bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Jujutsu Kaisen 0 Movie, Kala Kutukan Jadi Kekuatan

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Jujutsu Kaisen 0 The Movie
4.2
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Adalah Okkotsu Yuta, seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun yang telah lama dihantui sejak teman masa kecilnya, Rika, meninggal karena sebuah kecelakaan. Roh teman masa kecilnya itu kini berubah menjadi sebuah kutukan yang tidak pernah meninggalkan Yuta sendirian.

Kutukan Rika yang tak biasa, membuat seorang guru dari SMA Jujutsu, Gojou Satoru, meminta Yuta untuk masuk ke SMA Jujutsu. Satoru meyakini kalau Yuta bisa belajar untuk menghadapi Kutukan Rika tersebut jika masuk ke sekolah tersebut.

Jujutsu Kaisen 0 Movie alias Jujutsu Kaisen Zero, merupakan film anime dark fantasy yang diadaptasi dari seri manga dengan judul sama. Film ini merupakan sebuah film prequel dari seri Jujutsu Kaisen.

Film ini akan mengikuti kisah Yuta, seorang remaja yang menjadi siswa SMA Jujutsu untuk berusaha mengendalikan Kutukan yang dimilikinya. Akankah Yuta berhasil mengendalikan kekuatan tersebut? Untuk mengetahui cerita lebih lengkapnya, berikut ini ulasannya.

Sinopsis

Jujutsu Kaisen 0 Movie_sinopsis_

Cerita dimulai ketika seorang siswa SMA bernama Okkotsu Yuta diintimidasi oleh teman sekelasnya. Naas, para siswa yang hendak mengintimidasi Yuta itu malah mati secara brutal karena kutukan yang menempel pada Yuta. 

Sejak kejadian itu, Yuta memilih untuk mengisolasi diri agar tidak mencelakai orang lain lagi. Dan Jujutsu Society pun ingin Yuta dieksekusi agar tidak membahayakan yang lain.

Tapi, salah satu guru dari SMA Jujutsu, Gojo Satoru, yang merupakan guru terkuat, yakin bisa mendidik Yuta jika ia masuk ke sekolah tersebut. Lebih lanjut, Yuta mulai menceritakan tentang teman masa kecilnya, Rika.

Dulu, ketika ia dan Rika masih kecil, mereka sempat berjanji akan menikah ketika mereka telah dewasa. Namun, nasib berkata lain hingga akhirnya Rika pun meninggal. Setelah mendengarkan cerita tersebut, Satoru pun meyakinkan Yuta untuk menjalani hidup yang berbeda dengan bergabung di SMA Jujutsu.

Pada hari pertama masuk, Yuta diperkenalkan pada tiga siswa yang ada di sana: Maki Zenin, Toge Inumaki dan Panda. Mereka semua awalnya tidak menyambut ramah Yuta, tapi ketika merasakan tekanan roh yang kuat, mereka pun kemudian langsung mundur.

Satoru ternyata belum menceritakan secara lengkap pada Yuta mengenai sekolah Jujutsu. Begitu juga pada tiga muridnya, Satoru belum menceritakan siapa Yuta. Namun, Satoru berharap mereka bisa menjadi teman yang baik dan bisa saling mendukung satu sama lain.

Kemudian, Satoru membagi kelas tersebut menjadi dua kelompok. Yuta kini dipasangkan bersama Maki untuk menjalankan misi pertamanya. Maki dan Yuta diajak oleh Satoru datang ke sebuah sekolah, di mana di sekolah tersebut ada dua siswa yang menghilang karena kekuatan roh jahat. 

Dalam batas waktu tertentu, Yuta dan Maki ditugaskan untuk menyelamatkan dua siswa tersebut dan melenyapkan roh jahat yang ada di sana. Kemudian Satoru membuat sebuah dinding pelindung yang bisa melindungi dunia lain dari jurus mereka. 

Tak lama setelah Satoru pergi, Yuta dan Maki disambut oleh beberapa roh. Namun, Maki dengan sigap langsung menyerang roh-roh tersebut, sementara Yuta merasa sangat ketakutan. Maki menjelaskan lebih jauh, jika roh-roh itu akan semakin kuat kala mereka merasa takut.

Setelah mengalahkan roh-roh di halaman sekolah, Maki dan Yuta melanjutkan perjalanan mereka memasuki gedung sekolah. Namun, selama perjalanan di lorong sekolah meski banyak roh di sana, tidak ada yang mendekati mereka berdua. 

Maki penasaran dengan level Yuta dan melihat kartu siswa Yuta. Dia pun terkejut melihat level Yuta yang ternyata diklasifikasikan sebagai level khusus. Saat itu, tiba-tiba sebuah roh dengan kekuatan besar muncul di hadapan mereka dan dengan cepat memakan mereka berdua.

Saat berada dalam perut roh itu, Yuta melihat dua siswa yang hilang. Sementara Maki mulai kehilangan kesadarannya. Kemudian, untuk pertama kalinya, Yuta meminjam kekuatan kutukan Rika untuk menyelamatkan dirinya dan menolong Maki juga dua orang siswa tersebut.

Mengikuti Kisah Yuta Okkotsu

Jujutsu Kaisen 0 Movie_Mengikuti Kisah Yuta Okkotsu_

Film ini mengikuti kisah protagonis, Yuta, yang memiliki sebuah kutukan kuat. Namun, Yuta tidak bisa mengendalikan kekuatan tersebut. Hingga akhirnya Yuta bertemu dengan Gojo Satoru dan mulai belajar di SMA Jujutsu.

Dari segi alur cerita, menurut saya cukup sederhana dan mudah diikuti. Apalagi dengan durasi yang terbilang pas.

Perkembangan karakter Yuta dari awal perkenalan hingga akhir cerita pun cukup memuaskan. Tidak hanya akhirnya bisa mengendalikan kekuatan kutukan yang dimilikinya, Yuta juga tumbuh menjadi sosok yang hebat dan kuat.

Selain karakter Yuta, karakter yang lainnya pun tak kalah menyenangkan dengan karakter dan kekuatannya masing-masing. Semua karakter berhasil mengisi cerita menjadi asik untuk diikuti. Bahkan sampai karakter antagonis utamanya pun menurut saya memiliki latar belakang yang menarik.

Oh iya, film ini juga diselingi dengan kisah komedi yang cukup membuat saya tertawa. Jadi, kamu juga bisa cukup santai ketika menontonnya, karena alurnya masih ringan.

Adegan Aksi yang Seru dan Epik

Jujutsu Kaisen 0 Movie_Adegan Aksi yang Seru dan Epik_

Jujutsu Kaisen memang dikenal sebagai salah satu anime aksi fantasi yang cukup banyak digemari. Untuk adegan aksinya, saya sangat menikmati setiap pergerakan dan pertempurannya. Adegan aksinya digambarkan dengan baik dan cukup halus, sehingga tidak membuat pusing ketika menonton.

Oh iya, karena ini adalah film dengan genre aksi, ada cukup banyak adegan kekerasan dan berdarah-darah. Tapi, menurut saya tidak separah Tokyo Ghoul dan Chainsaw Man, baik dari segi adegan kekerasan maupun adegan berdarah-darahnya.

Namun, karena saya tidak mengikuti seri animenya,saya jadi tidak bisa membandingkan apakah visual pada film ini lebih baik dari seri animenya. Tapi, bagi saya yang hanya menonton film ini, dari segi visual secara keseluruhan film ini sudah digambarkan dengan baik. 

Perbedaan ekspresi setiap karakternya juga digambarkan dengan baik. Kemudian perbedaan tone warna pun diperlihatkan dengan jelas antara ketika suasana tenang, gembira, sedih dan menegangkan. Detail visual latarnya pun digambarkan dengan sangat baik, sehingga enak untuk dipandang.

Akhir Kisah Yuta dan Rika yang Mengharukan

Jujutsu Kaisen 0 Movie_Akhir Kisah Yuta dan Rika yang Mengharukan_

Untuk akhir dari cerita ini sebenarnya agak membingungkan, terutama pada bagian setelah kredit. Tapi, bagi kamu yang mengikuti seri manga atau animenya, mungkin tidak akan terlalu bingung. Pasalnya, kamu akan mengerti adegan setelah kredit itu jika mengikuti serinya.

Sementara untuk akhir cerita Yuta dan Kutukan Rika, menurut saya merupakan akhir yang mengharukan. Yuta, pada akhirnya menyadari kalau sebenarnya kutukan yang ia miliki sebenarnya karena kesalahannya sendiri.

Saat Yuta melihat Rika karena kecelakaan, Yuta tidak bisa menerima kematian Rika dan berharap kalau Rika bisa selalu menemaninya. Sehingga, pada akhirnya Yuta mendapatkan Kutukan tersebut.

Mungkin kalau bahasa kita simpelnya seperti digentayangi oleh sesuatu yang belum bisa kita ikhlaskan. Oleh sebab itu, akhirnya Rika pun selalu “menempel” pada Yuta karena perasaan tersebut.

Jadi, pelajaran dari film ini adalah perlunya kita belajar untuk mengikhlaskan sesuatu yang memang sudah takdirnya harus seperti itu. Meskipun memang pasti butuh waktu untuk bisa sampai dengan tenang merelakannya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram