bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film Little Women, Perempuan dan Mimpi

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 18 September 2021

Setiap orang tentu memiliki mimpinya masing-masing, tidak terkecuali empat wanita bersaudara yang ada dalam film Little Women. Dalam film ini, kita bisa belajar bahwa setiap orang berhak untuk memilih jalan hidupnya masing-masing untuk mewujudkan apa yang menjadi mimpi dalam hidupnya. 

Dalam film ini kita juga bisa belajar bahwa dalam hidup, kita tak selalu bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan. Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi film penuh semangat perjuangan, film Little Women ini memiliki kisah yang cukup inspiratif untuk kamu tonton. 

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Romansa, Drama
  • Produksi: Columbia Pictures, Regency Enterprises, Pascal Pictures, Sony Pictures Releasing
  • Sutradara: Greta Gerwig
  • Pemeran: Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Eliza Scanlen

Film Little Women merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Louisa May Alcott yang terbit pada tahun 1868. Film Little Women yang diproduksi tahun 2019 ini merupakan karya adaptasi ketujuh dari novel tersebut. Film ini mengisahkan kehidupan tentang empat gadis bersaudara keluarga March, yaitu Meg, Jo, Amy, dan dan Beth pada masa 1860-an.

Keempat kakak beradik ini tinggal di rumah mereka yang sederhana bersama ibu mereka, sementara sang ayah tengah bertugas menjadi prajurit perang. Keempat kakak beradik ini begitu dekat dan akrab satu sama lain. Mereka sering bermain bersama dan saling membantu ketika salah satu dari mereka mengalami kesulitan. 

Tahun demi tahun berganti, mereka pun tumbuh menjadi gadis dewasa yang memiliki mimpi masing-masing. Anak paling sulung, Meg, memutuskan untuk menikah dengan seorang guru bernama John Brooke. Ia tampak bahagia dengan pilihannya tersebut meskipun harus tinggal bersama Brooke dengan begitu sederhana. 

Anak kedua, Jo March, yang juga menjadi tokoh utama dalam film ini memiliki mimpi besar untuk menjadi penulis. Semenjak kecil, ia sering menulis dan mengajak saudara-saudaranya untuk memainkan naskah yang ia tulis tersebut. Jo kemudian mengejar mimpinya dengan pergi ke New York. Demi hal tersebut, ia juga meninggalkan Laurie, pria yang sangat mencintainya. 

Anak ketiga, Amy, sebenarnya memiliki hobi dan bakat melukis. Namun ia juga memiliki mimpi lain yang baginya lebih mudah diwujudkan, menjadi istri dari seorang yang kaya raya. Amy kemudian berangkat ke Prancis bersama sang bibi yang kaya raya, dimana ia dikenalkan dengan seorang bangsawan yang tak terlalu dicintainya. 

Sementara si anak bungsu, Beth, masih tinggal bersama ibu mereka. Beth juga kemudian mengalami sakit keras hingga membuat Meg dan Jo kembali pulang ke rumah. Sayangnya, nyawa Beth tak terselamatkan, Beth meninggal dunia dan kakak beradik March pun hanya menyisakan tiga orang saja. 

Selama kembali ke rumah, Jo kembali terpikir bahwa mungkin sebenarnya ia mencintai Laurie. Ketika Jo akan menyatakan perasaannya pada Laurie, Laurie justru pulang ke kota tersebut dan membawa kabar bahwa ia telah menikah dengan Amy, adik Jo sendiri. Meski sedih, Jo berusaha tetap bahagia karena melihat Amy akhirnya bisa mewujudkan mimpinya. 

Jo kemudian menemukan pria yang cocok dengannya, ia adalah seorang profesor yang sempat ditemuinya di New York. Jo juga mendapatkan warisan rumah megah dari sang bibi yang kemudian ia ubah menjadi sekolah. 

Pada akhirnya, keempat kakak beradik March telah memilih jalan hidup mereka sendiri. Kisah mereka inilah yang kemudian ditulis oleh Jo dan ia tawarkan pada penerbit, dimana di akhir cerita pihak penerbit menyetujui naskah yang dibuat oleh Jo. 

Kisah yang Menyentuh dan Inspiratif

review film little women_Kisah yang Menyentuh dan InspiratifSumber: deadline.com

Kisah dalam film Little Women mengandung makna yang begitu dalam mengenai mimpi, kehidupan, dan keluarga. Dari kisah hidup empat kakak adik bersaudara keluarga March ini, Little Women mengajarkan bahwa setiap orang berhak memilih jalan hidupnya masing-masing karena setiap orang tentu memiliki tujuan berbeda yang ingin mereka raih dalam hidup. 

Berbagai adegan dalam film ini juga terasa begitu menyentuh. Kisah dari keluarga March yang mengalami kehilangan, perpisahan, dan berbagai hal lainnya yang terjadi dalam hidup mereka terasa begitu nyata dengan kehidupan sehari-hari sehingga membuat penonton akan merasa begitu emosional dengan apa yang terjadi pada para tokoh di film ini. 

Bertabur Bintang-Bintang Papan Atas Hollywood

review film little women_Bertabur Bintang-Bintang Papan Atas HollywoodSumber: medium.com

Selain menyajikan cerita yang menarik dan sangat inspiratif, alasan lainnya untuk menonton film ini adalah para pemerannya yang bertabur bintang-bintang papan atas Hollywood. Film Little Women dibintangi oleh nama-nama seperti Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, hingga Meryl Streep. Para nama-nama ini tentu tak perlu diragukan lagi totalitas aktingnya. 

Terbukti, mereka juga memperlihatkan chemistry yang sangat baik dalam film ini. Di sepanjang film Little Women, penonton akan merasakan kedekatan dan keakraban yang begitu hangat dari para tokoh-tokoh kakak beradik keluarga March ini. Chemistry yang mereka tunjukan terasa begitu nyata selayaknya hubungan keluarga yang begitu erat. 

Visual yang Memanjakan Mata

review film little women_Visual yang Memanjakan MataSumber: polygon.com

Film Little Women mengambil setting di sekitar wilayah Eropa dan Amerika pada dekade 1800-an. Maka dari itu, dalam film ini kita akan melihat bagaimana budaya masyarakat setempat pada kurun waktu tersebut yang memberikan visual memanjakan mata dalam film ini. Film ini akan memperlihatkan kostum-kostum yang indah dari masa dekade tersebut. 

Begitu pula dengan setting dekorasi dan properti masa tahun 1800-an yang membuat penonton merasakan nuansa yang berbeda. Berbagai bangunan kuno yang indah hingga kostum-kostum cantik dari para tokohnya ini membuat visual dari film Little Women ini akan terasa begitu menarik. Keindahan visual ini juga akan lengkap dengan musik-musik klasik yang menjadi backsound.  

Meraih Banyak Penghargaan

Kualitas dari film Little Women juga dibuktikan dengan banyaknya raihan penghargaan yang didapatkan oleh film ini. Pada ajang Academy Awards tahun 2020, Little Women berhasil masuk dalam nominasi Best Picture, Best Actress, Best Supporting Actress, Best Original Score, Best Costume Design, serta Best Adapted Screenplay

Dari enam nominasi tersebut, film ini sukses memenangkan kategori Best Costume Design untuk sang penata kostum, Jacqueline Durran. Bukan hanya pada ajang Academy Awards saja, Little Women juga meraih banyak penghargaan pada festival-festival film bergengsi lainnya. 

Film ini berhasil meraih prestasi pada ajang British Academy Film Awards, Critics Choice Movie Awards, National Society of Film Critic Awards, dan banyak ajang-ajang lainnya. 

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Little Women, sebuah film inspiratif tentang menjalani hidup, meraih mimpi, dan mengajarkan arti tentang keluarga. Dengan berbagai hal menarik dan penghargaan yang berhasil diraih oleh film ini, Little Women menjadi salah satu film yang harus masuk dalam rekomendasi tontonanmu. 

Saat ini, film Little Women karya sutradara Greta Gerwig juga sudah bisa disaksikan di platform streaming film Netflix. 

Little Women
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram