Review & Sinopsis Film Us (2019), Kembaran yang Mengancam

Ditulis oleh Aditya Putra
Us
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Visualisasi Cantik

Visualisasi Cantik

Film horor pada umumnya banyak didominasi oleh warna gelap agar nuansa ngerinya terasa sampai ke penonton. Selain itu, kejutan atau jumpscare bisa lebih mengagetkan kalau disembunyikan di balik warna yang gelap. Lalu bagaimana dengan film Us? Apakah menggunakan warna gelap juga?

Us menggunakan warna gelap sebagai warna dominan tapi pemilihan tone warnanya terlihat begitu cantik. Pakaian Tethered dibuat berwarna merah menyala. Orang yang bertanggung jawab untuk sinematografinya adalah Mike Gioulakis yang punya riwayat impresif dengan ikut andil dalam sinematografi film-film macam It Follows, Under the Silver Lake dan Glass.

Ciri Khas Sang Sutradara, Jordan Peele

Ciri Khas Sang Sutradara, Jordan Peele

Jordan Peele merupakan sutradara film yang berani membuat film dengan berbagai genre. Sebut saja Little Fockers yang bergenre drama komedi, Toy Story 4 yang merupakan film komedi dengan menggunakan animasi, atau yang paling mencuri perhatian, Get Out. Salah satu ciri khasnya adalah dialognya yang padat.

Di film Us, dialog dibuat begitu lugas seperti tanpa basa-basi. Sebagai film horor, Peele berani membuat perbedaan dengan karya sebelumnya yang bergenre sama yaitu Get Out. Kali ini dia menampilkan banyak adegan sadis dengan darah dimana-mana. Selain dialog padat, kemiripan dengan Get Out terletak pada ekspresi yang ditampilkan, dingin dan terkesan keji.

Ada sebuah adegan ketika Tethered mendatangi rumah keluarga Wilson. Mereka kemudian ditanya siapa mereka. Jawabannya adalah We Are Americans yang merujuk pada dualisme di kehidupan sosial Amerika yaitu orang kaya dan orang yang kurang mampu.

Selain itu, setiap Tethered berhasil membunuh keluarga, mereka akan membentuk rantai dan saling bergandengan tangan. Gestur yang dikenal sebagai Hands Across America, sebuah gerakan untuk solidaritas atas kelaparan di Afrika yang berhasil mengumpulkan dana yang banyak untuk digunakan sebagai bantuan. Lagi-lagi Peele memasukkan elemen isu sosial dalam filmnya.

Kalau kamu mulai penasaran dengan filmnya apalagi dengan sosok Tethered yang sebenarnya, ayo luangkan waktu buat nonton. Tema yang sedikit berat nggak akan membuat kamu bosan karena alurnya dibuat mudah untuk dimengerti. Setelahnya kamu bisa membagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya, teman-teman!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram