bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Green Mothers’ Club, Persahabatan Ibu Muda

Lee Yo Won akhirnya kembali ke dunia drama Korea setelah terakhir membintangi The Running Mates: Human Right (2019) beberapa tahun lalu.

Dalam drama terbarunya berjudul Green Mothers’ Club (2022) dia beradu peran dengan aktris berpengalaman lainnya seperti Choo Ja Hyun dan Kim Gyu Ri. Di sini Lee Yo Won berperan sebagai seorang ibu muda yang punya latar pendidikan tinggi.

Menjadi seorang ibu berarti sekaligus memikirkan pendidikan untuk anak-anak. Tidak terkecuali untuk para ibu di Sangwe Elementary School. Mereka memberikan treatment-treatment terbaik untuk putra-putrinya sembari menjalin persahabatan dan menghadapi persaingan.

Seperti apa serunya para ibu beraksi? Drama terbaru JTBC berjumlah 16 episode ini siap jadi tontonan barumu!

Sinopsis

Green Mothers' Club_

Lee Eun Pyo pindah ke apartemen yang baru agar lebih dekat dengan sekolah anak-anaknya. Dia seorang wanita berpendidikan tinggi tetapi kehilangan kesempatan untuk mengaktualisasikan diri.

Eun Pyo disibukkan dengan urusan rumah tangga dan anak-anak. Bebannya menjadi semakin berat ketika dia bertemu Seo Jin Ha, sahabat lama yang membuatnya terluka di masa lalu.

Episode 1-2

green mothers club episode 1-2_

Lee Eun Pyo baru saja pindah ke apartemen yang baru karena lebih dekat dengan sekolah dua putranya. Eun Pyo berpendidikan tinggi dan bergelar profesor, tetapi akibat satu kesalahan fatal yang tidak sengaja dilakukan putranya, dia kehilangan kesempatan untuk mengajar lagi.

Kini, Eun Pyo menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya dan mengurusi dua anak lelaki yang luar biasa: Jung Dong Seok dan Jung Dong Ju. Pada hari pertama masuk sekolah putranya, Eun Pyo meninggalkan kesan menyebalkan untuk ibu-ibu yang lain, terutama untuk Byeon Chun Hui, ibu Kim Yu Bin.

Pasalnya, Eun Pyo tidak merasa perlu seambisi dirinya dan ibu-ibu lain untuk pendidikan anak-anak. Dia hanya akan membiarkan anak berkembang secara natural. Namun, Dong Seok, putra pertamanya kerap membuat masalah di sekolah. Dia sampai merusakkan biola milik Kim Yu Bin.

Hubungan Eun Pyo dan Chun Hui pun semakin buruk. Dua wanita yang saling bertetangga itu memulai hubungan dengan tidak baik. Hari-hari Eun Pyo di lingkungan baru tampaknya akan berat. Setelah bersinggungan dengan Chun Hui, Eun Pyo harus bertemu Seo Jin Ha; sahabat lama yang membuatnya terluka.

Konflik dingin antara Eun Pyo dan Jin Ha disebabkan oleh Luis Bunuel. Sewaktu di Paris dulu Luis dan Eun Pyo menjalin hubungan romantis tapi tiba-tiba Luis dan Jin Ha bersama. Kini keduanya adalah sepasang suami istri.

Suami Eun Pyo sendiri adalah seorang anggota polisi bernama Jung Jae Ung. Kesibukan kerja yang padat membuat Jae Ung jarang pulang.

Jin Ha sangat senang bertemu Eun Pyo. Hal sebaliknya dirasakan oleh Eun Pyo karena wanita itu terlihat tidak nyaman. Pasca pertemuan kembali dengan Jin Ha yang melelahkan untuk mentalnya, Eun Pyo sampai pingsan di sekolah. Luis yang kebetulan mengantar putranya, Henry, membawa Eun Pyo ke rumah sakit.

Kebersamaan mereka mulai membuat Chun Hui curiga. Apalagi dia tahu kalau Eun Pyo dan Jin Ha memiliki kedekatan. Jin Ha sendiri menyarankan Eun Pyo untuk tidak dekat-dekat dengan Chun Hui. Upaya Jin Ha menjauhkan Eun Pyo dari Chun Hui tidak berhasil karena hubungan dua ibu itu mulai membaik.

Pasalnya, Eun Pyo sempat menyelamatkan Yu Bin dari lemparan gelas yang tampak sengaja dijatuhkan dari atas apartemen. Chun Hui mencurigai Kim Young Mi sebagai pelakunya karena mereka sempat bersaing. Dia tidak menaruh curiga sama sekali terhadap Jin Ha padahal wanita itu juga tinggal di lantai atas.

Sementara masalah pelempar gelas masih terus diselidiki pihak keamanan apartemen, Jin Ha memanfaatkan momen untuk mendekati Eun Pyo. Tak tahan dengan sikap manis Jin Ha, Eun Pyo meluapkan emosi dan ketidaknyamannya terhadap sikap manis Jin Ha.

Eun Pyo tahu dan yakin betul bahwa Jin Ha sengaja bermanis-manis untuk membuatnya tampak bodoh. Dua wanita itu saling tampar, tanpa mereka sadari Chui Hui melihatnya dari balik pohon.

Episode 3-4

episode 3-4 green mothers' club_

Setelah pertengkaran dengan Jin Ha, Eun Pyo menyadari bahwa kebenciannya selama ini adalah atas dasar iri hati.

Sejak berteman dulu, Jin Ha selalu memiliki yang tidak Eun Pyo punyai. Tekanan yang dirasakan Eun Pyo karena kembali bersinggungan dengan Jin Ha bertambah berat ketika dia menguping sepupunya, Yun Ju, ikut membicarakan hal buruk tentang putranya, Dong Seok.

Setelah diskusi dengan sang suami, Eun Pyo berencana pindah dari lingkungan tersebut. Namun, dia berubah pikiran setelah mendapat hasil analisis dari seorang ahli bahwa Dong Seok sebenarnya memiliki kecerdasan tinggi. Cara berpikirnya melebihi anak-anak seusianya. Kecerdasan Dong Seok bahkan masuk golongan langka.

Sejak itu Eun Pyo jadi lebih percaya diri. Dia berani menawarkan Dong Seok untuk bergabung bersama tim Yu Bin, putri dari Chun Hui, dalam perlombaan sains bergengsi. Pada pertandingan bergengsi tersebut, anak-anak Eun Pyo dan Chun Hui harus bersaing dengan anak-anak Jin Ha dan Yun Ju.

Di tengah kesibukan mengurusi lomba, mereka juga memiliki masalah dan urusan masing-masing, terutama Eun Pyo dan Chun Hui. Chun Hui dan suaminya, dokter Kim Ju Seok, terkejut ketika bertemu dengan Lee Man Su, suami dari Yun Ju.

Ternyata Man Su yang pernah menjadi pemasok obat untuk rumah sakit tempat Ju Seok bekerja, mengetahui rahasia masa lalu dokter tersebut. Man Su tahu bahwa Ju Seok pernah membunuh seseorang tapi selama ini dia hanya bungkam.

Berbeda Chun Hui, berbeda pula dengan Eun Pyo. Wanita beranak dua itu terkejut ketika klien yang membutuhkan jasanya untuk menulis buku ternyata adalah Luis Bunuel. Eun Pyo tidak bisa menolak karena dia membutuhkan biaya yang besar untuk les Dong Seok.

Hari perlombaan anak-anak pun akhirnya tiba. Setelah drama-drama panjang, Dong Seok berhasil membuktikan kalau dia cerdas. Dengan kecerdasan itu pula dia dan tim sukses menyabet gelar juara. Untuk merayakan kemenangan, empat ibu muda itu memilih minum-minum sampai mabuk. 

Eun Pyo terpaksa harus mengantarkan Jin Ha yang mabuk berat ke rumahnya. Sial bagi Eun Pyo karena Jin Ha memuntahi pakaiannya. Mau tidak mau dia harus berganti dan mengenakan kemeja yang sudah disediakan Luis.

Namun saat akan pulang, Luis tiba-tiba mendekatkan wajahnya pada wajah Eun Pyo. Mereka tidak tahu, Jin Ha tersadar dan melihatnya.

Episode 5-6

episode 5-6 green mothers' club_

Hubungan Jin Ha dan Eun Pyo memburuk seiring kecemburuan dan prasangka yang semakin kuat. Keduanya terlibat pertengkaran cukup keras. Begitu pun yang terjadi antara Jin Ha dan Luis. Jin Ha semakin terbebani dengan kemunculan ibu tiri yang sangat dibencinya. 

Akibat tekanan mental yang dirasakannya, Jin Ha sampai harus dibawa ke rumah sakit akibat mengonsumsi obat sejenis obat tidur atau penenang terlalu banyak.

Sayangnya tanpa sepengetahuan Luis, Jin Ha memaksa pulang dari rumah sakit. Sampai rumah dia terkejut dan kembali salah paham karena melihat Eun Pyo dan Luis berduaan. 

Pagi hari Eun Pyo shock karena menemukan Jin Ha sudah terbujur kaku di tanah seperti jatuh dari ketinggian. Kematian Jin Ha menghebohkan warga apartemen. Eun Pyo terpukul dan merasa bersalah. Dia takut jika Jin Ha bunuh diri karena cemburu dan salah paham mengenai hubungannya dengan Luis.

Eun Pyo lalu menceritakan kegelisahannya pada Chun Hui. Luis sendiri tak kalah merasa bersalah dan shock. Reaksi tak jauh beda ditunjukan Chun Hui karena dia sempat menjual obat-obatan pada Jin Ha. Suami Yun Ju, Man Su, memergokinya.

Polisi terus melakukan penyelidikan terkait kematian Jin Ha. Suami Eun Pyo menjalankan tugasnya dengan menginterogasi beberapa saksi, antara lain Eun Pyo, suami Yeong Mi bernama Oh Gun Woo dan Chun Hui sebagai orang terakhir yang bertemu Jin Ha sebelum wanita itu ditemukan tewas.

Eun Pyo kaget mendengar bahwa Chu Hui adalah orang terakhir yang ditemui Jin Ha. Apalagi tanpa sengaja Eun Pyo menemukan surat berisi kalimat dendam yang ditujukan untuk Chun Hui.

Saat coba mengonfirmasinya keadaan malah tambah rumit karena Chui Hui tidak terima dicurigai. Dia malah balik menyerang Eun Pyo dengan cerita masa lalunya dan Luis. 

Pikiran Eun Pyo yang kalut sedikit tercerahkan karena Dong Seok lulus ujian siswa berbakat. Hal itu tidak terjadi pada Chun Hui karena putrinya dinyatakan gagal. Chun Hui yang semakin tertekan, kecewa dan takut, tiba-tiba memberi pengakuan mengejutkan pada suami Eun Pyo.

Dia mengatakan kalau Jin Ha terpukul mengetahui suaminya berselingkuh dengan wanita lain. Ciri-ciri wanita yang Chun Hui sebutkan mengarah semua pada Eun Pyo.

Episode 7-8

Review Green Mothers Club_Episode 7-8_

Gosip Eun Pyo menjadi penyebab kematian Jin Ha masih terdengar kencang. Pada upacara pemakaman teman lamanya itu, Eun Pyo sampai ditampar dan dipermalukan oleh ibu tiri Jin Ha yang mendengar rumor tersebut dari mulut ibu lainnya.

Yun Ju bingung mengapa Eun Pyo diam saja difitnah sedemikian rupa oleh Chun Hui. Eun Pyo pun memutuskan untuk tidak memusingkan hal itu. Selama suami dan kerabatnya percaya, Eun Pyo tidak peduli dan hanya akan fokus pada Dong Seok.

Akan tetapi, Yun Ju sendiri ternyata juga membenci Chui Hui. Rupanya dia yang mengirim surat peringatan misterius pada Chun Hui karena sempat melihat Man Su beberapa kali berduaan dengan wanita itu.

Untuk sementara, Yun Ju melupakan kebenciannya karena hari itu sang putri, Su In yang menghadiri kelas pertama untuk siswa berbakat bersama Dong Seok. Pada kelas tersebut, Dong Seok menarik perhatian seorang jurnalis yang khusus meliput anak-anak berbakat. Namun, Eun Pyo tidak tertarik untuk diliput.

Kebahagiaan Eun Pyo terganggu ketika sebuah rumor mengerikan tentang keluarganya kembali tersebar. Kali ini rumor tersebut tertuju pada Dong Seok.

Menurut pengakuan Yu Bin, putra Eun Pyo itu sudah melecehkannya dan Su In. Chun Hui lalu meradang mendengar putrinya dilecehkan, begitu pula dengan Yun Ju. Mereka kembali menyerang Eun Pyo tanpa mencari tahu kebenarannya lebih dulu.

Dong Seok tidak merasa pernah melakukan hal semacam itu. Mendengar kejujuran sang putra, Eun Pyo bertekad mencari tahu kebenarannya.

Benar saja, Dong Seok telah difitnah. Otak pelakunya adalah putri Chun Hui sendiri, Yu Bin, yang merasa tersaingi oleh Dong Seok. Yu Bin turut mengancam Su In agar sama-sama memfitnah Dong Seok.

Chun Hui yang sudah mengetahui hal ini sebelumnya, memilih diam saja. Ketika Eun Pyo membeberkan faktanya dan membuat dia terpojok di depan ibu yang lain, Chun Hui malah terus memfitnah Eun Pyo dengan isu perselingkuhan yang membuat Jin Ha bunuh diri.

Episode 9-10

Review Green Mothers Club Episode 9-10__

Fakta bahwa Dong Seok tidak melakukan pelecehan seperti yang dituduhkan Chun Hui tidak cukup membuat ibu-ibu yang lain percaya. Eun Pyo mulai memahami bahwa mereka hanya akan memandang seseorang yang terbukti berhasil mendidik anaknya. 

Eun Pyo lalu berusaha keras memberikan pelajaran di rumah untuk Dong Seok. Dia berencana mengikutkan putranya ke berbagai kompetisi, salah satu kompetisi juga diikuti oleh Su In dan Yu Bin. Pada kompetisi itu Dong Seok meraih juara pertama dan Su In peringkat kedua, sementara Yu Bin lagi-lagi gagal.

Keberhasilan Eun Pyo dan putranya membuat ibu-ibu lain mulai menjilat. Mereka juga tidak lagi bergaul dengan Chun Hui.

Kehancuran Chun Hui berlanjut ketika putra pertamanya, Yeong Bin, dikeluarkan dari kelas bimbel karena memiliki nilai paling jelek. Sebagai ganti, Dong Seok mendapat tempat khusus di lembaga bimbel tersebut. 

Chun Hui menghubungi Man Su untuk melepaskan bebannya. Dia mengeluarkan segala isi hati sembari mabuk.

Chun Hui juga meminta maaf sudah ‘menumbalkan’ Man Su di masa lalu atas kasus pencurian obat. Chun Hui mengaku menikahi seorang dokter hanya membuat dia gelisah. 

Kegelisahan dalam berumahtangga juga sedang dialami Kim Yeong Mi. Pasalnya dia baru saja mendengar pengakuan mengejutkan dari pembantu Jin Ha kalau Jin Ha dan suami Kim Yeong Mi bertemu setidaknya empat kali dalam satu minggu.

Namun, sebelum kematiannya Jin Ha menolak bertemu. Dengan hati was-was, Kim Yeong Mi pun menggeledah barang suaminya dan terkejut karena menemukan cardigan milik Jin Ha serta beberapa helai rambut.

Di tempat berbeda Chun Hui juga sangat terkejut ketika Yun Ju hampir memergokinya menjual obat bius ilegal. Yun Ju terlanjur cemburu dan terus curiga setelah mengetahui kalau Chun Hui adalah mantan kekasih Man Su.

Walau berstatus mantan, Man Su nyatanya terlihat masih perhatian. Dia bahkan membelanya saat Louis mulai mencurigai Chun Hui sebagai penyebab kematian Jin Ha.

Ketika Chun Hui sedang gelisah, Eun Pyo dan Dong Seok justru bahagia karena memenangkan perlombaan anak genius yang ditayangkan di televisi. Berkat itu Eun Pyo ditawari mengajar kembali, tapi di kampus berbeda.

Eun Pyo pun mulai sibuk dan tidak memperhatikan kondisi mental Dong Seok yang mulai lelah serta tertekan. Namun, Eun Pyo terus menyangkal dan tidak mendengar pendapat suaminya.

Kondisi tak kalah memprihatinkan diperlihatkan oleh Yu Bin yang mulai berdelusi. Putri Chun Hui tersebut merasa dirinya unggul di berbagai kompetisi. Yu Bin tak henti membanggakan prestasinya di depan sang nenek dan mulai membuat Chun Hui khawatir.

Episode 11-12

Review Green Mothers Club_Episode 11-12_

Melihat keadaan Dong Seok yang memprihatinkan, Eun Pyo dan suami membawa putra mereka ke klinik jiwa. Dong Seok dinyatakan mengalami mutisme karena tekanan dari ibunya.

Nasib yang sama dialami Chun Hui karena Yu Bin menunjukkan gejala gangguan mental. Yu Bin banyak bercerita bohong pada orang lain dan memercayai cerita bohong yang dia buat sendiri.

Dua ibu muda itu kini merenungi perbuatan mereka yang berakibat fatal untuk mental anak-anak. Dong Seok sendiri masih tidak ingin bicara dengan siapa pun kecuali dengan Henry. Untuk itu Eun Pyo menghubungi Luis dan bercerita tentang kondisi putranya.

Henry yang tinggal bersama neneknya, yaitu ibu tiri Jin Ha, senang bisa bertemu Dong Seok. Mereka menikmati waktu bermain bersama sementara Eun Pyo juga banyak bicara dengan ibu tiri Jin Ha.

Dari obrolan itu Eun Pyo menyadari kalau Jin Ha benar-benar tulus padanya. Hidup Jin Ha yang menurutnya sempurna, ternyata juga penuh luka.  

Eun Pyo dan Chun Hui saling mengetahui kalau mereka sedang ada dalam masalah yang sama. Eun Pyo lantas coba memperbaiki hubungan mereka.

Chun Hui sendiri sedang gelisah karena terus diteror oleh Jang Won Tae, pelanggan yang rutin membeli obat ilegal padanya. Dia ingin berhenti, tapi Won Tae membutuhkan obat tersebut. Pria itu sampai menunggu Chun Hui di lingkungan apartemennya.

Mengetahui ada dalam kondisi bahaya, Chun Hui memilih tidak pulang. Dia membawa dua anaknya, Yu Bin dan Yeong Bin berkemah.

Chun Hui sekaligus mengajak Eun Pyo serta dua putranya bergabung. Liburan yang dadakan itu berjalan menyenangkan sampai tiba-tiba Dong Ju kesulitan bernapas karena mengonsumsi kacang. 

Semua panik terlebih Eun Pyo. Dalam kondisi darurat, Chun Hui menyuntikkan sesuatu ke tubuh Dong Jo. Kondisi Dong Jo pun perlahan membaik.

Malang bagi Chun Hui karena sesampainya di rumah dia mendapati semua sudah berantakan. Suaminya, Kim Ju Seok, juga babak-belur dihajar Won Tae. Kondisi berantakan yang saat ini sedang dirasakan Chun Hui, dialami juga oleh Yeong Mi.

Wanita itu mendengar pengakuan dua buah hatinya bahwa Geon-u, suaminya yang baru, adalah sosok menakutkan. Belum tenang dengan hal itu, Yeong Mi menemukan fakta lain yang tak kalah memukulnya. 

Dia mendapati foto telanjang Jin Ha di komputer suami keduanya itu. Geon-u yang setengah mabuk mengakui tanpa rasa bersalah kalau Jin Ha adalah inspirasinya dan mereka pernah tidur bersama. 

Gosip Jin Ha meninggal setelah ketahuan berselingkuh tiba-tiba merebak dan terdengar oleh Eun Pyo. Menurut gosip, foto Jin Ha yang telanjang sudah tersebar di kalangan para pria. Anehnya di tempat lain, seorang wanita dengan wajah mirip Jin Ha terlihat baru tiba di Seoul. 

Episode 13-14

Review Green Mothers Club_Episode 13-14_

Kemunculan wanita yang mirip Jin Ha tanpa diduga justru disambut Louis dengan bahagia. Mereka juga bercumbu karena saling merindukan. Wanita yang diketahui bernama Rhea itu sama sekali tidak bisa berbahasa Korea. Dia hanya bisa bicara dengan bahasa Perancis.

Louis yang sedang bahagia tidak sejalan dengan Eun Pyo, yang tengah bingung dan marah karena foto telanjang Jin Ha mulai tersebar luas. Foto tersebut bahkan sampai di kalangan dosen tempatnya mengajar.

Saat dia coba memberi tahu Louis mengenai hal itu, Louis meminta Eun Pyo tidak perlu memperumit masalah tersebut. Dia malah menyalahkan Eun Pyo karena terlalu ikut campur.

Eun Pyo mengetahui kalau penyebar pertama foto Jin Ha adalah Geon-u, suami Yeong Mi yang berprofesi sebagai sutradara. Namun, Geon-u mengaku kalau Jin Ha yang sebenarnya mengirimkan foto tersebut, Jin Ha yang menguntit dan mengejar-ngejar Geon-u. 

Yeong Mi memilih untuk mempercayai suaminya dan mengaku pada komunitas ibu-ibu kalau Jin Ha yang sudah merayu Geon-u. Tak tahan dengan hal itu, Eun Pyo coba menegur, tapi dia malah mendengar sesuatu yang menyakitkan dari Yeong Mi.

Yeong Mi mengatakan kalau Jin Ha yang dia bela tidak sebaik itu. Dari rekaman suara Jin Ha yang dia dengar, Yeong Mi membeberkan fakta kalau Jin Ha sebenarnya memang berniat merebut Louis dan menghancurkan Eun Pyo. Kenyataan itu pun membuat Eun Pyo terpukul.

Dalam keadaan kaget, Eun Pyo kembali mendapat kejutan. Dia menerima foto telanjang Geon-u dari Bu Nam, pembantu di rumah Jin Ha dan Louis. Bu Nam bercerita kalau hubungan keduanya memang aneh. Eun Pyo lalu mengirimkan foto bertuliskan kalimat mesra tersebut pada Yeong Mi.

Emosi Yeong Mi meledak dan membuat Geon-u gelap mata ketika melihat Eun Pyo di pinggir jalan. Eun Pyo yang hendak bertemu Chun Hui lantas diserang dari belakang. Eun Pyo kemudian menyadari dan yakin kalau pelaku penyerangan terhadap dirinya adalah Geon-u.

Sutradara itu dibekuk Jae Ung dan pihak kepolisian dengan tuduhan penyerangan. Dia juga dijerat pasal penyebaran foto palsu karena rupanya foto telanjang Jin Ha adalah hasil editannya.

Kehebohan akibat foto Jin Ha tidak terlalu mendapat perhatian dari Chun Hui. Pasalnya, dia sedang berjuang lepas dari suaminya yang gila judi. Chun Hui ingin lepas dari jerat hutang yang semakin menumpuk.

Sementara itu, Louis cukup marah mengetahui Rhea berjalan-jalan di lingkungan rumahnya dulu. Tampaknya Louis belum banyak bercerita mengenai Jin Ha.

Rhea yang penasaran lantas mencarinya di internet. Dia kaget mengetahui Jin Ha mirip dirinya. Rhea semakin terkejut ketika membaca berita bahwa istri Louis itu sudah meninggal dunia.

Episode 15-16

Review Green Mothers Club Episode 15-16 __

Chun Hui terpaksa keluar dari persembunyiannya karena membutuhkan beberapa pakaian ganti untuk anak-anaknya. Dia bertemu Eun Pyo dan Yun Ju sambil minum-minum. Saat itulah Chun Hui tanpa sengaja bertemu suaminya yang hendak bertransaksi obat-obatan terlarang.

Obat yang akan dijual Kim Ju Seok berjatuhan dan salah satu botolnya diamankan Yun Ju. Sebagai istri Lee Man Su yang berpengalaman dengan obat, Yun Ju tahu kalau itu obat terlarang. Dia lantas melaporkan kecurigaannya terhadap Chun Hui pada kepolisian.

Suami Eun Pyo, Jae Ung, yang bertugas menyelidiki kasus peredaran obat ilegal tersebut mendapat pesan dari rekannya kalau Chun Hui terlibat. Pesan itu segera dihapus Eun Pyo saat Jae Ung tengah mandi. Dia juga langsung menghubungi Chun Hui.

Chun Hui panik dan berpikir untuk menitipkan anak-anaknya ke saudara yang tinggal di Kanada sebelum menyerahkan diri. Eun Pyo yang mengetahui kalau Chun Hui tak punya uang, meminjaminya. 

Jae Ung mendapat pengakuan dari Ju Seok bahwa Eun Pyo cukup dekat dengan Chun Hui. Saat coba dikonfirmasi, Eun Pyo tidak mengakuinya, tapi Jae Ung tidak percaya begitu saja. Diam-diam dia memergoki Eun Pyo sedang menelepon Chun Hui yang tengah menunggu jadwal penerbangan.

Jae Ung kecewa mengetahui istrinya membantu seorang tersangka melarikan diri. Dia memerintahkan timnya untuk segera melacak keberadaan Chun Hui dan memblokir semua penerbangan atas namanya. Eun Pyo juga bergegas menuju bandara dan menyelamatkan Chun Hui serta anak-anak.

Sayang, usahanya gagal. Chun Hui berhasil dibawa oleh Jae Ung dan tim, sedangkan dua anaknya dititipkan pada Eun Pyo. Penyelidikan terhadap Chun Hui melebar sampai pada kasus kematian Jin Ha. Chun Hui mengelak jika dirinya disebut-sebut menjadi penyebab kematian wanita tersebut.

Dia lantas memberikan kesaksian pada Jae Ung tentang keganjilan sikap Louis. Eun Pyo mendengar hal yang sama saat mengunjungi Chun Hui di penjara. Wanita itu langsung mencari tahu segala hal tentang Louis. Saat itulah untuk pertama kalinya dia bertemu Rhea. 

Eun Pyo lantas mencari informasi dari buku biografi Louis. Dari sana Eun Pyo menemukan fakta bahwa lelaki itu memiliki saudari angkat bernama Rhea dan keduanya saling mencintai.

Louis menghubunginya karena mendengar cerita Rhea. Dari pertemuan itu Eun Pyo bisa menyimpulkan kalau Louis menikahi Jin Ha karena obsesinya pada Rhea, dan dia membunuh Jin Ha karena ingin bersama Rhea.

Louis tidak bisa mengelak, akan tetapi hal yang mendorong dia mengakui semua kejahatannya adalah fakta bahwa Henry ternyata melihat peristiwa kematian ibunya. Louis pun akhirnya menyerahkan diri pada polisi. 

Dua Ibu Muda Terjebak Luka Masa Lalu

dua ibu muda terjebak masa lalu_

Dari dua episode pertamanya, Green Mothers’ Club (2022) menyoroti kehidupan Lee Eun Pyo sebagai ibu muda beranak dua. Latar belakang pendidikan yang tinggi dan gelar profesor justru membuatnya terbebani. Lee Eun Pyo terlihat sangat suntuk, terlebih setelah dia bertemu lagi dengan Jin Ha.

Dalam alur mundur diceritakan kalau Jin Ha dan Eun Pyo adalah sahabat sejak lama. Hubungan mereka memburuk karena mencintai satu pria yang sama. Eun Pyo terlihat merasa dikhianati dan dibodohi karena pria yang jadi kekasihnya ternyata punya hubungan dengan Jin Ha.

Konflik dua wanita yang terjebak luka masa lalu ini membuat tensi dua episode perdana Green Mothers' Club (2022) sudah mulai naik. Apalagi keduanya diceritakan menjalani kehidupan yang bertolak belakang.

Jin Ah hidup serba kecukupan dan bahagia dengan pria yang dicintainya, sedangkan Eun Pyo terlihat tidak puas apalagi bahagia dengan rumah tangganya.

Persaingan Ibu-ibu untuk Pendidikan Anak

persaingan ibu-ibu untuk pendidikan anak_

Drama Korea dengan tema ibu-ibu muda yang bersaing untuk pendidikan anak bukan hal baru. Terakhir ada High Class (2021) yang suguhkan premis semacam itu.

Dibumbui sedikit thriller dan trik-trik perselingkuhan, cerita High Class (2021) bikin penasaran setiap minggunya. Pola serupa bisa kamu temukan pada drama terbaru JTBC ini.

Menggantikan slot Thirty, Nine (2022), Green Mothers' Club (2022) juga menjanjikan cerita persahabatan sekaligus persaingan antara para ibu tersebut.

Pada dua episode awal, hawa-hawa persaingan sudah ditunjukkan melalui karakter Eun Pyo dan Chun Hui. Mereka adalah dua ibu muda yang punya metode berbeda dalam merencanakan pendidikan anaknya. 

Berjumlah 16 episode, drama Green Mothers’ Club (2022) menambah panjang daftar drama yang memperlihatkan kerasnya persaingan antaribu untuk pendidikan anak-anak. Ia sekaligus menunjukkan beratnya tugas seorang ibu rumah tangga dalam mengatur keluarga.

Bumbu berupa persahabatan dan persaingan tak lupa ditambahkan sebagai konfliknya. Penasaran dengan kelanjutannya?

Eun Pyo Lebih Percaya Diri

eun pyo lebih percaya diri_

Episode 3 dan 4 Green Mothers Club (2022) dibuka dengan pengakuan pribadi Eun Pyo atas sikap dinginnya terhadap Jin Ha. Terungkap bahwa Eun Pyo selama ini merasa rendah diri dan insecure dengan segala kemudahan yang Jin Ha miliki, sehingga membenci wanita itu tanpa alasan jelas. 

Namun, di dua episode ini, rasa rendah diri Eun Pyo segera berganti dengan percaya diri. Wajahnya yang minggu lalu tampak murung dan kusut, di minggu ini mulai terlihat cerah sebab banyak tersenyum. Dia mendapatkan tambahan energi pasca mengetahui kalau putranya punya kecerdasan tinggi.

Sebagai sosok ibu, Eun Pyo lumayan tertekan karena putranya terkenal kerap bermasalah di sekolah. Dia tersiksa sekaligus kehilangan semangat dan kepercayaan diri saat melihat Dong Seok dikucilkan oleh teman-temannya.

Perasaan Eun Pyo semacam ini pasti dirasakan juga oleh banyak ibu muda di luaran sana yang punya nasib serupa.

Rahasia Kelam Chun Hui dan Suami

rahasia kelam chun hui_

Berbanding terbalik dengan Eun Pyo yang sedang bahagia, dua episode Green Mothers Club (2022) minggu ini menunjukkan kegelisahan Chun Hui dan suami setelah bertemu suami Yun Ju. Sosok wanita yang tegas dalam pendidikan anak-anaknya ini punya rahasia kelam bersama sang suami. 

Disebutkan sekilas bahwa rahasia kelam yang disimpan Chun Hui serta suaminya terkait dengan kematian seseorang.

Namun, untuk cerita lengkapnya masih sangat rahasia, terutama dari sudut pandang suami Yun Ju. Kita harus menunggu sampai kebenaran yang seutuhnya terungkap di episode-episode mendatang. 

Bukan itu saja, pada episode 3 dan 4 kamu juga akan melihat kalau Chun Hui punya selingkuhan seorang pria muda. Bagian ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat formula yang sama kerap dipakai dalam drama-drama sejenis.

Sebagai penutup, sebuah kejutan diperlihatkan ketika Luis masih mencoba menggoda Eun Pyo. Lantas Bisakah Eun Pyo menepisnya atau malah tergoda?

Kematian Jin Ha yang Misterius

kematian jinha_

Episode 5-6 Green Mother’s Club (2022) menyuguhkan plot yang tidak diduga dan terlalu ekstrem karena baru permulaan, kita sudah dihadapkan pada teka-teki kematian salah satu karakter utamanya, yaitu Jin Ha.

Karakter Jin Ha sejak awal memang misterius. Sikapnya pada Eun Pyo dan reaksi Eun Pyo padanya menunjukkan sesuatu yang tidak beres.

Setelah beberapa kali memperlihatkan kehidupan masa lalu Jin Ha, terlihat bahwa perempuan ini diam-diam sakit hati dengan perlakuan Eun Pyo dan ibunya.

Jin Ha tertekan, sehingga ingin terus membalas Eun Pyo dengan merebut apa pun yang dimiliki sahabatnya itu. Namun, untuk kasus kematiannya, rasanya tetap misterius.

Selain bermasalah dengan Eun Pyo, dua episode Green Mother’s Club (2022) juga tiba-tiba memunculkan sosok ibu tiri dari Jin Ha.

Beberapa karakter pun tampak mencurigakan seperti Chun Hui sampai suami Yeong Mi yang bernama Oh Gun Woo. Dengan munculnya terduga-terduga lain, kecurigaan pada Eun Pyo malah berkurang.

Konflik Eun Pyo dan Chun Hui Semakin Panas

Review Green Mothers Club Episode 7-8_Konflik Eun Pyo dan Chun Hui Semakin Panas_

Kecemasan Chun Hui karena takut kegiatan ilegalnya menjual obat-obatan terlarang pada Jin Ha terbongkar, berbuntut panjang. Wanita itu menumbalkan Eun Pyo dengan fitnah-fitnah tak berdasar.

Mengerikannya, bukan hanya Chun Hui yang jahat, tetapi juga putrinya, Yu Bin. Pada episode delapan Green Mothers Club (2022), fitnah baru terhadap Eun Pyo muncul ke permukaan.

Seolah tak puas memfitnah Eun Pyo sebagai pembunuh Jin Ha karena berselingkuh dengan suaminya, Chun Hui memfitnah Dong Seok telah melecehkan putrinya.

Yu Bin membuat tuduhan palsu terhadap Dong Seok agar bisa menyingkirkannya. Akibat perbuatan anak itu, konflik Eun Pyo dan Chun Hui semakin panas.

Hubungan mereka tampaknya belum akan menemukan kata damai. Eun Pyo yang semula diam saja menghadapi fitnahan dari Chun Hui, di akhir episode delapan tak bisa lagi menahan emosi. Sebagai ibu, dia tak akan membiarkan Dong Seok hancur karena rumor-rumor tidak berdasar.

Chun Hui yang Tertekan

Review Green Mothers Club Episode 9-10_Chun Hui yang Tertekan_

Pasca terungkap bahwa Dong Seok hanya korban fitnah Yu Bin yang dengki, kehidupan Chun Hui perlahan terjun bebas.

Wanita yang semula selalu jadi pusat perhatian ibu-ibu karena prestasi anaknya mulai dijauhi di dua episode ini. Sejak kalah saing oleh Dong Seok, nyatanya Yu Bin belum menunjukkan prestasi apa pun.

Bukan hanya Yu Bin, karena Yeong Bin, putra pertama Chun Hui juga diceritakan mengalami kegagalan. Lagi-lagi pesaing hebatnya adalah Dong Seok.

Green Mothers Club (2022) episode sembilan dan sepuluh menampilkan salah satu fase kehidupan Chun Hui yang paling berat. Ibu rumah tangga ini tertekan dari berbagai arah.

Belum selesai dengan prestasi dua anaknya yang melorot, Chun Hui juga harus menabahkan diri menghadapi suami dokternya yang hobi berjudi. Dia masih harus bekerja keras menjual obat secara ilegal agar anaknya dapat pendidikan terbaik.

Di dua episode ini, backstory kehidupan Chun Hui dan hubungannya dengan Man Su di masa lalu juga sedikit diceritakan.

Melalui beberapa scene flashback kita diajak mengenali kepribadian Chun Hui lebih jauh bahwa wanita ini sudah mendapat berbagai tekanan sejak dulu dan hidupnya tak pernah tenang.

Yu Bin dan Dong Seok, Korban Obsesi Orang Tua 

Review Green Mothers Club Episode 9-10_Yu Bin dan Dong Seok, Anak Korban Obsesi Orang Tua_

Pada dua episode ini diperlihatkan pula bahwa latar belakang Chun Hui yang dipenuhi tekanan sangat mempengaruhi pola pengasuhannya.

Yu Bin dan Yeong Bin didorong untuk terus berprestasi hingga dorongan tersebut mulai terasa sebagai tekanan dan tuntutan. Akibatnya, Yu Bin terlihat mulai mengalami depresi dan delusi.

Sedihnya, pada episode sepuluh, bukan hanya Yu Bin yang memperlihatkan gangguan mental. Dong Seok, putra Eun Pyo juga mengalaminya.

Tidak jauh berbeda dengan Chun Hui, Eun Pyo sangat terobsesi terhadap prestasi. Berangkat dari perasaan ingin memperbaiki nama dirinya dan sang putra, Eun Pyo lupa terhadap batasan. 

Eun Pyo tidak pernah menyikapi sikap berontak Dong Seok dengan tenang. Dia selalu berteriak, menuntut, menyalahkan dan tak mau mendengar keluhan putranya.

Dong Seok yang semakin menonjol di dua episode ini harus kolaps karena tekanan yang diterimanya. Dia sampai BAB di celana dan menutup wajahnya dengan kantung kertas sembari bersembunyi di bawah meja.

Dua episode Green Mothers Club (2022) kali ini mengingatkan kita semua untuk tetap waras dan berjalan di dalam lintasan; jangan ke luar batas atau melampauinya. Anak-anak dengan pola pikir yang masih berkembang rentan terhadap tekanan-tekanan. 

Sebagai ibu yang tinggal di lingkungan semacam itu, Chun Hui dan Eun Pyo sebenarnya juga korban. Mereka adalah korban yang pada akhirnya mengorbankan anak-anak sendiri.

Memberikan upaya terbaik untuk anak-anak memang baik, tapi jika mereka mulai merasa tidak baik, upaya itu akan jadi boomerang.

Kejutan untuk Yeong Mi

Review Green Mothers Club_Kejutan untuk Yeong Mi_

Sudah beberapa lama sejak kematian Jin Ha, kehidupan Eun Pyo dan Chun Hui mengalami gejolak yang luar biasa. Tentang Jin Ha tidak banyak lagi diungkit karena polisi juga sudah menetapkannya sebagai kasus bunuh diri.

Namun, di episode 12, fakta menarik dan mengejutkan yang berkaitan dengan Jin Ha kembali muncul. 

Setelah beberapa episode lalu gelagat Geon-u atau suami Yeong Mi terlihat cukup mencurigakan, di episode 12, semua mulai jelas. Terungkap bahwa lelaki itu rupanya memang punya hubungan khusus dengan Jin Ha. Emosi Yeong Mi yang sejauh ini terlihat tidak terlalu di-highlight, mulai tersorot. 

Kesedihan dan kekecewaan Yeong Mi adalah luka lain yang disajikan oleh drama Green Mothers Club, selain luka-luka milik Eun Pyo, Chun Hui dan Yun Ju. Di akhir episode 12 pula, kamu akan dapat kejutan dari kemunculan sosok wanita yang mirip sekali dengan Jin Ha. Siapa kiranya wanita itu?

Kejahatan Geon-u Terungkap

Review Green Mothers Club_Kejahatan Geon-u Terungkap_

Perilaku mencurigakan yang diperlihatkan Geon-u sejak episode kematian Jin Ha, akhirnya terjawab di episode 12 - 13. Suami Yeong Mi yang berprofesi sebagai sutradara tersebut menggunakan Jin Ha sebagai inspirasinya dalam berkarya dengan cara menjijikkan dan mengerikan. 

Lantas apakah dia juga orang yang telah membunuh Jin Ha? Sampai akhir episode 14, kejelasan mengenai hal itu belum ditampilkan. Geon-u hanya didakwa sebagai penyerang dan tidak terlihat tanda-tanda ke arah sana. Sutradara itu hanya terbukti menyerang Eun Pyo dan menyebar foto palsu Jin Ha.

Ada Apa dengan Louis?

Review Green Mothers Club_Ada Apa dengan Louis_

Hal-hal mencurigakan justru mulai tampak pada karakter Louis. Kemunculan wanita mirip Jin Ha yang disambut dengan bahagia olehnya sudah memperlihatkan tanda-tanda keanehan di awal episode 13.

Pasalnya alih-alih terkejut atau terpukul, Louis malah terlihat bahagia dan tampak sangat mengenal serta menunggu wanita itu. Kejelasan mengenai hubungan mereka didapat dari dialog yang diucapkan keduanya.

Louis dan Rhea kemungkinan besar adalah saudara adopsi yang saling jatuh cinta dan terpisah dalam waktu lama. Keduanya saling jatuh cinta tapi keadaan memisahkan mereka. 

Jika dilihat dari gelagat Louis di episode 13 dan 14 ini, pernikahannya dengan Jin Ha kemungkinan besar dilandasi oleh obsesinya pada Rhea. Alasannya karena Jin Ha secara kebetulan memiliki wajah dan penampilan yang sangat mirip dengan wanita yang dicintainya itu.

Pembelaan Eun Pyo yang Berlebihan

Review Green Mothers Club Episode 15-16 _Pembelaan Eun Pyo yang Berlebihan_

Dua episode akhir drama Green Mother’s Club (2022) cukup banyak memancing emosi, khususnya melihat pembelaan Eun Pyo untuk Chun Hui.

Sebagai seseorang yang sempat stress karena difitnah habis-habisan oleh Chun Hui, bahkan Dong Seok pun mendapatkan fitnah keji, sikap baik Eun Pyo pada Chun Hui terasa berlebihan. 

Eun Pyo merasa Chun Hui banyak membantunya beradaptasi melalui masa-masa sulit, tapi pernyataannya terasa tidak terlalu kuat.

Selama 16 episode, skenario yang menampilkan mereka saling berselisih terasa lebih sulit dilupakan. Pada akhirnya fitnah-fitnah dan sikap licik Chun Hui pada Eun Pyo jadi tidak berarti apa pun.

Selain itu, sikap Eun Pyo pada suaminya yang tidak seterbuka pada Chun Hui juga bikin gemes. Sampai dua episode akhir, Eun Pyo malah melakukan hal yang tidak rasional.

Sebagai orang berpendidikan tinggi, sebagai orang yang pernah difitnah Chun Hui dan sebagai istri detektif, pilihan sikap Eun Pyo terlalu berlebihan dan tidak masuk akal. 

Misteri Kematian Jin Ha Terungkap

Review Green Mothers Club Episode 15-16 _Misteri Kematian Jin Ha Terungkap_

Teka-teki terbesar dari drama Green Mother’s Club (2022) adalah misteri di balik kematian Jin Ha. Pertanyaan mengenai peristiwa tragis yang terjadi di episode-episode awal drama ini akhirnya terjawab di episode akhir.

Kronologi sesungguhnya dari peristiwa kematian Jin Ha disuguhkan melalui flashback. Di sana terlihat bahwa orang yang harus bertanggung jawab atas kematian Jin Ha adalah Louis.

Diperlihatkan pula latar belakang Louis yang menikahi Jin Ha karena obsesi terhadap saudara angkatnya sendiri. Sebelum itu, kesedihan Jin Ha yang dirasakan seumur hidupnya karena perlakuan Eun Pyo dan Louis, juga bisa kamu lihat dalam scene flashback yang ditampilkan.

Selama beberapa menit di episode terakhir, rasa iba tercurah hanya untuk Jin Ha. Wanita itu menderita seumur hidupnya karena tidak mendapat kasih sayang yang layak dari siapa pun. Eun Pyo sebagai satu-satunya sahabat yang dia sayangi secara tulus pun tidak memperlakukannya dengan baik. 

Drama Green Mother’s Club (2022) cukup seru untuk diikuti. Namun, di bagian tengah, drama ini mulai kehilangan arah karena lebih banyak menyuguhkan konflik personal karakter-karakternya.

Tidak ada lagi pembahasan mendetail mengenai kegiatan ibu-ibu klub dan pendidikan anak yang menarik. Fokusnya berubah menjadi Eun Pyo dan Chun Hui against the world. 

Green Mothers' Club
Rating: 
3.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram