bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Love The Way U Lie, Cinta pada Cenayang

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 30 Agustus 2021

Love The Way U Lie adalah satu dari 15 film asal Filipina yang baru-baru ini resmi ditayangkan di Netflix dan menduduki peringkat nomor 1 di Netflix Filipina. Ia merupakan film bergenre drama, komedi, dan romantis yang disutradarai oleh RC Delos Reyes. Untuk screenplay, film ini dipercayakan pada Danno Kristoper C. Mariquit. 

Love The Way U Lie punya cerita yang cukup ringan dan menghibur sebab manis dan menggemaskan. Film ini bercerita tentang seorang pria yang sulit move on semenjak kematian istrinya. Berkat bantuan cenayang cantik, kesedihan pun berganti dengan perasaan jatuh cinta lagi. Seperti apa lengkapnya hubungan mereka? Simak terlebih dahulu sinopsis serta review-nya di bawah ini sebelum menontonnya sendiri.  

Sinopsis

review film love the way u lie_Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 20 Agustus 2020
  • Genre: Komedi, Romantis, Drama, Fantasi
  • Pemain: Alex Gonzaga, Xian Lim, Kylie Verzosa, Jeric Raval
  • Sutradara: RC Delos Reyes
  • Produksi: Viva Films, TinCan

Kenyataan kerap tidak semanis harapan. Sesuatu yang kita rencanakan, idamkan, dan pikirkan bahwa semua akan baik-baik saja, secara tiba-tiba bisa berubah menjadi hal yang tidak diharapkan. Perubahan tersebut tentu sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Hal ini persis seperti yang dialami oleh Nathan Torres (Xian Lim).

Nathan adalah seorang online business designer yang masih sulit menerima kepergian istrinya, Sara (Kylie Verzosa). Luka yang dimiliki lelaki tersebut setelah kematian sang istri belum sembuh juga. Banyak orang setuju bahwa waktu bisa membantu seseorang menyembuhkan luka, tapi bagi Nathan, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Buktinya sudah satu tahun semenjak kematian Sara, dia masih berada dalam kesedihan yang sama. Hingga suatu hari Nathan harus pergi ke Quiapo. Takdir kemudian mempertemukannya dengan seorang cenayang cantik bernama Stacey (Alex Gonzaga). 

Sebagai seorang cenayang, Stacey punya kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Walau tetap kaget dan terganggu, dia mampu berkomunikasi dengan arwah. Salah satunya adalah arwah Sara. Pertemuan antara dirinya dan Nathan mungkin akan berlangsung biasa saja jika arwah Sara tidak hadir di antara mereka.

Sara meminta bantuan pada Stacey untuk menyampaikan pesan agar suaminya harus melanjutkan hidup. Dia membisikkan kalimat pada Stacey dan meminta suaminya agar dapat menjalani kisah cinta yang baru dan melupakan dirinya. Sebagai yang masih terluka, Nathan tentu tidak percaya dan menolaknya.

Namun, semua berubah ketika Stacey bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan Nathan mengenai kenangan-kenangan bersama Sara. Stacey yang semula terganggu karena selalu dibuntuti oleh arwah Sara akhirnya bersedia membantu dua orang yang terluka itu.

Mereka jadi sering berhubungan karena Nathan merasa Stacey adalah satu-satunya alat komunikasi yang dia punya untuk berbincang dengan Sara. Nathan tidak segan-segan meluapkan kesedihan dan kesepiannya di depan Stacey karena menahan rindu pada mendiang istrinya tersebut. 

Hubungan antara keduanya pun semakin intens. Perlahan, Stacey merasakan sesuatu yang lain di hatinya ketika bersama Nathan. Apakah Nathan juga memiliki perasaan yang sama? Bisakah Stacey membantu lelaki itu untuk kembali hidup bahagia dan jatuh cinta? Kelanjutan kisah mereka dalam Love The Way U Lie bisa Anda saksikan di layanan streaming berlangganan Netflix.

Cerita Cinta yang Terasa Nyata

review film love the way u lie_Cerita Cinta yang Terasa NyataSumber: netflix.com

Film komedi romantis dengan cinta sebagai plot utamanya sudah sangat banyak. Anda bisa memilihnya dari berbagai negara. Selama ini Thailand, Korea Selatan, serta Jepang punya banyak film romantis yang bisa diunggulkan. Sebagian diadaptasi dari novel, manga atau webtoon. Secara cerita tentu saja bisa dinikmati dan membawa penonton terbawa hanyut dalam emosi.

Demikian halnya dengan cerita dalam Love The Way U Lie. Film ini bahkan punya premis yang cukup menarik dan berbeda. Di sini cinta tumbuh antara seorang cenayang cantik dengan pria yang kehilangan istrinya. Alur kemudian mengalir dengan sangat cair dan lucu sekaligus manis.

Mereka berdua, Nathan dan Stacey terjebak dalam perasaan yang  tidak pernah diduga sebelumnya. Sebagai seorang suami yang sangat bersedih atas kematian istrinya, bisa jadi Nathan tidak terpikir untuk jatuh cinta lagi. Sementara harus diakui bahwa perasaannya terhadap wanita lain mulai tumbuh di hati. Kebimbangan yang dirasakan Nathan membuat  Love The Way U Lie terasa lebih nyata.

Memuat Cinta dan Segala Prosesnya

review film love the way u lie_Memuat Cinta dan Segala ProsesnyaSumber: scmp.com

Hal menarik lainnya dari film ini adalah ia memuat cinta dan segala prosesnya. Kesedihan Nathan ketika harus berhadapan dengan kenyataan bahwa sang istri tidak bisa lagi mendampingi diperlihatkan dengan jelas. Lelaki itu juga tampak putus asa karena begitu antusias mendengar cerita Stacey yang bisa bicara dengan arwah mendiang Sara.

Nathan memperlihatkan pada penonton bahwa begitulah ketika hati sudah patah sebab terlalu mencintai. Lain Nathan lain juga Sara, arwah ini memperlihatkan betapa kerelaan dibutuhkan jika keadaan sudah tidak lagi memihak. Dia rela dan justru menginginkan Nathan untuk punya kehidupan baru serta melupakan dirinya.

Proses merelakan sebuah perasaan tentu saja tidak mudah. Jika bisa meminta, Sara pasti ingin tetap hidup, tidak terlibat suatu kecelakaan yang merenggut nyawanya dan bisa terus mendampingi Nathan. Namun, arwah perempuan ini berbesar hati. Dia bahkan membisikkan sebuah kalimat pada Stacey untuk disampaikan pada suaminya. Kalimat itu berbunyi, “But we can choose to forget those memories and make new ones.” 

Love The Way U Lie juga menceritakan dan memperlihatkan cinta dapat tumbuh kembali dengan pelan-pelan di hati seseorang, di hati Nathan dan Stacey ketika saling terbiasa. Terdengar indah dan menyenangkan, bukan? Tetapi jika masih ragu dan bimbang, perasaan cinta antara keduanya sulit tersampaikan.

Nathan berada pada kebingungan dan merasa bersalah terhadap mendiang istrinya. Pada akhirnya dia menyangkal perasaannya sendiri. Begitulah bagian dari proses mencintai dan melepaskan yang coba disampaikan film ini.

Pada salah satu scene ketika Stacey akhirnya mendapat penolakan, wanita tersebut berpesan agar Nathan harus segera bangkit, sehingga nantinya ketika siapa pun datang mencintainya, orang itu tidak merasakan kesedihan yang Stacey rasakan. Stacey benar bahwa ketika kamu masih menyakiti diri sendiri, siapa pun yang datang akan ikut tersakiti.

Lelaki Juga Boleh Menangis

Lelaki kerap digambarkan sebagai sosok yang mudah move on dari cinta satu ke cinta yang lain. Putus atau berpisah dari kekasih bukan sebuah masalah besar bagi mereka. Namun, semua ini berbeda untuk Nathan. Film Love The Way U Lie dan ceritanya yang membuat penonton terbawa perasaan, mengenalkan Nathan sebagai seorang pria yang sulit move on.

Butuh waktu lama baginya untuk menerima kenyataan dan cinta yang baru. Saat pada akhirnya dia memang harus merelakan perasaannya terhadap keadaan, Nathan diketahui beberapa kali bersedih hingga menangis. Scene seperti ini sudah seharusnya diwajarkan dan tidak perlu lagi dianggap tabu karena bagaimanapun kuatnya lelaki, dia tetap punya perasaan.

Bukan hanya mewajarkan lelaki menangis, dalam hal ini berarti mematahkan isu toxic masculinity. Film ini juga mewajarkan perempuan untuk menyatakan perasaannya lebih dulu. Seperti yang dilakukan Stacey pada Nathan.

Selama ini film cinta selalu memperlihatkan scene atau cerita lelaki yang lebih aktif mendekati dan wanita yang menunggu. Di film garapan RC Delos Reyes ini tidak begitu. Masalah cinta yang dialami tiap karakter cukup masuk akal dan tidak memaksakan harus sesuai stereotype atau aturan (tidak tertulis) atau kepantasan yang berlaku di masyarakat. 

Semakin tertarik dan penasaran dengan akhir kisah cinta antara Nathan dan Stacey? Anda bisa menyaksikan film Love The Way U Lie secara langsung untuk menemukan jawabannya. Termasuk jawaban dari keraguan, apakah boleh membohongi isi hati dan mengorbankan kebahagiaan di masa depan karena sesuatu yang sudah lewat dan tak mungkin kembali? Selamat menyaksikan dan terbawa perasaan ya!

Love The Way U Lie
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram