bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Thor, Asal Mula Dewa Petir dan Palu Mjolnir

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 10 September 2021

Apa yang terbayang olehmu saat mendengar sosok Thor? Karakter Avengers yang berasal dari tokoh mitologi ini memang begitu identik dengan palu dan petir. Ia juga dikenal sebagai sosok dewa yang berasal dari Asgard, sebuah dunia di luar bumi. Pada film pertamanya di MCU yang berjudul Thor, kita akan diajak berkenalan dengan sosok dewa petir ini.

Untuk pencinta film superhero dan belum menonton film Thor, simak review dan sinopsis dari film Thor berikut ini dulu yuk!

Sinopsis

Sinopsis

Dikisahkan bahwa alam semesta terdiri dari 9 dunia, dan seluruh keseimbangan tersebut diatur di sebuah dunia bernama Asgard. Di tahun 965 M, Odin yang merupakan Raja dari Asgard melawan pasukan Frost Giants dari Jotunheim yang dipimpin Laufey yang berambisi untuk menaklukan 9 dunia. Odin pun berhasil memenangkan peperangan dan merebut Casket of Ancient Winters.

Di masa kini, Thor, putra Odin akan naik tahta menjadi Raja Asgard. Namun penobatannya terhenti saat Frost Giants menyusup ke Asgard dan mengambil kotak Casket of Ancient Winters tersebut. Odin pun memerintahkan Thor untuk kembali mengambil kotak tersebut ke Jotunheim. Ia ditemani sang adik, Loki, dan teman-temannya, Sif, Volstagg, Fandral, dan Hogun.

Namun Thor melakukan kesalahan sehingga membuat Odin harus turun tangan untuk menyelamatkan orang-orang Asgardian. Akibat kesombongan Thor, Odin menghukumnya ke bumi dan menghilangkan kekuatan dewanya. Odin pun mengutuk palu Thor, Mjolnir, agar hanya bisa diangkat saat Thor layak menggunakannya.

Thor terjatuh di New Mexico. Ia ditemukan oleh tim astrofisikawan, Jane Foster, beserta asistennya Darcy Lewis dan mentor Erik Selvig. Sementara Mjolnir jatuh terpisah dan diamankan oleh S.H.I.E.L.D. Seiring dengan Thor dan Jane yang saling jatuh cinta, Thor pun menemukan lokasi Mjolnir dan mencoba mencurinya dari fasilitas S.H.I.E.L.D.

Saat menemukan Mjolnir, rupanya Thor tak bisa mengangkatnya. Ia pun ditahan oleh S.H.I.E.L.D, namun dibebaskan atas bantuan Erik Selvig. Sementara di Asgard, Loki mengetahui rahasia bahwa ia sebenarnya adalah anak kandung Laufey yang diselamatkan oleh Odin dan dibawa ke Asgard pada peperangan yang lalu.

Saat Odin sekarat dalam “Odinsleep”, Loki berusaha mencuri tahta Asgard dan bersekongkol dengan Laufey untuk membunuh Odin serta mengambil kotak kekuatannya. Teman-teman Thor yang mengetahui rencana Loki kemudian meyakinkan penjaga gerbang Bifrost, Heimdall agar mau membuka portal dimensi agar mereka bisa turun ke bumi.

Keempat teman Thor itu pun turun ke bumi untuk mencari Thor. Namun Loki yang mengetahui rencana itu kemudian mengirim robot Destroyer untuk mengejar mereka dan membunuh Thor. Saat empat temannya menemukan Thor, robot Destroyer menyerang mereka. Kekacauan pun terjadi di bumi, sementara Thor dan keempat temannya nyaris terbunuh.

Demi menyelamatkan bumi dan teman-temannya, Thor menawarkan dirinya sebagai pengganti. Ketulusan dan pengorbanan itu rupanya membuat Thor kembali layak untuk mengangkat Mjolnir. Palu Mjolnir pun kembali pada Thor dan ia bisa mengalahkan Destroyer dengan kekuatannya. Setelah itu, Thor berpamitan pada Jane Foster untuk menyelesaikan urusannya di Asgard.

Di Asgard, Loki rupanya memiliki rencana lain untuk mengkhianati Laufey. Ia memanfaatkan Laufey untuk menghancurkan Jotunheim dengan Jembatan Bifrost agar Odin menganggapnya layak menjadi Raja Asgard. Namun Thor datang dan menggagalkan rencana Loki. Saat Odin terbangun, Loki memilih untuk menjatuhkan dirinya pada jurang yang tercipta setelah runtuhnya jembatan Bifrost.

Setelah hilangnya Loki, Odin hendak memberikan tahta Asgard pada Thor. Namun Thor menolak dan mengaku bahwa ia belum siap untuk menjadi raja. Sementara di Bumi, Jane Foster terus mencari cara membuka portal menuju Asgard. Tak banyak yang tahu, Loki sebenarnya masih hidup dan mengawasi mereka.

Visualisasi Megah Kerajaan Asgard

Visualisasi Megah Kerajaan Asgard

Setting lokasi pada film Thor ini adalah di bumi dan di dunia tempat asal Thor, Asgard. Pada kisah mitologi, Asgard diceritakan sebagai sebuah dunia yang ditinggali oleh para dewa. Pada film Thor, kita bisa melihat bagaimana Asgard digambarkan dengan visualisasi yang terkesan megah, baik dari settting lokasi, properti, hingga kostum yang digunakan oleh para pemainnya.

Sinematografi yang digunakan juga membuat visualisasi Kerajaan Asgard semakin terlihat megah dan mewah. Pada beberapa adegan, diperlihatkan shot-shot dengan angle yang lebar untuk memperlihatkan suasana Kerajaan Asgard yang indah. Meski genre film ini adalah action, namun suasana ini sedikit membuat film Thor bak film yang menceritakan negri dongeng.

Penggambaran Karakter Thor sebagai Superhero

Penggambaran Karakter Thor sebagai Superhero

Dalam mitologi Nordik, tokoh Thor merupakan sosok Dewa Petir yang memiliki sebutan si janggut berambut merah. Ia merupakan putra Odin yang juga memiliki senjata berupa palu bernama Mjolnir yang konon bisa membuat petir. Kisah mengenai Thor sang dewa petir ini terus diwariskan dari generasi ke generasi hingga menjadi sebuah legenda.

Pada versi Marvel Cinematic Universe, karakter Thor dan karakter-karakter lainnya yang berhubungan dengan Kerajaan Asgard pun diciptakan sesuai dengan kisah legenda mereka. Namun, Thor pada versi Marvel terasa lebih modern karena ia juga dikisahkan sebagai superhero yang akan bergabung dengan the Avengers untuk menyelamatkan bumi.

Aktor Chris Hemsworth yang memerankan karakter Thor juga memerankan perannya dengan baik. Ia tampil sebagai sosok Thor yang gagah, namun juga terkadang cukup humoris dengan komedi-komedi khas Marvel. Kini, sosok Thor versi Chris Hemsworth pun tak kalah ikoniknya dengan sosok Thor dalam legenda mitologi.

Alur Cerita Penuh Kejutan dan Membuat Penasaran

Alur Cerita Penuh Kejutan dan Membuat Penasaran

Film Thor memiliki durasi yang relatif lebih singkat dibanding film-film Marvel lainnya, yaitu hanya sekitar 115 menit. Namun durasi tersebut cukup untuk membuat cerita yang menarik di sepanjang film. Alur cerita film ini terasa dipenuhi dengan kejutan-kejutan, misalnya ketika Loki yang mengetahui fakta tentang asal usulnya atau kemunculan S.H.I.E.L.D di pertengahan film.

Selain memberi kejutan, akhir dari film Thor juga akan membuat kamu penasaran dengan kelanjutan cerita antara Thor dan Loki. Film Thor yang rilis tahun 2011 ini memang sekuel pertama dari beberapa film Thor yang dirilis selanjutnya. Maka, wajar saja jika kamu akan dibuat penasaran saat selesai menonton film ini.

Bukan hanya kelanjutan kisah persaingan antara Thor dan Loki, kisah percintaan Thor dan Jane Foster juga menjadi hal yang menarik di sepanjang film ini. Namun di akhir film Thor, kita belum bisa melihat bagaimana akhir kisah cinta mereka yang harus berpisah. Jadi, siap-siap untuk lanjut menonton film Thor selanjutnya setelah menyelesaikan film ini ya!

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Thor, asal usul sang dewa petir yang nantinya akan bergabung menjadi tim Avengers dan menjadi salah satu anggota terkuat di Avengers. Apakah kamu juga merupakan fans dari tokoh Avengers yang satu ini? Apa hal yang menurutmu paling menarik dari sosok Thor? Berbagi cerita di kolom komentar yuk!

Thor
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram