bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review The Conjuring 2, Kasus Seram di Enfield

Sinopsis & Review The Conjuring 2, Kasus Seram di Enfield

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 24 Maret 2021

Ed dan Lorraine Warren kembali lagi dengan kasus berbeda. Kini mereka akan menangani sebuah kasus yang terjadi di sebuah rumah di kawasan Enfield di tahun 1977. Dalam film ini, akan ada pengenalan tokoh demonic baru yang terkenal selain Annabelle. Dalam urutan The Conjuring Universe, film The Conjuring 2 ini menempati urutan ke 7 setelah The Curse of Llorona.

The Conjuring 2 menceritakan bagaimana Ed & Lorraine harus menghadapi sebuah aktifitas demonic yang menimpa 1 keluarga bernama Hodgson. Salah satu putri dari keluarga tersebut kerasukan dan meminta semua meninggalkan rumah tersebut sebelum sesuatu lebih jahat terjadi pada keluarga Hodgson. 

Sinopsis

The Conjuring 2_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Supernatural, Horror
  • Produksi: New Line Cinema
  • Sutradara: James Wan
  • Pemain: Vera Farmiga, Patrick Wilson, Frences O’Connor

Film horor ini dibuka dengan intro dimana Ed dan Lorraine mengusut kasus pembunuhan paling menyeramkan sehingga mereka turun tangan untuk mengetahui apa yang sebenarnya di sebuah rumah di kawasan Amityville.

Mereka menemukan satu fakta bahwa pembunuhan yang menimpa seluruh keluarga Lutz dilakukan salah satu anggota keluarga Lutz yang bernama Ronald DeFeo Jr. yang dirasuki roh jahat.

Setelah berhasil menyelesaikan kasus Amityville, cerita berganti pada keluarga Hodgson yang tinggal di sebuah rumah subsidi di daerah pinggiran kota London bernama Enfield.

Di rumah itu tinggalah seorang single parent bernama Peggy Hodgson (Frances O’Connor) berikut 4 anaknya yaitu Margareth (Lauren Esposito), Janet (Madison Wolfe), Billy (Benjamin Haigh) dan yang paling bungsu adalah Johnny (Patrick McAuley).

Suatu kali, Janet iseng bermain sebuah papan Ouija untuk menanyakan satu hal mengenai Ayahnya pada roh yang terpanggil. Usahanya berakhir nihil, namun Janet malah seperti membuka portal antara dunia roh dan manusia. Ia memanggil roh seorang kakek tua yang ternyata adalah pemilik rumah keluarga Hodgson sebelumnya.

Awalnya gangguan yang diterima oleh keluarga Hodgson tidak seberapa, namun lama kelamaan malah semakin parah. Janet bisa tiba-tiba pindah dari kasurnya ke lantai ruang tamu dan adiknya paling kecil yaitu Johnny melihat ada sesuatu di dalam kemah tempat ia bermain.

Ditambah lagi perabotan yang tiba-tiba bergerak sampai adanya gigitan di bahu Janet. Akhirnya kejadian ini menyebar ke seluruh wilayah Enfield. Kabar soal adanya makhluk halus di kediaman Hodgson kini terdengar seantero Inggris. Bahkan kesaksian demi kesaksian terus muncul.

Salah satu contoh kesaksian datang dari 2 orang polisi yang benar-benar melihat sebuah kursi tiba-tiba bergeser tanpa ada yang mendorongnya. Media pun berdatangan. Banyak yang percaya namun tak jarang juga yang menganggap Hodgson mencari perhatian untuk terkenal sehingga eksperimen pun dilakukan. Media melakukan wawancara dengan Janet sekeluarga.

Saat dalam wawancara, Janet kerasukan dan suaranya berubah menjadi berat mengatakan bahwa dirinya adalah seorang pria bernama Billy Wilkins dan mengklaim kalau semua orang telah merebut tempatnya. Hasil rekaman selama sesi wawancara akhirnya dikirim untuk diperdengarkan Ed & Lorraine. Seorang wali gereja meminta mereka berdua untuk pergi menyelidiki hal tersebut.

Ed dan Lorraine pun berangkat dan menginap di kediaman keluarga Hodgson. Selama tinggal di sana, kejadian aneh terus menimpa keluarga Hodgson, apalagi saat Janet terkunci di kamarnya sendiri bersama dengan sosok orang tua yang menyergap Janet supaya tidak teriak. Padahal kamar tersebut sudah dikunci berhari-hari akibat aktivitas mistis yang kerap terjadi di dalam kamar.

Ed dan Lorraine segera membantu keluarga Hodgson memecahkan kasus tersebut. Namun semakin Ed & Lorraine mencari tahu semakin parah pula gangguan yang dirasakan Hodgson. Akhirnya keluarga Hodgson mengungsi ke rumah tetangga mereka, namun Janet yang kerasukan malah kembali ke dalam rumah; ini membuat Ed berlari menyelamatkan Janet.

Penglihatan demi penglihatan Lorrain terima. Salah satu penglihatannya adalah kematian suaminya, Ed. Lorraine histeris saat Ed berlari masuk ke rumah dan mengunci diri berharap Lorraine tidak ikut dengannya sebab Ed pun tidak ingin ada hal buruk menimpa Lorraine ketika bersamanya. 

Saat diusut, ternyata Billy Wilkins hanya sebatas pion. Ada kekuatan lebih besar di balik Billy. Yaitu iblis bernama Valak. Iblis ini yang mempengaruhi Billy untuk meneror keluarga Hodgson.

Bahkan membawa Ed untuk ‘dibunuh’ akibat mengganggu dirinya dalam membuat celaka keluarga Hodgson. Tak hanya Billy Wilkins, Valak pun menggunakan perantara si crooked man yang ada dalam mainan milik Johnny untuk meneror seisi rumah.

Lorraine yang tahu kalau Ed dan Janet dalam bahaya lantas masuk ke dalam rumah dan membebaskan kutuk dengan menyebut nama Valak dan memintanya kembali ke neraka. Valak pun kalah, segala teror hilang bersamanya.

Lorraine terus menghardik Valak sampai Valak menjerit dan perlahan menghilang. Ed dan Janet pun bisa diselamatkan tepat sebelum tubuh mereka berdua akan jatuh dari lantai dua. 

Film pun berakhir bahagia. Keluarga Hodgson kembali ke dalam rumah dan semua terror baik dari Billy Wilkins atau Valak sudah hilang. Ed dan Lorraine pun kembali ke kediamannya. Lorraine bersyukur bisa menyelamatkan dan tidak kehilangan Ed seperti yang ada dalam penglihatannya.

Kasus Enfield

The Conjuring 2_Enfield (Copy)

Kasus yang menimpa kediaman keluarga Hodgson di rumah nomor 284 Green Street, Enfield sepanjang tahun 1977 sampai tahun 1779 ini masuk ke dalam salah satu jurnal Ed dan Lorraine.

Kasus ini menarik banyak perhatian karena banyak yang menganggap hal tersebut merupakan akal-akalan keluarga Hodgson untuk keuntungan jurnalis namun saat ditelaah oleh pasangan Warren, hal horor tersebut memang nyata terjadi.

Meski Pasangan Warren mengatakan bahwa kejadian tersebut memang ada unsur supernatural, banyak yang tetap menyangsikan kejadian di Enfield. Pasalnya, ada sebuah video yang memperlihatkan Janet sedang membengkokan beberapa sendok dan palang besi.

Janet juga diisukan menggunakan suara perut atau yang dikenal dengan istilah ventriloquism saat nadanya berubah menjadi berat. Beberapa orang terus menganggap bahwa hal tersebut adalah nyata, beberapa tidak. Nah, kalau kamu bagaimana?

Valak

The Conjuring 2_Valak (Copy)

Seperti yang sudah diinformasikan di atas bahwa dalam film ini, muncul lagi sosok iblis yang baru setelah Annabelle, yaitu Valak. Valak di dalam film ini berwujud seorang biarawati dengan muka super menyeramkan. Apalagi saat dilukis oleh Ed.

Duh, saya yang menontonnya saja lantas jerit-jerit kenapa Ed harus melukis iblis. Mbok ya, lukis pemandangan saja ngono loh. Dalam mitologi dan cerita dalam buku sihir, grimoire, Valak dijelaskan sebagai seorang anak kecil bersayap yang menunggangi naga berkepala dua.

Eits! Meski digambarkan sebagai seorang anak, Valak memiliki kekuatan dan memimpin tentara iblis dan menjadi penjaga gerbang neraka. Jadi jangan salah arti ya kalau Valak itu seorang biarawati, meski ya Iblis memang bisa menyerupai apapun sih.

Sekuel

The Conjuring 2_Sequel TC3 (Copy)

Bersiaplah, The Conjuring 2 akan memiliki sekuelnya yang berjudul The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It.  Sudah bisa dipastikan bahwa kasus yang terjadi dalam sekuel film ini merupakan kasus baru lainnya yang ditangani oleh pasangan Ed dan Lorraine Warren dan sudah bisa dipastikan juga PASTI akan ada mahluk baru yang dibawa dalam film ini.

Itu dia sinopsis dan ulasan dari film The Conjuring 2. Bacaterus memberi rating 7.8/10 untuk film ini. Bagaimana dengan kalian? Seberapa besar rating atau nilai yang akan kalian berikan setelah menonton filmnya? Tulis di kolom komentar ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram