bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Lilo & Stitch, Persahabatan yang Unik

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 10 September 2021

Siapa yang tak kenal Stitch, alien nakal berwarna biru dengan kekuatan tak terbatas? Kebersamaannya bersama Lilo, seorang gadis kecil yatim piatu yang pemarah, telah membuatnya menjadi alien baik hati dan mengenal arti keluarga.

Buat kamu yang sudah pernah menonton filmnya, nggak ada salahnya, kok, baca sinopsisnya lagi buat flashback. Bacaterus juga sekalian menambahkan review buat film Lilo & Stitch ini. Yuk, langsung saja disimak selengkapnya di bawah ini!

Sinopsis

Sinopsis & Review Lilo & Stitch, Persahabatan yang Unik 1
  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Animation, Drama, Family
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Chris Sanders, Dean DeBlois
  • Pemeran: Daveigh Chase, Chris Sanders, Tia Carrere, David Ogden Stiers, Kevin McDonald, Ving Rhames, Zoe Caldwell, Jason Scott Lee, Kevin Michael Richardson, Susan Hegarty

Di Galactic Federation Headquarters Planet Turo sedang diadakan persidangan atas eksperimen genetis tidak sah dari Dr. Jumba Jookiba. Di hadapan dewan, ilmuwan utama dari Industri Pertahanan Galaksi itu mengaku tidak bersalah, dengan alasan bahwa eksperimennya hanya berupa teori dan tak melanggar hukum.

Dr. Jumba juga menjelaskan bahwa 'Eksperimen 6-2-6' anti peluru, anti air, dapat berpikir lebih cepat dari komputer super, dapat melihat dalam kegelapan, dapat mengangkat benda 3.000 kali lebih berat dari tubuhnya, dan memiliki naluri untuk menghancurkan apa saja yang disentuhnya.

Dr. Jumba dipenjara dengan ketat, sedangkan Eksperimen 6-2-6 diasingkan ke asteroida terpencil dan Captain Gantu diperintahkan untuk mengurusnya. Akan tetapi, Eksperimen 6-2-6 berhasil melarikan diri, mencuri pesawat paling besar di sana, dan melakukan lompatan menuju planet Bumi.

Grand Councilwoman, pemimpin United Galactic Federation, memerintahkan Dr. Jumba untuk menangkap eksperimennya. Dia akan ditemani Agent Wendy Pleakley sebagai "Ahli Bumi". Tadinya Dr. Jumba tak mau, tapi Grand Councilwoman menjanjikan kebebasan kepada Dr. Jumba jika berhasil menangkap Eksperimen 6-2-6.

Di Bumi, Lilo terlambat hadir dalam latihannya untuk pementasan tari. Saat Lilo sedang menjelaskan kenapa dia terlambat kepada pelatihnya, teman Lilo mengejeknya dan membuat Lilo marah. Lilo memukul dan menggigit anak itu. Pelatihnya melerai mereka, dan terpaksa memanggil kakak Lilo, Nani, untuk menjemput Lilo.

Sambil menunggu Nani, Lilo mengajak teman-temannya bermain boneka bersama. Boneka Lilo adalah handmade dibuat oleh dirinya sendiri, berbeda dengan boneka milik teman-temannya yang berupa Barbie dan boneka mahal buatan pabrik. Teman-teman Lilo diam-diam pergi meninggalkan Lilo.

Saat Lilo menyadarinya, dia menjadi kesal dan sedih, sehingga pulang ke rumahnya tanpa sang kakak. Sudah bisa ditebak. Nani terlambat datang menjemput Lilo, tapi adiknya itu sudah tak ada di sekolah tari. Nani pun langsung pulang ke rumah karena berpikir adiknya pasti di sana.

Saat mencoba masuk ke dalam rumah, Nani menemukan pintunya tak bisa dibuka karena Lilo sudah memaku semua pintu. Disaat Nani hendak melepaskan paku-paku tersebut, datanglah petugas dari Dinas Sosial, Tn. Bubbles.

Nani merasa tertangkap basah karena dianggap telah menelantarkan adiknya. Nani berusaha meyakinkan Tn. Bubbles bahwa dia telah mengasuh adiknya dengan baik. Tapi, sayangnya Tn. Bubbles melihat sendiri kondisi rumah yang berantakan, kompor menyala yang ditinggalkan, serta tingkah laku Lilo yang tidak seperti anak seumurannya.

Tn. Bubbles memberikan Nani waktu 3 hari untuk mengubah penilaiannya. Sebelum pergi, Tn. Bubbles memberikan kartu namanya pada Lilo, kalau-kalau Lilo membutuhkannya jika dia ditinggal sendirian lagi di rumah. Sepeninggal Tn. Bubbles, Nani dan Lilo bertengkar karena kejadian di sekolah tari maupun soal kedatangan Tn. Bubbles.

Nani mencoba berbaikan dengan Lilo, dan akhirnya mereka pun akur kembali. Malam harinya, tiba-tiba saja ada 'bintang jatuh'. Kejadian ini tidak dilewatkan oleh Lilo, dia langsung mengucapkan permohonan untuk diberikan teman yang tidak akan pernah pergi meninggalkannya. 'Bintang jatuh' itu ternyata Eksperimen 6-2-6 dan pesawatnya.

Dalam kebingungan, Eksperimen 6-2-6 tertabrak truk dan tersangkut di bemper truk. Eksperimen 6-2-6 terbangun di dalam sebuah tempat penampungan dan adopsi anjing. Para anjing di dalam kandang tersebut ketakutan melihat Eksperimen 6-2-6 yang jelas-jelas memiliki fisik yang tak biasa. Disaat bersamaan, Nani dan Lilo datang untuk mengadopsi anjing di sana.

Eksperimen 6-2-6 berhasil kabur dari penampungan, tapi langsung dihujani tembakan oleh Dr. Jumba. Eksperimen 6-2-6 pun kembali masuk ke dalam. Eksperimen 6-2-6 melihat poster tentang adopsi hewan, kemudian memasukan kedua tangannya kedalam tubuhnya, serta bagian tubuh lainnya juga, supaya terlihat seperti anjing. Lalu, Eksperimen 6-2-6 menghampiri Lilo.

Lilo memutuskan untuk mengadopsinya, dan memberinya nama Stitch. Kemudian, Lilo mengenalkan Stitch kepada teman-temannya sambil meminta maaf atas kejadian kemarin. Tapi teman-temannya tetap tidak memaafkan Lilo. Stitch mengambil sepeda salah satu teman Lilo, lalu mengendarai sepeda itu keliling pulau bersama Lilo.

Stitch rupanya berniat menyelidiki pulau tempat Lilo tinggal, dan dia kesal lantaran seluruhnya dikelilingi oleh air, yang tak dia sukai. Lilo mengajak Stitch bermain layaknya anjing, tapi Stitch tidak mau. Bahkan Stitch berperilaku sangat buruk. Lilo menyadari hal ini, dan berencana untuk membuatnya jadi baik.

Lilo harus dibawa ke tempat Nani bekerja, karena jika ketahuan oleh Tn. Bubbles kalau Lilo ditinggal sendiri di rumah maka Lilo akan dibawa ke panti asuhan. Lilo mengenalkan Stitch pada David, teman sekaligus rekan kerja Nani. Sayangnya, di restoran tempat Nani bekerja, Stitch membuat keributan sehingga Nani kehilangan pekerjaannya.

Dalam perjuangannya mencari pekerjaan baru, Nani selalu dikacaukan oleh Stitch dan Lilo. Walaupun, namanya juga anak-anak, Lilo hanya ingin bersenang-senang. Lilo mengenalkan lagu-lagu dan segala hal tentang Elvis Presley pada Stitch. Lilo membuat Stitch menari, memainkan gitar, dan menampilkan lagu Elvis dengan berdandan seperti Elvis juga di pantai.

Orang-orang pun berkerumun untuk melihat Stitch dan memotretnya. Flash dari kamera membuat Stitch jadi liar dan brutal. Akhirnya Nani tidak jadi mendapatkan pekerjaan sebagai penjaga pantai. Sebagai penghiburan, David mengajak Nani, Lilo, dan Stitch bermain papan seluncur. Mereka berempat menikmati kebersamaan mereka, seperti keluarga.

Di tengah-tengah kebahagiaan mereka, Dr. Jumba berusaha untuk mengambil Stitch tanpa memikirkan keselamatan manusia lainnya. Kejadian itu membuat Lilo ikut tenggelam bersama Stitch, namun bisa diselamatkan. Tn. Bubbles yang diam-diam memperhatikan mereka akhirnya muncul dan mengatakan kepada Nani bahwa besok dia akan membawa Lilo.

Nani menghabiskan malam terakhir dengan Lilo, Stitch melihat ini dan merasa sedih. Stitch yakin bahwa dia tersesat seperti bebek dalam buku dongeng milik Lilo. Malam itu juga, Lilo mengajarkan Stitch arti ohana (keluarga), tapi Stitch memutuskan untuk pergi demi keselamatan semua orang.

Grand Councilwoman yang tidak sabar dengan hasil kerja Dr. Jumba dan Agent Pleakley, mengutus Captain Gantu untuk menyelesaikan misi mereka. Dr. Jumba yang masih berusaha menangkap Stitch malah membuat rumah Lilo meledak dan terbakar. Lilo keluar dari mobil Tn. Bubbles, dan Stitch memberikan foto keluarga Lilo yang dia temukan dari puing-puing rumah Lilo.

Di saat bersamaan, Captain Gantu menangkap Stitch dan tak sengaja membawa Lilo juga. Stitch berhasil keluar dari pesawat Captain Gantu, tapi Lilo tidak. Stitch akhirnya ditangkap kembali oleh Dr. Jumba. Nani pun terpaksa meminta bantuan kepada mereka untuk menyelamatkan Lilo. Peperangan terjadi, Stitch menjadi sekutu dengan Dr. Jumba, Agent Pleakley, Tn. Bubbles, Nani, dan David.

Lilo berhasil diselamatkan, tapi Stitch ditangkap oleh Grand Councilwoman. Sebelum pergi, Stitch meminta izin kepada Grand Councilwoman untuk berpamitan kepada Lilo dan keluarganya. Hal ini membuat Grand Councilwoman terkejut akan perubahan baik terhadap sikap Stitch. Tapi karena peraturan, Grand Councilwoman tetap harus membawa Stitch.

Namun, Lilo mencegahnya dengan menunjukan bukti pembelian Stitch di penampungan hewan, dan Stitch pun bsia tetap berada di Bumi dan menjadi bagian keluarga Lilo dalam pengawasan Federasi Kesatuan Galaktika. Stitch dapat beradaptasi dengan mudah untuk menjadi keluarga Lilo yang sesungguhnya.

Mereka bersama-sama menjalani hari-hari seperti keluarga lainnya. Kebersamaan mereka selalu dihadiri oleh Tn. Bubbles, serta Dr. Jumba dan Agent Pleakley yang tidak ikut kembali ke Planet Turo. Tamat!

Baca juga: Film Animasi Terbaik yang Dibuat oleh Studio DreamWorks

Memperlihatkan Tanggung Jawab

Sinopsis & Review Lilo & Stitch, Persahabatan yang Unik 3

Setelah kehilangan kedua orang tua, tugas Nani sebagai anak sulung untuk bertanggung jawab atas keluarganya. Dia harus menafkahi, tapi juga harus memperhatikan dan menjaga keselamatan keluarganya. Tentu itu sangat sulit bagi Nani yang diceritakan berusia 19 tahun, sementara Lilo berusia 7 tahun yang berarti ada gap 12 tahun di sana.

Kita tak bisa menghakimi Nani tak becus sebagai kakak sehingga Lilo bersikap kasar dan kesepian, karena dia harus mengurus segalanya sendiri sambil bekerja. Toh, sebenarnya Nani sangat sayang pada adiknya itu. Dari Nani kita bisa belajar juga, bahwa kalau merasa kesulitan atau merasa kurang mampu, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada orang lain.

Apa Arti Keluarga

Sinopsis & Review Lilo & Stitch, Persahabatan yang Unik 5

Dari film animasi ini, kita diajarkan arti keluarga. Ohana (keluarga) selalu bersama dalam susah, senang, sedih, dan terluka. Karena, dengan bersama-sama, segala sesuatunya pasti bisa diatasi. Kita juga diajarkan untuk saling menyayangi, saling mengasihi, saling mendengarkan, dan saling menjaga kepercayaan.

Film ini tentunya disukai oleh anak-anak maupun dewasa pada masa tayangnya, tapi masih menjadi salah satu film favorit pada masa sekarang. Apakah kamu berpikir yang sama? Ini adalah film yang mengandung pesan yang sangat baik, namun untuk anak-anak sepertinya tetap membutuhkan pendamping saat menontonnya, ya. Untuk keseluruhan, saya memberi rating 3.7/5 untuk film ini.

Lilo & Stitch
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram