bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Grandma's Last Wishes, Rebutan Rumah Warisan

Sinopsis & Review Grandma's Last Wishes, Rebutan Rumah Warisan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Keputusan Elena untuk menikahi tukang kebun berusia jauh di bawahnya, sangat mengejutkan dan menimbulkan pertentangan dari anak-anak serta cucu. Namun, nenek yang masih cantik tersebut tidak pantang mundur. Sekian lama berlalu, kehidupan Elena dan suami barunya, Julio, baik-baik saja dan bahagia,

Hingga suatu hari, Elena teringat mati dan merasa harus segera membagikan warisan kepada keluarganya.  Dalam keputusan tersebut lagi-lagi Elena membuat geger keluarganya. Kira-kira apa yang dia diputuskan? Sepenggal cerita dalam Grandma's Last Wishes tersebut bisa Anda ketahui kelanjutannya di Netflix. Sebelum itu, baca sinopsis dan ulasannya dulu yuk!

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Penayangan: 25 Desember 2020
  • Genre: Drama, Komedi, Keluarga
  • Pemain: Susana Alexander, Dino Garcia, Roberto D’Amico, José Carlos Rodriguez
  • Sutradara: Javier Colinas
  • Produksi: Los Güeros Films, Corazón Films

Elena (Susana Alexander) harus masuk rumah sakit setelah bercumbu dengan suami barunya, Julio (Dino Garcia). Elena pun sembuh dan bisa kembali ke rumah. Setelah kejadian tersebut, secara mendadak Elena mengumpulkan seluruh anggota keluarga, yaitu anak-anak dan cucu. Dia mengatakan ada sesuatu yang buruk terjadi padanya. Wanita itu mulai bercerita bahwa dirinya melihat kematian di depan mata setelah pada malam kemarin masuk rumah sakit.

Rasa khawatirnya terhadap kematian, membuat Elena merasa perlu segera melakukan sesuatu dengan barang-barang miliknya. Dia pun menghubungi pengacara dan menyampaikan keinginanya. Dengan begitu, mereka semua akan sepakat mengenai apa pun yang didapatkan. Pertemuan berlanjut dan Elena mengatakan bahwa warisan bisa menghancurkan sebuah keluarga.

Mendengar hal itu, anak-anaknya segera membantah dan mengatakan mereka tidak akan bertengkar hanya karena masalah tersebut. Elena ingin anak dan cucunya tetap akur setelah kematiannya. Dia tidak ingin mereka saling bertikai dan berselisih. Tak lama, sang pengacara bernama Eleuterio Riva Palacio de la Sierra (Roberto D’Amico) datang ke kediaman mereka. Kedatangannya disambut Julio yang mengaku sebagai tukang kebun.

Kedatangan Eleuterio langsung disambut hangat oleh Elena. Dia pun langsung mengenalkannya pada seluruh anggota keluarga yang datang. Pertemuan berlanjut dan Elena mengatakan bahwa dia sudah menjual rumah di Meksiko dan uang penjualannya ingin dia habiskan sebelum meninggal.

Surat wasiat pun mulai dibacakan. Eleuterio menyebut nama, Daniel (Luis Arrieta), cucu Elena, terlebih dahulu berikut dengan fakta tentang dirinya yang tidak pernah berhasil menemukan cinta. Daniel mendapat peninggalan dari Elena berupa 514 patung Lladro koleksinya agar sang cucu selalu merasa ditemani. Daniel terlihat menerima peninggalan tersebut.

Peninggalan Elena selanjutnya berupa setumpuk Majalah Vanidades akan diberikan pada cucunya, Sebastian (Luis Ernesto Franco), sehingga dia bisa mempelajari teknik-teknik sastra secara mendalam dan mendapat uang dari sana. Selanjutnya, sebuah Bible edisi spesial yang sudah ditandatangani oleh Paus John Paul II diwariskan kepada Andrea (Ariadne Diaz). Alasannya karena Andrea kerap gagal mengingat beberapa hal.

Peninggalan Elena yang lain yaitu porselen warisan nenek buyut Elena, akan diberikan kepada Ana (Marimar Vega) dan Pablo (Antonio Gaona). Alasannya karena mereka berdua akan menikah. Elena juga memiliki sekotak perhiasan yang akan diwariskan kepada Natalia (Martha Claudia Moreno) dan buku resep peringatan tahunan Elena akan diberikan kepada Gerardo (Rodrigo Murray). Apakah selesai? Belum!

Anggota keluarga Elena yang lain, Pablito, akan mendapat album foto, Francisco (Jose Carlos Rodriguez) sebagai anaknya akan mendapat tongkat ortopedi kakek, War and Peace audiobook milik Elena akan diberikan kepada Diana (Tiare Scanda). Diana menyela karena benda itu merupakan pemberiannya.

Mendengar hal itu Elena menjelaskan bahwa setiap kali mendengarnya dia selalu tertidur, sehingga Elena merasa Diana akan lebih membutuhkan itu untuk membantunya menidurkan bayi. Pembacaan warisan sampai ke bagian akhir, yaitu rumah di Cuernavaca, yang merupakan warisan dari alm. suaminya, akan diberikan pada Julio, suaminya yang baru.

Keputusan ini mengejutkan Julio, tapi Sandra (Damayanti Quintanar), sang keponakan justru merasa senang. Dani yang merasa bahwa Julio adalah orang lain menyampaikan bahwa rumah ini, rumah peninggalan sang kakek, adalah untuk keluarga. Pernyataannya disela oleh Sebastian dan anggota keluarga yang lain. Bermula dari sini keriuhan terjadi. Bagaimana keputusan akhir yang akan dipilih Elena?

Kelanjutan Film Grandma’s Wedding

Film Grandma’s Last Wishes merupakan sekuel dari Grandma’s Wedding yang tayang pada 11 Oktober 2019 lalu. Para bintang yang bermain untuk dua film ini masih sama, yaitu Susana Alexandra, Dino Garcia dan beberapa aktor serta aktris lain.

Grandma’s Wedding sendiri bercerita tentang Nenek Abuela/Elena (Susana Alexander) yang memutuskan menikah lagi dengan seorang tukang kebun bernama Julio (Dino Garcia). Usia Julio berada jauh di bawah Abuela, tapi mereka saling menghargai dan mencintai. Julio sendiri merupakan pengurus rumah Abuela di Cuernavaca.

Pernikahan tersebut banyak mendapat pertentangan dari pihak keluarga, terutama anak-anak dan cucu. Dalam sekuelnya, Grandma’s Last Wishes, konflik tersebut rupanya masih dibawa dan menjadi plot cerita. Bedanya kali ini, pertentangan datang karena harta warisan.

Baca juga: Sinopsis & Review Film Desperados (2020), Komedi ala Netflix

Beda Keluarga Beda Konflik

Grandma’s Last Wishes merupakan drama keluarga yang cukup ramai. Di sini ada banyak keluarga yang terlibat. Mereka semua diceritakan sebagai anak-anak dan cucu Elena. Selumrahnya sebuah keluarga, mereka punya konflik masing-masing. Sebagai orang dewasa yang punya permasalahan dalam hidup serta rumah tangga, keluarga anak-anak dan cucu Elena pun mengalami hal tersebut.

Terlihat pada gambaran kehidupan rumah tangga Sebastian yang sebentar lagi akan dikaruniai anak kembar tiga. Hal itu membuatnya bahagia sekaligus bingung. Kemudian ada Dani yang terlihat belum juga menemukan pendamping hidup karena ternyata dia menyembunyikan ketertarikan seksualnya terhadap sesama pria. Jika sampai keluarga besar mengetahui hal ini, dia akan dicoret dari daftar anggota keluarga.

Film Keluarga dengan Bumbu Komedi

Jika Anda membutuhkan hiburan berupa drama keluarga dengan bumbu komedi, jadikan film Grandma’s Last Wishes sebagai salah satu pilihan. Film garapan sutradara Javier Colinas ini siap menghibur Anda dengan dialog-dialog yang lucu dan cerita yang mengundang tawa.

Anda akan tersenyum mendengar dialog antara Sebastian dan Andrea sebelum tidur. Wanita itu mengatakan bahwa rumah Elena bagus untuk pertumbuhan bayi-bayinya kelak. Halaman yang luas memungkinkan mereka untuk berlarian ke mana pun.

Mendengar istrinya berbicara demikian, Sebastian menimpali sambil tertawa, apakah anak-anaknya adalah kuda sehingga butuh lapangan luas untuk berlarian? Reaksi Andrea sejurus kemudian sudah bisa ditebak. Unsur komedi lain yang bisa Anda temukan dalam film ini adalah cara Diana dan suaminya menggunakan permainan batu-kertas-gunting untuk menentukan siapa yang mengurus bayinya saat rewel tengah malam.

Scene komedi lain dalam film ini yang akan menghibur Anda adalah ketika satu keluarga kompak sarapan dalam keadaan senyap sebab bayi Pablito dan Diana butuh tidur karena pada malam harinya dia tidak berhenti menangis. Mereka berdebat dalam keadaan bisik-bisik. Melihat sekumpulan orang dewasa melakukan itu, rasanya akan terlihat lucu.

Terlalu Banyak Karakter

Untuk Anda yang seringkali kesulitan mengingat nama-nama karakter pada sebuah film, bisa jadi akan kesulitan juga saat menonton Grandma’s Last Wishes. Bagaimana tidak, pasalnya film ini bercerita tentang konflik di sebuah keluarga besar yang terdiri atas banyak orang, banyak karakter dan cukup banyak nama.

Fokus Anda terhadap plot cerita bisa jadi terganggu sebab harus mengingat satu per satu karakter yang terlibat. Belum lagi hubungan antara mereka yang tak bisa langsung diingat dalam satu atau dua scene. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda tidak perlu menghafalkan nama-nama itu sedemikian rupa dan nikmati saja jalan ceritanya.

Film bertemakan bagi-bagi warisan ini cukup ringan, menghibur sekaligus menyentil. Melalui Grandma’s Last Wishes sedikit banyak Anda akan melihat bahwa hubungan keluarga bisa dipertaruhkan ketika sudah berbicara soal warisan. Ingin tahu keseluruhan jalan ceritanya? Anda bisa menyaksikan film ini di Netflix segera. Selamat menonton!

Grandma's Last Wishes
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

Artikel Terkait :
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram