bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Ishq Subhanallah, Cerita Cinta Tak Biasa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juli 2021

Serial India berjudul Ishq Subhanallah sedang ramai dibicarakan. Pasalnya mereka mengangkat tema cerita yang cukup sensitif, yaitu tentang talak tiga dalam pernikahan Islam. Cerita atau konflik yang terjadi di antara karakter utamanya berangkat dari perbedaan pandangan mengenai aturan tersebut.

Zara dan Kabir, dua orang generasi muda Islam yang berpendidikan memiliki pandangan yang berbeda mengenai peraturan talak tiga. Zara yang cenderung lebih berpikiran terbuka harus berhadapan dengan Kabir yang konservatif.

Penasaran bagaimana dua pandangan tersebut pada akhirnya justru membawa mereka ke dalam masalah yang lebih rumit? Sebelum menontonnya secara langsung, Anda bisa membaca sinopsis serta review Ishq Subhanallah di bawah ini. Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis Ishq SubhanallahSumber: popmagz.com
  • Tanggal Penayangan: 14 Maret 2018 – 2 Oktober 2020
  • Genre: Drama, Romance
  • Jumlah Episode: 586 Episode
  • Pemain: Adnan Khan, Eisha Singh, Tunisha Sharma, Amit Kumar Poddar, Shipsy Rana, Vinay Jain, Samiksha Bhatnagar, Gunn Kansara, Moniva Khanna, Dhiraj Rai
  • Sutradara: Vikram Ghai, Vidyadhar Mohite, Rohit Raj Goyal, Abinaash Sharrma, Arvind Gupta
  • Penulis Skenario: Danish Javed, Sameer Siddiqui
  • Produser: Asgar Ali Shaikh (Executive), Shailendra Toraskar (Executive), Rajan Singh (Executive), Ashwinn Singh (Executive), Zuby Kochhar, Dheeraj Kumar, Sunil Gupta, Tapan Shah
  • Jaringan Penayangan: Zee TV (India), ANTV (Indonesia)
  • Negara: India

Ishq Subhanallah bercerita tentang pria dan wanita yang mempelajari Islam hingga perguruan tinggi namun memiliki pandangan berbeda dalam menafsirkan Al-Qur’an, terutama mengenai talak tiga. Keduanya adalah Zara Siddiqui (Eisha Singh) dan Kabir Ahmad (Adnan Khan).  Bukan hanya penasifran mereka pada Al-Qur’an yang berbeda, karakter keduanya pun bagai bumi dan langit.

Zara seorang muslimah memiliki pikiran terbuka dan memfokuskan diri untuk memperjuangkan hak-hak manusia. Sementara Kabir adalah seorang Mawlawi, cendekiawan muslim yang memiliki orientasi pada budaya serta hal-hal bersifat konservatif. Zara yang modern dan Kabir yang konservatif bagai dua sisi magnet yang selalu berseberangan, bahkan hingga menjadi viral di media sosial.

Hal tersebut diketahui oleh ayah Zara yang merupakan anggota Dewan Syariah. Zara diminta untuk menarik dan mengubah pandangannya soal talak tiga sebab menurut sang ayah itu sama dengan menghina perempuan.

Tanpa diduga Kabir justru memberi pernyataan pada media bahwa video Zara mengenai hal itu adalah palsu. Lelaki itu berniat melindungi Zara demi menjaga martabat komunitas mereka. Zara yang tidak terima dengan hal tersebut mengambil alih posisi anggota dewan dan menjadi satu-satunya anggota perempuan.

Perselisihan antara Zara dan Kabir terus berlanjut hingga mereka disarankan menikah oleh para tokoh masyarakat untuk meredamnya. Rencana pernikahan Zara dan Kabir membuat shock banyak orang, terutama Rukhsaar (Shipsy Rana) karena wanita tersebut sudah sejak kecil mencintai Kabir.

Ishq Subhanallah

Rukhsaar mencoba bunuh diri namun Zara berhasil menyelamatkan nyawanya sekaligus meyakinkan wanita itu bahwa tidak akan ada pernikahan. Namun, Rukhsaar justru tergoda dengan tipu muslihat Shahbaz Ahmed (Vinay Jain), ayah Kabir, yang mengatakan dia akan membuat Rukhsaar menjadi istri Kabir. Syaratnya Shahbaz harus lebih dulu menjadi Sheher Qazi atau pemimpin agama Islam di kota yang mereka tinggali.

Namun, akhirnya Zara dan Kabir tetap menikah dengan pertimbangan masing-masing. Apakah hidup mereka akan baik-baik saja setelah pernikahan? Justru ini adalah pintu menuju masalah yang lebih rumit dan besar. Rukhsaar yang masih menyimpan cinta dan dendam menyusun rencana untuk menghancurkan Zara.

Dia menggunakan cara-cara busuk untuk memisahkan Zara dari Kabir termasuk membuat keduanya salah paham. Peristiwa salah paham ini bahkan membuat Kabir menceraikan Zara dengan talak tiga. Hidup Kabir semakin buruk ketika dia harus kehilangan bantuan dana akibat penangkapan Miraj yang telah melakukan tindakan pencucian uang serta penyelundupan berlian.

Rukhshaar mengalami kecelakaan dan membuatnya hilang ingatan. Kabir merasa bertanggungjawab terhadap keadaan Rukhshaar walau dia tahu itu menyakiti Zara. Lalu bagaimana kelanjutan kisah antara mereka berdua? Akankah konflik semakin mereda atau justru memanas dan kian rumit?

Serial India dan Episode yang Panjang

Industri hiburan di beberapa negara memiliki budaya yang tentu saja tidak sama. Jika drama Korea cenderung memiliki episode yang pendek-pendek, berkisar di angka belasan, serial India khas dengan jumlah episode yang sangat banyak. Ishq Subhanallah sendiri berjalan hingga 586 episode dan ditayangkan hingga dua tahun.

Menariknya, cerita sepanjang itu tidak terasa membosankan. Konflik-konflik yang dibangun sejak awal episode bisa sangat berkembang. Pada serial ini semua bermula dari perbedaan pemahaman terhadap Al-Qur’an antara Zara dan Kabir. Namun akhirnya konflik semakin meluas dan rumit karena melibatkan karakter lain.

Bagi penggemar cerita-cerita panjang dengan konflik yang terus menegang, Ishq Subhanallah akan jadi tontonan yang asyik dan seru. Terlebih konflik dalam serial ini juga berisi scene-scene manis dan romantis, yaitu antara Zara dan Kabir. Mereka yang semula saling bertentangan, perlahan mulai jatuh cinta.

Baca juga: Sinopsis & Review Ishq Mein Marjawan, Dendam dan Cinta Segitiga

Tema Cinta yang Tak Biasa

Tema Cinta yang Tak BiasaSumber: popmagz.com

Serial dengan tema cinta rasanya sudah sangat banyak, tapi bagaimana dengan talak tiga? Isu ini cenderung dihindari karena bisa menimbulkan kontroversi. Namun, Ishq Subhanallah justru mengangkatnya. Serial ini cukup unik sebab menangkap fenomena yang selama ini ada di masyarakat tapi dihindari karena beberapa alasan.

Perbedaan pandangan antara Zara dan Kabir mengenai talak tiga justru melahirkan cara pandang baru. Menonton serial ini Anda akan memahami satu masalah dari dua sudut pandang berbeda. Zara yang menentang talak tiga sebab merasa hal tersebut merugikan wanita berlawanan dengan Kabir yang menganggap bahwa talak tiga bukan suatu masalah sebab merupakan aturan yang sudah ada sejak dulu.

Sebagai penonton dan mengikuti alur ceritanya dari awal, Anda pasti condong sependapat dengan salah satunya. Bisa jadi justru memiliki pendapat yang tidak sama dengan keduanya alias unpopular karena beberapa faktor. Ishq Subhanallah bukan semata tontonan biasa, tapi juga memuat kisah cinta yang takbiasa sekaligus memuat pandangan terhadap suatu aturan.

Mengangkat Isu Sensitif dengan Berani

Mengangkat Isu Sensitif dengan BeraniSumber: kincir.com

Serial ini memiliki latar tempat sebuah kota di India yang memiliki banyak penduduk muslim. Oleh karena itu, isu yang diangkat, talak tiga, tidak salah tempat. Sebagai karakter utama, Zara yang kukuh mempertahankan pendapatnya membela wanita sedikit banyak adalah gambaran, ungkapan atau keresahan kaum wanita muslim di kotanya.

Sayangnya, wanita dengan pemikiran terbuka dianggap sebagai ancaman. Dalam serial ini Zara dicap membangkang dan mempermalukan komunitasnya, sehingga diminta untuk menarik kembali pendapatnya. Video yang memuat Zara mengatakan hal tersebut juga dikonfirmasi palsu oleh Kabir.

Isu yang diangkat serial Ishq Subhanallah rasanya termasuk yang sensitif karena berkaitan dengan aturan dalam kepercayaan, tapi pihak sutradara berani mengangkatnya. Walau di episode-episode selanjutnya isu ini tenggelam oleh banyaknya konflik yang menimpa karakter utama, Ishq Subhanallah mengawali episode dengan keberanian.

Kontroversi dan Penghargaan

Kontroversi dan Penghargaan

Isu sensitif yang diangkat serial ini menimbulkan kontroversi di kalangan sebagian muslim India. Setelah penayangan di minggu pertamanya, Ishq Subhanallah menerima keluhan atau keberatan dari Raza Academy, sebuah asosiasi Islam yang berbasis di Mumbai. Pihak Raza Academy menilai bahwa serial ini memberikan representasi fakta agama yang salah serta memfitnahnya.

Sanggahan dikeluarkan pihak Zee TV selaku jaringan penayangan. Mereka mengatakan bahwa penayangan Ishq Subhanallah sudah sesuai dengan filosofi Zee TV, bahwa stasiun ini bukan hanya menyuguhkan hiburan tapi sekaligus memancing penonton untuk berpikir progresif serta terbuka dan terinspirasi.

Kontroversi Ishq Subhanallah sejalan dengan penghargaan yang diterimanya, terutama untuk para pemainnya. Pada 2018 Dheeraj Kumar selaku produser menerima penghargaan sebagai Path Breaking Show dan Best Show pada ajang Gold Awards dan Zee Risthey Awards. Andan Khan dan Eisha Singh juga mendapat penghargaan di ajang yang sama sebagai Favorite Nayi Jodi dan Zee5 Best Jodi.

Penghargaan berlanjut ke 2019 dengan dinobatkannya Adnan Khan sebagai Fresh New Face dalam ajang Indian Telly Awards. Aktor ini juga meraih Best Actor di ajang International Iconic Awards sementara kategori Best Actress dimenangkan oleh Eisha Singh.

Ishq Subhanallah mengangkat tema yang cukup berani. Sebagai tontonan, serial ini sekaligus memberikan pandangan lain terhadap suatu isu yang sangat sensitif. Kisah Zara dan Kabir yang penuh liku juga sangat emosional sehingga mampu membuat penasaran. Apakah Anda juga mulai ingin tahu dengan kisah keduanya? Saksikan Ishq Subhanallah segera ya!

Ishq Subhanallah
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram