bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Itaewon Class, Adaptasi Webtoon Terbaik

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 17 Juni 2021

Drama dengan peringkat tertinggi kedua di JTBC juga peringkat tertinggi keenam dalam sejarah TV kabel Korea, menjadikan Itaewon Class wajib masuk daftar drama yang harus kamu tonton selanjutnya. Banyak diperbincangkan di Korea dan Internasional, rupanya kedua pemeran utama banyak dicintai oleh para penggemar.

Mengawali drama awal tahun dengan baik, cerita dan karakter dalam drama ini memang seru dan terasa segar. Motivasi dan pelajaran hidup bisa kamu dapatkan dengan menonton drama ini. Ditambah lagi soundtrack drama yang catchy bikin kamu terhanyut dalam setiap adegan dalam drama untuk bersimpati pada si tokoh.

Menjadi tontonan yang menghibur sekaligus menyemangati rasanya sayang jika  melewatkan drama ini. Yuk, lihat review drama webtoon ini!

Sinopsis

Review & Sinopsis Itaewon Class, Adaptasi Webtoon Terbaik 1
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Produksi: Showbox Zium Content
  • Sutradara: Kim Sung-yoon
  • Pemeran: Park Seo-joon, Kim Da-mi, Yoo Jae-myung, Kwon Na-ra

Menceritakan kisah seorang pemuda idealis Park Sae-royi, ia memegang teguh prinsip kebenaran yang diajarkan sang ayah. Kehidupan akhir SMA nya baik-baik saja, ia mengikuti tes masuk akademi polisi meskipun bukan anak yang pintar bergaul Sae-royi cukup populer di sekolahnya. Semuanya berubah saat ia pindah sekolah karena mengikuti ayahnya.

Di hari pertamanya sekolah ia melihat perundungan terjadi dalam kelas, namun anehnya baik teman sekelas dan guru memilih acuh, seolah berpura-pura tak terjadi apa-apa. Tak tahan melihat ketidakadilan terjadi di depan matanya, Sae-royi menghajar Jang Geun-won yang membully Lee Ho-jin.

Memanggil kedua orang tua mereka ke sekolah, Geun-won adalah putra pertama dan pewaris perusahaan Jangga milik Jang Dae-hee. Sedangkan ayah Sae-royi adalah manager di perusahaan Jangga Food. Tak terima anaknya babak belur, ia menyuruh Sae-royi berlutut dan meminta maaf. Bertolak belakang dengan prinsip yang dijalaninya, Sae-royi menolak.

Akibatnya Sae-royi dikeluarkan dari sekolah, ayahnya bangga karena anaknya itu dapat memegang teguh prinsip yang ia ajarkan ia mengundurkan diri dari Jangga. Memulai hidup baru, Sae-royi dan ayahnya mendirikan kedai kecil. Seakan tak cukup, usibah selanjutnya membuat Sae-royi kehilangan ayahnya, figur idola dan teladan yang selalu ada disisinya.

Penyebabnya adalah tabrak lari oleh Jang Geun-won, membeli hukum dibawah perlindungan ayahnya ia terbebas dari hukuman. Tak tahan dengan ketidakadilan yang ia dapatkan, Sae-royi menghajar Geun-won hingga tak sadarkan diri. Kekuasaan dan uang mempermainkan Sae-royi, Jang Dae-hee membeli keadilan.

Remaja berusia 19 tahun itu di drop-out dari sekolah, kehilangan ayahnya, hingga divonis penjara selama 3 tahun dengan tuduhan percobaan pembunuhan. Semua terjadi dalam waktu singkat didalangi orang yang sama, Jang Dae-hee. Wajar jika muncul dendam, motivasinya saat terpuruk hanya satu, membalas musuhnya dengan menjadi sukses.

Ditemani Jo Yi-seo, Sae-royi mulai menekuni bsinis restorannya ‘Danbam’ dengan lebih serius. Bersama karyawan lainnya yang setia dan mengikuti langkahnya walau tak mudah sedikit demi sedikit Sae-royi melangkah maju meraih kesuksesan.

Webtoon X Drama

Review & Sinopsis Itaewon Class, Adaptasi Webtoon Terbaik 3

Drama Itaewon Class memang diadaptasi dari webtoon populer di Korea Selatan dengan judul yang sama. Adalah Kwang Jin, penulis webtoon yang mendapat perhatian besar dari masyarakat dengan jalan ceritanya yang baru. Rating yang tinggi dan antusiasme pembacanya membuat kisah hidup Park Sae-royi diangkat menjadi sebuah drama.

Sebenarnya tak semudah itu membuat drama adaptasi webtoon, beberapa webtoon terdahulu juga pernah diadaptasi. Konsistensi cerita, feeling, vibe, hingga pemilihan karakter sering menjadi perdebatan para pembaca dan penonton.

Namun kamu tidak perlu khawatir, naskah drama Itaewon Class tetap ditulis oleh kreator webtoon-nya Kwang Jin. Live action Itaewon Class disaat bersamaan dapat meleburkan plot-twist, scene serius, melow, hingga greget tanpa membuat penonton kecewa.

Apalagi dengan cinematography pihak produksi yang memikat didukung dengan teknik editing yang tidak merusak imajinasi para pembaca dan membangkitkan emosi penonton. Sejauh ini Itaewon Class menjadi drama adaptasi webtoon terbaik yang pernah tayang.

Perpaduan Cast dan Karakteristik Unik

Review & Sinopsis Itaewon Class, Adaptasi Webtoon Terbaik 5

Pertama tentu saja Park Sae-royi yang diperankan oleh Park Seo-joon, tokoh utama dengan kepribadian kuat dan tangguh tetap dengan hati yang lembut. Karakter yang benar-benar dibuat hancur dan terpuruk di usia muda. Development karakternya berkembang baik dari episode awal hingga akhir, seperti mengikutinya tumbuh dewasa.

Harus diakui akting memukau Seo-joon membuat penonton bersimpati hanya dengan melihat ekspresi yang ia sampaikan. Tak lupa ciri khas gesture-nya mengusap kepala yang membuatnya melekat dengan karakter Sae-royi. Menampilkan tokoh unik lainnya membuat drama ini terlihat segar seperti melihat hal baru dalam hal pemeran drama korea.

Karakter Jo Yi-seo, gadis dengan IQ 162 juga influencer medsos yang jatuh cinta pada Sae-royi. Penampilan keren dan kecerdasannya terbilang berhasil membantu mewujudkan mimpi Sae-royi. Mengidap penyakit sociopathic tendencies membuatnya tak memiliki empati dan tega melakukan apa sajja untuk mencapai tujuannya.

Diperankan oleh Kim Da-mi sekaligus menjadi debutnya dalam drama, she really nailed it! Karakter Yi-seo yang kuat berhasil ia tampilkan tanpa perasaan canggung dan kaku. Dia berhasil mencuri perhatian dan mengesankan penonton. Lalu ada Jeng Geun-so, putra kedua Jang Dae-hee yang mengagumi Sae-royi.

Tak menyukai keluarganya ia merasa hidupnya inferior dibanding ayah dan kakak tirinya. Rekan seperjuangan lainnya adalah Choi Seung-kwon, preman satu lapas dengan Sae-royi yang mengikutinya menjalani hidup baru. Juga si juru masak Ma Hyun-yi seorang transgender yang berusaha mencari penerimaan masyarakat dengan pilihannya.

Menambah daftar karakter, Kim Tony seorang blasteran Guinea-Korea yang mencari ayahnya, ikut bekerja bersama Sae-royi. Ternyata malah menemukan neneknya yang bisa dibilang kaya raya, anehnya ia tak bisa berbahasa Inggris.

Sedangkan Oh Soo-ah adalah kepala tim perencanaan strategis di Jangga yang juga mantan teman sekelas sekaligus cinta pertama Sae-royi. Karakter lainnya yang memukau tentu saja Jang Dae-hee dan Jang Geun-won sebagai villain.

Keduanya sukses membuat penonton geram dan emosi dengan berbagai cara licik yang dilakukan demi meraih kesuksesan. Terlebih menggunakan kekuasaan dengan tidak bijak dan semena-mena.

Pelajaran Hidup dan Bisnis

Review & Sinopsis Itaewon Class, Adaptasi Webtoon Terbaik 7

Jalan cerita yang menarik, menghibur, dan memotivasi banyak orang membuat Itaewon Class mampu menginspirasi banyak orang. Drama ini juga mengangkat beberapa isu sosial seperti bullying, LGBT, juga rasisme yang mana hal ini tabu dibicarakan di Korea. Berfokus pada kehidupan Park Sae-royi yang berjuang dan mampu bangkit dari hidupnya yang terpuruk.

Cara kotor bukanlah caranya untuk balas dendam. Kerja keras dan konsistensi pada tujuan. Diawal mendirikan ‘DanBam’ mereka selalu mengalami kesulitan, namun Sae-royi dan staff-nya selalu menanggapi dengan hal positif dan memikirkan jalan keluar bersama memecahkan masalah daripada merasa terpuruk.

Sejujurnya, menonton drama ini membuat kamu belajar sedikit soal bisnis. Tak cukup hanya mendirikan saja, harus ada effort setelahnya. Kombinasi gaya bebisnis Sae-royi dan Yi-seo adalah alasan dibalik bisnis mereka yang berkembang. Sae-royi adalah tipe yang mengedepankan insting, keputusannya dipengaruhi kondisi sosial, bijaksana.

Sedang Yi-seo taktis dan realistis berdasar logika dan analisis pasar. Lalu ada investasi saham yang membuat bisnis skala besar bekerja. Mengembangkan bisnis perlu mengambil resiko termasuk dengan investasi dan saham. Semua hasil dapat dilihat saat bisnis ‘DanBam’ berhasil melebarkan sayapnya menjadi waralaba.

Tak hanya itu, lewat permainan saham Sae-royi juga berhasil mengakuisi Jangga, menjadikannya salah satu pemilik saham terbesar Jangga. Dengan ini ia sukses membalaskan dendamnya pada Jang Dae-hee. Jika Jang Dae-hee tipe pemimpin otoriter, maka Sae-royi memilih memimpin dengan memanusiakan manusia.

Soundtrack dengan Berbagai Genre

Itaewon Class punya banyak soundtrack yang terkenal dengan beberapa genre. Soundtrack menjadi elemen penting yang selalu dipersiapkan dengan serius dalam serial Korea. Soundtrack bertujuan mendukung penonton terhanyut dalam jalan cerita, itulah mengapa harus dibuat sejalan dan berhubungan.

Lagu ‘Start Over’ milik Gaho dan ‘Diamond’ dari Ha Hyun-woo yang bisa kamu dengarkan untuk memulai hari, lagu yang membubuhkan semangat untuk bangkit. Kemudian ‘Someday, The Boy’ dari Kim Feel dan ‘Still fighting It’ oleh Lee Chan-sol lagu emosional yang mendukung perasaan Sae-royi untuk tetap tegar.

Ada lagi lagu berjudul ‘Sweet Night’ dari V BTS dengan melodi manis menenangkan yang dinyanyikan dengan lirik berbahasa Inggris, dimana lagu ini mendukung perasaan Sae-royi dan Yi-seo tentang harapan indah untuk kehidupan masa depan mereka.

Tak salah jika drama ini menjadi hits dan menjadi perbincangan dengan jalan cerita dan karakter yang mengesankan. Popularitas drama Itaewon Class yang berdampak positif dengan tidak merusak imajinasi dari webtoon-nya membuatnya jauh dari kata mengecewakan. Pokonya worth it banget buat kamu tonton!

Yuk, siapkan camilan dan tonton keenam belas episodenya bersama teman dan mungkin keluarga sepertinya asik. Masih mencari review drama lainnya? Tenang Bacaterus punya banyak buat kamu.

Itaewon Class
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram