bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Hospital Playlist 2, Lebih Banyak Konflik

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 30 September 2021

Sukses dengan musim pertamanya, drama Korea Hospital Playlist Season 2 mulai tayang pada Juni 2021 lalu. Pada musim kedua ini, kisah para dokter Yulje yang bersahabat sejak di bangku kuliah masih jadi suguhan utama. Ceritanya semakin menarik karena terdapat bumbu-bumbu romantis yang diselipkan antara tokoh-tokohnya.

Hospital Playlist Season 2 tayang sebanyak 12 episode, hingga minggu kedua Agustus 2021. Apa saja kejutan dan kehangatan yang mereka tawarkan hingga episode 8? Artikel di bawah ini akan memberimu bocoran! Siap dengan spoiler?

  • Tahun Rilis: Juni 2021
  • Genre: Drama, Medical Drama, Slice of Life
  • Produksi: Egg Is Coming, CJ ENM
  • Sutradara: Shin Won Ho
  • Pemeran: Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, Jeon Mi Do
  • Jumlah Episode: 12

Sinopsis

Yang Seok Hyeong bertemu kembali dengan mantan istrinya. Di tempat lain, Andrea dan Jang Gyeo Wool sedang manis-manisnya merasakan jatuh cinta.

Sayang, Lee Ik Jun mendapat penolakan secara halus dari Chae Song Hwa, sementara Kim Jun Wan juga galau karena putus setelah menjalani LDR dengan Lee Ik Sun. Bagaimana kelanjutan kisah para dokter utama Yulje yang selalu ditunggu-tunggu setiap minggu ini?

Episode 1-8

hospital playlist 2_

Musim ke dua Hospital Playlist Season 2 dibuka dengan pertemuan kembali antara Yang Seok Hyeong dengan mantan istrinya secara tidak direncana. Di tempat lain, Choo Min Ha kecewa karena Seok Hyeong tak bisa datang memenuhi undangan makan malamnya. Kekecewaan Min Ha semakin jadi ketika dia melihat Seok Hyeong dan mantan istrinya keluar dari rumah sakit bersama-sama.

Berbeda dengan Min Ha, Jeong Rosa merasa begitu senang di Malam Natal karena putra bungsunya, Andrea, tidak jadi berhenti dari rumah sakit. Suasana hati yang baik sedang dirasakan oleh Andrea karena sudah menjalin hubungan diam-diam dengan Gyeo Wool.

Sementara itu, Ik Jun dan Song Hwa benar-benar canggung setelah di akhir musim pertama, Ik Jun secara tidak langsung menyatakan perasaannya. Sayang, secara tidak langsung pula Song Hwa menolaknya. Di episode dua, Andrea baru berani mengungkapkan hubungannya yang sudah berjalan sebulan dengan Gyeo Wool pada teman-temannya.

Pada episode ini, Song Hwa dijodohkan dengan kerabat salah satu pasien VIP-nya. Di ruang praktiknya, Ik Jun terlihat emosi karena menghadapi pasien yang tak bisa berhenti minum miras padahal sudah dua kali menerima transplantasi hati dari dua putrinya.

Suasana hati yang buruk dialami pula oleh Seok Hyeong setelah dia gagal menyelamatkan bayi dari salah satu pasiennya. Masuk ke episode tiga, Andrea dan Gyeo Wool hampir saja dicurigai oleh rekan-rekan di rumah sakit karena mereka memperlihatkan gesture layaknya sepasang kekasih.

Di sisi lain, hubungan Jun Wan dan Ik Sun justru terasa semakin hambar, karena selain LDR, Ik Sun lebih banyak bercerita tentangnya daripada mendengarkan Jun Wan bercerita.

Selepas melakukan video call, tak jarang Jun Wan justru tampak sedih dan mengganjal. Sementara itu, Song Hwa akhirnya bertemu dan ngobrol dengan kakak pasien VIP yang beberapa waktu lalu sempat dijodohkan padanya.

Di episode 4, Ik Jun diam-diam mulai mengetahui hubungan adiknya dengan Jun Wan. Sayangnya, hubungan mereka terlihat tak bisa diselamatkan setelah Ik Sun mengaku pada Jun Wan bahwa dirinya sedang menyukai seseorang.

Namun, Jun Wan tak bisa lama-lama bersedih karena dia akhirnya harus segera melakukan transplantasi jantung pada Eun Ji; pasien kecilnya yang sudah dirawat di Yulje selama lima bulan.

Ik Sun sepertinya berbohong karena yang sebenarnya terjadi adalah dia sakit cukup parah dan kemungkinan membutuhkan transplantasi hati. Ik Jun yang mengetahuinya segera meminta dia pulang ke Korea untuk diobati.

Ik Sun bersedia asal Ik Jun tak boleh memberi tahu siapa pun soal keadaannya, terutama Jun Wan. Dari sini, kecurigaan Ik Jun mengenai hubungan keduanya semakin terbukti.

Awal episode 4 dimulai dengan sesuatu yang sendu sebab Ik Sun akhirnya jujur pada sang kakak bahwa dia dan Jun Wan sudah menjalin hubungan sejak setahun lalu tapi kini mereka sudah putus.

Perasaan tak jauh beda dirasakan Seok Hyeong. Dia iri melihat sepasang suami istri bisa saling mencintai tapi di saat bersamaan dia juga tak memikirkan untuk menikah lagi sebab tak mau merusak hidup orang lain gara-gara sikap ibunya.

Song Hwa yang mendengarkan curhatnya menyarankan agar dia lebih banyak bicara dengan orang lain, setidaknya seseorang yang membuatnya nyaman. Seok Hyeong mendadak berubah lebih cerewet pada Min Ha ketika dokter residen itu meneleponnya sejurus kemudian.

Cerita berlanjut ketika Ik Jun bersama beberapa perawat dan Gyeo Wool menangkap basah suami yang kerap mabuk dan menyiksa istrinya yang merupakan salah satu pasien Yulje.

Ik Jun juga menjemput Ik Sun yang baru datang dari luar negeri untuk kemudian pergi ke Yulje guna memeriksakan kesehatan sang adik. Dia yakin teman-temannya, terutama Jun Wan, tak ada di Yulje malam itu.

Dugaannya salah, karena Jun Wan mendadak mendapat panggilan darurat dan harus kembali ke rumah sakit. Sesampainya di depan Yulje, Jun Wan terlihat penasaran dengan mobil Ik Jun yang terparkir.

Ik Sun yang ada di dalam mobil panik melihat Jun Wan semakin mendekat. Di tempat lain, Min Ha dengan keberaniannya menyatakan perasaan pada Seok Hyeong, tapi reaksi dokter kandungan utama Yulje tersebut hanya tertawa.

Ik Sun sudah mulai kembali bertugas di militer dan Song Hwa sudah kembali bertugas di Yulje setelah kurang lebih setahun berlalu. Maret tiba itu artinya para dokter magang baru berdatangan. Keseruan mereka bisa kamu saksikan di episode 6. Di episode ini pula terlihat bahwa walau sudah lama putus, Jun Wan masih belum bisa melupakan Ik Sun.

Andera membuktikan kehebatannya di depan para dokter magang dan dokter madya dengan berhasil mengoperasi bayi baru lahir yang beratnya hanya 1,4 Kg. Berbeda dengan Gyeo Wool yang masih belum menunjukkan kemajuan sebagai dokter madya. Bagaimana pun, sebelum menjadi dokter hebat saat ini, Andrea dan kawan-kawan pernah melakukan kesalahan saat magang.

Hubungan Ik Jun dan Song Hwa di episode 7 terlihat tak lagi canggung. Keduanya bahkan sering menghabiskan waktu bersama. Ik Jun yang punya banyak kenalan di mana-mana memang juaranya mencairkan suasana, termasuk saat mereka pergi berkemah bersama U Ju.

Keadaan sebaliknya terjadi pada Min Ha yang harus berurusan secara tidak sengaja dengan ibu Seok Hyeong. Beruntung Rosa berhasil menenangkannya. Di sisi lain penyakit pelupa Rosa ternyata semakin parah. Untuk putranya, Andrea, keadaan juga tak berjalan baik sebab rencana melamar Gyeo Wool harus batal dan ditunda.

Dalam perjalanan pulang dari reuni, Jun Wan yang berada satu mobil dengan Ik Jun tak sengaja mendengar suara Ik Sun di seberang telepon. Episode 8 Rosa akhirnya harus dirawat di rumah sakit karena terjatuh dari tempat tidur. Namun, sakitnya masih bisa diobati. Selain itu Rosa cukup bahagia karena dijenguk oleh Gyeo Wool.

Cerita berbeda terjadi pada Song Hwa karena dokter utama bedah saraf tersebut merasa bersalah sebab tak menyadari penyakit Parkinson yang diderita ibunya. Song Hwa yang selama ini tak mudah menangis, menumpahkan air matanya. Lagi-lagi Ik Jun datang di saat yang tepat.

Kesedihan Song Hwa berlangsung selama beberapa hari sebelum Ik Jun menghiburnya dengan hadiah yang dia inginkan. Hiburan serupa diberikan Seok Hyeong yang menyempatkan diri untuk menjenguk Min Ha yang keram perut. Dokter magang itu sampai menangis saking terharu dan tidak percaya.

Jun Wan pun sama tidak percayanya ketika dirinya berada satu bus dengan Ik Sun tanpa sengaja. Mereka kembali bertemu untuk pertama kalinya setelah beberapa tahun. Bagaimana kelanjutan kisah para dokter dengan pasien dan kehidupan pribadinya?

Episode 9

Episode 9 Hospital Playlist Season 2_

Setelah pertemuan tak sengaja di dalam bus yang mengagetkan, Jun Wan meminta waktu di akhir pekan untuk bertemu dan ngobrol dengan Ik Sun. Episode 9 dimulai dengan kesibukan para dokter utama mengoperasi pasiennya masing-masing.

Setelah selesai, mereka disibukkan dengan pertandingan tenis meja antara tenaga medis Rumah Sakit Yulje yang sudah memasuki babak perempat final. Sejauh ini tim dari Departemen Bedah Ortopedi adalah lawan yang tangguh.

Andrea kesal karena departemennya tak ikut pertandingan padahal dia yakin bisa mengalahkan Ik Jun dengan mudah. Bagaimana pun hadiah 2 Juta Won untuk makan malam tim adalah imbalan yang menggiurkan, termasuk bagi Andrea yang terkenal kaya. Ik Jun berhasil masuk final tapi dengan mudah dikalahkan oleh Kedokteran Nuklir dengan skor telak.

Sementara itu Gyeo Wool semakin sering meninggalkan Andrea sendiri karena harus mengurusi ibunya yang sakit. Malam itu Jun Wan dan Ik Jun disibukkan oleh satu pasien yang mengalami pendarahan di dada. Mereka bekerjasama menyelamatkan pasien tersebut.

Di tempat lain Jun Wan akhirnya bisa meyakinkan Ik Sun untuk bertemu setelah dua tahun berlalu. Sayangnya sakit Ik Sun kambuh dan harus dibawa ke Yulje untuk penanganan lebih lanjut. Jun Wan kecewa setelah mereka batal bertemu dan tampaknya mengira jika Ik Sun hanya cari alasan.

Tak lama Jun Wan mendapat telepon dari Ik Jun yang mengabarkan bahwa Ik Sun ada di IGD dan akan pulang saat infusnya habis. Ik Jun terlihat sengaja memberi tahunya agar mereka bisa bertemu. Jun Wan pun bergegas pergi ke Yulje dan akhirnya mengetahui riwayat penyakit Ik Sun.

Lelaki itu juga tahu bahwa alasan Ik Sun meminta putus hanya akal-akalannya karena yang sebenarnya adalah mantan kekasihnya itu sedang sakit. Rupanya diam-diam Ik Jun sudah tahu bahwa keduanya menjalin hubungan.

Ik Jun pulalah yang sengaja membuat Jun Wan dan adiknya berada di satu bus yang sama beberapa waktu lalu. Di sisi lain pihak keluarga dari pasien yang berhasil diselamatkan Ik Jun dan Jun Wan sangat berterima kasih, terutama pada Jun Wan dan asistennya, dokter magang Im Chang Min (Kim Kang Min).

Seorang Dokter magang Instansi Gawat Darurat, Jae Min, yang ikut dengan Chang Min mengunjungi pasien merasa tak enak hati karena kerja kerasnya dengan dokter Gawat Darurat Bong Kwang Hyeon (Choi Young Joon) seperti tak dihargai sebab hanya mereka yang dipuji.

Padahal dokter IGD yang pertama kali menangani pasien begitu datang ke rumah sakit. Kwang Hyeon-lah yang memastikan semua keadaan stabil agar pasien dapat ditangani lebih lanjut oleh Jun Wan dan Ik Jun.

Di tempat lain, tanpa diketahui asisten tersebut, Jun Wan memuji dokter IGD sebagai bagian terpenting dalam penyelamatan pasien. Kwang Hyeon sendiri merasa tak masalah dengan hal itu.

Selama pasien terselamatkan dia sudah lega. Di tempat lain agenda main band kali ini agak berat untuk para lelaki karena ini adalah hari ulang tahun Song Hwa, artinya dia yang akan jadi vokalis utama.

Ingatan Song Hwa kembali ke masa kuliah dulu saat dirinya begitu senang menerima pesan Ik Jun yang akan mengajaknya bertemu untuk memberi hadiah ulang tahun. Sayangnya saat Song Hwa sudah rapi, Ik Jun malah membatalkan acara.

Episode 10

Hospital Playlist Season 2 Eps 10_

Setelah menyelesaikan panggilan darurat dari pasiennya, Jun Wan kembali ke IGD untuk menemui Ik Sun. Sayang, Ik Sun sudah pulang tapi berjanji melalui pesan singkat untuk segera menghubungi Jun Wan lebih dulu. Cerita berlanjut ketika Andrea keukeuh memaksa Ikjun, Jun Wan dan Seok Hyeong untuk hiking.

Pada hari ulang tahunnya, Ik Jun ingin memilih lagu yang akan dibawakan. Walau keberatan dengan pilihannya, anggota yang lain tak bisa menolak. Mereka juga sudah memesan penginapan untuk persiapan hiking. Di rumah sakit, Ik Jun mendapati pasien kanker hati yang mendapat donor karena kerelaan sahabatnya.

Namun, proses transplantasi tersebut harus melalui prosedur yang cukup panjang untuk menghindari indikasi jual-beli organ. Berbeda jika donor dilakukan oleh pihak keluarga.

Gyeo Wool tiba-tiba kedatangan adik lelakinya, Ga Eul, yang hendak menikah bulan depan. Sayangnya, Ga Eul membawa kabar jika pernikahan tersebut dibatalkan oleh pihak perempuan karena latar belakang keluarga.

Fakta bahwa ayah Gyeo Wool dan Ga Eul dipenjara karena menganiaya sang ibu, menjadi pertimbangan tersendiri bagi keluarga calon istri Ga Eul. Mengingat peristiwa yang dialami ibunya, Gyeo Wool merasa bersalah. Di kediaman ibu Andrea, ibu Seok Hyeong dan Pak Jong Su makan bersama.

Dari obrolan antara mereka, diketahui bahwa rupanya Seok Hyeong mendaftarkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke Amerika. Dia masih merahasiakan ini dari teman-temannya. Keputusan tersebut membuat sang ibu gundah.

Di rumah sakit, hasil tes menunjukkan bahwa lelaki yang akan mendonorkan liver pada sahabatnya itu memenuhi syarat. Namun, proses masih panjang mengingat mereka bukan keluarga. Ada banyak dokumen yang harus disiapkan.

Sementara itu kabar baik datang pada Jae Hak. Setelah 8 tahun berumah tangga dan pasrah tak memiliki anak, istrinya dinyatakan hamil. Mood Jun Wan juga membaik karena Ik Sun membuat janji bertemu. Di sisi lain, Gyeo Wool akhirnya menangis di pundak Andrea setelah mencoba tegar di hadapan sang ibu.

Pagi itu setelah menitipkan U Ju pada ayah Mo Ne yang bekerja sebagai produser televisi, Ik Jun berangkat menuju Sokcho bersama Jun Wan dan Song Hwa. Seok Hyeong dan Andrea berada di mobil terpisah.

Namun, dalam perjalanan, Song Hwa, Andrea dan Ik Jun mendapat panggilan darurat dari rumah sakit. Sampai di penginapan, tinggal tersisa Seok Hyeong dan Jun Wan. Ternyata penginapan yang mereka sewa adalah milik keluarga Min Ha.

Song Hwa dan Ik Jun menikmati hujan yang turun malam itu sambil minum kopi di ruangan Song Hwa. Saat ditanya ingin kado apa, Ik Jun menjawab apa pun yang diberikan Song Hwa dia menyukainya.

Sementara itu, jadwal operasi Jun Wan ternyata lebih lama dari prediksi. Janji bertemu Ik Sun di jam 19.30, tapi operasi selesai sekitar pukul 21.30.

Di tempat lain, Gyeo Wool menceritakan masalah keluarganya pada Andrea, termasuk penganiayaan yang dia terima dari sang ayah. Gyeo Wool lega karena Andrea mengerti kondisinya. Jun Wan juga lega karena walau sudah telat beberapa jam Ik Sun ternyata masih menunggunya. Ik Sun minta maaf dan mengatakan bahwa dia masih menyukai Jun Wan.

Cerita berlanjut ketika Seok Hyeong berhasil meyakinkan istri Jae Hak yang sedang hamil 11 minggu untuk menjalani kemoterapi karena kanker stadium 2 pada payudaranya. Seok Hyeong juga membuat Min Ha terkejut karena dia mengajak dokter magang itu makan malam pekan depan.

Pada episode 10, penampilan mereka saat nge-band berbeda karena Ik Jun menetapkan dress code berupa baju hitam dan rantai. Setelah banyak kejutan, episode kali ini ditutup dengan telepon yang mengabarkan salah satu dokter Yulje mengalami luka setelah dipukul seseorang dari belakang.

Episode 11

Hospital Playlist Season 2 Eps 11_

Song Hwa meninggalkan hadiah ulang tahun Ik Jun di mejanya. Dia sempat memandangi foto Ik Jun bersam U Ju sambil tersenyum. Di saat bersamaan IGD menerima telepon yang mengabarkan salah satu dokter Yulje mengalami luka-luka setelah dipukul orang dari belakang.

Song Hwa yang harusnya pulang, memilih bertahan di rumah sakit setelah barangnya ketinggalan beberapa kali. Song Hwa mendapat telepon dari Dokter Gwang Hyeon, dokter jaga IGD. Dia mengabarkan Ik Jun dihantam batu oleh seseorang dari belakang.

Song Hwa datang secepat kilat sampai mengesankan Dokter Gwang Hyeon. Tiga dokter lainnya, Andrea, Seok Hyeong dan Jun Wan tak kalah panik. Mereka ingin bergantian menunggu Ik Jun tapi Song Hwa menawarkan diri untuk terus menjaganya.

Sambil menahan sedih dan khawatir, ingatan Song Hwa kembali ke tahun 1999 ketika menyiapkan kado ulang tahun Ik Jun. Dia mengajak Ik Jun makan malam tapi ditolak karena Ik Jun beralasan ada kencan buta.

Jun Wan mengabari Ik Sun mengenai kejadian yang menimpa kakaknya. Dia akan cuti dan pergi ke Seoul, setidaknya untuk menemani U Ju. Ik Sun datang menjenguk Ik Jun dan bertemu Jun Wan. Song Hwa sendiri sedang sibuk mengamati kondisi pasiennya yang cukup rawan.

Selesai itu malam harinya dia menemani Ik Jun bermain kartu. Ik Sun dan Jun Wan dibuat bingung oleh keduanya karena mereka tampak seperti sedang berpacaran. Malam ini giliran Seok Hyeong yang menjaga Ik Jun. Ik Jun kaget ketika Seok Hyeong cerita dia akan makan malam dengan Min Ha akhir pekan ini.

Di rumah sang ibu Andrea ditanya perihal hubungannya dengan Gyeo Wool. Bagaimana pun, dokter madya itu adalah calon menantu pertama dan terakhir bagi Rosa. Andrea akan membicarakan pernikahan setelah masalah Gyeo Wool dengan keluarganya selesai.

Rosa kemudian bertanya soal kepindahan Seok Hyeong ke Amerika karena ibunya khawatir dengan itu. Andrea menyangkal karena tidak mungkin Seok Hyeong tidak cerita hal sepenting itu padanya dan yang lain. Kencan Seok Hyeong dan Min Ha berjalan lancar. Setelah makan malam mereka pergi nonton.

Di bioskop secara tidak sengaja keduanya bertemu Rosa dan Direktur Jo. Saat menyapa Seok Hyeong mengaku pada Rosa bahwa mereka sedang berkencan.

Esoknya Andrea bertemu Seok Hyeong dan bertanya soal rencana ke Amerika. Seok Hyeong tak akan pergi ke Amerika tapi dia meminta Andrea mengatakan sebaliknya pada Rosa. Seok Hyeong sepertinya punya rencana sendiri.

Seok Hyeong juga membelikan Min Ha makan malam istimewa saat dokter itu merasa buruk di depan pasien. Ik Jun sendiri sudah membaik. Dia akan pulang ke rumah orang tuanya di Changwon selama kurang lebih dua minggu.

Song Hwa masih mengkhawatirkan Ik Jun saat dia juga gugup karena akan menghadapi operasi yang cukup sulit sebab berisiko menyebabkan kebutaan pada pasiennya.

Selesai mengoperasi dengan sukses Song Hwa kaget karena Ik Jun ada di ruangannya, dia belum pergi ke Changwon. Ik Jun menunda kepergian untuk memastikan tak ada masalah karena dia melihat Song Hwa gelisah dengan operasinya kali ini. Song Hwa tak bisa menyembunyikan rasa harunya karena hal ini.

Di tempat lain saat mengantar Min Ha pulang, Seok Hyeong akhirnya mengakui perasaannya. Min Ha berhasil meyakinkan dokter kandungan yang terkenal datar itu untuk memulai suatu hubungan. Esok harinya mereka kembali profesional menangani persalinan dengan kasus detak jantung janin yang semakin menurun.

Pulang dari Changwon, Ik Jun langsung berlatih band dengan yang lain. Di perjalanan pulang bersama Song Hwa, hujan mendadak turun. Mereka menyempatkan membeli kopi dan menikmatinya di dalam mobil. Suasana canggung di antara keduanya tak bisa dihindarkan.

Sampai Song Hwa membuka suara soal perasaannya saat melihat Ik Jun kecelakaan beberapa waktu lalu. Dia menyesal mengapa tak segera menyatakan perasaannya. Song Hwa lalu mengatakan jika perasaan Ik Jun masih sama, dia mau mengajak Ik Jun berkencan.

Cerita Solid dan Detail Sejak Awal

Cerita Solid dan Detail Sejak Awal_

Sampai episode 8, Hospital Playlist Season 2 memperlihatkan alur yang solid dan detail. Tidak ada plot hole sedikit pun. Semua cerita saling terkait dan rapat, memperlihatkan bahwa drama ini dibuat dengan konsep yang matang. Tidak asal tembel untuk membuat alur tampak dramatis atau apa pun.

Terlihat pada salah satu cerita tentang kasus pasien transplantasi hati yang ditangani Ik Jun di episode awal. Pasien tersebut ternyata harus datang lagi karena mengalami infeksi pada aortanya dan kali ini ditangani oleh Jun Wan. Skenario kedatangan pasien untuk kedua kalinya di sebuah rumah sakit tentu memerlukan ketelitian agar cerita dan kasus tetap nyambung.

Hal lain yang tak kalah detail dan menyentuh adalah bagaimana sutradara menjalinkan emosi antara satu karakter dan lainnya pada drama ini. Terlihat pada scene ketika Ik Jun mendatangi Seok Hyeong di taman rumah sakit. Keduanya sedang mengalami hari yang berat tapi Ik Jun tak menyela cerita dan keluhan sahabatnya itu.

Ik Jun sadar dirinya datang belakangan jadi dia membiarkan Seok Hyeong tanpa menyela ceritanya. Dengan sinematografi yang apik, kesan emosional dan dramatis pada scene ini lebih terasa. Kesedihan Seok Hyeong dan Ik Jun diwakili oleh pengambilan gambar dan permainan tone warna yang sendu sekaligus terasa sepi.

Perkembangan Karakter yang Mengejutkan

Perkembangan Karakter yang Mengejutkan_

Hospital Playlist Season 2 juga akan memberimu kejutan dengan perkembangan karakternya. Hingga episode 8, perubahan beberapa karakter membuat drama ini tidak membosankan, sekalipun durasi untuk setiap episodenya bisa lebih dari 1 jam.

Andrea yang di musim pertama begitu taat pada Tuhan, di musim kedua ini malah bucin. Sementara Seok Hyeong yang dingin dan datar, mulai memperlihatkan rasa nyaman dan pedulinya pada Min Ha.

Perkembangan karakter pada drama ini patut ditunggu hingga musim berakhir. Selain Andrea dan Seok Hyeong, perkembangan karakter yang bikin penasaran adalah Song Hwa. Apakah Song Hwa akan mengubah hatinya lalu mau menjalin hubungan lebih dari sahabat dengan Ik Jun? Bagaimana dengan Jun Wan dan Ik Sun?

Persahabatan yang Konyol dan Sayang Dilewatkan

Persahabatan yang Konyol dan Sayang Dilewatkan_

Bicara tentang Hospital Playlist Season 2 tak lengkap tanpa membahas tentang persahabatan antara Ik Jun, Song Hwa, Jeong Won, Seok Hyeong dan Jun Wan. Pada episode 8 sudah banyak kekonyolan dan kehangatan yang mereka ciptakan.

Ik Jun dan Jun Wan yang tak pernah dewasa dalam hal ‘rebutan’ cemilan, Jun Wan dan Song Hwa yang selalu seperti kesurupan setiap kali makan hingga Jeong Won yang mati-matian menyelamatkan harga dirinya dari Gyeo Wool akibat cerita bohong Ik Jun.

Persahabatan para dokter utama Yulje tersebut jadi daya tarik drama ini. Selain interaksi antara mereka yang menyenangkan untuk disaksikan, Hospital Playlist Season 2 masih penuh dengan moral value yang menghangatkan hati. Sampai episode 8 ada banyak momen yang membuat hati bersedih, haru sekaligus terhibur.

Selain itu, lagu-lagu yang dibawakan mereka juga enak didengar. Liriknya pun secara garis besar relatable dengan keadaan mereka di setiap episodenya.

Ketika Para Dokter Tanding Tenis Meja

Ketika Para Dokter Tanding Tenis Meja_

Pada episode 9 Hospital Playlist Season 2 kamu akan menemukan sesuatu yang segar, yang sebelumnya tak pernah ada di episode-episode lalu.

Di episode ini, dokter-dokter Yulje tidak hanya sibuk menangani para pasien yang membutuhkan perawatan dan tindakan, mereka sibuk dengan pertandingan tenis meja. Hadiahnya cukup besar sampai Andrea juga tertarik untuk mengikutinya.

Seperti biasa, tingkah Ik Jun jadi hiburan tersendiri di sini. Alur yang menampilkan Ik Jun beraksi di lapangan dengan segala tingkah konyolnya disimpan di awal episode sehingga mood menyenangkan langsung dapat dirasakan.

Ditambah sinematografi yang pas kamu akan terhibur sejak episode 9 dimulai, apalagi saat melihat Ik Jun kewalahan menghadapi lawannya di babak final.   

Gom Gom Couple Mulai Memberi Tanda

Gom Gom Couple Mulai Memberi Tanda_

Untuk pendukung kapal Gom Gom Couple, yaitu Seok Hyeong dan Min Ha, episode 9 boleh jadi lebih menyenangkan dibanding episode-episode sebelumnya.

Walau kemunculan keduanya hanya sebentar, tanda-tanda akan ada kabar baik dari mereka sepertinya semakin terang. Seok Hyeong menerima es krim pemberian Min Ha dan tertawa setelah melihat dokter residen itu pergi sambil memberikan simbol hati.

Ekspresi Andrea dan Ik Jun melihat sahabatnya bisa tertawa selebar itu membuat scene jadi lebih menggemaskan. Sederhana tapi mengena, sebentar tapi menggemaskan. Penasaran apakah Min Ha bisa mendapatkan kesempatan untuk dekat dengan Seok Hyeong? Sabar sampai minggu depan ya!

Kejutan di Akhir Episode

Kejutan di Akhir Episode_

Episode 9 Hospital Playlist Season 2 tidak terlalu banyak menampilkan Song Hwa dan interaksi antara dokter-dokter itu. Jika biasanya kamu melihat mereka makan bersama dan berbincang, episode ini tidak terlalu mempelihatkan hal tersebut. Kemunculan Song Hwa bisa kamu lihat saat drama menjelang berakhir.

Kemunculan Song Hwa di episode 9 bisa kamu lihat saat drama sebentar lagi akan usai. Selain terkejut karena mendengar dia bernyanyi, menariknya Song Hwa juga membawa kejutan lain.

Rahasia lamanya saat jadi mahasiswa kedokteran dulu terungkap, terutama soal perasaannya. Benarkah Song Hwa sebenarnya menyukai Ik Jun sejak lama? Pertanyaan kamu ini semoga saja terjawab di episode selanjutnya!

Memuat Informasi tentang Donor Organ Non-Keluarga

Memuat Informasi tentang Donor Organ Non-Keluarga_

Sebagai drama dengan tema medical, sejak musim pertama, tindakan medis berupa donor organ kerap jadi bagian dari cerita Hospital Playlist. Ketika seseorang harus mendonorkan organnya atau menerima donor organ dari keluarganya, alur jadi terasa lebih mengharukan.

Dampaknya, menurut informasi dari Naver, jumlah angka pendonor organ di Korea Selatan meningkat tiga kali lipat pada periode yang sama di tahun lalu.

Khusus pada episode 10, informasi mengenai donor organ, terutama yang dilakukan non-keluarga, jadi bagian dari salah satu konflik yang dipertontonkan. Dibawakan secara luwes oleh pemeran pendukung yang berperan sebagai dua orang sahabat, salah satu di antara mereka di-plot ingin mendonorkan organ untuk sahabatnya.

Prosedur yang ditetapkan KONOS (The Center for Korean Network for Organ Sharing) bagi masalah ini cenderung lebih ketat dan rumit dibanding donor yang dilakukan anggota keluarga guna menghindari jual beli organ.

Pendonor harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya berpenghasilan lebih besar dibanding penerima. Informasi rinci mengenai hal tersebut dikemas dalam cerita persahabatan yang lucu dan hangat.

Sisi Lain Gyeo Wool dan Min Ha

Sisi Lain Gyeo Wool dan Min Ha_

Hospital Playlist Season 2 episode 10 rasanya menjadi episode paling lengkap sejauh ini. Alurnya tidak hanya berputar pada kehidupan lima dokter utama Yulje, melainkan juga mempertontonkan sisi lain dari Gyeo Wool dan Min Ha yang selama ini jarang diangkat.

Setelah dua musim dan 9 episode, baru di sini kamu akan melihat Gyeo Woo meluapkan emosinya dengan menangis. Siapa sangka di balik karakternya yang datar, dia punya masalah keluarga yang pelik dan tragis.

Selain Gyeo Wool, di episode ini keluarga Min Ha juga dikenalkan lho. Ayah dan ibunya diceritakan sebagai pemilik penginapan yang disewa Seok Hyeong dan geng. Asyik dan membuat cerita jadi segar karena sinematografinya juga diperhatikan dengan pas.

Mido Falasol Bergaya Rock Metal

Sinopsis & Review Hospital Playlist 2, Lebih Banyak Konflik 13

Hal berbeda selanjutnya pada Hospital Playlist Season 2 episode 10 adalah penampilan Mido Falasol yang menarik. Jika biasanya mereka tidak memikirkan dress code untuk nge-band, di episode ini, atas ide Ik Jun mereka tampil dengan gaya rock metal. Semua wajib pakai baju hitam-hitam lengkap dengan aksesori rantai.

Membawakan lagu It’s My Life dari Bonjovi, Ik Jun memimpin anggota band lain tampil dengan penuh semangat dan tenaga. Mereka kompak bergaya sesuai arahan Ik Jun. Sayang, setelah bersenang-senang, sepertinya akan ada kejutan menyedihkan di episode selanjutnya. Siapa sudah tidak sabar?

Ik Jun Kecelakaan, Song Hwa Khawatir

Ik Jun Kecelakaan, Song Hwa Khawatir_

Setelah menunggu dua minggu, episode 11 Hospital Playlist Season 2 (2021) dibuka dengan scene mendebarkan karena dokter yang dikabarkan mengalami penyerangan di episode 10 ternyata adalah Ik Jun. Song Hwa panik dan jelas memperlihatkan kekhawatirannya. Beruntung setelah dilakukan pemeriksaan, kondisinya tidak terlalu serius.

Sejak scene itu, sikap Song Hwa pada Ik Jun mengalami perubahan. Perubahan emosi Song Hwa terasa sekali melalui tatapan matanya. Mi Do berakting dengan baik untuk bagian ini. Tatapan matanya pada Ik Jun bisa terasa berbeda dibanding episode-episode yang lalu, ketika masih menganggap Ik Jun hanya sebagai sahabat.

Perasaan Min Ha Akhirnya Bersambut

Perasaan Min Ha Akhirnya Bersambut_

Penumpang kapal Gomgom Couple pasti kegirangan nonton episode ini. Keberanian Min Ha sejak bertahun-tahun lalu untuk mendekati Seok Hyeong akhirnya berbuah manis! Perasaannya disambut Seok Hyeong dengan sangat lembut! Karakter Min Ha serta chemistry-nya dengan Kim Dae Myung sebagai Seok Hyeong bikin geregetan.

Director, creator, dan writer bekerja dengan baik menyuguhkan sebuah hubungan yang menggemaskan antara karakter Min Ha dan Seok Hyeong tanpa terasa berlebihan apalagi cringe.

Perkembangan hubungan serta karakter keduanya, terutama Seok Hyeong lumayan banyak di musim ini. Semuanya mengarah pada ending yang menyenangkan. Selamat, Min Ha!

Song Hwa Akui Perasaannya Setelah Sekian Lama

Song Hwa Akui Perasaannya Setelah Sekian Lama_

Episode 11 Hospital Playlist Season 2 (2021) rasanya dibuat memang untuk menyenangkan para penonton setia, apalagi yang mendukung ‘perkapalan’ antara karakternya. Setelah ikut bahagia menyaksikan Seok Hyeong dan Min Ha yang akhirnya setuju untuk berkencan, kapal Song Hwa dan Ik Jun juga berlayar.

Scene mereka dibuat dramatis karena Seoul tiba-tiba saja hujan malam itu. Song Hwa yang sejak awal episode sudah memperlihatkan kekhawatirannya pada Ik Jun, memberanikan diri menyatakan perasaan yang ditutupi sekian lama.

Akting Mi Do yang malu-malu sekaligus tak ingin buang kesempatan lagi, sukses bikin adegan confess-nya pada Ik Jun menutup episode 11 dengan menggemaskan dan membahagiakan.

Episode 12

Hospital Playlist episode 12

Jun Wan menyiapkan diri untuk mengoperasi pasien dengan kondisi yang cukup serius, yaitu eorang anak kecil berusia 7 tahun bernama Eun Dam yang menderita Sindrom Marfan. Andrea tak kalah pusing karena orang tua pasiennya meminta tindakan transplantasi usus kecil pada sang anak, Seung Chae, yang menderita sindrom usus pendek.

Di Yulje hanya Andrea yang pernah melakukan transplantasi usus kecil. Dari tiga operasi, sayangnya dua gagal. Kali ini, mereka sedang menghadapi kasus yang cukup sulit.

Di ruangan Song Hwa, Jun Wan mengajak mereka berkaraoke akhir pekan nanti. Semua tidak bisa karena sudah punya janji, termasuk Song Hwa dan Ik Jun. Song Hwa mengatakan dia sedang berkencan dengan Ik Jun tapi tak ada yang percaya. Jun Wan, Andrea dan Seok Hyeong mempertaruhkan apa-apa yang mereka punya jika sampai hal itu terjadi.

Saat ngobrol di taman Yulje dengan Seok Hyeong, Song Hwa cukup kaget dan senang mengetahui temannya itu sudah resmi berkencan dengan Min Ha. Seok Hyeong sendiri akhirnya benar-benar percaya bahwa Song Hwa dan Ik Jun berpasangan. Dia tak kalah senang dengan kabar baik itu. Saat makan malam bersama, Song Hwa dan Ik Jun sama-sama salah tingkah. Song Hwa sampai tidak mau menatap Ik Jun.

Ibu Seok Hyeong datang ke kediaman Rosa. Dia tampak senang karena putranya tak jadi pergi sebab dilarang oleh sang kekasih. Menurut Seok Hyeong kekasihnya melarang dia pergi karena kesehatan ibunya kurang baik dan karena dia putra satu-satunya. Ibu Seok Hyeong merasa terbantu dan bersyukur. Dia berjanji akan memperlakukan kekasih Seok Hyeong dengan baik dan akan mentraktirnya makan enak saat bertemu nanti.

Song Hwa dan Ik Jun makan malam bersama. Tak lama Ik Sun yang kebetulan ada di dekat situ, tanpa rencana menghampiri mereka. Sejurus kemudian Jun Wan juga ikut bergabung. Tanpa rencana mereka makan berempat dan lanjut karaoke setelahnya. Di tempat berbeda Andrea dan Gyeo Wool sama-sama makan malam berdua. Gyeo Wool mengatakan ibunya juga ingin makan malam dengan Andrea.

Selain mereka, Seok Hyeong dan Min Ha pun pergi berkencan. Tanpa diduga, Seok Hyeong mencium Min Ha sesaat sebelum mereka berpisah. Esok hari Ik Jun baru tahu kalau Direktur Ju mundur dari jabatannya. Andrea mengatakan Direktur Ju punya rencana pergi berdua dengan ibunya.

Andrea yang belum tahu kalau Ik Jun dan Song Hwa sudah berkencan, menggunakan pertemanan Ik Jun dan Song Hwa untuk menggambarkan hubungan Direktur Ju dan ibunya. Di ruang praktik Seok Hyeong, Jae Hak dan istri menerima kabar baik tentang kondisi janin mereka. Song Hwa, Ik Jun dan Jun Wan tampak sangat sibuk dengan kondisi pasien mereka yang kritis. Jun Wan sendiri mendapat bantuan dari dokter yang menurutnya lebih berpengalaman.

Ik Jun melewati operasi dengan baik sedangkan salah satu pasien Song Hwa mengalami mati otak. Andrea tak kalah sibuk karena dia bersiap melakukan transplantasi usus untuk pasien kecilnya. Seok Hyeong sendiri harus bolak-balik ke rumah sakit sebanyak tiga kali karena pasiennya mengalami gangguan.

Saat berkumpul Andrea mengabarkan jika dirinya dan Gyeo Wool akan pergi ke Amerika selama satu tahun untuk belajar. Dia hanya akan bekerja sampai akhir tahun karena siap berangkat di awal tahun. Andrea ingin belajar lebih banyak tentang transplantasi usus. Malam itu mereka bersiap berlatih band. Ik Jun merasa ini adalah latihan terakhir mereka.

Di rumah sakit Jae Hak menangis karena penipu yang mengambil uangnya di 2019 berhasil ditemukan. Pihak keluarganya meminta berdamai. Jae Hak menyetujui sekaligus mendapatkan kembali uangnya. Hari itu Jun Wan jauh-jauh menemui Ik Sun. Keduanya tampak setuju untuk kembali bersama.

Di tempat kemah, Song Hwa dan Ik Jun menghabiskan malam berdua tanpa U Ju yang memilih pergi dengan Mone dan ayahnya. Sementara itu kebahagiaan pun ikut menyelimuti Jae Hak dan istri karena buah hati mereka lahir sehat dan selamat.

Episode Terakhir, Dokter-dokter Sibuk Menangani Pasiennya

Episode Terakhir, Dokter-dokter Sibuk Menangani Pasiennya

Tayang selama 2 jam, episode 12 Hospital Playlist (2021) atau episode terakhir drama ini, kamu akan lebih banyak melihat dokter-dokter Yulje sibuk menangani pasien dengan kasus berat. Sejak menit awal tampak para dokter sudah sangat serius menghadapi kasus-kasus pasien yang menguras tenaga. Operasi yang dilakukan di episode ini terasa lebih berat dibanding episode lalu.

Jun Wan yang sebelum-sebelumnya mampu menangani operasi seorang diri sampai harus meminta bantuan dari dokter lain. Andrea juga terlihat gelisah ketika memutuskan untuk melakukan transplantasi usus pada pasien kecilnya. Ada pula Seok Hyeong yang harus bolak-balik Yulje sebanyak 3 kali untuk membantu pasiennya melahirkan.

Selain mereka Song Hwa menghadapi dua pasien yang memiliki latar belakang emosional. Pasien pertama mengalami kolaps setelah pemakaman istrinya, pasien kedua pada akhirnya divonis mati otak karena tak mampu bertahan. Padahal sebelumnya keadaan pasien itu sudah jauh lebih baik. Emosi dan peran mereka sebagai dokter seperti diperlihatkan betul-betul dan total dalam episode terakhir ini.

Andrea dan Gyeo Wool Berencana ke Amerika Bersama

Andrea dan Gyeo Wool Berencana ke Amerika Bersama

Sebagai pasangan yang pertama jadian di musim 2, Andrea serta Gyeo Wool mengakhiri cerita musim ini dengan pergi bersama ke Amerika untuk belajar. Scene pernikahan mereka yang ditunggu-tunggu banyak penonton tidak muncul. Sebagian pasti kecewa, tapi sebagiannya lagi mungkin setuju dengan pilihan sutradara.

Menghadirkan wedding scene di episode akhir di musim ini sejujurnya memang agak memaksa. Alurnya akan terasa seperti diburu-buru jika Andrea dan Gyeo Wool menikah secepat itu. Lagipula Gyeo Wool butuh waktu untuk memulihkan kondisi ibunya, yang pasti lumrahnya akan cukup lama. Namun, di episode 12 kemarin, sinyal baik sudah diberikan ibu Gyeo Wool; beliau ingin makan malam bersama Andrea. Detail pada hubungan mereka berdua membuat cerita terasa lebih natural.

Mungkinkah Ada Season 3?

Mungkinkah Ada Season 3

Hospital Playlist Season 2 selalu jadi trending di setiap episodenya. Apalagi episode terakhir ini. Banyak yang merasa tidak puas karena ending-nya seperti terbuka, tidak memuaskan sebagian besar penonton. Pasalnya ada adegan-adegan yang belum ditayangkan di musim ini. Beberapa di antaranya yaitu pertemuan antara Min Ha dan ibu Seok Hyeong, yang pasti bikin penasaran, mengingat ibu Seok Hyeong punya kesan buruk pada Min Ha.

Selain itu pernikahan Andrea dan Gyeo Wool yang sudah ditunggu-tunggu juga belum dimuat di musim ini. Serta Ik Jun yang belum mengenalkan Song Hwa pada U Ju sebagai kekasihnya. Kenyataannya, episode 12 memang ditutup tanpa emosi meluap-luap. Seolah hanya ingin istirahat untuk sementara waktu. Jadi mungkinkah ada musim ketiga? Kita tunggu sama-sama ya!

Penasaran dengan kelanjutan cerita para dokter tersebut, lengkap dengan pasien-pasiennya dan hubungan pribadi mereka? Oh iya, sebelum menonton season kedua ini, sebaiknya kamu perlu menonton dari season pertama. Kami juga sudah pernah mengulasnya melalui artikel Review & Sinopsis Hospital Playlist, Drama Medis Realistis.

Hospital Playlist Season 2
Rating: 
4.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram