bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Barat / Sinopsis & Review Pearl Harbor, Malapetaka Cinta Segitiga

Sinopsis & Review Pearl Harbor, Malapetaka Cinta Segitiga

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 24 Maret 2021

Michael Bay, sutradara film box office Armageddon (1998) dan serial film Transformers menghadirkan film perang berbalut cerita romansa spektakuler berjudul Pearl Harbor yang dirilis tahun 2001 silam. Film ini dibintangi sederet aktor dan aktris ternama seperti Ben Affleck, Kate Beckinsale, Josh Hartnett, Alec Baldwin dan Jennifer Garner.

Walau sudah lama dirilis, Pearl Harbor masih disukai banyak orang hingga saat ini dan bahkan jadi satu dari sekian banyak film romantis dengan pendapatan terbesar. Kira-kira, seseru apa filmnya? Simak langsung saja sinopsis dan review film Pearl Harbor dari Bacaterus ini.

Sinopsis

review pearl harbor 4
  • Tahun rilis: 2001
  • Genre: Action, Drama, Comedy
  • Produksi: Touchstone Pictures, Jerry Bruckheimer Films
  • Sutradara: Michael Bay
  • Pemeran: Ben Affleck, Josh Hartnett, Alec Baldwin, Kate Beckinsale

Rafe McCawley (Ben Affleck) dan Danny Walker (Josh Hartnett) sudah bersahabat sejak kecil. Keduanya sama-sama suka menerbangkan pesawat dan bercita-cita untuk menjadi pilot pesawat tempur saat sudah dewasa.

Mimpi mereka akhirnya terwujud. Keduanya berhasil masuk dunia militer sebagai pilot pesawat tempur saat Perang Dunia II mulai melanda di tahun 1941. Rafe dan Danny bertemu dengan perawat cantik bernama Evelyn (Kate Beckinsale) saat Rafe menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum ia bergabung menjadi prajurit Eagle Squadron.

Rafe dan Evelyn akhirnya saling jatuh cinta satu sama lainnya. Sayang, Rafe harus pergi meninggalkan Evelyn untuk pergi berperang ke Inggris. Walau tak rela, Evelyn akhirnya melepas kekasihnya pergi ke medan perang.

Sayang seribu sayang, saat sedang bertempur, pesawat yang dikendarai Rafe tertembak dan jatuh ke laut. Rafe pun dinyatakan meninggal dunia. Tentu, Evelyn dan Danny mengalami kesedihan yang amat sangat dalam. Namun, hidup harus terus berjalan. Danny membantu Evelyn untuk melewati masa sulitnya dan melupakan Rafe.

Tak pelak, benih-benih cinta mulai tumbuh di antara dua insan ini. Rafe dan Danny akhirnya menjadi sepasang kekasih. Keduanya sama-sama dimabuk cinta. Tak lama setelahnya, Evelyn mengetahui bahwa dirinya sedang mengandung anak Danny.

Di saat yang sama, Danny menerima kabar bahwa sahabatnya, Rafe, masih hidup dan telah kembali ke tanah airnya. Ia berhasil selamat dari kecelakaan pesawat tersebut. Evelyn pun terkejut ketika mengetahui bahwa kekasih yang sangat dicintainya itu masih hidup.

Tentu saja, konflik muncul di antara ketiga orang ini. Rafe merasa terkhianati. Sementara Danny dan Evelyn masih sama-sama shock ketika mengetahui kenyataan bahwa Rafe masih hidup di antara mereka.

Sehari setelah Rafe kembali, Jepang menyerang Amerika Serikat dengan membombardir Pearl Harbor. Rafe dan Danny harus melupakan masalah mereka untuk sementara, dan bergabung dengan rekan-rekannya untuk memusnahkan tentara Jepang.

Akankah mereka berhasil menaklukkan musuhnya? Dan bagaimana kelanjutan kisah cinta segitiga antara Rafe, Evelyn dan Danny? Daripada penasaran, silakan tonton langsung saja filmnya, ya.

Kisah Cinta Segitiga yang...

Seperti yang sudah digambarkan di bagian sinopsis, film satu ini memuat kisah tentang dua prajurit Amerika Serikat yang berjuang membela negaranya di Perang Dunia II. Selain dihadapkan pada sulitnya peperangan, keduanya juga mengalami dilema besar karena sama-sama mencintai satu wanita.

Yah, kisah cinta segitiga semacam ini sebenarnya sudah amat sangat tidak asing buat kita semua. Ketika menyaksikan adegan di mana Rafe dinyatakan meninggal, kami sudah bisa menebak kalau Evelyn akan melabuhkan cintanya pada Danny, begitu pula sebaliknya. Kami pun sudah mengetahui bahwa Rafe akan 'hidup kembali', kemudian akan timbul konflik di antara ketiganya.

Hal seperti ini membuat filmnya jadi less enjoyable, karena alur ceritanya mudah ditebak. Kritikus dari Rotten Tomatoes bahkan menilai film ini adalah film perang berbalut kisah romansa dengan dialog yang kurang bagus.

Meski filmnya digadang-gadang jadi salah satu film romance dengan pendapatan terbanyak setelah Titanic, menurut kami, rasa-rasanya kisah romansa yang disuguhkan di film arahan James Cameron itu masih jauh lebih baik. Dialognya juga tidak terkesan cheesy. Banyak orang yang dibuat baper sama Rose dan Jack sampai nggak bisa move on dari pasangan ini.

Dilatarbelakangi Peristiwa Penyerangan Pearl Harbor

review film pearl harbor 1

Selama satu jam pertama, kami disuguhi dengan kisah sukses Danny dan Rafe bergabung dengan militer AS. Kemudian, dilanjut kisah cinta Rafe dan Evelyn yang benar-benar saling ngebucin satu sama lain. Barulah, saat memasuki jam kedua, kita mulai bisa merasakan ketegangan berkat adanya adegan-adegan peperangan yang bikin merinding disko.

Sesuai dengan judulnya, film ini terinspirasi dari peristiwa penyerangan Jepang terhadap Amerika Serikat di Pearl Harbor yang terjadi di tahun 1941 silam. Dalam film ini, dikisahkan bahwa penyerangan tersebut dilatarbelakangi kemarahan Jepang akibat pasokan minyak dari Amerika Serikat yang terhenti begitu saja.

Meski terilhami dari kisah nyata, apa yang disuguhkan dalam film ini tak semuanya akurat. Beberapa adegan bahkan sengaja dihadirkan agar cerita filmnya terasa makin dramatis.

Salah satu contohnya ada pada adegan di mana Danny dan Rafe terpaksa mendarat di pulau yang diduduki tentara Jepang setelah mereka melakukan pengeboman di Tokyo. Saat itu mereka dikepung oleh pasukan Jepang dan berusaha menyelamatkan diri dari berondongan peluru. Namun sebenarnya, peristiwa adu tembak yang terjadi dalam adegan ini tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Bisa dibilang, film ini tak bisa dijadikan acuan untuk mempelajari sejarah peristiwa berdarah di Pearl Harbor. Kalau kamu tertarik sama peristiwa penyerangan Pearl Harbor, kami sarankan untuk menonton film Tora! Tora! Tora! (1970) yang disutradarai oleh Richard Fleischer. Film ini dinilai lebih historically accurate ketimbang Pearl Harbor.

Akting Para Pemerannya Jadi Nilai Plus

Terlepas dari segala kekurangan yang ada pada film ini, akting para pemerannya jadi salah satu alasan kenapa kami tetap betah menonton selama tiga jam lamanya.

Performa luar biasa dari Affleck dan Harnett adalah salah satu alasannya. Mereka berhasil memerankan tokoh Rafe dan Danny yang sama-sama pemberani, gagah dan jago bertempur serta menaklukkan hati wanita. Kaum hawa pasti bakal dibuat klepek-klepek sepanjang nonton film ini.

Nggak cuma Affleck dan Harnett, Kate Beckinsale dan semua pemeran pendukung lainnya pun berhasil memerankan masing-masing tokoh dalam film ini dengan sangat baik.

Sekadar info, beberapa karakter dari film Pearl Harbor ini adalah tokoh-tokoh sejarah yang memang pernah terlibat di peristiwa penyerangan Pearl Harbor oleh pasukan Jepang. Salah satunya adalah karakter Dorie Miller yang diperankan aktor Cuba Goodling, Jr. Dorie Miller diketahui merupakan salah satu kru kapal yang terkena serangan.

Miller bertugas sebagai koki di kapal West Virginia berhasil selamat dari peristiwa naas tersebut. Ia bahkan menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang mendapatkan penghargaan Navy Cross berkat aksi heroiknya melawan pasukan Jepang saat itu.

Film Pearl Harbor memanglah bukan film yang sempurna, tapi masih tergolong menghibur, kok. Apalagi, ada beberapa adegan konyol yang terselip di sepanjang filmnya. Yah, tak sedikit orang yang bilang kalau jokes-nya ini nggak banget, tapi bagi kami, jokes yang ada dalam film ini lumayan bisa bikin tertawa dan mengurangi ketegangan pas nonton.

Jika kamu penasaran dengan film ini, tak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam watch list buat ditonton saat akhir pekan. Jangan lupa ajak teman atau pasangan buat nobar, ya!

Sampai di sini pembahasan kami tentang sinopsis dan review film Pearl Harbor. Kalau kamu sudah nonton dan punya pendapat tentang film ini, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram