bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis The Others, Hantu yang Tak Sadar Eksistensinya

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 11 Mei 2021

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar sosok hantu? Lalu bagaimanakah biasanya sosok hantu digambarkan dalam film-film bergenre horror? Umumnya, sosok hantu atau mahluk gaib semacam ini akan digambarkan dengan penampilan yang menyeramkan dan menakutkan. Namun hal ini tidak akan kamu lihat dalam film The Others. 

Dalam film ini, kamu bahkan tak bisa menebak sosok manakah yang merupakan hantu sesungguhnya hingga film sampai di akhir cerita. Inilah review dan sinopsis film The Others, para hantu dan arwah yang terjebak dalam pola pikirnya sebagai manusia

Sinopsis

Sinopsis the others
  • Tahun rilis : 2001
  • Genre : Horror / Thriller
  • Produksi : Waner Sogefilms
  • Sutradara : Alejandro Amenabar
  • Pemeran : Nicole Kidman, Fionnula Flanagan, Christopher Eccleston

Film The Others berlatar di sebuah kota di Inggris, Jersey, pada tahun 1945, dimana perang dunia yang melibatkan Inggris baru saja usai. Dalam film ini, dikisahkan satu keluarga yang terdiri dari satu orang ibu dan dua orang anak. Ayah mereka diceritakan pergi berperang dan tak pernah kembali ke rumah meski perang telah usai. 

Sang ibu, Grace merawat sendiri kedua anaknya. Anne si sulung adalah anak yang cukup pemberani dan percaya diri. Sementara sang adik, Nicholas adalah anak yang manja dan penakut, terutama pada hantu. Sepanjang hari keluarga ini juga tinggal dalam kegelapan karena Anne dan Nicholas diceritakan mengidap kelanan photosensitive

Kelainan tersebut membuat keduanya tak bisa melihat atau terpapar cahaya kecuali cahaya dari sebuah lilin. Mereka pun tak pernah keluar dari rumah mereka terutama pada siang hari. Grace kemudian mempekerjakan tiga karyawan baru di rumah tersebut. Mereka adalah Nyonya Bertha Mills, Edmund Tuttle si tukang kebun, dan Lydia si gadis bisu. 

Nyonya Mills juga berkata bahwa dulu ketiganya juga sempat bekerja pada pemilik rumah itu, dan sejak dulu banyak kejadian-kejadian mistis di rumah tersebut. Awalnya, Grace adalah orang yang tak percaya hantu. Namun ia mulai khawatir saat Anne bercerita bahwa ia melihat seorang wanita tua dan seorang anak laki-laki bernama Victor yang bilang bahwa rumah itu milik mereka. 

Grace pun mulai mendengar suara-suara aneh hingga langkah kaki, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menggeledah rumah tersebut. Ia kemudian mencari pendeta dan meminta Edmund untuk memeriksa pemakaman kecil di dekat rumah dan mencari makam Victor. Namun Nyonya Mills justru meminta Edmund untuk menutupi nama di batu nisan tersebut. 

Beberapa hari setelahnya, Anne dan Nicholas ketakutan saat bangun di pagi hari karena semua tirai dibuka dan membuat sinar matahari masuk. Grace pun memecat tiga pelayannya yang menurutnya melakukan hal tersebut. Malam harinya, Anne dan Nicholas mengendap-endap ke area pemakaman, dimana mereka menemukan nama tiga pelayan tersebut di batu nisan. 

Anne dan Nicholas berlari ke loteng dimana di ruangan tersebut ada seorang wanita tua yang sedang melakukan pemanggilan arwah. Anne dan Nicholas pun menyadari bahwa merekalah arwah yang dipanggil oleh wanita tua yang disewa oleh orang tua Victor tersebut. Sementara di lantai bawah, tiga hantu pelayan menyadarkan Grace bahwa ia dan dua anaknya juga merupakan sosok hantu. 

Grace akhirnya menyadari bahwa ia telah membekap dua anaknya dengan bantal hingga meninggal sebelum akhirnya membunuh dirinya sendiri. Hal itu dikarenakan rasa putus asanya saat mendengar sang suami meninggal saat perang. Namun saat Grace kembali ke kamar, ia melihat Anne dan Nicholas tengah bermain perang bantal, yang membuatnya berpikir mereka bertiga masih hidup. 

Di akhir film, terungkap pula bahwa Nyonya Mills dan dua pelayan lain juga merupakan hantu yang meninggal lebih dulu dibanding Grace. Nyonya Mills kemudian menasihati Grace agar menerima hal ini dan bisa hidup berdampingan dengan manusia yang akan menghuni rumah mereka nantinya. 

Plot Twist Tak Terduga di Akhir Cerita

Plot Twist Tak Terduga

Film The Others merupakan salah satu film dengan twist ending yang tidak terduga hingga di akhir cerita. Di sepanjang film, penonton juga diajak untuk ikut menebak-nebak siapakah sosok hantu yang terus dibicarakan oleh tokoh-tokohnya, namun sepertinya tak ada yang menduga bahwa para tokoh utama tersebutlah sosok hantu yang dicari sepanjang film. 

Di sepanjang film, penonton sebenarnya juga disajikan petunjuk-petunjuk mengenai sosok hantu tersebut yang diselipkan dengan rapi oleh sang sutradara dimana detail-detail ini mungkin baru akan disadari setelah film ini sampai di bagian akhir. Kekuatan cerita dari film The Others ini membuatnya menjadi sebuah film horror yang cukup berbeda dibanding film horror lainnya. 

Film Horror Tanpa Jumpscare dan Sosok Hantu Menyeramkan

Film Horror Tanpa Jumpscare

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, The Others memberikan warna yang cukup berbeda dari film horror kebanyakan. Umumnya, film bergenre horror akan menyajikan cukup banyak adegan jumpscare, yaitu adegan yang mengagetkan dan mengejutkan saat sosok hantu tersebut muncul. Jumpscare telah menjadi elemen yang cukup umum dalam format film horror

Tetapi dalam film ini, adegan jumpscare tersebut sangat minim digunakan. Sang sutradara lebih banyak memperlihatkan nuansa horror dengan memainkan psikologis para tokohnya. Dalam film ini, kamu juga tidak akan menemukan sosok hantu menyeramkan, namun justru hantu yang tampak berkelas dan elegan seperti sosok Grace yang diperankan Nicole Kidman

Kisah yang Hanya Berlatar di Satu Tempat

Hanya Berlatar di Satu Tempat

Sepanjang film The Others yang berdurasi sekitar 100 menit, bisa dibilang film ini hanya mengisahkan kejadian di satu tempat saja, yaitu rumah yang ditempati Grace dan anak-anaknya. Kondisi anak-anak Grace yang diceritakan memiliki kelainan dan tak bisa terpapar sinar matahari juga membuat setting yang hanya berlatar di rumah tersebut menjadi relevan. 

Meski hanya menggunakan satu setting tempat, namun film The Others tidak akan membuatmu merasa bosan. Film ini justru begitu jeli mengolah cerita hanya dalam satu tempat tersebut. Meski cerita hanya berkutat di sekitar rumah, namun penonton akan merasakan misteri yang tak habis-habisnya dari rumah tersebut. 

Teknik sinematografi yang dipertunjukan dalam setting rumah di sepanjang film ini juga sangat menarik. Hampir sepanjang film, penonton hanya akan disajikan dengan visual yang dibuat seolah-olah hanya diterangi oleh cahaya lilin.  Penataan cahaya yang unik ini membuat The Others memiliki visual yang tampak estetik. 

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film The Others, sebuah film horror yang menampilkan kisah unik dan tak biasa mengenai sosok hantu yang tak menyadari eksistensinya. Meski sudah rilis sejak 2011 lalu, film ini masih cocok untuk kamu tonton saat ini. 

Jadi, apakah kamu sudah pernah menonton film ini? Bagaimana tanggapanmu mengenai ending yang tak terduga dari film The Others ini? Ceritakan penilaianmu di kolom komentar ya!

The Others
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram