bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Komi Can’t Communicate Season 2

Komi Can’t Communicate, merupakan anime yang cukup banyak digemari sejak season pertamanya. Pada akhir tahun 2021, Netflix telah mengumumkan kalau season ke-2 anime ini ditayangkan perdana pada 7 April 2022.

Ceritanya sendiri masih melanjutkan kisah seorang gadis cantik bernama Komi yang memiliki kesulitan berkomunikasi. Dan bersama teman pertamanya, Tadano, Komi melanjutkan targetnya untuk memiliki 100 orang teman.

Agar mengerti alur cerita anime ini, ada baiknya kamu menonton season pertamanya atau bisa juga dengan membaca sinopsis dan reviewnya di artikel Review Komi Can't Communicate. Penasaran dengan lanjutan kisah Komi yang berjuang mencari 100 orang teman? Ikuti terus ulasan dan reviewnya hanya di Bacaterus!

Sinopsis

Komi Cant Communicate Season 2 episode 1-2_sinopsis_

Kini Komi sudah memiliki beberapa orang teman, namun masih belum mencapai target yang diinginkannya. Meskipun masih agak kesulitan untuk berkomunikasi, tapi kini Komi sudah memiliki kemajuan dibandingkan sebelumnya.

Episode 1-2

Komi Cant Communicate Season 2 episode 1-2__

Di sekolah, tiba-tiba Najimi menyentuh pipi Komi dengan tangannya. Merasa terkejut dengan sentuhan tersebut, Komi pun memutuskan untuk melakukan hal yang sama pada Tadano.

Sebelum masuk ke kelas, Najimi  menagih buku pada Komi seperti yang dia katakana melalui sms. Kemudian, Najimi menukar buku tersebut dan menyerahkan sebuah buku catatan kecil pada Komi.

Buku catatan kecil itu ternyata harus digunakan Komi untuk mencatat semua nama-nama teman yang telah dikenalnya selama ini. Dan dengan gugup, Komi meminta Tadano untuk menulis namanya di buku catatan tersebut.

Setelah nama Tadano ditulis sebagai teman pertamanya, Komi melanjutkan meminta teman-temannya yang lain untuk menuliskan nama mereka di buku catatan tersebut. Di saat yang bersamaan, Makoto Katai, seorang siswa baru yang gugup tiba di kelas.

Penampilan Katai yang terlihat seperti anak berandalan membuat para siswa takut padanya, kecuali Najimi dan Tadano yang terlihat biasa saja. Bahkan Tadano mengajak Katai keliling sekolah untuk mengenalkan berbagai tempat yang ada di sekolah.

Najimi awalnya sangat bersemangat ketika musim dingin segera tiba, tapi di saat yang bersamaan ia merasa kesal. Mengingat pada musim dingin akan segera diadakan ujian dan membuatnya langsung teringat pada Nakanaka.

Kemudian Nakanaka mengajak Komi, Tadano dan Najimi ke rumahnya untuk belajar. Tapi, Yamai juga ikut ke rumah Nakanaka karena ingin selalu bisa dekat dengan Komi.

Saat tiba di rumahnya, Nakanaka merasa gelisah dengan tingkahnya Yamai, sehingga mereka berdebat untuk bisa meraih hati Komi.

Meskipun Komi memberikan jawaban yang membuat mereka berdua bahagia, Nakanaka masih saja merasa tidak puas. Ia pun akhirnya menantang Yamai bermain game dan menentukan siapa yang paling baik untuk Komi.

Ujian pun tiba, Komi tidak sengaja menjatuhkan pensilnya. Tapi karena terlalu takut, Komi tidak berani meminta guru untuk mengambilnya.

Tadano dengan sigap membantu Komi dan menjatuhkan pensil miliknya ke dekat pensil Komi yang terjatuh. Lalu, Tadano baru menyadari kalau dia tidak memiliki penghapus dan Komi memutuskan untuk membalas budi. Penghapus pemberian Komi pun menjadi barang berharga milik Tadano.

Keesokan harinya, sebuah topan kuat datang dan membuat Komi cukup ketakutan. Namun, telepon dari Tadano membuat Komi sedikit tenang dan ia meminta Tadano untuk menemani sedikit lebih lama. Topan pun telah berlalu dan sekolah kembali diadakan.

Di sekolah, Yamai sangat terobsesi ingin melihat celana dalam Komi, sehingga ia melakukan berbagai upaya untuk bisa melihatnya meski pada akhirnya tetap gagal.


Cerita pun beralih pada beberapa teman sekelas Tadano yang duduk tak jauh dari dirinya, tiba-tiba membayangkan siapa gadis di kelas yang akan mereka kencani. Mereka mulai membayangkan beberapa gadis dan membayangkan hubungan romantis.

Namun, mereka kesulitan ketika membayangkan akan berkencan bersama Komi. Di sisi lain, tiba-tiba Tadano justru membayangkan dirinya berkencan dengan Komi dan membuat dirinya malu sendiri. 

Kisah lalu berlanjut pada Komi yang ingin mengunjungi kafe kucing yang sempat dia lihat di berita. Tadinya Ia ingin mengajak Tadano dan Najimi, tapi mereka berdua tidak bisa ikut. Kemudian Komi pergi ke kafe kucing bersama Oniemine dan Otori.

Sesampainya di sana, ternyata tidak ada kucing yang mendekati Komi dan membuat dirinya cemburu pada Onemine dan Otori. Kemudian tiba-tiba seekor kucing hitam bernama Chocolat mendekat dan membuat Komi senang.

Keesokan harinya di sekolah, Yamai dan Najimi memainkan permainan ‘I Love You’ dan jika lawannya memberikan respons maka lawannya itu kalah.

Yamai sangat berusaha keras mengatakan ‘I Love You’ pada Komi, tapi tak ada reaksi apa pun. Sampai akhirnya Tadano diminta untuk mengikuti permainan tersebut dan membuat dirinya merasa gugup.

Komi yang Mulai Sedikit Berani

Komi Cant Communicate Season 2 episode 1-2_Komi yang Mulai Sedikit Berani_

Sama seperti pada season pertamanya, Komi Can’t Communicate Season 2 (2022) ini menceritakan keseharian Komi di sekolahnya. Komi juga masih berjuang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain dan masih melanjutkan untuk mendapatkan 100 orang teman. 

Berkat dukungan Tadano, kini Komi mulai sedikit lebih berani dibandingkan sebelumnya. Sejauh ini Komi telah memiliki teman sekitar 15 orang, sehingga masih ada 85 orang lagi untuk mencapai targetnya. 

Lucunya, ternyata Komi tidak hanya gugup untuk berkomunikasi dengan manusia, tapi dia pun bisa merasa gugup ketika berhadapan dengan kucing.

Namun, setelah salah satu kucing yang sulit didekati oleh orang-orang di kafe kucing mendekatinya, Komi menambahkan kucing bernama Chocolat tersebut ke dalam daftar temannya.

Sementara Tadano sendiri sekarang mulai membiasakan Komi untuk bisa lebih memberanikan diri. Dia selalu mendorong Komi untuk mulai mengajak orang lain selain dirinya untuk melakukan suatu kegiatan, meskipun terkadang Tadano merasa menyesal tidak ikut bersama Komi.

Pada season ke-2 ini, ada pengenalan karakter baru bernama Katai yang cukup ditakuti oleh teman sekelas Komi dan Tadano. Meskipun ditakuti karena penampilannya yang cukup menyeramkan, tapi sebenarnya Katai menyembunyikan rasa gugupnya.

Scene pertemuan antara Katai dan Komi juga merupakan adegan yang sangat menghibur. Scene tersebut memperlihatkan dua orang yang sama-sama memiliki kecemasan mencoba saling berkomunikasi.

Secara keseluruhan dari dua episode awal season dua ini, baik dari segi alur cerita, perkembangan karakter dan juga sinematografinya, menurut saya jauh lebih baik daripada season sebelumnya.

Tentunya bagi yang mengikuti dan menikmati mulai dari season pertamanya, akan merasa penasaran dengan perkembangan kisah Komi di musim kedua ini.

Komi Can't Communicate Season 2
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram