bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Neighbors, Drama Hidup Bertetangga

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 1 Juni 2021

Di era sekarang, hidup bertetangga seringkali cukup dengan saling kenal saja. Padahal mereka adalah orang-orang terdekat kalau kita sedang membutuhkan bantuan. Bahkan di wilayah tertentu, dengan tetangga sendiri pun bisa jadi nggak saling kenal. Kesibukan masing-masing menjadi penyebabnya sehingga setiap orang hidup masing-masing.

Batasan hidup dengan tetangga adalah dengan nggak mengganggu kehidupan satu sama lain. Kebebasan kita akan dinilai melebihi batas ketika sudah dirasa mengganggu oleh tetangga. Hal itu terjadi di film Neighbors yang mana kehadiran tetangga baru justru membuat hidup jadi nggak nyaman. Seperti apa review dan sinopsisnya? Kita akan mengupasnya di sini.

Sinopsis

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Komedi
  • Perusahaan Produksi: Point Grey Pictures, Good Universe
  • Sutradara: Nicholas Stoller
  • Pemain: Seth Rogen, Rose Byrne, Zac Efron, Dave Franco

Mac Radner dan istrinya, Kelly, baru saja mempunyai seorang bayi perempuan bernama Stella. Fase kehidupan yang baru tersebut membuat mereka kebingungan. Pasalnya, mereka harus mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan lama. Terutama berpesta dan berkumpul dengan dua sahabat mereka, Jimmy Belvins dan mantan istrinya, Paula. 

Kehidupan Mac dan Kelly awalnya berjalan baik dengan tinggal di lingkungan yang tenang sampai suatu hari sebuah fraternity Delta Psi pindah dan menghuni rumah tepat di sebelah mereka. Delta Psi dikenal dengan kumpulan mahasiswa yang sering berpesta dan menimbulkan keonaran. Benar saja, malam-malam yang biasanya sunyi berganti dengan suara bising karena perilaku mereka.

Mac dan Kelly tidak tinggal diam. Mereka menemui ketua Delta Psi, Teddy, dan meminta Teddy untuk mengingatkan para anggotanya supaya nggak terlalu berisik karena mereka mempunyai bayi. Teddy langsung mengiyakan permintaan mereka dan meminta agar mereka nggak melanjutkan laporannya pada pihak berwajib dan meyakinkan kalau ada kegaduhan, cukup dengan menghubungi Teddy.

Permintaan Mac dan Kelly ternyata nggak langsung diwujudkan oleh Teddy dan Delta Psi-nya. Pada malam hari, mereka berpesta dan membuat kegaduhan. Mac berupaya untuk menelpon Teddy tapi nggak juga diangkat. Dia meninggalkan voicemail tapi nggak juga direspons. Kelly mendesak Mac untuk melapor pada polisi secara anonim supaya mereka nggak dikerjai Delta Psi. 

Mac menelpon Polisi yang nggak lama kemudian mendatangi rumah sebelah mereka. Sayangnya, polisi malah memberi isyarat bahwa orang yang melapor adalah tetangga terdekat. Praktis Teddy langsung berpikir bahwa yang menelpon adalah Mac, yang sebelumnya sudah punya persetujuan dengannya. Merasa masalah selesai, Mac dan Kelly bisa tidur nyenyak. 

Pada pagi harinya, mereka melihat sampah berserakan di halaman depan rumahnya. Mereka langsung berasumsi bahwa sampah itu berasal dari rumah sebelah karena sehabis pesta pada malam sebelumnya. Mereka berdua mendatangi kampus para mahasiswa Delta dan melaporkan kejadian. Sayangnya, kampus baru bisa bertindak setelah ada tiga kejadian.

Mac dan Kelly menyusun rencana supaya Delta Psi melakukan dua pelanggaran lagi dan mendapat sanksi dari kampus. Rencana pertama adalah membuat terjadinya kebakaran di rumah yang mereka tempati. Sayang rencana itu gagal. Rencana kedua adalah mengadu domba Teddy dengan orang kepercayaannya di Delta.

Kelly mencoba untuk membuat Pete, orang kepercayaan Teddy untuk berhubungan seks di rumah Delta. Sementara Mac menggiring Teddy supaya memergokinya. Upaya tersebut malah membuat Mac dan Teddy bertengkar sampai-sampai mencederai dosen yang lewat. Alhasil Delta mendapatkan pelanggaran kedua. 

Apa rencana Mac dan Kelly selanjutnya? Berhasilkah mereka menyingkirkan Delta Psi sebagai tetangga mereka? Meski terkesan serius, film ini sebenarnya film komedi yang tentu saja mengandung banyak kekonyolan. Komedi yang disajikan cukup dekat dan beririsan dengan banyak orang. 

Khas Nicholas Stoller

Film Neighbors menyajikan cerita ringan dengan premis sederhana yang bisa diikuti dengan mudah. Kita nggak akan dibuat banyak berpikir selain melihat berbagai tingkah lucu para karakternya, terutama Mac, Kelly dan Teddy. Bahkan hampir sepanjang film, kita akan disuguhkan berbagai komedi yang nggak perlu membuat kita berpikir keras.

Nicholas Stoller merupakan sutradara film Neighbors. Dia dikenal dengan cara penuturan komedi yang sederhana tapi bisa mengundang tawa. Film ini mempunyai ciri khas serupa sebagaimana film-film lain yang disutradarainya seperti Forgetting Sarah Marshall, Yes Man, dan Get Him to the Greek. 

Di Neighbors, dari pertengahan sampai akhir film kita akan secara terus-menerus melihat bagaimana Mac dan Kelly beradu strategi dengan Teddy tapi dibalut dengan kekonyolan. Bisa dibilang, kedua pihak itu sedang berperang. Namun, perang yang tercipta malah menghadirkan kekonyolan untuk kita yang menonton.

Chemistry Seth Rogen dan Rose Byrne

review film the neighbors_Chemistry Seth Rogen dan Rose ByrneSumber: imgur.com

Di film Neighbors, peran Mac dan Kelly diperankan oleh Seth Rogen dan Rose Byrne dimana Rogen memang terbiasa membintangi film komedi. Memang nggak semua orang menyukai penuturan komedinya yang dinilai terlalu vulgar. Di film ini pun, Rogen melakukan hal serupa tapi dalam porsi yang cukup ringan. Hanya saja candaannya tetap hanya boleh dikonsumsi oleh yang sudah dewasa.

Rogen menampilkan chemistry yang kuat bersama Rose Byrne. Byrne bukanlah aktris yang terbiasa bermain di film komedi. Praktis hanya Bridesmaids yang pernah dimainkannya dalam genre serupa. Hebatnya, dia bisa mengimbangi kinerja Rogen dengan komedinya, bahkan bisa dibilang lebih mencuri perhatian karena penampilannya di film ini. 

Rogen berperan sebagai seorang pria di awal usia 30-an yang terkesan ragu untuk membina keluarga. Sementara Byrne berperan sebagai istri cerewet yang juga belum siap untuk hidup sebagai wanita dewasa. Perpaduan keduanya yang doyan pesta dan enggan menua ditampilkan dengan pas. Terutama ketika mereka menyusun strategi supaya Delta Psi mendapat sanksi dari kampusnya.

Zac Efron Menjadi Bad Boy

Nama Zac Efron mulai terkenal ketika membintangi High School Musical 3: Senior Year. Perannya di film televisi rilisan Disney itu terus melekat. Apalagi peran-perannya di film banyak yang membuatnya berperan sebagai protagonis. Tapi di film Neighbors, kita bisa melihat bagaimana dia berperan menjadi bad boy

Efron berperan sebagai Teddy, ketua dari Delta Psi. Sebagai ketua, dia turut berperan dalam keonaran yang dilakukan oleh kelompoknya. Efron merasa bahwa sisa waktunya bersama Delta harus digunakan untuk bersenang-senang sebelum dia memasuki kehidupan dewasa. Oleh karena itu, dia dibantu oleh Pete yang diperankan Dave Franco yang bertingkah sama gilanya.

Teddy adalah dalang dari strategi peperangannya dengan Mac dan Kelly. Nggak cuma nakal, dia juga cerdik. Teddy menjadi orang yang berinisiatif menghentikan pesta supaya rencana Mac dan Kelly gagal. Selain bisa bertingkah nakal, Efron juga bisa bertingkah lucu. Ada adegan ketika dia menirukan Robert De Niro dalam film Taxi Driver yang membuatnya terlihat dan terdengar konyol. 

Neighbors merupakan film komedi yang cukup menghibur dengan jenis candaan yang sangat mudah dinikmati. Sayangnya, film ini menyajikan jenis-jenis candaan yang hanya layak dikonsumsi oleh orang dewasa sehingga nggak boleh ditonton oleh yang belum cukup umur. Pastikan kamu sudah cukup umur kalau memutuskan untuk menontonnya, ya.

Bagi yang ingin melihat Rose Byrne dan Zac Efron keluar dari stereotip karakter mereka di film, Neighbors bisa menjadi pilihan yang seru. Film ini adalah pembuktian kalau mereka benar-benar layak untuk bersinar di dunia seni peran. Kalau sudah nonton, jangan sungkan untuk membagikan pendapatmu di kolom komentar ya, teman-teman!

Neighbors
6 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram