Review & Sinopsis Film Us (2019), Kembaran yang Mengancam

Ditulis oleh Aditya Putra
Us
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Mendengar kata pergi liburan adalah sesuatu yang terdengar menyenangkan. Untuk beberapa saat, kita bisa menjauh dari rutinitas sehari-hari. Gunung, pantai, atau tempat rekreasi lain merupakan tujuan yang akan membuat pikiran kita segar kembali. Bahkan kalau sudah sampai di tempat tujuan, rasanya kita nggak ingin cepat-cepat pulang.

review us

Di film Us, sebuah keluarga berlibur ke rumah masa kecil tempat sang ibu tumbuh. Liburan yang semula diperkirakan akan menyenangkan itu justru berubah menjadi pengalaman menyeramkan dan membuat mereka nggak mau berlama-lama di tempat itu. Mau tahu cerita lengkapnya? Mari simak review dan sinopsis film Us berikut ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis

Di tahun 1986, seorang wanita muda bernama Adelaide berlibur bersama orang tuanya ke kawasan pantai Santa Cruz. Ketika berjalan-jalan sendirian, dia menemukan sebuah wahana berbentuk rumah dan masuk ke dalamnya. Dia kemudian melihat sebuah cermin, mendekatinya, lalu melihat sosok dirinya.

Kini, Adelaide sudah menjadi seorang istri dari Gabe Wilson dan mempunyai dua orang anak yaitu Zora dan Jason. Ketika musim panas tiba, mereka sekeluarga merencanakan untuk pergi liburan. Tujuannya adalah rumah milik Adelaide di sekitar pantai yang nggak disambut antusias oleh dirinya sendiri karena pernah mengalami kejadian yang sulit dilupakan.

Setibanya di rumah masa kecil Adelaide, nggak ada hal aneh terjadi. Ketika melewati sekitar pantai, Jason melihat seorang lelaki berdiri dengan tangan terbuka dan yang mengerikan adalah ada darah mengalir dari tangannya. Walau melihat keanehan, dia mengalami penyangkalan dalam dirinya kalau dia baru saja menyaksikan sesuatu yang janggal.

Pada malam hari, keluarga Wilson melihat empat orang berdiri di jalan masuk rumah. Keempat orang itu menggunakan pakaian merah lengkap dari atas ke bawah seperti seragam. Anehnya, mereka semua memiliki perwujudan yang sama dengan keluarga Wilson. Mereka membobol rumah dan mencoba menyerang.

Empat orang berpakaian merah adalah Pluto yang menyerupai Jason, Umbrae menyerupai Zora, Abraham menyerupai Gale dan Red menyerupai Adelaide. Di antara mereka semua, hanya Red yang bisa dipahami dari caranya berkomunikasi. Dia menyatakan bahwa kembaran atau doppelganger dan menyebut diri mereka Tethered.

Dia melanjutkan bahwa mereka berbagi jiwa yang sama dengan kembarannya dan berusaha untuk melepaskan diri mereka. Red terus berbicara sampai dia menceritakan sebuah cerita tentang seorang wanita yang dicintai dan terlihat bahagia padahal jiwanya sedang menderita dalam kegelapan.

Red berhasil memborgol Adelaide ke meja, Zora dikejar oleh Umbrae, Gabe dikejar oleh Abraham sementara Pluto yang berperilaku seperti anjing liar mengejar Jason. Diawali dengan Gabe yang membunuh Abraham, terjadi kekacauan yang membuat keluarga Wilson berhasil melarikan diri menaiki perahu.

Di tempat lain, keluarga Tyler, teman dari keluarga Wilson, tewas diserang oleh sosok kembaran mereka sendiri. Keluarga Wilson tiba di kediaman mereka dan harus berhadapan dengan kembaran keluarga Tyler. Keluarga Wilson berhasil membunuh mereka dan menyalakan televisi. Mereka menyaksiksan berita bahwa Tethered sudah banyak yang membunuh kembaran mereka.

Peristiwa ini terjadi di seluruh Amerika. Melihat betapa parahnya tindakan Tethered, Zora mengambil mobil dari rumah keluarga Tyler dan membawa keluarganya pergi. Masalah semakin rumit ketika kembaran keluarga Wilson satu per satu kembali muncul. Siapakah sebenarnya Tethered? Dapatkan keluarga Wilson menyingkirkan mereka?

Doppelganger sebagai Tema Utama

Doppelganger sebagai Tema Utama

Sampai saat ini, doppelganger masih menjadi misteri. Banyak yang mengungkap pernah melihat sosok kembaran diri sendiri. Bahkan nggak sedikit yang percaya bahwa setiap orang mempunyai sosok kembaran masing-masing yang mengikuti pola perilaku persis seperti kembarannya. Kamu termasuk yang percaya atau nggak?

Film Us menjadikan doppelganger sebagai tema utama. Sepanjang sejarah baru ada 13 film yang menggunakan tema serupa termasuk Us. Peele sebagai sutradara diam-diam banyak menaruh simbol subliminal untuk menandakan filmnya tentang doppelganger. Banyaknya kemunculan angka 11:11 yang merupakan angka kembar adalah tandanya.

Pemilihan angka 11 bukan asal dipilih. Angka 11 dianggap sebagai angka mistis dalam beberapa kepercayaan. Selain itu, dalam injil 11:11 merupakan surat Jeremiah yang berisi tentang penghukuman manusia sebagai konsekuensi dari dosa yang pernah dibuat. Doppelganger di film Us dipercaya bertugas untuk melakukan hal tersebut.

Misteri Siapa Sebenarnya Tethered?

Misteri Siapa Sebenarnya Tethered

Tethered datang dengan pakaian merah, tatapan dingin dan gunting di tangannya yang digunakan sebagai senjata. Mereka tiba-tiba datang merusak momen liburan keluarga Wilson. Kemunculan mereka di jalan masuk rumah Adelaide langsung membuat kita terhenyak. Gimana nggak? Fisik mereka sama persis dengan keluarga Wilson.

Film Us dibuka dengan prolog yang menyatakan bahwa di sepanjang benua Amerika banyak terowongan bawah tanah. Dari sekian banyak terowongan itu, banyak yang nggak digunakan. Akhirnya tempat itu digunakan sebagai tempat tinggal oleh mereka yang selama ini ditekan keberadaannya. Jadi siapa sebenarnya Tethered? manusia? Atau monster?

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram