bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Conjuring, Kutukan Sekte Sesat

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 16 Juni 2021

Film paling horor (yang diangkat dari kisah nyata) yang pernah saya tonton sehabis The Exorcist adalah The Conjuring. Serius, ini film kurang ajar sekali. Saat menonton di bioskop, saya dibuat lompat dari bangku saat melihat satu adegan dimana si hantu melakukan cilukba di depan layar. Jantungan sampai keringat dingin saya rasakan sekaligus!

Film ini menceritakan tentang kisah horor yang menimpa 1 keluarga bernama Perron setelah pindah ke sebuah rumah yang terkenal angker. Mereka akhirnya memanggil jasa paranormal terkenal saat itu yakni pasangan Ed dan Lorraine Warren.

Kisah horor yang terjadi di rumah Perron malah makin menjadi setelah didatangi Ed dan Lorraine. Sebenarnya apa yang terjadi? Ikuti sinopsis dan ulasannya di bawah ini ya!

Sinopsis

The Conjuring_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Produksi: New Line Cinema
  • Sutradara: James Wan
  • Pemain: Vera Farmiga, Patrick Wilson, Ron Livingston

Di tahun 1971, pasangan Roger (Ron Livingston) dan Carolyn Perron (Lili Taylor) membeli sebuah rumah di pinggiran kota Harrisville, Rhode Island. Kehidupan baru menunggu mereka di sana berikut dengan 4 orang putrinya yaitu Andrea (Shanely Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Christine (Joey King), Cindy (Mackenzie Foy) dan si bungsu April (Kyla Deaver).

Beberapa hari awal, rumah mereka hangat. Tawa dimana-mana, semua baik-baik saja, hingga suatu hari Andrea mencium bau aneh di kamarnya dan Carolyn menemukan semua jam di rumah berhenti di jam 3:17. Belum lagi kematian anjing peliharaan mereka yang membuat keadaan di rumah sedikit terganggu dan tubuh Carolyn yang tiba-tiba memar.

Ternyata bau tersebut merupakan semacam sinyal peringatan untuk seluruh penghuni rumah tersebut karena beberapa hari kemudian Christine ‘ditarik’ saat tidur dan melihat sesosok makhluk mengerikan yang menganggunya dan bahkan berbisik padanya mengatakan bahwa dia dan keluarganya akan dibunuh.

Puncaknya adalah saat Andrea bertemu sosok yang dikenal dengan Batsyeba, seorang wanita paruh baya yang menaruh kutuk atas keluarga Perron. Andrea menjerit histeris. Ini membuat Carolyn ketakutan karena dirinya pun mengalami hal mistis di waktu yang sama. Ia terkurung di rubanah dan baru bisa keluar ketika suaminya, Roger pulang kerja.

Merasa ada yang aneh, Carolyn pergi ke pusat kota dimana saat itu sedang ada pertemuan Ed dan Lorraine Warren yang sedang menjelaskan mengenai supernatural.

Merasa semua materi yang diberikan hampir serupa dengan apa yang terjadi di rumah, Carolyn segera menemui dan meminta mereka untuk setidaknya mampir melihat apa yang terjadi di rumah keluarga Carolyn.

Awalnya Ed dan Lorraine menganggap bahwa hal yang terjadi di rumah Carolyn adalah sesuatu yang bisa dijelaskan, entah karena mimpi buruk, angin yang masuk lewat celah pipa di atap rumah atau semacamnya, namun betapa terkejutnya Lorraine saat masuk ke dalam rumah Carolyn menemukan bahwa keluarga itu ada di bawah kutukan.

Ed dan Lorraine segera memutuskan untuk menginap. Mereka bahkan membawa asisten mereka Drew (Shannon Kook) untuk meletakan seluruh peralatan yang memungkinkan mereka menangkap aktifitas mistis di rumah Carolyn.

Beberapa hari tinggal di sana, mereka tidak menemukan apa-apa. Sampai suatu ketika aktifitas mistis terjadi. Cindy yang memang doyan sleepwalking tiba-tiba menuju ke salah satu kamar dan menghilang di lemari.

Saat ditelusuri oleh Lorraine, di belakang lemari dimana Cindy ‘disembunyikan’, ada sebuah tambang usang yang menjadi salah satu kunci atas kasus kutuk Bathsheba. Saat akan memberitahu Ed, Lorraine malah terjatuh hingga ke rubanah tempat sebelumnya Carolyn terperangkap. Di sana, ia menemukan Bathsheba dan mengerti kenapa selama ini Carolyn selalu diincar.

Bathsheba Sherman merupakan pemilik rumah sebelumnya. Ia merupakan seorang penyihir dan kerabat dari Mary Towne Eastey yang dibunuh pada pembantaian para penyihir yang dikenal dengan 'Pembantaian Salem'.

Saat semua orang menghardiknya, ia membunuh anaknya sendiri sebagai persembahan pada iblis dan menaruh kutuk atas siapa pun yang mengambil rumahnya.

Bathsheba telah merasuki Carolyn dan menggunakan Carolyn untuk membunuh putri bungsunya April sebagai ‘persembahan’. Carolyn pun tidak bisa keluar dari rumah itu. Ketika semua beranjak pergi, Carolyn terbakar. Ia sama sekali tidak diijinkan oleh Bathsheba untuk pergi.

Pertarungan pun dimulai. Di sini baik Ed, Lorraine dan suami Carolyn, Roger, mencoba untuk memulihkan Carolyn dan mengeluarkan Bathsheba dari raga Carolyn. Carolyn menjerit histeris karena kesakitan apalagi saat disiram air suci dan saat Ed melakukan prosesi untuk pelepasan roh. Semua menjadi kacau balau.

Carolyn sempat lepas dan mengejar April. Namun Lorraine bisa mencegah Carolyn dengan memegang kepalanya lantas meminta Carolyn melawan dari dalam dirinya sendiri.

Semua selesai setelah Ed meminta Bathsheba keluar dari raga Carolyn dan mengirim Bathsheba kembali ke neraka. Film pun selesai dengan bahagia, Carolyn pulih dan bisa keluar dari rumah terkutuk tersebut bersama dengan keluarganya.

Ed & Lorraine Warren

The Conjuring_Warren (Copy)
*Source: Jason LaVeris/FilmMagic

Untuk kalian yang belum tahu, Ed & Lorraine Warren ini merupakan tokoh nyata. Mereka berdua merupakan paranormal investigator yang sangat dikenal di Inggris. Ed bekerja sebagai demonologist, penulis dan pengajar, sedangkan Lorraine bekerja tak jauh dari profesi suaminya.

Ia mampu menjadi media komunikasi antar roh dan manusia dan mampu mengetahui informasi dari apa yang ia pegang atau sentuh. Kasus yang ditangani dalam film ini diangkat dari kisah nyata atas apa yang terjadi pada keluarga Perron.

Bahkan keluarga Perron yang asli dan Ed & Lorraine pun harus ikut turun tangan dalam proses pembuatan film The Conjuring supaya apa yang terjadi pada mereka benar-benar bisa disaksikan oleh banyak penonton. 

Hasilnya? Film ini masuk ke dalam kategori film paling menyeramkan sepanjang masa. Bahkan di beberapa studio di Amerika, mereka sampai harus mendatangi pendeta untuk memberkati studio dan untuk menenangkan para penonton yang traumatis setelah menonton film ini. Separah itu!

Awal Mula dari Conjuring Universe

The Conjuring_Universe (Copy)
*Source: Cinemania.film

Film The Conjuring merupakan awal mula dari seluruh film dalam Conjuring Universe. Selain menceritakan tentang keluarga Perron dan kasus yang ditangani Ed dan Lorraine Warren, The Conjuring pun menampilkan kasus lainnya meski hanya sekilas, yaitu boneka Raggedy Anne yang dikenal dengan nama Annabelle.

Setelah film ini, akhirnya muncul lagi film-film lainnya yang membahas beberapa kasus paling seram yang ditangani oleh pasangan Warren. Di antaranya adalah (sesuai urutan); The Nun, Annabelle: Creation, Annabelle, Annabelle Comes Home, The Curse of Llorona, The Conjuring 2 dan yang terakhir The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It.

Boneka Annabelle

The Conjuring_Annabelle (Copy)

Awalnya saya pikir film The Conjuring ini bakal menceritakan soal boneka terkutuk karena intro film bahkan trailernya saja menunjukan boneka bernama Annabelle yang jadi pusat masalah, ternyata filmnya sama sekali jauh berbeda. Malah yang tampil adalah boneka monyet dalam kotak musik.

Setelah saya runut, ternyata maksud James Wan memasukan klip si Annabelle itu untuk memberi tahu bahwa boneka manipulatif tersebut akan terus jadi bagian dari Conjuring Universe dan sebagai informasi bahwa boneka itu pun akan jadi salah satu kasus paling seram yang ditangani oleh Ed dan Lorraine Warren.

James Wan sukses besar membuat saya dan penonton lainnya mimpi buruk berhari-hari setelah menonton film ini. Untuk kalian yang belum menonton, saya sarankan untuk menonton ini tidak sendirian ya!

Bacaterus memberi rating 8/10 untuk film ini sedangkan 7.5/10 dari IMDb dan 86% Rotten Tomatoes. Rating super baik untuk sebuah film horror bukan? So? Are you ready to be haunted?

The Conjuring
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram