja menyuntikan virus ke dirinya sendiri untuk membalaskan dendam. Sebenarnya bisa cukup dimengerti kenapa ia bisa sampai melakukan aksi nekat itu, walaupun tetap saja aksi itu sangat nekat.

6 Hari Terakhir L

Enam hari terakhir sisa hidup L merupakan adegan yang cukup menegangkan. Karena disisa harinya yang tinggal hanya sedikit, L harus berjuang menyelesaikan kasus virus tersebut. 

Ditambah lagi selain dikejar-kejar oleh sekelompok penjahat, L juga ikut mencari para penjahat tersebut demi menghentikan penyebaran virus yang sudah muncul pada diri Maki yang diculik oleh mereka.

Selain menegangkan, enam hari terakhir L merupakan hari-hari yang diwarnai kelucuan karena L harus mengasuh Near dan Maki. Salah satu adegan yang saya suka di film ini adalah ketika L mencoba untuk menegakkan tubuhnya ketika sedang berdiri, walaupun terlihat kaku tapi tetap saja menurut saya itu sangat lucu.

Enam hari terakhir hidup L juga merupakan hari yang menyedihkan disaat akhirnya L benar-benar meninggal. Serial film Death Note pun akhirnya selesai dengan ending L yang meninggal walaupun hanya diperlihatkan sebuah tulisan yang menyatakan kalau L sudah meninggal. 

Meskipun ending dari film ini cukup sedih karena L akhirnya meninggal, tapi tetap saja film ini seru untuk ditonton, oleh karena itu saya merekomendasikan film ini untuk ditonton bagi pecinta karakter L dan juga bagi yang menyukai film genre suspense-thriller

Untuk yang pernah menonton film ini, kamu boleh berbagi kesan dari film ini di kolom komentar ya. Dan bagi yang belum juga penasaran dengan film nya, selamat menonton!

L: Change the World
6 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram