bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013)

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 22 Oktober 2021

Soo Ha bisa mendengar suara dalam pikiran orang lain jika melihat mata mereka. Keajaiban itu dia dapatkan semenjak mengalami kecelakaan mobil bersama ayahnya saat dia masih kecil.

Tak hanya itu, Soo Ha harus menyaksikan ayahnya yang terluka parah dipukuli secara brutal oleh Joon Gook hingga meninggal dunia. Kejadian itu kebetulan disaksikan oleh Hye Sung dan Do Yeon.

Kesaksian Hye Sung di pengadilan membuat Joon Gook dipenjara selama 10 tahun. Sejak saat itu, Hye Sung menjadi cinta pertama Soo Ha.

Soo Ha berjanji untuk melindungi Hye Sung karena Joon Gook mengancam akan mencari dan menyakiti gadis itu setelah dia keluar dari penjara. Akankah Joon Gook membalaskan dendamnya? Lalu, bagaimana dengan kelanjutan hubungan Soo Ha dan Hye Sung? Yuk, lihat sinopsisnya dari Bacaterus berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 1

Cerita dimulai dengan Park Soo Ha (Lee Jong Suk) yang mendengar suara pikiran Go Sung Bin (Kim Ga Eun) dan Kim Choong Ki (Park Doo Shik). Teman-teman sekelasnya itu berniat mengerjai salah satu siswi di kelasnya. Soo Ha menolong siswi tersebut, yang membuat dirinya jadi terlibat perkelahian dengan Choong Ki.

Tentunya Soo Ha lebih unggul karena bisa mendengar isi pikiran Choong Ki, jadi tahu gerakan Choong Ki selanjutnya akan ke mana. Namun, dia menahan amarahnya saat Choong Ki berpikir kalau dirinya anak yatim piatu yang menyedihkan.

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 3

Soo Ha menatap gantungan di handphone-nya, mengingat kenangan buruk saat dia masih kecil. Soo Ha mengalami kecelakaan mobil saat sedang pergi bersama ayahnya, Park Joo Hyeok (Jo Deok Hyeon). Mobil yang mereka kendarai seperti sengaja ditabrak oleh truk. Namun, saat itu Soo Ha dan ayahnya masih selamat.

Namun, tiba-tiba ada seorang pria yang menghampiri mobil mereka. Dia adalah Min Joon Gook (Jung Woong In). Dia mengintip ke dalam mobil, dan saat bertatapan mata dengan Soo Ha, anak kecil itu tiba-tiba bisa mendengar suara.

Rupanya itu adalah suara pikiran Joon Gook. Karena Joo Hyeok tidak langsung mati saat dia tabrak mobilnya, Joon Gook kemudian memukuli Joo Hyeok sampai meninggal. Sejak kejadian kecelakaan ini, Soo Ha jadi bisa mendengar isi pikiran orang lain jika melihat mata mereka.

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 5

Hye Sung (Lee Bo Young) dan Seo Do Yeon (Lee Da Hee) sedang bertengkar di pinggir jalan saat insiden itu terjadi. Mereka berdua menjadi saksi pembunuhan yang dilakukan Joon Gook terhadap Joo Hyeok.

Tapi, hanya Hye Sung yang memiliki keberanian untuk menjadi saksi di pengadilan. Kesaksiannya itu membuat Joon Gook mendapatkan hukuman penjara selama 10 tahun.

Joon Gook yang tidak terima mengancam akan mencari dan menemukan Hye Sung untuk balas dendam setelah keluar penjara nanti. Sejak saat itu, Soo Ha berjanji akan melindungi Hye Sung dari Joon Gook. Waktu berlalu, Soo Ha yang kini telah duduk di bangku SMA masih terus mencari keberadaan Hye Sung.

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 7

Sementara itu, Hye Sung yang telah dewasa bekerja sebagai pengacara. Namun, dia masih berusaha ikut tes untuk posisi pengacara publik. Karena, jika menjadi pengacara publik, dia akan mendapatkan gaji tetap meski ada kasus ataupun tidak.

Saat wawancara pekerjaan, Hye Sung mengatakan inspirasinya untuk menjadi pengacara publik adalah karena kejadian yang menimpanya waktu remaja. Dia telah dituduh mencelakai Do Yeon, temannya dulu. Ayah Do Yeon, Hakim Seo Dae Seok (Jung Dong Hwan), memaksa Hye Sung mengakui kesalahan yang tidak dia lakukan.

Berkat ceritanya itu, Hye Sung berhasil mendapatkan posisi sebagai pengacara publik. Karena hal ini diberitakan di koran, Hye Sung akhirnya mengetahui keberadaan Hye Sung. Namun, begitu pula Joon Gook yang membaca koran di penjara.

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 9

Waktu dipercepat, Joon Gook diceritakan sudah dibebaskan. Sesuai ucapannya 10 tahun lalu, rencana utamanya setelah keluar penjara adalah mencari Hye Sung. Soo Ha yang mengetahui hal ini berusaha melindungi Hye Sung. Sayangnya, Hye Sung tidak ingat siapa Soo Ha.

Namun, saat Hye Sung membantu Soo Ha saat terjadi perkelahian dengan Joon Gook di sekolahnya, Hye Sung pun teringat pada janji seorang anak kecil padanya 10 tahun yang lalu. Soo Ha pun bermalam di rumah Hye Sung untuk berjaga-jaga apabila Joon Gook kembali mencari Hye Sung.

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 11

Gwan Woo, rekan kerja Hye Sung, menyatakan cintanya kepada Hye Sung. Soo Ha melihatnya lalu pergi dengan patah hati. Eo Choon Shim (Kim Hae Sook), ibu Hye Sung, bermimpi buruk dan memiliki firasat tidak baik. Dia segera meminta Hye Sung untuk pulang pada akhir pekan.

Karena itulah Joon Gook tidak bisa mendapatkan Hye Sung. Dia pun beralih dengan menyakiti ibu Hye Sung saja. Awalnya dia berpura-pura melamar kerja. Sempat hampir tobat, tapi pada akhirnya dia tetap pada rencana jahatnya. Joon Gook membakar restoran ayam goreng milik Choon Sim, bersama dengan Choon Sim di dalamnya.

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 13

Hye Sung pingsan dan sangat sedih saat mengetahui ibunya meninggal dengan tragis. Setelah diketahui bahwa Joon Gook pelakunya, Gwan Woo merasa kesulitan menjadi pengacara Joon Gook.

Hye Sung meminta Do Yeon bekerja sama dengannya, sedangkan Soo Ha memiliki rencananya sendiri. Di pengadilan, para juri menganggap Joon Gook tidak bersalah. Hal ini tentunya membuat Hye Sung marah dan sangat terluka.

Kemudian, Gwan Woo menemukan polisi di rumah Hye Sung. Polisi menduga ada bom asap di dalam rumah Hye Sung, dan Gwan Woo langsung mengira itu perbuatan Joon Gook. Di tempat lain, Soo Ha bertemu dengan Joon Gook dan berniat menghabisinya.

Namun, karena panik dan tempat di sekitarnya gelap, Hye Sung yang tiba untuk menghentikan niat Soo Ha malah tidak sengaja tertusuk oleh Soo Ha. Berita tentang Soo Ha di televisi membuat Gwan Woo dan Sung Bin terkejut. Do Yeon pun tergerak hatinya untuk membantu Hye Sung untuk kasus Joon Gook.

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 15

Soo Ha diceritakan hilang. Ketika ditemukan, dia rupanya hilang ingatan. Soo Ha juga dituduh telah membunuh Joon Gook karena di tempat kejadian perkara hanya tersisa tangan kiri Joon Gook saja. Sementara Hye Sung berpikir bahwa Joon Gook masih hidup. Gwan Woo berspekulasi kalau Joon Gook sengaja memotong tangan kirinya sendiri. Akhirnya, Soo Ha pun dinyatakan tidak bersalah.

Perlahan ingatan Soo Ha kembali. Dia juga teringat pernyataan Joon Gook bahwa ayah Soo Ha telah 'membunuh' istrinya. Dia juga mengingat tentang Hwang Dal Joong, teman satu sel Joon Gook. Ternyata, dia adalah ayahnya Do Yeon yang sebenarnya. Soo Ha meminta Hye Sung untuk merahasiakan hal ini dari Do Yeon, namun Hye Sung tidak melakukannya.

Lalu, bagaimana kelanjutan kasus pembunuhan yang dilakukan Joon Gook terhadap ayah Soo Ha, ibu Hye Sung, dan orang-orang tak bersalah lainnya? Alasan apa yang membuat Joon Gook membunuh ayah Soo Ha?

Apakah benar ayah Soo Ha telah membunuh istri Joon Gook? Dan, bagaimana dengan Do Yeon setelah tahu bahwa dia bukan anak kandung dari hakim Dae Seok? Serta, kejahatan apa yang dilakukan Dal Joong, ayah kandung Do Yeon, sehingga dia dipenjara?

Drama Kejahatan Complex Berbalut Fantasi

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 17

Park Hye Ryun sebagai penulis naskah I Can Hear Your Voice menyajikan plot cerita yang mengesankan. Kombinasi karakter yang saling terkait dan sesuai dengan jalan cerita. Karakter jahat dalam drama, yaitu Jung Woong In, berhasil membuat penonton gregetan dan penasaran, kira-kira apa yang akan dia lakukan selanjutnya, ya.

Berkat drama ini, Woong In mendapatkan dua award pada tahun 2013, yaitu Acting Award Actor di APAN Star Award dan Top Excellence Awards Actor di Korea Drama Awards. Lee Bo Young juga dapat memerankan karakter Hye Sung sebagai pengacara dengan cukup baik.

Yang pada awalnya bekerja sebagai pengacara karena mengejar uang, Hye Sung jadi lebih tulus. Dia juga dapat memberikan performa terbaiknya sebagai pengacara karena 'dibantu' Lee Jong Suk yang punya kelebihan bisa mendengar apa yang dipikirkan orang.

Akting Bo Young sebagai Hye Sung di serial ini membuatnya mendapatkan 9 award. Salah satu award-nya yaitu Grand Prize (Daesang) dalam 6th Korea Drama Awards 2013. Lee Jong Suk yang berperan sebagai Soo Ha pun memenangkan 8 award. Salah satunya yaitu Excellence Award Actor in a Miniseries dalam SBS Drama Awards 2013.

Kemudian Yoon Sang Hyun yang berperan sebagai Cha Gwan Woo juga cukup ciamik. Gwan Woo adalah mantan polisi yang menjadi pengacara publik seperti Hye Sung. Awalnya dia dan Hye Sung bersaing, tapi kemudian jadi teman, dan lama kelamaan jatuh cinta. Tapi, walau cintanya tak dibalas, dia tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan gadis itu. Jadi permainan cintanya fair saja.

Aktingnya yang konyol di luar pekerjaan, tapi keren jika di ruang sidang, membuat Yoon Sang Hyun masuk ke dalam nominasi Excellence Award Actor in a Miniseries dalam SBS Drama 2013. Sayangnya, Sang Hyun tidak menang. Terakhir ada Lee Da Hee. Perannya sebagai Do Yeon membawa Da Hee mendapatkan penghargaan New Star Award dalam SBS Drama Awards 2013.

Ada Hal yang Tidak Jelas

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 19

Sebenarnya agak bingung dengan karakter Soo Ha yang bisa dengar pikiran orang lain setelah dia mengalami trauma hebat. Akan tetapi, saat sempat hilang ingatan, kemampuannya juga hilang. Kemudian, tiba-tiba muncul lagi saat ada trauma yang berhubungan dengan penyebab kenapa dia punya kelebihan itu.

Mungkin memang tidak perlu dijelaskan, karena ini drama fiksi. Tapi, biasanya, kalau di drama atau film lain, suka ada scene yang menjelaskan secara ilmiah (atau magical). Kenapa si karakter bisa tiba-tiba lihat masa depan, atau dengar isi pikiran orang lain. Tapi kalau kasus Soo Ha ini tiba-tiba saja begitu.

Drama yang Sulit Dilupakan

Sinopsis dan Review Drakor I Can Hear Your Voice (2013) 21

I Can Hear Your Voice cocok mendapatkan titel drama yang tidak bisa dilupakan. Alur ceritanya sendiri memang menarik. Jika disuguhkan tentang persoalan hukum saja, mungkin akan membuat bosan. Tapi, serial ini, berhasil membuat penonton yang tidak terlalu mengerti tentang hukum tak merasa bosan dengan drama pengadilan.

Setiap kasus yang terjadi di dalam serial drama ini melibatkan semua pemeran. Baik itu pemeran utama, pemeran pendukung, maupun pemeran ekstra. Semuanya saling terkait dan membuat kita tidak bosan meski harus melibatkan logika dan emosi penonton.

Meski serial drama ini hanya masuk dalam nominasi dan tidak menang dalam kategori Best Drama dalam 6th Korea Drama Awards 2013maupun 50th Baeksang Arts Awards, akan tetapi, I Can Hear Your Voice masih layak untuk ditonton ulang.

Itulah sinopsis dan review I Can Hear Your Voice. Ceritanya cukup seru dan menarik untuk ditonton, bukan? Karena saking bagusnya rating serial drama ini, yang pada awalnya cuma 16 episode, sampai ditambah 2 episode lagi, loh. Untuk keseluruhan drama ini, Bacaterus memberikan rating 3/5. Buat yang belum pernah nonton, yuk, buruan nonton!

I Can Hear Your Voice
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram