bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Kasam, Disatukan Takdir Tak Bisa Terpisah

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juli 2021

Anda penggemar serial-serial India? Kalau begitu judul serial yang satu ini pasti sedang menarik perhatian sebab turut ditayangkan salah satu stasiun televisi Indonesia. Kasam memang sudah tayang sejak 2016 lalu, tapi keseruannya masih bisa dinikmati hingga saat ini.

Kasam merupakan serial India yang diproduksi oleh Balaji Telefilms. Bertindak selaku sutradara adalah Anil V. Kumar. Sementara para pemain yang terlibat antara lain Sharad Malhotra, Kratika Sengar dan Shivani Tomar.

Serial ini sarat konflik sejak episode pertama. Ia bercerita tentang hubungan yang rumit antara Rishi dan Tanu. Keduanya ditakdirkan bersama selama tujuh generasi, akan tetapi masalah juga tidak henti mengikuti. Seperti apa cerita lengkap dari serial ini? Baca sinopsis dan review-nya lebih dulu yuk!

Sinopsis

Sinopsis Kasam
  • Tanggal Penayangan: 7 Maret 2016 – 27 Juli 2018
  • Genre: Drama, Romance, Fiction
  • Jumlah Episode: 621 Episode
  • Pemain: Sharad Malhotra, Kratika Sengar, Shivani Tomar
  • Sutradara: Anil V. Kumar
  • Penulis Naskah: Anil Nagpal
  • Produser: Ekta Kapoor, Shobha Kapoor
  • Jaringan Penayangan: Colors TV (India), Filmazia (Pakistan), ANTV (Indonesia)
  • Negara: India

Saat kecil Tanushree Khurana dan Rishi Singh Bedi bermain bersama. Suatu hari Rishi terjatuh ke sungai dan berhasil diselamatkan oleh Tanu. Mengetahui hal tersebut seornag pendeta mengatakan bahwa Tanu dan Rishi sangat cocok. Tanu diramal mampu melindungi Rishi dari berbagai bahaya yang akan menimpanya.

Pendeta tersebut meneruskan terawangannya, bahwa kedua anak itu memang diciptakan untuk satu sama lain. Tanu dan Rishi akan bersama selama tujuh generasi. Mengetahui hal ini, ibu Rishi tidak menyukainya. Sang ibu yang memang tidak menyukai keluarga Tanu meminta suaminya agar keluar dari India. Mereka sekeluarga pun pindah ke Amerika.

Waktu berlalu hingga 17 tahun kemudian Tanu dan Rishi sudah beranjak dewasa. Rishi (Sharad Malhotra) adalah pria yang sangat suka menggoda wanita. Dia sama sekali tidak ingat dengan teman masa kecilny. Sementara Tanu, bersabar menunggu Rishi kembali. Hingga akhirnya ayah Rishi berhasil mengajak sang putra untuk pergi ke rumah keluarga Tanu.

Alangkah terkejutnya mereka ketika mendapati kedua orangtua Tanu tewas terbunuh oleh para teroris. Baani, bibi Tanu, memanfaatkan kondisi ini dengan mengenalkan putrinya yang bernama Neha (Renee Shyani) sebagai Tanu. Dia pun pergi bersama Rishi dan ayahnya ke Mumbai.

Tanu sendiri sudah lebih dulu pergi ke Mumbai bersama saudara perempuannya yang bernama Ahaana (Aditi Sharma Ved). Di sana Tanu tidak sengaja bertemu Rishi. Rishi seketika langsung jatuh cinta pada Tanu tanpa mengetahui bahwa gadis tersebut adalah teman masa kecilnya.

Sayangnya karena rencana jahat sang bibi, Tanu dan Rishi tidak semudah itu bersatu. Tanu diubah namanya menjadi Tanvi. Gadis tersebut juga akan dinikahkan dengan seorang lelaki beristri bernama Pawan Malhotra.

Kasam

Rishi sekuat tenaga menggagalkan pernikahan Tanu dengan Pawan. Pun pernikahannya dengan Tanu palsu (Neha). Dibantu Ahaana, Rishi berhasil membius Tanu dan membawanya kabur. Setelah sadar, kedua teman masa kecil tersebut saling membuka identitas yang sebenarnya. Rishi pun menikahi Tanu.

Kebahagiaan keduanya harus berhadapan dengan konflik lain. Neha yang tidak terima ditinggalkan Rishi mencoba menghubungi kekasihnya bernama Sandy dan mencoba memfitnah Rishi. Wanita tersebut mengatakan bahwa Rishi mencoba memerkosanya. Kekasih Neha marah dan berusaha mencari Rishi untuk menghabisi lelaki itu.

Sebuah tembakan diarahkan pada Rishi, tapi Tanu menghalau timah panah tersebut dengan tubuhnya. Seketika Tanu tersungkur dan meninggal di pangkuan suaminya. Melihat keadaan istrinya yang sudah jadi jasad, Rishi mencoba bunuh diri.

Tanu kemudian  bereinkarnasi menjadi Tanuja. Gadis tersebut terlahir kembali sebagai Tanuja Vikram Sikand yaitu putri dari saudara laki-laki Sandy. Bagaimana kisah antara Rishi dan Tanuja? Akankah penerawangan pendeta ketika keduanya masih kecil dulu terbukti?

Serial Panjang dengan Banyak Konflik

Serial Panjang dengan Banyak KonflikSumber: india.com

Kasam Tere Pyaar Ki atau Kasam yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna Sumpah Aku Cinta Kamu (Kau Tercipta Hanya Untukku) merupakan salah satu serial India dengan episode sangat panjang, yaitu sebanyak 621 episode. Serial sepanjang ini ditayangkan selama dua tahun, yakni dari 2016 hingga 2018.

Meski sangat panjang, Kasam tidak ditinggalkan pengikutnya. Jalan cerita yang memincut sejak awal episode, membuat penasaran sehingga para penonton setia menunggu episode-episode selanjutnya. Konflik yang menjadi menu utama dalam serial ini dibuat sedemikian rupa hingga selalu saja ada alasan untuk menunggunya.

Kelicikan Bibi Tanu yang “menukar nasib” Neha dengan Tanu menjadi awal mula lahirnya konflik dalam serial ini. Kemudian fitnah, sakit hati dan upaya pembunuhan adalah bumbu yang membuat konflik tambah panas. Jika Anda suka dengan cerita yang menguras emosi, Kasam bisa dijadikan pilihan tontonan.

Diwarnai Cerita Reinkarnasi

Diwarnai Cerita ReinkarnasiSumber: india.com

Sebagai serial dengan episode sangat panjang, Kasam juga menghadirkan plot cerita tentang reinkarnasi. Dalam cerita, karakter yang mengalami reinkarnasi adalah Tanu. Dia lahir kembali menjadi Tanuja. Setelah lahir kembali, kehidupannya pun tidak jauh-jauh dari konflik.

Cerita mengenai reinkarnasi biasanya terdengar di drama-drama Korea. Namun, kali ini serial Kasam dari India juga menyelipkan hal tersebut ke dalam ceritanya. Bagaimana akhirnya reinkarnasi dari Tanu bisa kembali bersama Rishi, juga jadi tambahan cerita yang seru untuk disimak.

Baca juga: Sinopsis & Review Ishq Mein Marjawan, Dendam dan Cinta Segitiga

Dua Orang yang Ditakdirkan Bersama Akan Bersama

Menonton Kasam dari episode pertama, kisah Rishi dan Tanu yang diramalkan tidak akan terpisah terbukti di episode-episode selanjutnya. Seberat apa pun konflik yang menimpa mereka, keduanya tetap bisa kembali bersama.

Ketika Neha memalsukan diri sebagai Tanu dan hampir dinikahi oleh Rishi, lelaki itu bisa menemukan Tanu yang asli. Saat Tanu tewas dan bereinkarnasi sebagai Tanuja, pada akhirnya Rishi pun bisa bersama dengannya. Kasam memperlihatkan bahwa sekuat apa pun masalah menimpa dan berusaha memisahkan dua orang, jika takdirnya bersama, keduanya akan kembali bersama.

Jika menonton episode Kasam lebih jauh, cerita tentang reinkarnasi keduanya setelah 25 tahun berlalu bisa Anda saksikan. Mereka bereinkarnasi kembali menjadi Ranbeer Kapoor dan Kratika Kohli. Apakah keduanya akan bertemu dan bersama padahal tinggal di tempat yang berjauhan? Tentu saja! Bagaimana pertemuan antara keduanya? Anda harus mencari tahu sendiri!

Nominasi dan Penghargaan

Nominasi dan Penghargaan

Serial Kasam yang sukses tayang di India ini nyatanya memang “panen” nominasi dan penghargaan. Pada 2016 lalu dalam acara Indian Television Academy Awards, Kratika Sengar dan Sharad Malhotra dinoninasikan sebagai aktor dan aktris terbaik. Begitu juga dengan sang sutradara.

Sementara pada ajang Zee Gold Awards, pasangan Kratika Sengar dan Sharad Malhotra menang sebagai Best Refresh Jodi of The Year. Nominasi dan penghargaan yang diterima para pemain Kasam berlanjut hingga 2017. Ketika itu keduanya menang sebagai Best Jodi dalam ajang 5th Colors Golden Petal Awards 2017.

Adu Akting Aktor dan Aktris Berpengalaman

Nama Sharad Malhotra tidak bisa dipandang sebelah mata. Aktingnya sudah banyak mendapat apresiasi dari penghargaan bergengsi. Berperan sebagai Rishi adalah salah satu batu loncatan yang membuat namanya melambung semakin tinggi. Setelah Kasam, serial yang dia bintangi juga sukses di pasaran, salah satunya adalah Muskaan (2018-2020).

Kualitas Sharad Malhotra juga dimiliki oleh pemeran Tanu dalam serial ini. Kratika Sengar memulai aktingnya sedari kecil. Hingga kini sudah banyak serial yang dia bintangi. Nominasi dan penghargaan pun rutin mampir setiap tahunnya. Maka dari itu tidak mengherankan jika Kasam cukup sukses karena tokoh utamanya dimainkan oleh dua pelakon berbakat ini.

Jika Anda penasaran dengan akhir cerita Rishi dan Tanu, satu-satunya cara adalah mengikuti jalan ceritanya. Tidak usah bingung karena Kasam juga turut ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi Indonesia. Sudah mulai tertarik dengan konflik mereka? Saksikan segera!

Kasam
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram