bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Heart, Antara Cinta dan Persahabatan

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Heart
2.8
/5

Film Indonesia yang berjudul Heart sudah dirilis sejak tahun 2006 lalu. Namun hingga hari ini, film tersebut menjadi salah satu film drama romantis terbaik Indonesia yang ceritanya masih banyak dikenang. Begitu pula dengan para karakter dari film ini yang begitu ikonik.

Bagi kamu yang ingin bernostalgia dengan film drama romantis ini, kamu bisa baca review dan sinopsis dari film Heart berikut ini!

Sinopsis

heart-1_

Film Heart diawali dengan kisah persahabatan antara Rachel dan Farrel. Keduanya telah berteman sejak kecil dan tinggal di kawasan pegunungan Puncak yang indah. Rachel merupakan wanita tomboy yang cuek dengan penampilannya. Rachel dan Farrel sering bermain bersama, terutama bermain bola basket.

Mereka juga memiliki rumah pohon di dekat tempat mereka bermain basket. Namun Farrel kecil belum bisa memanjat ke atas. Rachel yang pandai memanjat pernah menuliskan sesuatu di pohon tersebut yang tidak Farrel ketahui. Waktu berganti, keduanya pun beranjak dewasa. Pada suatu hari di sebuah toko buku, Farrel bertemu wanita cantik bernama Luna.

Farrel mencoba mendekati Luna, dan Luna pun seolah membuka hatinya untuk Farrel. Farrel kemudian meminta bantuan Rachel untuk meluluhkan hati Luna. Saat mengetahui jika Farrel sedang jatuh cinta, Rachel pun merasa cemburu.

Namun ia menutupi perasaannya demi nama persahabatan. Rencana-rencana mereka berhasil, Farrel kini semakin dekat dengan Luna.

Rachel yang semakin terluka sempat berusaha merubah penampilannya menjadi lebih feminim. Ia mencoba memakai gaun dan menata rambutnya seperti Luna. Namun Farrel yang melihat itu justru menertawakan Rachel.

Rachel yang sakit hati pun pergi. Sementara Farrel tetap tidak tahu jika Rachel sebenarnya cemburu. Ia tetap menjalani hubungan dengan Luna dan semakin jarang bertemu Rachel.

Suatu hari saat berkencan di danau, perahu yang dinaiki Farrel dan Luna terbalik. Farrel mulanya menganggap itu konyol, namun ia melihat Luna yang menggigil tak berhenti. Farrel akhirnya tahu jika Luna sedang sakit parah. Sementara di tempat lain, Rachel pun semakin terpuruk dengan perasaannya pada Farrel.

Ketika suatu hari Farrel dan Luna tengah berciuman, Rachel melihat hal tersebut. Ia pun berlari tak tentu arah yang membuatnya mengalami kecelakaan hingga terperosok ke jurang. Sementara itu, Luna yang berciuman dengan Farrel tiba-tiba mengalami muntah darah dan kondisinya drop. Tanpa sengaja, Luna dan Rachel dibawa ke rumah sakit yang sama.

Di rumah sakit, Rachel harus menerima kenyataan jika kakinya harus diamputasi. Ia pun seolah tak lagi memiliki semangat hidup. Sementara kondisi Luna juga makin memburuk dan kritis.

Luna membutuhkan donor hati agar nyawanya bisa selamat. Farrel berusaha untuk bergantian menengok mereka, namun Rachel merasa jika Farrel lebih sering menjenguk Luna.

Beberapa waktu berlalu, adegan kemudian beralih saat Farrel mengunjungi makam yang ternyata adalah makam Rachel. Rupanya Rachel telah meninggal dan ia mendonorkan hatinya untuk Luna dengan alasan agar ia bisa tetap mencintai Farrel dengan hatinya melalui sosok Luna. Luna dan Farrel pun akhirnya menikah dan telah memiliki anak.

Setelah menikah, Farrel yang kini bisa memanjat pohon pun naik ke rumah pohon milik ia dan Rachel. Farrel pun terkejut dan menangis saat ia melihat ukiran nama Farrel dan Rachel di pohon tersebut. Farrel bersedih saat sadar jika ia terlambat mengetahui perasaan Rachel yang sudah mencintainya sedari kecil.

Kisah Romantis yang Menyentuh

heart-2_

Kisah cinta yang romantis dan menyentuh antara Farrel, Luna, dan Rachel begitu terasa dalam film berdurasi 125 menit ini. Meski mengangkat kisah cinta yang terasa ringan, kamu akan tetap terlarut dalam suasana dan ikut baper melihat alur kisah cinta segitiga dari para karakter utamanya. Hal ini juga didukung dengan aspek-aspek lain dalam film ini.

Misalnya saja dari segi tata suara. Film Heart juga memiliki soundtrack yang cukup ikonik dan masih sering diputar hingga saat ini.

Lagu soundtrack yang berjudul My Heart dan dinyanyikan oleh duet Irwansyah dan Acha Septriasa ini akan sering mengalun di sepanjang film. Melodinya yang terasa romantis akan membuatmu ikut terhanyut saat menonton dan mendengarkannya.

Selain lagu soundtrack My Heart, banyak juga soundtrack berjudul lain yang juga dinyanyikan oleh aktor dan aktris yang berperan dalam film ini. Selain lagu soundtrack, iringan ilustrasi musik yang melatari setiap adegan cerita di film ini pun membuat kisah dalam film Heart terasa begitu manis.

Kisah romantis antara Farrel, Luna, dan Rachel ini pun berhasil menjadi film yang cukup sukses kala itu. Terbukti dengan 6 nominasi di Festival Film Indonesia tahun 2006 dan berbagai raihan prestasi di ajang penghargaan lainnya. Hingga kini, film Heart pun masih banyak disukai dan menjadi salah satu karya terbaik di perfilman Indonesia.

Karakter-Karakter yang Ikonik

heart-3_

Saat film ini pertama dirilis, para pemeran film Heart seperti Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir adalah para bintang-bintang muda yang bisa dibilang baru memulai karir mereka di  dunia perfilman.

Pada beberapa adegan, akting para karakter utama seperti Acha Septriasa dan Irwansyah memang masih terasa kaku. Beberapa dialog pun terasa diucapkan dengan kurang natural. Namun bagaimanapun juga, akting mereka dalam film ini sukses membuat banyak orang baper dan terkenang dengan cerita mereka hingga bertahun-tahun setelahnya.

Akting Acha Septriasa dan Irwansyah yang menjadi Farrel dan Luna dalam film ini juga membuat karir mereka di dunia perfilman semakin populer. Keduanya pun menjadi pasangan yang cukup fenomenal.

Bahkan mereka sempat terlibat cinta lokasi dalam film ini. Tak hanya itu, duet keduanya dalam lagu My Heart pun menjadi duet fenomenal yang lagunya masih populer hingga kini.

Visual Indah di Sepanjang Film

heart-4_

Bukan hanya alur cerita, akting pemain, dan lagu-lagu soundtrack-nya saja yang membuat film Heart ini terasa romantis dan menyentuh. Aspek sinematografi dalam film yang banyak menampilkan visual-visual indah nan cantik.

Sejak awal hingga akhir film, kita akan dimanjakan dengan visual cantik dari pemandangan pegunungan yang menjadi setting lokasi film ini.

Pemandangan alam bernuansa syahdu dan romantis yang diambil dengan shot-shot lebar ini tampaknya menjadi visual andalan dalam film ini. Tak hanya itu, setting lokasi lain seperti rumah pohon hingga kamar para tokohnya pun terasa dibuat agar memberikan kesan estetik dan cantik dalam film ini.

Itulah review dan sinopsis dari film Heart, film mengenai cinta dan persahabatan yang keromantisannya masih banyak dikenang hingga saat ini. Bagaimana menurutmu? Apa adegan yang paling membuatmu baper dalam film ini? Share di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram